Tuesday, 28 October 2014

Mie Lendir


 Assalamualaikum....
Uwaaa..apa kabarnya nih teman-teman??semoga sehat selau ya, maaf banget kurang lebih 2 mingguan nggak posting dan bewe alias silaturahmi *sungkem satu satu*. Keluar hutan sejenak menghirup udara kota Batam sekalian cabut rumput dan ngepel hahaha. Nah, ngomongin kota Batam, ada salah satu kuliner yang wajib di coba kaau teman-teman ke Batam, namanya MIE LENDIR, ciaaaaa. Kaget ya???saya aja kaget pas denger namanya, tapi pas makan kok angsung berubah drastis yak, henak bangetttt. Pertama kali makana mie lendir tahun kedua pas tinggal di Batam, di sekolah tempat saya ngajar kalau ada yang ulang tahun pasti pada nraktir makanan. Salah satunya mie lendir, sampai kantor di meja BK sudah ada satu kotak mie lendir dan surat cinta "Miss Hanna, di makan ya mienya. Miss Rotua". Kenapa namanya aneh gitu ya???mungkin kuahnya yang kental banget kayak lendir gitu hehe. 
Berhubung stok mie warna dari Javara masih ada, dan kebetulan banget pas kangen Batam, jadilah saya pingin buat mie lendir ungu. Resepnya saya gogling di mbah google, dari satu resep ke resep lain, akhirnya resepnya saya otak-atik sendiri, apa adanya stok di kulkas hehe. Ohya, resep aslinya pakai mie lidi, kuahnya pakai ubi jalar manis yang warna kuning, tapi berhubung adanya kentang jadi saya pakai kentang. Markimas, mari kita masak...

MIE LENDIR UNGU

Bahan :
Mie ungu 1 bungkus
Kentang 1 buah, kukus lau haluskan
Kacang tanah 6 sdm, goreng haluskan
Gula merah 3 sdm
Daun seledri 2 buah, cincang
Daun bawang 2 buah, cincang
Air 4 gelas
Daun salam 1 lembar
Sereh 1 batang
Tepung maizena 2 sdm, atau jika kurang kental bisa ditambah
Gula
Garam

Bumbu halus :
Bawang putih 4 buah
Cabe merah 3 buah
1 ruas kencur

Bahan pelengkap :
Tauge secukupnya, rebus
Kol secukupnya, rebus
Cabe rawit hijau, iris tipis
Bawang goreng kriuk
Telur rebus

Cara memasaka :
Rebus air, masukkan mie ungu dan minyak goreng 3 sdm, jika sudah matang angkat, tiriskan.
Kuah : Ulek bumbu halus, campur dengan kentang, kacang tanah, daun salam dan sereh. Rebus air, jika sudah mendidih masukkan bahan yang diulek, masukkan gula merah, garam dan gula. Tambahkan larutan maizena, aduk hingga rata, jika sudah matang angkat.
Penyajian : Tata mie di piring, tauge, kol, lalu siram kuah, taburi daun bawang dan seledri yang di cincang, cabe rawit dan bawang goreng kriuk. Jangan lupa telur rebus, bisa juga ditambahkan kerupuk.
Hidangkan selagi hangat.
Komentator pertama dari mas kakang prabu, katanya mantap *duile, laper apa doyannnn??*. Komentar kedua dari ibu kos, katanya mie lendirnya enak. Alhamdulilah, rindu Batam terobati sudah. Tapi coretan dari saya kuahnya kurang manis dan warnanya kurang cokelat dikit, mungkin karena ubi jalarnya manis kali ya jadi lebih sedep aja gitu. Ada yang tertarik maua bukin mie lendir di rumah???silahkan, semoga bermanfaat. Mari makan....!!!

***
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan

71 comments:

  1. Hiks ... kenapa dirik dulu tak mencoba berbagai jenis makan unik di sana yaa? hiks
    Sekarang tak mungkin lagi ...

    Pdhl sy dulu sempat ke Batam lho Mbak Han ... hiks penyesalan memang selalu di ujung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas ke singapura juga ya mbk,sayang banget ya...semoga bisa kembali lagi ke batam,jalan2 gratis gitu hehe

      Delete
    2. jadi mie lendir ini hanya ada di Batam doangan ya, soalnya baru denger juga seh

      Delete
  2. Aku dulu pernah tinggal di Batam, tapi belum pernah makan mie lendir. Penasaran sama rasanya, karena namanya agak-agak gimana gituuuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mak,namanya aneh bangettt tp rasanya enak bangettt^^

      Delete
  3. Nah, ini baru cocok. Tidak pakai kecap jadi warna ungunya masih terlihat jelas dan bikin penasaran orang untuk ikut ngicip, hehehe.

    ReplyDelete
  4. Penasaran sama mie lendir. Aku kira kuahnya berlendir ternyata enggak ya

    ReplyDelete
  5. Oh lendirnya dari tepung maizena Mak? saya kira dari tapioka atau pati sagu. Dari bahan-bahannya sih bisa ketebak rasanya Mak. Boleh ni dicoba...

    ReplyDelete
  6. Oh, pantesan kok blognya berdebu. Sampe saya liat ada gelandangan tidur di depan :p

    Saya pecinta mie dan variannya. Hmm... berarti ini dominan manis ya? Selama ini kan saya makan mie yang gurih-gurih melulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe....
      iya,cocok banget sama lidah orang jawa hehe

      Delete
  7. Kirain tadi hasil beli, ternyata bikin sendiri toh. Hebat ya makin lama semakin pinter masak apalagi sdh berani utak-atik resep :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha..utak aik gara2 g ada bahan yg pas

      Delete
  8. hmm...bawang lombok kencur yaa.. kayak bumbu sambel tempe. Layak dicoba nih Mb Is :) thks utk resepnya

    ReplyDelete
  9. ngiler...tanggungjawab, Mak Hana :D

    semoga bisa mencoba didapur sendiri *gaya padahal ga pernah ke dapur* hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha gpp yg penting dah niat xixix

      Delete
  10. Owalah, dikasih maizena.. pantesan. sek, tak buat disik. ntar dikomen yo..

    ReplyDelete
  11. jenis mienya bisa apa aja ya mak?

    ReplyDelete
  12. meskipun namanya agak gimana gitu... tapi kok kalau difoto bikin ngiler :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi dah ngerasain aslinya,nyemmmm

      Delete
  13. ah, mie warna ungu, saya bisa makannya ga ya..

    ReplyDelete
  14. Ini salah satu makanan kesukaanku... namanya terdengar menjijikkan, tapi rasanyaaa.. hmmmm.. yummiiii....

    ReplyDelete
  15. yummmi,,enaknya,,aku suka ama krupuknya,,,

    ReplyDelete
  16. Daaaan postingan ini bikin saya penasaran dengan mie lendir tsb Mbak, apa ya rasanya. seperti mie ayam kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda banget sama mi ayam...kl ke batam atau tanjung pinang jgn lupa kuliner ini yaa

      Delete
  17. Unik benerrr namanya kak, hhi
    Jadi pengen nyoba, tapi jauh ya musti ke batam..

    ReplyDelete
  18. whuaa..salah persepsi tak kirain kuahnya berlendir, kentel2 gimana gituh ..
    ternyata..aw..aw..
    bikin ngileer..

    *jam kriuk2 perutkuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaah....nggak,kuahnya kentel aja gitu teh ^^

      Delete
  19. Penasaran, pengen coba bikin karena selalu sedia ubi jalar.

    ReplyDelete
  20. Ibu mak guruuu, itu potonya kece sekaliiiii yak, pinter ngapture iniii #OOT

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha....bukan pinter masih abal2

      Delete
  21. Fotonya bagus banget. Benar-benar menggiurkan. :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhe makasih mak,baru belajar nih

      Delete
  22. Namanya lucu bangeeeeet...kayaknya enaaak ya maaaaak ;)

    ReplyDelete
  23. wuii .. penasaran sama rasa mienya :)

    Btw, fotonya cantik sekali, kayak di majalah kuliner

    ReplyDelete
  24. Sepertinya enak, cuma namanya boleh diganti gak mak xixixiii....belum makan udh bayangin lendir *gagalfokus*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha....namanya emang gitu mak

      Delete
  25. Kayak Mi Ongkloknya Wonosobo kali ya... tapi gak tau sih dia pakai Maizena atau Kanji... yang jelas kuahnya gitu yiek wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwkw....pokoknya kamu kudu ke batam na,dan incip makanan ini^^

      Delete
  26. ehm tesss ... keknya perlu dicoba tuh makanan .. .

    ReplyDelete
  27. kakang Prabu enak terus nih makannya ya..he he he

    Kayak Mie dicampur gado2 ya h..kliatan menggiurkan sekali (tadi ngebayangin ada lendirnya gitu ternyata engga ada ya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan mak,beda bangettt hehehe.....nggak ada sama sekali mak hehhe

      Delete
  28. Replies
    1. ohya...saya malah belum pernah makan karedok ^^

      Delete
  29. belum pernah bikin. Kirimin dooonnggg....

    ReplyDelete
  30. Hehehe... namanya itu lhooo :) tapi saya sangat percaya kalo ini enak pake banget, hehehe...

    ReplyDelete
  31. Wiii ini kaya lo mie yang kuahnya kental kali ya mak. Aku ngiler deh hihihih

    ReplyDelete
  32. mienya warnanya cantik, ungu-ungu gimana gitu...
    kenapa ga ada mie yang warnanya pink ya :D

    ReplyDelete
  33. wah namanya unik ya, aku juga penggemar mie .. hehe jadi pengen nyobain :D

    ReplyDelete
  34. wah namanya unik ya, aku juga penggemar mie .. hehe jadi pengen nyobain :D

    ReplyDelete
  35. Nampak aneh mak, hihi..mungkin karena warnanya ya :p

    ReplyDelete
  36. namanya enggak banget, tp penampakannya menggoda :D

    ReplyDelete
  37. ehhh baru tau nih ada mie lendir, ngilerin potonya mba Hana :)

    ReplyDelete
  38. eww..namanya agak bikin gimanaa gituh..tapi pas diliat potonya jadi kabita, cakeeup ;) [emoticon jempol]

    ReplyDelete