Wednesday, 30 April 2014

Incip-incip Kuliner Ponorogo #EverythingOnWednesday

...[tentang kuliner] Diingatan saya, Ponorogo itu nasi pecel, tempe sama sate Ponorogo...
~HM Zwan~

Bismillahirramaanirrahim...
Pernah ke Ponorogo???atau pernah dengar Reog Ponorogo???Nah, itu dia, saya mau cerita tentang kuliner yag aduhai maknyus tiada tara dari saya masih ingusan sampai semanis sekarang #hatsyi. Iya, dari lulus SD saya sudah mengembara di kota yang penuh kenangan ini, 7 tahun bo'.  Kalau di penjara suci kan nggak boleh tuh ya beli makanan keluar gerbang, ketahuan keamanan bakal di setrap dan kena hukuman, dan bakal semakin terkenal di kalangan santri huehehe.
Hi, perkenalkan saya pecel Ponorogo, rasanya yang nendang tiada tara. Dulu, dullluuuu banget pas masih di penjara suci, kalau keluarga datang, pagi-pagi dibeliin nasi pecel dibungkus daun jati, tak lupa tempe Ponorogonya, sluurpptttt, khas banget Ponorogonya. Sampai sekrangpun kalau ke Ponorogo, pasti sarapannya pecel Ponorogo, meskipun warungnya peyot, juwelek nggak karuan, dijamin pecelnya huinak tenan, apalagi tempenya yang masih panas, digoreng di pawon (dapur zaman dahulu yang masih pakai kayu bakar).
 Tempe basah bukan mendoan lo ya ,khas Ponorogo!!!
Sebenarnya masih ada satu lagi, kalau beli gorengan tempe basah yang tepungnya mak krenyes ini jangan lupa sama es cao, hehehe...bacanya buka caowww tapi perhuruf Ca Ow atau es CaOw hehe. Adudududu,seger bangetlah pokoknya. Nah, kalau mau oleh-oleh khas Ponorogo, pastinya dong tetep tempe alias kripik tempe, rasanya sama dengan tempe basah tapi ini bentuknya kripik. Saya kalau ke Ponorogo nggak bingung cari oleh-oleh, soalnya pasti ada aja yang ngasih oleh-oleh hehehe. Nggak tanggung-tanggung, satu kardus isinya kripik tempe semua, alhamdulillah..
 Saya nyampe Batam ouiy....naik pesawat juga loh hihihihi
Nah, kulinernya kan sudah pasti ya, nasi pecel atau kalau nggak sate Ponorogo yang bentuknya gede banget, tapi rasanya aduhai enak banget, bumbunya kental ukuran satenya memang buwesar-besar. Yang saya rindukan dari Ponorogo selain dua itu tadi yaitu teh hangat dan kopinya, tehnya pakai teh bubuk yang masih ada daunnya itu lo, terus kopinya masih kasar dan ada butirannya yang ngambang, jadi kalau kita minum keikut, disesep baru dibuang. Sesuatu pokoknya hehe.
Kalau jalan-jalan ke Ponorogo, jangan lupa kuliner nasi pecel sama sate Ponorogo ya, dijamin endang brambanglah. Sekian makan-makan kuliner Ponorogo ala HM Zwan, selamat hari rabu, semoga indah^^.
***
Rabu,30/4/2014
@hmzwan

23 comments:

  1. saya orang ponorogo lho.... ^_^
    dulu waktu mudik ke tempat mbah, mrk goreng tempe pake tepung gaplek... enak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...ohyaaaa.....enk kn mbk pake tepung gaplek..ada butiran putihnya :)

      Delete
  2. Belum pernah ke Ponorogo, penasaran pecelnya mak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. malang ponorogo lmyn loh mbk...lewat nggalek lbh cepet hihi

      Delete
  3. waduh,,makanannya mesti bikin ngileran,,,nasi mana nasi,,udah keroncongan nih ...:)

    ReplyDelete
  4. Andai saja saya suka pecel, pasti sudah tergiur melihat gambar di atas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbk sundhe g suka pecel to hehe

      Delete
  5. sate ponorogo pernah makan waktu di Solo, satenya gede-gede. Puas makannya. Kalo pecelnya beloman. Enak ya pecelnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..puasss bgtttt....enak bgtttt mbk

      Delete
  6. Mba, buatin dong yang basah tapi krenyees? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiah...hayuk ke po aja mbkkk...pake tepung gaplek soalnya hihi

      Delete
  7. Ais.... pecelnya menggoda. Aku paling suka makanan banyak sayurnya. Lotek, gado-gado, pecel, urap, dan sebagainya itu selalu menggoda. Saking sukanya sama sayur, aku sering disebut kambing... hehehehe *malah curcol* :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha suka yg ijo2 ya mbk...samalah hihi....saya baru tau lotek ya pas di siak ;)

      Delete
  8. Pecel ponorogo juara di lidah

    ReplyDelete
  9. nah makanan kaya pecel ponorogi yg bebas pengawet itu yg aku suka mba :)

    ReplyDelete
  10. Ngileeeeer, bikinin dong #lho :)

    ReplyDelete
  11. kalah aku sama tempenya, aku aja belum pernah ke batam :)

    ReplyDelete
  12. Pngin ditendang pecel Ponorogo mbak ... penasaran sama rasanya

    ReplyDelete
  13. jadi kepengen mak, secara saya kan belum pernah ke Ponorogo hiks..

    ReplyDelete