Tuesday, 12 August 2014

Menu Lebaran A la Sumatera

Bismillahirrahmaanirrahim...
Masih syawal jadi cerita tentang hari raya masih berlangsung disini hehe. Lebaran kali ini mendadak cancel-in booking tiket ke bulek karena mendadak kang mas ada kerjaan yang harus ia pegang, dan kami berlebaran di Siak - Riau. Lebaran identik dengan ketupat dan opor, berhubung kali in kaki saya sedang berada di pulau Sumatera, jadi turut menikmati sajian dan kebiasaan warga setempat. Ketupat biasanya dibuat dengan beras, tapi di Siak tidak, disini mayoritas menggunakan pulut atau ketan.

Saya tidak membuat ketupat apalagi lepet (oh tidak!!), hanya memasak ayam kampung bumbu lodho dan nasi giruh plus rebusan toge dan kol. Tapi, berhubung saya punya ibu kos yang baiknya tiada tara, jadinya apa yang saya cium dari balik gorden kamar sampai juga di depan saya (iyes!!hahaha). Iya, ketupat pulut dan rendang angsa. 

Ketupat Pulut
Sama halnya dengan membuat ketupat, hanya saja kalau ketupat beras, isinya setengah tapi kalau pulut lebih dari setengah karena pulut tidak mengembang. Merebusnya bukan hanya dengan air saja melainkan dengan santan agar lebih gurih dan lezat tentunya. Ilmu ini saya dapat ketika sedang berbincang dengan ibu kos. Rasanya enak, kayak lepet (maksud loh??kan kembarannya hehe), moist banget alias lembut dan gurih. Cara makannya di cocol dengan rendang, subhanallah, mak, lezat sekali.

Rendang Angsa
Tau kan angsa??kalau saya nyebutnya "banyak ngakkk ngakkk" hehe. Dikejar bahkan disosor angsa sih sering apalagi pas di rumah mbah di Kediri, etapi di Siak juga banyak angsa, pernah juga dikejar hahaha. Tapi kalau makan daging angsa seumur hidup belum pernah, baru kali ini ngerasain daging angsa. Masak daging angsa harus lama, lebih lama daripada daging sapi. Angsa dibumbuin rendang ternyata enak juga, bumbunya pasti bumbu rendang dan santan. Menghidangkannya sesuai selera, bisa berkuah, cemek-cemek (kuah sedikit) atau kering. Cocol dengan ketupat pulut, alhamdulillah  endiang brambang tak'iyye.

Pertama kalinya menikmati menu lebaran a la Sumatera, rendangnya asli jo bikinan orang Padang hehe. Kalau teman-teman menu lebarannya apa ya???
***
 12 agustus 2014
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan

34 comments:

  1. Waah penasaran sama rendang angsa. Seumur2 belom pernah makan daging angsa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kyk daging ayam kampung mbk hehe

      Delete
  2. Maaaak....pengen coba in ih....nyam2 banget deh kayaknya...

    ReplyDelete
  3. rondang asli padang, hehehe sodap nian :)

    salam kenal kak

    ReplyDelete
  4. Selamat Lebaran, maaf lahir bathin :)

    Kebalikan dari saya, tahun ini untuk pertama kalinya lebaran di Jawa kampungnya mertua, tepatnya Pacitan. Di Medan (kampung saya) biasanya lontong sayur lengkap dengan tauco, rendang, sambal goreng. Juga adaketupat pulut, rendang. Kadang kalau tidak ada ketupat ya lemang, mirip2 lah hanya beda bungkusnya saja ;) oh iya tape ketan enak juga lho mak dijadikan cocolan ketupat pulut / lemang nya. Jadi kadang nenek saya bikin tape juga.

    Di Jawa kemaren lontong ada ketupat pun ada, tapi ketupat beras. Kuahnya opor ayam dan daging masak santan pedas. Rendang juga ada, tapi rasanya berbeda dengan rendang aslinya :p sayangnya ga ada sayur sepotong pun di dalam menunya. Kalau di Medan kan kuah lontongnya sayur lodeh ada wortel, labu siam, kacang panjang ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mohon maaf lahir batin :)
      Kl di rumah ibu di jawa timur ada trancamnya jadi seger mbk,wah seru dong lbrn pertm kali di jawa :)

      Delete
  5. Yummi mbak,,selalu ada sensasi menggoda saat melihat masakan mbak Hanna,,,chef handal,,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kan bukan msakanku mbk, ini dari ibu kos :)

      Delete
  6. belum pernah makan ketupat pulut nih. Mesti enak bingit ya...

    ReplyDelete
  7. Menu lebaranku tahun ini roti prata, mbak :D

    ReplyDelete
  8. Hemmmm...uenak tenan yo mbak... iler jd netes netes nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mbkkkk.....hahaha,ini tisunya :)

      Delete
  9. pernah tinggal diPantai Raja Pekan baru ngurusin perkebunan, beberapa tahun menikmati menu lebaran, tapi karena lidah ini lidah sunda, tetep ajah menu sunda lah yang pas dilidah...kenapa bisa negitu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe....belum cocok,beda kali rasanya hehe

      Delete
  10. Nasi giruh si apa, Ka?
    Akhirnya, angsanya goyang sana-sini, ya. *mengunyah* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semacam nasi kuning mbk tp warna putih gitu...hahaha iyaaa betul,geyal geyol sana sini hehe

      Delete
  11. Mbaaak kayanya uenak banget itu yaaa, secara yang bikinnya asli Padang :)
    Ih, jadi kangen masakan lebaran deh gara-gara baca postingan ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk,rempah2nya kerasssa bgttttt hehe....saya juga kangen menu lbaran a la jawa mbk hehe

      Delete
  12. Rendang angsa? keras nggak mak dagingnya? aku ngeri ngeri sedap membayangkannya :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. keras mbk,makannya itu masaknya agak lumayan lama biar empuk hehe

      Delete
  13. Hahaha.. di kampung sy jg nyebut angsa = BANYAK..

    Repotnya kalo putera sy nanya dg semangatnya:
    Kan angsanya satu kok bilangnya banyak bu?
    Hadeeeuhh... indahnya Endonesyah..hahah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha....iya ya??baru mudeng juga hahaha

      Delete
  14. rendang angsa? seumur2 baru dengar dan blm pernah nyobain. Gimana mau nyobain, dengar aja baru kali ini hehehe...
    Jadi pengen nyobain, tapi mesti ke siak dulu dong hehehe...

    ReplyDelete
  15. tfs mba hanna, baru tau kalo ada rendang angsa! dan cara rebus ketupatnya itu jadi bikin penasaran juga. Udah pasti jadinya gurih dan legit ya...

    ReplyDelete
  16. aku selalu suka makanan ala Sumatera. Pengen deh main ke Sumatera :))) Bagi rendang angsanya, maak :D

    ReplyDelete
  17. mauuuuu, aku lebaran gak makan menu lebaran kemarin

    ReplyDelete