Tuesday, 8 July 2014

Menu Bukber 2 : Ayam Lodho

Bismillahirrahmaanirrahim....
Saya pertama kali dengar ayam lodho sewaktu di Ponorogo, kebetulan awal puasa kali ini saya tidak belanja karena stok sayur dan ikan masih banyak. Kalau di Jawa, sebelum puasa pasti ada acara slametan namanya megengan, ibu saya masak ayam kentucky buat di kirim ke budhe ,tetangga dekat, dan ayam bali untuk menu kenduri. Sedangkan ibu mertua masak ayam lodho pedas untuk kenduri, heummm...pastinya dong saya dan kang mas sangat merindukan dan ingin mencicipi sajian megengan itu, tapi sayang, kan jauh hehehe. Karena ayam bali sudah masakan andalan, jadi, kang mas menyuruh saya untuk mengeksekusi ayam lodho hehehe.

Hari kedua kebetulan disini hujan deras mulai sahur sampai pukul 10.00, siang-siangpun kami ke pasar untuk membeli ayam kampung, eh ternyata ayam kampungnya udah ludes, tinggal ayam potong dan ras. Ya sudah, yang mendekati ayam kampung ya ayam ras, beli satu ekor langsung minta di sembelih, bersihin dan di potong. Sebenarnya gampang banget buat ayam lodho, bumbunya pun pakai bumbu pepek alias komplit, tapi sebelum di campur dengan bumbu yang sudah di tumis, ayamnya harus di panggang terlebih dahulu. Nah, atas nama anak kos, nggak mungkin juga kan manggang, pakai apa coba???hehe. Yasudah akhirnya eksekusinya seperti biasa tanpa memanggang ayam. Agak lama matangnya, ya iyalah dagingnya kan alot jadi saya masak ayamnya kurang lebih 1,5 jam, pokoknya sampai ayam bener-bener nggak alot deh hehe. Soal rasa, juaralah, enak bingits, endes alias enak dan pedes hehe. Sayurnya jangan lupa, daun pucuk ubi rebus, heummm...sedap, semoga bermanfaat, silahkan mencoba!!!
Bahan
1 ekor ayam ras, potong-potong
1 bungkus santan *1 gelas belimbing*
1 ruas lengkuas
2 lmb daun salam
3 lmb daun jeruk
1 buah sereh
5 gelas air *jika kurang bisa ditambahi*

Bumbu Halus
8 bawang merah
5 bawang putih
3 buah cabe merah
5 buah cabe rawit
1 ruas kunyit
1 ruas kencur
1 ruas jahe
Kaldu ayam
Merica
Garam 
Gula

Cara Memasak
Tumis bumbu halus, masukkan kaldu ayam, gula, garam, merica, lengkuas, daun salam, 
daun jeruk dan sereh.
Masukkan ayam, aduk, kemudian tambahkan air, tunggu sampai ayam benar-benar empuk 
dan berkurang airnya.
 Tambahkan santan, tunggu sampai matang, angkat hidangkan.

***
8 juli 2014
hana_tia@yahoo.com

 

16 comments:

  1. saya baru denger ayam lodho. Ayamnya berarti direbus dulu ya mak...

    ReplyDelete
  2. berkunjung kemari, wah boleh juga tuh dicoba buat berbuka, ditunggu kunjungan baliknya

    ReplyDelete
  3. berkunjung kemari sambil menyimak, selamat menunaikan ibadah puasa, salam. ditunggu kunjungan baliknya ya ^_^

    ReplyDelete
  4. ayam lodho ? sy juga bru dnger namanya ....

    tpi keliatannya enak tuh mba .....hehehe

    ReplyDelete
  5. Wah... aku pertama kali makan ayam lodho juga di kampung halaman mertua, mbak... Di Trenggalek.. :)

    ReplyDelete
  6. Wahh ... saya baru dengar menu ayam 'lodho ... dulu masa abg di Pekanbaru diresto-nya ada juga tersedia menu 'ayam balado .. :)

    ReplyDelete
  7. Disimpan dulu, ah. Siapa tahu nanti bisa dicoba bikin. :) Apa bisa dipanggang dulu pakai oven? tapi dikasih apa agar tak hangus?

    ReplyDelete
  8. hmmm,,yummy banget mbak,,selalu meleleh kalo lihat yg beginian,,selalu masakan lezat yg ditampilkan,,hehehe

    ReplyDelete
  9. cuma bisa bayangin doang nih, pasti udah habis...

    ReplyDelete
  10. bumbunya mirip gulai tapi tak bersantan yah?

    ReplyDelete
  11. dah lama nggak mampir kesini :D

    fotonya bikin ngiler :D

    ReplyDelete
  12. boleh dicoba nih, tfs ya mba :)

    ReplyDelete
  13. wah sepertinya enaaaak nih, bsk coba aaah :D

    ReplyDelete