Saturday, 27 June 2009

TUGAS PENGANTAR PENDIDIKAN

TUGAS PENGANTAR PENDIDIKAN
Akta Mengajar IV

1. Jelaskan pengertian tentang pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat!
a. Pendidikan keluarga atau rumah: pendidikan yang dilaksanakan dalam lingkungan rumah tangga. Secara konsep, pendidikan keluarga atau rumah pada dasarnya berlangsung sejak anak dilahirkan, dan dilakukan secara informal oleh keluarga.
b. Pendidikan sekolah: pendidikan yang dilaksanakan disekolah.
c. Pendidikan masyarakat: pendidikan yang ditujukan kepada orang dewasa termasuk pemuda di luar batas umur tertinggi kewajiban belajar, dan dilakukan di luar lingkungan dan sistem pengajaran sekolah biasa.
2. Jelaskan fungsi dari ketiganya!
a. Fungsi pendidikan keluarga atau sekolah: keluarga mempunyai peranan penting dalam rangka memberikan dasar-dasar pendidikan kepada anak yang nantinya akan menentukan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak pada masa mendatang. Dengan demikian pendidikan keluarga atau rumah bisa menimbulkan pengaruh-pengaruh dari ornag dewasa kepada anak sebagai akibat dari komunikasi yang erat dalam pergaukan sehari-hari, yang sebagian terbesar terjadi dalam kehidupan rumah tangga sebagai kelanjutan dari usaha persiapan pendidikan yang dilakukan para orangtua pada masa selanjutnya.
b. Fungsi pendidikan sekolah: merupakan tindak lanjut atau pengembangan dari pendidikan keluarga. Dimana disekolah anak dibawah asuhan para guru, anak memperoleh pengajaran dan pendidikan. Anak-anak belajar berbagai macam pengetahuan dan keterampilan, yang akan menjadi bekal untuk kehidupannya nanti di masyarakat.
c. Fungsi pendidikan masyarakat: untuk memperkaya pengalaman dalam masyarakat melalui pergaulan-pergaulan yang memungkinkan adanya pengaruh-pengaruh dikehidupannya.
3. Jelaskan hubungan antara ketiganya!
Pada dasarnya pendidikan adalah usaha dalam memberikan bimbingan dan bantuan kepada anak didik yang sedang dalam proses menuju kedewasaan. Pada mulanya pendidikan dimulai dari persiapan pendidikan itu sendiri yaitu sebelum anak lahir, kemudian dilakukan pendidikan dalam keluarga atau rumah (setelah anak lahir) oleh orangtua. Lalu kemudian anak akan memasuki masa sekolah (pendidikan sekolah) dan selebihnya pendidikan lainnya didapatkan oleh anak di luar lingkungan keluarga dan sekolah yaitu dalam masyarakat. Dengan demikian, ada hubungan yang berkesinambungan antara pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat yang hendaknya diperoleh anak didik selama kehidupannya. Yang mana dalam dunia pendidikan, ini dinamakan dengan long life education atau pendidikan seumur hidup.

No comments:

Post a comment