Thursday, 14 August 2014

Salam Pramuka!!!

"Yang saya ingat dari pramuka adalah Lord Boden Powel.."
~HM Zwan~
Bismillahirrahmaanirrahim...
Salam pramuka!!!
Pagi ini rasanya berbeda sekali, bagaimana tidak, pukul 06.30 ketika saya sedang menikmati sarapan buah jeruk tiba-tiba terdengar lagu pramuka di tv ibu kos. Sontak ingatan saya langsung mundur beberapa tahun yang lalu. 

Tentang pramuka / kasyyafah / scout
Mengenal dunia pramuka sejak SMP, masuk group penggalang di Pangkalan 10 atau lebih populer dengan P 10. Yel yel untuk setiap pangkalan berbeda, dan yel yel P 10 adalah seperti ini P 10...Maju Terus Pantang Mundur, Seeppplah!!!. Hari kamis adalah hari paling padat bagi kami, pagi-pagi setelah shalat subuh biasanya ada piket (dipilih oleh kakak pembina) membuat pionering. Pionering itu dimana kita mempelajari pembuatan berbagai bentuk dengan menggunakan tongkat pramuka dan tali, berbagai tali-temali harus kami kuasai. Contohnya adalah bentuk perahu, menara, jembatan, gapura dan macam-macam. Dilanjutkan dengan kegiatan pramuka yang dimulai dari pukul 13.00 sampai pukul 16.00.
semaphore (sumber : Anang)
KMD "Kursus Mahir Dasar"
Syarat jadi pembina adalah lulus KMD, ujiannya susah banget, seru banget. Harus menguasai dan hafal satu buku panduan pramuka, mulai dari dasa dharma pramuka, tali-temali, berbagai sandi, sampai semaphore. Nah, kebetulan saya susah banget ngafalin gerakan semaphore. Semaphore adalah salah satu cara untuk mengirim atau menerima berita melalui  bendera. Waktu itu saya mendadak ikut ujian semaphore, pokoknya bondo nekat bangetlah, nah kebetulan kami 3 orang, masing-masing kami pesannya berbeda. Peannya waktu itu dasa dharma pramuka, si A yang no 1, si B no 2 dan saya no 3. Duileh panjang banget, kan satu huruf satu gerakan, jadi pas kebetulan ada beberapa huruf yang saya lupa, eh si kakak pembina pas mau ngambil apa gitu, yaudah ngasal gerak aja hahahaha. Kakak pembina datang, 2 bendera sudah di posisi siap, dan saya lolos ujian ini hahahahaha.

Perkajum "perkemahan kamis jum'at"
Libur sekolah hari jum'at, jadi kalau ada acara perkajum rasanya seneng banget. Meskipun endingnya capek, cucian banyak, belum lagi kalau malamnya dapat jatah "melanggar bahasa", ya sudah diikhlasin ajalah hahaha. Dimana-mana acara kemah itu seru, mulai dari bikin tenda manual, baris, lomba sandi dll, masak, renungan malam jalan-jalan ke kuburan, sampai mainan lumpur dipenghujung acara. Pernah dapet giliran masak, namanya nggak bisa masak, apalagi masak nasi, asal aja cemplungin beras sama air di atas api (bikin pawon dari bata dan masak pakai kayu bakar), dilanjut ngerupi sama bagian masak tenda samping. Lha kok nasinya gosong hahahaha, yasudahlah akhirnya lari ke tenda kakak pembina beli mi rebus 5, mari sarapan mi rebus hahaha.

Hal yang paling indah saat pramuka adalah semuanya, mulai dari belajar tali-temali dasar, berjuang demi menjadi pembina sampai akhirnya jadi pembina dan berhasil ngerjain anak didik waktu renungan malam hahaha. Ohya, dan sampai sekarang saya selalu ingat, pernah menang saat tebak-tebakan. Siapakah bapak pandu dunia???dengan sigap dan lantang, saya menjawab..LordBoden Powel!!!. Yeayyy, pulang duluann!!!

Gimana dengan cerita teman-teman tentang pramuka???seru dong ya pastinya...ayo, cerita dong..
***
14 agustus 2014
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan







41 comments:

  1. aku dulu aktif pramuka :D sampai ikutan jurit malam, aah seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. juritnya di kuburan juga ga??hehe

      Delete
    2. Hhahaa iya Lord Boden Powel; Heiheiheie Makasih sudah diingatkan Saya waktu SD senang banget pake seragam PRAMUKA Rasanya sudah kayak Polisi lengkap dengan senjatanya Hiehiehiehiheiheee

      Delete
  2. semapor dulu aku jago banget,,pernah juara 1 loh membaca semapor sehingga menjadi sebuah kalimat,,,tapi skrag udah lupa semua,,,hiks,,,

    ReplyDelete
  3. dari dulu saya gak suka ikutan pramuka, apalagi temen laki-laki selalu menyanyi di depanku saat hendak pergi pramuka. pramuka pramudi, pramuka tara mandi, artinya pramuka gak pernah mandi, sebel banget deh, jadinya berhenti deh ikutan pramukanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaahh,cowok mah suka usil ya mbk hehhe

      Delete
  4. Greeting scout! Tahiyah kasyyafah!

    Aaaah.. aku paling suka pramuka. Ikut pramuka udah sampe tingkat pembina waktu di ma'had dulu. Paling suka kalo acara cross country.. Seru! Jadi kangen pramuka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. qowaaniinul kassyaff....sama mbk,tos duluuuu...sama,kangen banget sama pramuka,seru aja gitu hehe

      Delete
  5. Selamat Hari Pramuka!
    saya, saya bangga jadi anak pramuka. dari waktu SMP-SMA saya selalu menjadi ketua pramuka. hihiii. itu yang tidak pernah saya lupa dari pramuka.

    Blogwalking ke bloggku juga yaah. mohon komennya http://diirumahkata.blogspot.com/2014/08/boleh-lahir-dari-telur-yang-sama-tapi.html ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih,keren..saya malah nggak pernah hahaha

      Delete
  6. Ahaha, iyaa seru banget! :D Tunggu ceritaku ya mbak Hanna :D

    ReplyDelete
  7. kalo saya bukan perkajum, tapi persami. Perkemahan Sabtu Minggu :)

    ReplyDelete
  8. Iya Pramuka seru bgt mba..dulu pernah kemping di Bumi Perkemahan Cibubur pas SMP...

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru bangettttt mbk,sekarang aja masih kepengen hehe

      Delete
  9. Kalau saya ingetnya, tepuk pramuka ada 2 macam.. 3 3 7 atau 7 7 3 tepukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi,saya malah baru tahu jumlah tepuknya hahaha

      Delete
  10. Pramuka, menyatu dengan alam. Itu yang saya rasakan, Ka. :D

    Semaphore. Pernah saya marah2 padanya. Susaah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,naik turun bukit..beuh,bangettt susahnya,capek gerak2in tangan hahaha

      Delete
  11. Ingatnya dulu sering kemah rame rame bareng teman sekolahan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,kemah bareng,masak bareng hehe

      Delete
  12. Ah itu kok fotonya di blur, kaya acara berita kriminal aja. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg penting jauh sama kriminal :)

      Delete
  13. yang saya ingat dari pramuka adalah ngecengin kakak2 pembina pramuka yg ganteng2 wkwkwkk... :P
    (satu2nya alasan aku bertahan ikut pramuka)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwwk,,,akhirnya,ngaku juga xixixixi

      Delete
  14. Dulu paling semangat ikutan pramuka. sempet jadi ketua regu juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,keren mbk heheeh..saya g pernah hehe

      Delete
  15. Wah aku gak terlalu ngikutin pramuka nih waktu sekolah..
    Jaman SMA malah udah gak tau menau tentang pramuka *jangan ditiru >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,sayang bangett..padahal seru loh hehe

      Delete
  16. Pramuka, jadi inget jaman SMA kelas satu, ikut eskul pramuka karena ada kakak seniornya yang cantilk, hahahahaha

    ReplyDelete
  17. pramuka itu sangat bermanfaat untuk belajar kemandirian....semoga saja pramuka indonesia bisa semakin maju...salam pramuka.....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  18. Aku gk pernah ikut pramuka sama sekali waktu sekolah. Tapi suka kalau pake seragam pramuka (jumat-sabtu) di sekolah.. Entah knapa, suka aja

    ReplyDelete
  19. Salam Pramuka Kakak.. hwaa senangnya ketemu pandu yang juga blogger.. Salam kenal yaaa :)

    ReplyDelete
  20. Salam Pramuka, Tepuk Pramuka....jadi ingat jaman sekolah dulu....:) sukses selalu mbak....

    ReplyDelete
  21. salam pramuka juga, masih innget gak dasa darma pramuka?

    ReplyDelete
  22. Jadi keinget masa kecil dulu... sukses selalu yah... :)

    ReplyDelete
  23. masih keinget nih salam pramuka ampe sekarang.dulu pernah ikut sih

    ReplyDelete