Tuesday, 15 July 2014

Sambel Blelek Lalap Terong Endes

 Bismillahirrahmaanirrahim...
Sungguh saya nggak enak hati pagi-pagi sudah posting resep yang pastinya buat pecinta sambel kayaknya pelan-pelan nelan ludah hahaha, maafkeun!!. Ceritanya, saya kenal sambel blelek itu dari suami, satu hari bulek main ke rumah (rumah mertua) karena kebetulan waktu itu kami baru menikah, nah bulek saya itu bikin sambel yang bener-bener nggak niat menurut saya. Gimana nggak niat coba, masak bikin sambel bahannya cuma cabe rawit, bawang merah, bawang putih, gula sama garam aja. Diulek esrek esrek udah, jadi deh. Apa enaknya coba??tapi, pas lihat suami makan kok ya nafsu banget, enak banget kayaknya, akhirnya saya nyoba. Ladalah, duh kah....ternyata enak banget lo hehehe,apalagi pakai nasi anget, eits bukan hanya nasi putih tapi ada nasi tiwulnya juga, adududududu.....habis tuh nasi sewakul hahaha. Kata suami namanya sambel blelek, sambel mlarat (bahasa jawa, artinya miskin), atau sambel miskin hahahaha, ada-ada aja sih namanya. Nah, kalau lagi kangen kampung halaman biasanya jalan satu-satunya ya lewat makanan, masak masakan resep ibu, ibu mertua atau saudara. Salah satunya yang sering saya masak kalau lagi pingin ngelalap asik, ya bikin sambel blelek.

SAMBEL BLELEK LALAP TERONG PEDAS
Bahan :
5 buah terong lalap (cuci,potong)

Bahan sambel :
15 buah cabai rawit
5 buah bawang merah
1 buah bawang putih
Garam
Gula

Cara :
Panaskan minyak goreng, goreng bahan sambel setengah matang.
Ulek bahan sambel, tambahkan garam dan gula sesuai selera.
Campur terong lalap, ulek secara merata jangan sampai hancur, hidangkan.
Heummmm, endes banget pemirsah, ENak dan PuwedES. Cara membuat sambel blelek ada dua cara, bisa dengan bahan sambel di goreng terlebih dahulu biar tidak langu atau langsung diulek mentah juga tidak masalah. Nah, saya kemarin digoreng dulu baru diulek, dinikmati dengan tahu tempe dan nasi hangat aja sudah aduhai nikmatnya apalagi ditambah kerupuk, iwak pindang, aih....maka nikmat Tuhanmu yag manakah yang kau dustakan.
Silahkan mencoba, semoga bermanfaat..
***
15 juli 2014
hana_tia@yahoo.com

49 comments:

  1. Asik, nyoba ah .. pas punya terong lalap nih.

    ReplyDelete
  2. Ini dilihat dari bahan + penampakannya terlihat menggoda... Mau coba ahhhh

    ReplyDelete
  3. ufff... resepnya maknyuusss...
    bisa nih bikin buat mama, thx yaaa

    ReplyDelete
  4. waah... lalap terong colek sambelnya aja dah bikin sy ketagihan, apalgi dg variasi kayak gini...dicoba ahhh tp cabenya dikurangin nih spy aman buat lambung sy ..TFS mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disesuaikan aja mbk dgn selera perut hehe...sama2 ;)

      Delete
  5. Glek! Langsung niat bikin....
    Kalo ditambah kencur jadi lebih enak kayaknya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk..silahkan...jadinya sambel kencur bukan blelek xixi

      Delete
  6. Waaahhh variasi sambal dan lalap terong mentah, boljug dicoba.. Plus goreng ikan asin, tahu, tempe, kerupuk.. Nasi hangat. .. Siiipp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eaaaaaaa...cucok bangetttt haha

      Delete
  7. Harus coba ini mah. Gampang pula. ^_^ (susut iler)

    ReplyDelete
  8. WAHH ... LALAP TERONG SAMBEL BLELEK rasa PEDAS ;) ... jadi ingat pesan kakekku, kalau isteri mu nanti 'nyediain lalapan TERONG, itu tandanya dia 'kurang puas ... cukup segitu dulu komennya - lagi puasa ... hehehe ... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha....bentar lg buka puasa mas :)

      Delete
  9. Kudu coba, murah meriah nih :)

    ReplyDelete
  10. kalo terong..saya tak bisa nolak...apalagi kalo rasanya super pedes...wow....
    keep happy blogging always,,,salam dari makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka pedas juga ya pak...
      salam kembali :)

      Delete
  11. cleguk bgt nih.. tp buset dah.. cabe rawitnya buanyak bgt cyiin.. aku mo nyoba, tp paling cabenya 5 biji ajah.. takut perut jd bergejolak.. hihii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mbk,sesuai selera lidah ya hehehe

      Delete
  12. Liat fotonya langsung *gleek* enaak banget sih kayanyaaa..
    tapi aku gak suka terong --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh,enak lo dek..hayo dicobalah,dijamin ketagihan^^

      Delete
  13. Menu sahurku kemarin nih

    ReplyDelete
  14. Duh, Mbak Han .. apapun jenis sambalnya, selalu saja membuat air liur saya terbit.Slurrrp.
    *pecintasambal*

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeaa ada temennya,tos duluuu :D

      Delete
  15. Sudah pernah bikin sambel gitu di rumah, Mak. Tapi namanya saja beda di kampung saya, hehe. tahunya dari tetangga. Sudah enak banget juga.
    BTW, gak tahu napa suami gak doyan terong lalap. Katanya bisa bikin rematik. Duh, apa benar atau mitos. Barusan Abang Soeman di atas bilang soal istri yang tidak puas, kok suami beda lagi, hihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk,beda kota beda nama biasnaya hehehe....itu mitos mbk,kalo makan berlebihan baru deh kena rematik hehehe....
      xixixixixii....ada2 aja emang bang soeman itu xixixix

      Delete
  16. Huaaaa, salah jam berkunjung :)
    Di rumah, aku saja yang doyan sambel, secara lidahku Sumatera banget, sementara yang lainnya lidah Jawa :D

    ReplyDelete
  17. gampang sih, coba deh , hih, hi , mudah2an pada suka semua

    ReplyDelete
  18. ya ampun mak hana.... pagi2 datang kesini malah nelen ludah deh.... wkwkwkwk

    ReplyDelete
  19. gleeekk *nelenairliur dh
    suka banggertt ama terong daku mak... hhe...

    ReplyDelete
  20. maak...ini ada juga di Lombok. Namanya sambel beberuk kalo ga salah (cmiw).
    iyah bener, emang enak banget ituh *cegluk*

    ReplyDelete
  21. mba Hanaaaaaaaaaa....foodporn foodporn *jilat2layarlappie*

    ReplyDelete
  22. Waduuh maaak....ini merusak imanku sebagai FCers hahaha...
    Dakuw bikin dah besok, hari ini gak keburu ;)

    ReplyDelete
  23. gara2 postingan dan foto ini nih jadi pingin jengkol goreng baladoo.. wkwkwkwk

    ReplyDelete
  24. waduh cabe rawitnya 15? Kebayang pedesnya :)

    ReplyDelete
  25. Duh...itu ga kurang banyak jumlah cabenya mak? Hihihi...langsung mules itu klo aq, perut skr ga kokoh seperti dulu lagi buat nerima sambel :D

    ReplyDelete
  26. Ohhh nooooo salah baca neh harusnya jangan dibaca pas lagi puasa siang bolong dan saat2 kritis begini hahhahahah

    ReplyDelete
  27. Makannya pake nasi anget n tempe goreng...
    Wuuiihhhh..... mantaabbbsss

    ReplyDelete