Saturday, 19 July 2014

Luti Gendang nan Ladziz

Bismillahirrahmaanirrahim...
Siang ini cuaca disini lumayan panas diluar, tapi adem di kamar, alhamdulillah, semoga puasa kita di 10 hari terakhir semakin lancar dan berkah aamiin. Ohya, pernah dengar makanan atau kue yang namanya luti gendang nggak???Luti gendang adalah salah satu satu makanan khas yang berasal dari pulau Tarempa, bentuknya lonjong seperti kroket tapi bahannya bukan dari kentang keseluruhan melainkan seperti donat isi. Teksturnya crunchy banget, apalagi jika baru diangkat dari penggorengan atau hangat. Dulu, saat pertama kali menikmati luti gendang, saya kira isinya daging yang dicincang, ternyata ikan yang dibumbui dengan berbagai rempah-rempah khas melayu, jadi teksturnya lembut, manis, pedas dan tentunya ladziz jiddan alias nikmat sekali. Adonan luti gendangnya hampir mirip dengan donat, tapi ini lembut dan kriuk.
 
Hampir setiap liburan dan pulang ke Batam, pasti nggak ketinggalan sarapan di Mi Tarempa, enak dan tempatnya cozy banget. Terus belinya dimana??nah, kebetulan di Batam ada kedai makanan namanya Mi Tarempa, tempatnya di deretan ruko Sincom kawansan industri Batam Center. Lumayan ramai hari-harinya, mulai pagi sampai sorepun ketika saya pulang ngajar masih saja dikelilingi banyak orang. Harga luti gendang @ 2500, sebanding dengan rasanya yang lezat. Ohya, luti gendang ini juga bisa buat oleh-oleh lo. Kebetulan pas pulang ke Batam sebelum puasa kemarin punya rencana bawa oleh-oleh luti gendang, eh ternyata bukanya jam 07.00, nggak jadi karena jam segitu saya sudah harus di pelabuhan.
Ngiler ya???suer, enak banget emang hehehe. Ya, semoga segera buka cabang di Jawa, biar nggak pada ngiler hehe. Buat yang mau jalan-jalan ke Batam, yang punya rencana ke Batam, Mi Tarempa recomended deh.
Info lokasi
Mi Tarempa
Deretan ruko Sincom kawasan industri Batam Center
Buka mulai jam 07-00 sampai sore

***
19 juli 2014
hana_tia@yahoo.com

37 comments:

  1. Wowww,,, boleh juga ni buat hidangan buka puasa :D

    ReplyDelete
  2. kayak donat goreng gitu, ya?

    ReplyDelete
  3. Wuih, belum pernah dengar apa lagi nyoba, Mak. Dari fotonya udah terlihat gurih dan lezat tuh, pengen nyoba euy, tapi cuma ada di sana ya, Mak Hanna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kyknya mak..ayo ke batam :(

      Delete
  4. Idenya kroket kali ya Mbak. Kentang diganti jadi tepung. Kalau isinya daging ikan, pasti enak banget secara aku penggemar berat ikan hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mbk...tos dulu sm penggemar ikan :)

      Delete
  5. wah, ternyata ikan ya, mba. baru tau ada makanan ini.

    ReplyDelete
  6. Waduh2, menggoda iman puasa nih, hehehe
    Pasti mantap, kalau makan'a pakai Gudeg trus makan'a di Angkringan lagi :)

    ReplyDelete
  7. aaaaakkkk,,,enak banget itu,,,ikan didalamnya,,,bikin laper lagi,,,

    ReplyDelete
  8. waaah waah....asli enak dan lembuut keliatannya yaaa...jadi pengen buaaat aaah :)..bisa ngg yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mak buattt..kyknya gampang..kayaknya hehe

      Delete
  9. wuah, saya juga mau...
    kirim ke Lumajang dong~~

    ReplyDelete
  10. Mbk Zwan< bahannya bukan dari kentang ..trus, dari apaan? Biasanya makanan dari sono itu bahannya dari Sagu. Nah, ini dari apa? *penasaran.com ... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari tepung sm kentang mubgkin pak..ini analisa saya sih hehe..bahasanya g nguati :)

      Delete
  11. Soalnya jadi ingat teman-teman yang kuliah di UNRI Pekanbaru yang abis pulkam selalu dibekalin ortunya 'makanan khas Tarempa yang bahan dasar terbuat dari Sagu ... makanan pokok mereka Sagu mirip di Ambon ... (zaman duluuu lho...) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiyaaaa...yg itu saya blm incip pak hehe

      Delete
  12. Puasa-puasa gini ngomongin makanan bikin ngiler aja :p

    Halo mbak Zwan, salam kenal. Senang bisa berkunjung kesini. Visit back web kita ya smansa-radio.com

    ReplyDelete
  13. Wahhh mak kliatannya enak nih... Nanti kalo main ke Batam saya bakal taro ini di kuliner list ahhh :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak bgtt mbk..g nyesel deh hehe

      Delete
  14. wah iya asli bikinn ngiler deh

    ReplyDelete
  15. datang berkunjung kemari menyimak postingannya, selamat menunaikan ibadah puasa dan sebentar lg hari fitri akan tiba, sebelumnya saya mengucapkan minal aidin walfaidin mohon maaf lahir batin ya bu, ditunggu kunjungan baliknya ^_^

    ReplyDelete
  16. Kebayang renyahnya banget ya mak.. Kalau di Jawa Timur sini yang bentuknya lonjong bulet digoreng gitu ada namanya jemblem, tapi isinya gula merah.. bisa nih diisi ikan pasti enyak :D

    ReplyDelete
  17. Namanya keren ya luti gendang .... belum pernah makan nih, jadi kepo :)

    ReplyDelete
  18. jadi pengen nyobain luti gendang deh.... soalnya di Serang gak ada hehehe

    ReplyDelete
  19. mi tarempa gak bisa delivery ya dari sana :)

    ReplyDelete