Friday, 10 May 2019

Resep Kue Lumpur

Assalamualaikum.. Tadi siang bikin kue lumpur untuk snack takjil mushola samping rumah. Mendadak kepikiran pingin bikin kue lumpur gitu pakai cetakan cake pan. Kan bosan ya, kalau setiap hari snack takjilnya gorengan, yaudah saya bikinin kue lumpur aja deh. Alhamdulillah nya semua bahan ada di dapur, termasuk santan. Yaaa meskipun harus marut kelapa dulu untuk bikin santan. Tapi aman sih, lha wong cuma setengah dari satu buah kelapa hehe.

Untuk resepnya, saya baca-baca di instagram, cuma setelah ditimbang, dikira-kira dan diskusi sama mbak yang biasa bikin kue. Akhirnya resep inilah jadinya. Awalnya di resep tertulis terigu ya 175 gr, tapi setelah mempertimbangkan ini dan itu. Ya kan bikin kue ya nggak cuma 8 biji hehe. Namanya juga takjil, minimal 10lah haha. Itupun ditambah buah dan teh hangat.

Nah, untuk cetakan kue lumpur. Saya pakai cake pan Sanoya dari @nikitalkl.id. Cake pannya anti lengket, bisa pakai/tanpa margarin dan minyak. Sudah saya coba semua di dapur #hotwajan #bukanwajanbiasa hehe. Tapi kali ini cake pan saya olesi dengan margarin, biar apa? Biar tambah gurih dan harum gitu hasilnya, hmmmm...


Soal rasa, alhamdulillah pas bangetttt. Enak katanya, lembut dan manisnya pas. Kata siapa? Udah nyoba? Kata mbak mbak yang sudah incip dan halangan puasa hehe. Alhamdulillah... Senangnya. Artinya saya harus simpan resep ini buat dibikin kalau ada acara gitu.
Silakan dicoba..
Semoga bermanfaat..


KUE LUMPUR
By @hm_zwan

Bahan :
3 buah kentang, kukus, haluskan/parut lembut
300 gr terigu
150 gr margarin, cairkan
150 gr gula pasir
1 sdt garam
3 butir telur
450 lt santan (rebus dengan daun pandan)

Topping :
Kelapa muda serut

Cara membuat :
Kocok telur dan gula pasir. Masukkan kentang, terigu, aduk. Tambahkan garam, santan, aduk rata. Masukkan mentega cair, aduk. Panaskan cake pan, olesi margarin, tuang adonan, beri kelapa muda secukupnya, tutup. Jika sudah matang, angkat, sajikan.


Gimana hasilnya? Bagus nggak? Satu resep ini jadinya 18 buah kue lumpur, tiga kali nuang adonan ke cake pan. Cepet banget karena lubang cake pannya banyak, lebih dari 5 lubang. Buat teman-teman yang pingin punya cake pan Sanoya bisa langsung ceki ceki ke Instagram @nikitalkl.id ya. Nggak hanya ada cake pan saja lho, banyak banget pilihan peralatan dapurnya.

Ada yang suka kue lumpur?

Thursday, 9 May 2019

Resep Soto Ayam Maknyus

Ada yang suka soto?ayo angkat tangan, samaan dong kita. Sejak sering diajak suami sarapan soto kuali di daerah Batam Center, akhirnya mau nggak mau suka soto. Termasuk mulai kepo resep soto ayam yang rasanya maknyus. Apalagi setiap ke rumah bulek, sering banget diajak makan soto medan di deket Alun-alun Batam. Jadi, sejak itu mulai suka dan kepincut sama soto. Bisa ya?bisa banget hahaha.


Saya lupa, kapan tepatnya saya pertama kali masak soto. Kalau di Batam, kayaknya nggak deh karena kami sering makan diluar wkwkwk. Masaknya masih sering nyambel dan numis. Plus goreng ayam, sambelnya pakai sambel hasil beli lauk malam hari hahaha. Ya ampunnn.... Tapi, kayaknya mulai rajin masak itu waktu tinggal di Siak Riau. Termasuk pertama kali bikin soto sendiri, bumbu dan caranya hasil dari minta resep ibu lewat telpon setiap hari minggu.

Makin hari, mungkin karena sering banget incip soto ini itu dari satu warung ke warung lain. Akhirnya kami keseringan bikin soto bersantan alias tidak bening. Mungkin kalau di Jawa pada umumnya warna soto itu bening, beda lagi kalau incip soto medan, kuahnya bersantan dan yang khas itu ada perkedelnya. Hmmmm....

Nah, berbekal resep dari ibu, akhirnya saya sering bikin soto kuahnya pakai santan. Meskipun resep dari ibu ini sotonya kuah bening. Tapi suami lebih suka soto medan, yang berkuah santan gitu. Nah, berikut resep soto maknyus ala #hotwajan bukan wajan biasa.


SOTO AYAM
Bahan :
1 liter air
3 paha ayam
2 batang daun bawang, iris 1 cm
2 batang daun seledri, iris 1 cm
Gula, garam, merica dan kaldu bubuk secukupnya
3 siung bawang merah, iris, goreng setengah matang
Minyak goreng
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 batang sereh,geprek
3 cm jahe,geprek
1 bungkus santan 

Bahan pelengkap :
Ayam goreng suwir (paha ayam goreng) 
Tauge rebus
Kol, iris tipis
Kentang goreng
Irisan tomat
Jeruk nipis
Sambal kecap
Kerupuk

Bumbu halus (blender) :
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 buah kemiri
4 cm kunyit

Cara membuat :
Tumis bumbu, daun salam, jeruk, sereh, dan jahe sampai harum. Masukkan air, paha ayam tunggu sampai mendidih. Angkat paha ayam, masukan gula, garam, merica, kaldu bubuk, koreksi rasa. Masukkan santan, bawang merah goreng, daun bawang dan seledri, aduk rata. Jika sudah matang, angkat, hidangkan dengan bahan pelengkap.


Rasanya, hmmmmm.....tahan pemirsah, masih jam berapa nih hahaha....insya Allah maknyus tenan, resepnya mudah kok dan bumbunya komplit ada di rak dapur. Silahkan dicoba ya. Semoga bermanfaat...

Teman-teman, ada yang suka soto?

Wednesday, 8 May 2019

Cookies Bunga Teratai Skippy

Assalamualaikum. Selamat berpuasa.. Jadi, kemarin setelah sahur saya berhasil nggak tidur lagi dan bikin cookies. Satu resep Cookies Bunga Teratai Skippy berhasil di eksekusi. Resepnya mudah banget dan rasanya kacang banget, karena pakai Skippy Peanut Butter.


Kalau biasanya saya bikin kukis kacang kan pakai kacang sangrai, nah, kali ini nggak perlu nyangrai kacang segala. Cukup pakai Selai Skippy Peanut Butter. Lebih praktis, simpel dan tentunya maknyus pemirsah. Resep cookies saya ambil dari buku Kue Kering milik Budi Utomo, hanya saya modifikasi sedikit menjadi cookies rasa kacang.

Mau tau resepnya??yuk ah, cus..

Cookies Bunga Teratai Skippy
Source : Buku Kue Kering by Budi Sutomo
Modif By : @hm_zwan

Bahan :
700 gr terigu protein rendah
400 gr margarin
300 gr gula halus
3 butir kuning telur
100 gr Skippy Peanut Butter
30 gr susu bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam halus

Hiasan :
Skippy Peanut Butter
Olesan :
5 butir kuning telur
2 sdm susu cair
1 sdt gula halus


Cara membuat :
Kocok margarin, gula halus, kuning telur dan garam menggunakan mixer sampai tercampur rata. Aduk rata tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder. Ayak, sisihkan. Masukkan campuran tepung dan Skippy Peanut Butter kedalam adonan mentega,aduk rata dengan sendok kayu. Giling adonan setebal 1 cm, bentuk, atur diatas loyang, panggang selama 10 menit. Keluarkan loyang berisi adonan, beri olesan, tambahkan hiasan Skippy. Panggang kembali kurang lebih 10 menit. Angkat, dinginkan.



Nah kan udah jadi. Soal rasa, Cookies Bunga Teratai Skippy ini rasanya kacang banget, apalagi ditambah hiasan Skippy, jadi lembut gitu pas masuk mulut... Yahhhh yahh, puasa... Tahan pemirsa hahaha. Buat yang pingin bikin cookies kacang, recomended banget pakai Skippy Peanut Butter. Selain rasanya makin enak, jadi gurih banget gitu. Wajib banget di coba.. Semoga bermanfaat..

Teman-teman, ada yang suka Skippy?

Tuesday, 7 May 2019

Warung Nasi Alam Sunda : Tempat Buka Puasa Favorit di Bandung

Assalamualaikum.. Ada yang sudah pernah ke Bandung?sering ke Bandung tapi makannya di tempat makan kekinian terus. Makannya junkfood terus. Dan puasa kali ini saya cuma mau ngingetin aja, kalau ke Bandungnya pas bulan puasa. Nih, saya kasih tau tempat buka puasa favorit di Bandung.

Namanya Warung Nasi Alam Sunda. Sebenarnya ini saya taunya dari mbak mbak spg sebuah toko baju di daerah Dalem Kaum dekat alun alun Bandung. Kok tau dari mbak mbak spg, kenapa nggak cari aja di mbah google? Saya percaya banget, dari bertanya lewat orang orang lokal, pasti aja dapat sesuatu yang nggak pernah kita kira. Salah satunya menemukan Warung Nasi Alam Sunda ini.

Lokasinya dimana?
Warung Nasi Alam Sunda berada di Jalan Otto Iskandar Dinata No.267, Balonggede, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat. Kalau dari daerah Dalem Kaum, lurus saja, ketemu perempatan belok kiri. Terus saja kurang lebih 800 meter, Warung Nasi Alam Sunda ada disebelah kiri jalan. Warungnya terbuka, dinding bercat kuning, banyak pilihan lauk dan menu.

Menu yang Recomended Apa ya?
Kalau kesini bisa coba ayam goreng yang otomatis ada kremesannya. Buat yang punya anak kecil, siap siap aja dibikin lahap makan karena ada kremesannya. Yang kedua ayam bakar, rasanya luar biasa maknyus sih menurut saya dan suami. Terus yang paling istimewa itu di sambelnya, tiap meja disediakan 2 wadah sambel, sambel hijau dan merah. Dua duanya enak, lalapannya komplit banget khas warung sunda. Cobain deh, nggak bakal nyesel makan disini.


Harganya Gimana?
Soal harga, jangan kaget ya. Murah banget... Ibaratnya kita pendatang yang sedang lapar, pingin makan enak, dan dapet warung yang pas banget. Semuanya enak. Waktu itu saya pesan ayam bakar, ayam goreng, lele goreng, nasi, jeruk hangat 3, puding 2, semua dibayar dengan harga Rp 65.000. Awalnya sempat kaget, ini beneran harga segitu?ternyata ya memang segitu harganya.

Baca Juga Jalan-jalan ke Bandung 

Waktu ke Bandung dan makan di Warung Nasi Alam Sunda, saya sempat bilang sama mbk Ulu, yang punya blog Bandung Diary. Mbk Ulu langsung komen, "Kok pinter dapet warung Alam Sunda..". Tuh, kan nggak salah.. Memang menu disini enak dan recomended.

Buat teman-teman yang liburan puasanya ke Bandung, Warung Nasi Alam Sunda bisa jadi rekomendasi tempat buka puasa saat di Bandung.

Monday, 6 May 2019

Menu Buka Puasa Hari Pertama

Assalamualaikum...selamat menjalankan ibadah puasa ramadan teman-teman HM Zwan. Menu buka puasa hari pertama kali ini rencananya sih mau bikin sayur bening sama sambel. Menu buka puasa paling simpel, enak dan seger gitu rasanya. Loh, baru jam berapa udah ngomongin menu buka puasa,hahaha.

Puasa Pertama di Jombang
Alhamdulillah, puasa ramadan kali ini saya puasa di rumah ibu di Jombang. Kalau tahun-tahun sebelumnya sudah dipastikan saya puasa di perantauan. Mulai di Batam, Siak Riau, dan terakhir di Subang Jawa Barat. Jadi kali ini bener bener istimewa, mungkin karena di kampung ya. Jadi suasanaya menyambut bulan suci ramadan ini kerasa sekali. Ada megengan, dimana pagi-pagi ibu ibu pada sibuk pergi ke pasar karena mau masak-masak untuk acara menengah di mushola atau masjid terdekat. Nyekar ke makam, sampai ada acara pawai menyambut bukan suci ramadan.

Menu Buka Puasa Hari Pertama
Rencananya, menu buka puasa sore nanti mau masak sayur bening bayam, bikin dadar jagung sama sambel tempe, uwwwww....tahan pemirsah hahaha.

                            Sayur bening

Sayur Bening Bayam
Ada yang mau resepnya??wkwkwk... Sayur bening ini termasuk sayur yang mudah banget dibuat. Nggak perlu kaldu ayam dan sejenisnya, bumbunya cuma bawang merah, putih, gula dan garam. Sudah, itu aja. Sayurnya pakai bayem, labu siam, wortel. Aduh, itu aja udah syeger. Biar khas rasa sayur bening, jangan lupa tambahin jahe atau pakai daun kemangi.

Dadar Jagung
Bahan :
2 buah jagung manis
1 batang daun bawang, iris tipis
3 lembar daun jeruk, iris tipis
3 bawang merah, iris tipis
5 sdm tepung terigu
Garam dan ketumbar secukupnya

Cara membuat : Potong jagung, haluskan. Campur semua bahan, aduk. Panasnya minyak, goreng adonan perkedel jagung sampai kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan, sajikan.

Takjil
Air mineral
Jeniper hangat
Buah
Es, jatah keponakan..haha

Nah, komplit kan ya menu buka puasa hari pertama. Semoga puasa kita diterima oleh Allah swt. Semangat terus, semoga kita kuat sampai hari kemenangan, aamiin.

Hayo, menu buka puasa hari pertama kalian apa nih??pasti lagi mau masak kann.. Share donggg...