Tuesday, 30 September 2014

Ayam Goreng Lengser


 Assalamu'alaikum....
Kapan hari dikasih nenek (ibunya ibu kos) ayam goreng lengkuas, kebetulan paginya saya lihat aktivitas nenek memasak di dapur. Ternyata ada pesanan nasi tumpeng, dan salah satu menunya ayam goreng lengkuas. Sempat heran pas ayam masih dicampur bumbu, kok bumbunya ada seratnya, ternyata lengkuas, saya baru tahu hehe. Pertama kali saya ngerasain ayam goreng lengkuas itu sekitar tahun 2011, pas masih ngajar di Malang, dan baru kemarin itu saya tahu persis cara buatnya, lewat dan dapat resep dari nenek. Oke, kemarin tepatnya saya coba resepnya, tapi karena stok lengkuas saya tinggal satu batang jadi saya tambah dengan batang sereh, biar seratnya banyak gitu hehe. Karena nama ayam lengkuas, ayam bubuk sudah biasa, maka saya iseng bikin nama sendiri, Ayam Goreng LENGSER. Tau nggak singkatan lengser itu apa??LENGkuas SEReh hahaha, kan seratnya buka hanya dari lengkuas tapi batang sereh juga, jadi namanya bukan ayam lengkuas tapi ayam goreng lengser xixixi. Oke, markimas mari kita masak...

AYAM GORENG LENGSER
Bahan:
Ayam 1/4 kg
Garam

Bumbu halus:
Bawang putih 6 buah
Lengkuas 1 buah, iris lembut
Batang sereh 5 buah, ambil yang putihnya saja iris lembut
Kemiri 5 buah
Ketumbar 1/2 sdt

Cara memasak:
Taruh ayam di baskom campur cengan bumbu halus dan garam, diamkan 30 menit sampai 1 jam.
Panaskan minyak goreng, masukkan ayam yang sudah di bumbui, goreng sampai matang dan warna kecoklatan. Angkat.
Peras bumbu halus yang berair, goreng ampas sampai matang, angkat campur dengan ayam goreng, sajikan.
Awalnya agak ragu nyobanya, enak nggak ya??ahamdulillah lha kok enak pake banget ya hahaha, apalagi makannya di cocol pake bumbu lengsernya, maknyus pemirsah. Silahkan dicoba yang ingin mencoba, semoga bermanfaat^^.

***
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan

44 comments:

  1. ibu kosnya baik banget ya, sering kirim2 :)

    ReplyDelete
  2. Aku suka banget sama bumbu lengkuasnya. Rasanya asin-asin enak. Klo pas beli nasi sambelan dan ada bumbu laosnya pasti tak baleni beli disitu lagi..

    ReplyDelete
  3. Wah wah kalau yang LENGSER ini, wah senang banged. Rasa yang seanggun penampilan. Membuat suasana menjadi meriah. Nyesel juga pagi pagi ke sini melihat suguhan Ayam Lengser yang mengggugah selera,. Jadi lapar

    ReplyDelete
  4. Ya Allah,,,Alhamdulillah,,,isuk2 wes diajak ngeces,,,,garai lapar mbak,,,,

    ReplyDelete
  5. mau coba bikin ah mba... nyontek resepnya yah *bookmark*

    ReplyDelete
  6. Mak, ini nggak diungkep dulu ya ayamnya ? wah boleh dicobain niih.. lebih simpel

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak mbk,kalau diungkep ayamnya alot kata nenek :)

      Delete
  7. Ini enak bangeeet tapi gabisa bikinnyaaa... pingin nyobain aah

    ReplyDelete
  8. Aih miri masakan Bugis, Mbak. Ada masakan sini seperti ini :)

    ReplyDelete
  9. Saya jadi ingat. Pas bertanya ke Ibu saya tentang masakan yang memakai bahan lengkuas, jawabannya adalah ayam goreng lengkuas dan menurut Ibu saya ya hanya itu jenis masakan yang memakai lengkuas cukup banyak. Apa iya ya tidak ada masakan lain yang memakai bahan lengkuas? Katanya kalau terlalu banyak lengkuas nanti bikin panas tenggorokan?

    ReplyDelete
  10. wah, jadi laper... sepertinya enak ^^

    ReplyDelete
  11. Woooh ayam bumbu ya? Itu dagingnya empuk nggak? Dulu pernah dikasih tau ibu2 di warung, diungkep dg bumbu yg sama. Tapi belum pernah nyoba sih, mikirnya ribet. Resep ini praktis banget, perlu dicoba dulu. Sekalian mau curhat, di pasar di Jawa itu rata2 ayamnya sudah dipotong-potong, nggak jelas & nggak seger. kalaupun masih seger, yakin itu ada pengawetnya.Beda di Riau, setelah dibeli baru dipotong. Itupun nggak boleh lebih dari dua jam nggak masuk kulkas krn mulai nggak enak baunya. Bayangkan ayam yg udah dipotong berjam-jam di Jawa tp masih seger. Entah dikasih bahan pengawet apa itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak usah diungkep mak,kata nenek kl diungkep dan mau di goreng nanti alot dagingnya,makannya ngerendem sama bumbunya 30-1 jam biar merasuk,dsgingnya empuk mak...
      iya,kl di Riau fresh banget masih anget udah pada antri,kl di Jawa emang udah berjam2,kalo di BAtam banyak yang es2an mak,dari negara tetangga sepertinya.

      Delete
  12. boleh ah dicoba, saya simpan dulu resepnya

    ReplyDelete
  13. Namanya unik! Kirain apa, penampakannya kayak ayam goreng serundeng ya? Boleh dicoba deh nanti, warnanya bagus!
    Saya biasanya cuma bikin ikan mujaer lengkuas, kalo ayam goreng blom, coba deh ntar, ikutan nyimpen resepnya yaa **

    ReplyDelete
  14. Simpen resepnya ah., Kapan2 mau bikin. Pernah makan ayam goreng yang dibumbui pakai lengkuas di bumbu desa rasanya enak.

    ReplyDelete
  15. haluu ayam gowyeeeng.. sini sini masuk ke mulutku..
    laperrr

    ReplyDelete
  16. Wahihihi, curcolnya Mak Lusi tentang ayam...

    Bener juga sik, di pasar-pasar di tanah Jawa ini emang ayam sudah dijual dalam bentuk potongan. Sudah lama masih seger.

    Tadi baca ayam lengser penasaran. Ternyata lengkuas dan sereh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak,kl di JAwa udah lama kl di Riau emang bener2 fresh dieksekusi dan masih anget..^^

      Delete
  17. Belum pernah makan ayam goreng lengser nih, kayaknya enak banget ya?

    ReplyDelete
  18. Ini ayam bumbu kalau di Riau namanya. Saya kalau bikin ini diungkep dulu, bumbu lebih meresap, gorengnya juga nggak lama. Trus, kalau mau banyak remah-remahnya, Eyang saya biasanya bumbu dicampur dengan parutan kelapa yang nggak terlalu tua or terlalu muda, jadi seperti serundeng gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan saya di Siak mak oci,kata nenek kalo digoreng nggak usah diungkep,dagingnya keras atau alot.jadi cukup dicampur sama bumbu 30-1 jam'an,bumbunya ngeresap dan dagingnya empuk :)

      Delete
  19. Selama daging ayamnya empuk, mau pake bumbu apapun. Ayam goreng sedap..

    ReplyDelete
  20. Penasaran bgt dengan judul masakannya. Hihihi.ternyata praktis mengolahnya.

    ReplyDelete
  21. waah resepnya simpel...tapi kayaknya bumbunya lengser itu bikin ayamnya jd sodap yaa....

    ReplyDelete
  22. Enyak kayaknya ayam goreng ntuh

    ReplyDelete
  23. Kirain lengser apa an? Lengkuas sereh ternyata..Kalo saya biasanya direbus sama bumbu ya baru digoreng ...

    ReplyDelete
  24. hummm Yummy! lengkuasnya pasti yang muda kan? kalau yang tua kan ga bisa diiris halus hehehe!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk,bumbu halusnya diblender,kalo diulek ngak kuat hahaha

      Delete
  25. Saya pernah musuhan sama lengkuas, Kak. Dia tercampur dengan daging sapi. Dan ketika gigit lengkuas itu bikin sakit hati. :D

    Dimakan sama nasi yang masih anget enaak banged. :)

    ReplyDelete
  26. ternyata itu singkatan lengser. Karena saya bilangnya ayam goreng lengkuas hihi

    ReplyDelete
  27. kirain ayamnya lengser kemana mak...hihi
    aih itu sendoknya gede ya

    ReplyDelete
  28. Jadi inget 'lengser keprabon'. Ternyata lengser = lengkuas + sereh hahaha. Anak-anakku suka banget pasti ini. Makasih resepnya. :)

    ReplyDelete
  29. Whoaaaaaa....
    tega banget sih dirimu ini menyiksa batinku yang lemah ini dengan ayam goreng itu Zwaaan!
    *mulai drama komen nya*

    ReplyDelete
  30. Suka banget sama fotonyaaaa... kereeeennn....
    Wah, resepna gampang banget yaa.. dan kayaknya lebih sedap dari sekedar ayam bumbu kunyit biasa. mau cobaaaa :D

    ReplyDelete
  31. Mak, kirim ke rumah ya *ngiler* :D

    ReplyDelete
  32. Aduh kalo ini si bikin ngiler,,,,,, tanggung jawab bikin aku lapar hehhehehe :D

    ReplyDelete
  33. ayamnya diletakan di sendok yah? bukan di piring *salahfokus

    ReplyDelete
  34. Mbak Hanna kreatif ya bereksperimen dengan menu :) Terus itu fotonya keren ih, ayamnya dialasin sendok besar gitu..

    ReplyDelete
  35. aaaaaak ini akupun sering buattt, tp namanya jadi keren nih mba Hanna, Lengser. btw, itu sendok dapet dari manaaaaa? cakep euy

    ReplyDelete
  36. Aku mau nyoba Minggu besok Mak....

    ReplyDelete