Tuesday, 19 August 2014

Sayur Bobor Cemplang Cemplung


Bismillahirrahmaanirrahim...
Menurut saya, sayur bobor itu seperti sayur lodeh, cara membuatnya pun gampang sekali. Kebetulan pas ke pasar beli satu bungkus sayur asem, mendadak sampai kos suami minta dibuatin sayur bobor, ya sudah akhirnya sayuran sayur asem jadi sayur bobor hehe. Ditambah tempe, waluh putih yang panjang dan santan, rasanya makin seger dan nikmat. Judulnya sayur bobor cemplang cemplung, karena asal nambah alias cemplang cemplung bahan termasuk tempe dan waluh hehe.

"SAYUR BOBOR"
 Bahan :
1 bungkus sayur asem (kacang panjang, daun so, terong, kacang tanah, melinjo,dll)
1 buah tempe potong dadu
Waluh putih secukupnya
1 bungkus santan
2 buah daun salam
Gula
Garam
Merica
Kaldu ayam bubuk

Bumbu Halus :
5 bawang merah
2 bawang putih
4 cabai rawit
3 kemiri

Cara Memasak :
Masak air sampai mendidih, masukkan bumbu halus, daun salam dan bahan yang matangnya lama (kacang tanah, melinjo, jagung manis)
Masukkan bahan yang matangnya cepat (tempe, kacang panjang, dll) 
Tambahkan santan, garam, gula, merica, dan kaldu ayam, aduk.
Jika sudah matang, angkat, hidangkan.
Rasanya huinak tenan, saya baru tahu kalau bahan sayur asem bisa dibuat sayur bobor dari suami hehe. Dinikmati sama nasi pulen, sambel trasi, sama ikan asin tambah endiang brambang banget hehe. Silahkan mencoba, semoga bermanfaat.
***
19 agustus 2014
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan

31 comments:

  1. Ini kan sayur kesukaannya Pak Harto mantan presiden. Pembantu setianya sering bikin dengan tambahan tempe bacem dan sambal.
    Emang enaak! makanan kesukaan suami saya juga, iringannya ikan goreng di cabe-in.
    Duhh...jd pengen bikin! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya to mbk hehe....baru tau saya,ayu mbk bikin ;)

      Delete
  2. Ya ampun kelamaan di SUmatra udah lama nggak dengar sayur bobor. Kalau di jatim sayur bobor itu isinya bayam mak. Kayak gini pake nasi, tempe goreng & krupuk, sudahlah, lupakan diet heheheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...betul bgttt,kl dah mkn yg khas daerah wajib lupakn diet hehehe

      Delete
  3. Setiap kali masak metode ku emang gitu Zwaan...
    Semuanya main cemplung ajaa...hihihi...

    *masalah rasa mah urusan nanti*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sama mbak Erry... ituuuu juga metode aku hehehehe

      Delete
    2. Setuju sama mbak Erry... ituuuu juga metode aku hehehehe

      Delete
    3. Bi ery....wahahaha,tauuuu mpe lumer gitu kan hahaha

      Mbk nopi...tos dulluuuu :)

      Delete
  4. Kalau saya menyebutnya sayur lodeh. Paling enak dimakan sama krupuk dan telor ceplok ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga cocok bgttt,sambel kecap heumm...

      Delete
  5. mbahku dulu sering masak iniiih, sekarang udah ngga bisa masak lagi, udah susah jalan ke dapur :(

    ReplyDelete
  6. Bedanya apa ya Mak sama sayur lodeh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl sayur lodeh tambah sereh mbk...biasanya saya gitu dan identik dgn terong,tewel,tempe,kcg pjg :)

      Delete
  7. pas buka blogger kok ada posting iniiiii, blm makan niiiiih dan pas lg malas masak pula, hihihihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiyyyaaa...hayuk mkn mbk,ni mw buat lodeh hehe

      Delete
  8. hmmm,,sedep banget mbak,,, bobornya pake melinjo,,pastinya enak ya,,,

    ReplyDelete
  9. kalo aku sayur asem disantenin gini disebut sayur lodeh hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk,sama ikan asin,sluurpptt :)

      Delete
  10. Replies
    1. kl orang jawa,bobor itu sebutan untuk sayur yg bersantan mbk :)

      Delete
  11. Bobor yuyu enak mbak. Dulu waktu kecil pernah makan. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih,q belum pernah mbk makan bobor yuyu hehe

      Delete
  12. kemiri, salam, tempe sama cabe rawit lagi nggak ada didapur nih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..disana nggak ada ya mbk :)

      Delete
  13. Aku suka juga niii jangan bobor~

    ReplyDelete
  14. ini biasa kami sebut sayur lodeh juga mbak... :)

    ReplyDelete
  15. Saya kurang doyan sayur kaya gini :p hehe.. Tapi mungkin kalau sedep banget baru saya doyan :)

    ReplyDelete
  16. sayur bobor itu mirip sayur lodeh ya

    ReplyDelete