Monday, 2 December 2019

Advan G3 Pro, Smartphone Terbaik dibawah Rp 2 Jutaan

Sebulan yang lalu saya dapat musibah, smartphone andalan saya jatuh dan tidak bisa hidup lagi. Sedih banget rasanya, karena itu adalah smartpone yang saya gunakan ubtuk keperluan menulis blog dan sesekali memotret dengan alat tersebut. Sampai akhirnya saat banyak pekerjaan, saya merasa ada yang kurang. Meskipun masih ada satu smartphone lagi tapi rasanya takut sekali kalau tiba-tiba eror karena memory penuh. Sempat kepikiran untuk beli smartphone baru tapi masih maju mundur.

Alasan yang membuat saya maju mundur salah satunya adalah mengenai harga smartphone itu sendiri. Pinginnya, beli yang bagus tapi kok ya yang bagus itu mayoritas harganya 3juta keatas. Pingin coba beli yang murah tapi takut cepat rusak, gini nih emak emak kalau kebanyakan mikir. Endingnya nggak jadi beli deh hahaha.


Satu hal kenapa saya pingin banget beli smartphone baru, karena sudah kurang lebih 5 tahun saya sangat nyaman bekerja menggunakan smartphone. Baik untuk keperluan menulis artikel di blog, memotret, chatting sampai memesan makanan. Bener-bener dimanjakan sekali dengan smartphone masakini. Semua dipermudah..

Nah, mulai dari beberapa minggu yang lalu, saya mulai banyak tanya dan cari info mengenai smartphone yang klik di hati. 

Advan G3 Pro, Smartphone Terbaik dibawah Rp 2 Jutaan 
Ada yang tau Advan? berdiri pada tahun 1998 sebagai perusahaan kebanggan Indonesia. Beragam produk telah diciptakan dan di produksi oleh PT Bangga Teknologi Indonesia. Mulai dari Notebook, Tablet, PC, Smartphone, hingga aksesoris digital. Dari data yang diliris International data Corporation ( IDC ) sepanjang 2017. Penjualan Smartphone Advan meningkat dari tahun sebelumnya.Tercatat pada tahun 2017 Advan menempati posisi ke-3 dengan market share 7,7%. Pada tahun 2016, Advan berada di urutan ke-4 (6,8%). Pada Tahun 2018, Advan tetap berada di Top 5, Advan yakin, bahwa teknologi adalah milik semua orang.

Thursday, 24 October 2019

5 Resep Olahan Udang, Maknyuss!

Sahabat HM Zwan, ada yang suka udang?kali ini saya mau share 5 resep olahan udang yang rasanya maknyus banget. Siapa sih yang nggak suka udang, seafood satu ini lumayan ada beberapa macamnya. Mulai dari yang ukuran mini sekali sampai besarnya nggak nguati. Tapi yang paling saya suka itu udang yang ukurannya sedang, sekali hap atau 2 kali hap haha 

Seminggu sekali biasanya saya belanja ke pasar, untuk keperluan masak selama kurang lebih satu minggu. Mulai dari sayur mayur, ikan, seafood, buah sampai ayam. Yang nggak ketinggalan biasanya udang, selalu beli stok udang. Nggak perlu beli banyak, cukup beli 300gr, itupun kadang langsung habis, kadang bisa jadi 3 kali masak.


Nah, kali ini saya mau share 5 Resep olahan udang. Mulai dari yang resep gitu aja sampai resep yang mungkin rada aneh ya, misalnya udang di mix sama terong. Penasaran kannnn?? Yuk ah, cus kita Intip resepnyaa..

Baca juga Kumpulan Resep Smoothie 

1. Tumis Udang Tahu Pedas
Ide bikin resep ini gara-gara pernah iw, instagram walking ke ig nya mbk Endang JTT, waktu itu sekilas aja baca judulnya. Lupa nggak ngesave, pokoknya lihat fotonya aja. Nah, pas lagi mau masak saya buka kulkas, ada bahan ini itu. Terlintas fot dan judul resepnya mbk Endang. Akhirnya eksekusi deh, berhubung pas bikin ini stok ikan di kulkas masih ada 3 potong ayam, akhirnya saya tambahan satu potong ayam bagian dada, biar banyak hahaha. Resepnya pake Bismillah hahaha. Pakai bumbu seperti biasa, dan jadilah... Alhamdulillah, Enakkkk!!!


By : @hm_zwan
Bahan :
100 gr udang uk besar, bersihkan
1 kotak tahu, potong dadu, goreng setengah matang
1 potong ayam, potong dadu
1 lonjor pete
Gula, himsalt, merica, kaldu jamur secukupnya
2 sdm saos tiram
1 sdm minyak wijen
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 gelas air

Bumbu iris :
6 bawang merah
4 bawang putih
2 cabe merah besar
8 cabe rawit
1 buah tomat merah

Cara membuat :
Tumis bumbu iris, daun salam, daun jeruk dan pete sampai harum. Masukkan ayam, udang, tahu, air. Tambahkan gula, himsalt, merica, kaldu jamur secukupnya. Masukkan saos tiram dan minyak wijen. Tutup. Jika sudah matang, angkat, sajikan.

2. Sambal Udang
Kalau ini sih andalan banget dari zaman awal - awal nikah dulu,di Batam itu surganya seafood. Yaiyalahhh deket laut... Jadi kalo ke pasar seringnya beli ikan sama udang, seger seger banget ikannya, seafoodnya. Bikin ini selalu boros nasi, wkwkwk.


By : @hm_zwan
Bahan :
300 gr udang, bersihkan
Gula, himsalt, kaldu jamur secukupnya
Merica secukupnya

Bumbu uleg :
8 bawang merah
5 bawang putih
5 cabe merah besar
10 cabe rawit
1 buah tomat

Cara membuat :
Tumis bumbu uleg, masukkan udang, gula, himsalt, merica, kaldu jamur secukupnya. Jika sudah matang, angkat sajikan.

Baca juga Resep Mudah dan Enak Bistik Daging 

3. Nasi Goreng Kunyit Udang
Kalau ini idenya datang waktu ada challenge #wajanngebut. Saat itu temannya Udang, sebelum Deadline sehari masih bingung mau masak apa. Eh, pas hari H pagi-pagi dapet ide gitu aja pingin bikin nasi goreng kunyit, awalnya mau bikin nadi goreng kemangi tapi nggak punya kemangi. Pas lihat rak bumbu kok langsung aja mau bikin nasi goreng kunyit hehe. Enak banget lho ini... Cobain ya.


By : @hm_zwan
Bahan :
Semangkok nasi
6 buah udang
Kol secukupnya
Merica, himsalt, kaldu bubuk secukupnya
1 sdm margarin

Bumbu uleg :
4 bawang merah
1 siung bawang putih
5 cabe rawit
2 cm kunyit

Cara membuat :
Panaskan margarin, tumis bumbu sampai harum. Masukkan udang, kol, nasi, merica, himsalt dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk rata, koreksi rasa. Jika sudah matang, angkat, sajikan.

4. Tumis Terong Seafood
Gimana rasanya masak terong dmix sama seafood? Hmmm... Aneh pastinya. Tapi kalo udah jadi, ini bikin boros nasi lho wkwkwk. Enak banget ternyata!!! Ide bikin ini gara-gara pernah lihat sekilas di instagram, lagi-lagi lihat fotonya sekilas nggak saya klik hahaha. Pas lagi buka kulkas mulai bingung, ada kerang enaknya dimasak apa yaaa... Lihat dkolong bawah kulkas ada terong, wah... Inget foto di instagram wkwkwk. Langsung deh eksekusi. Bumbu-bumbunya atas nama Bismillah, pake feeling, dan pastinya harus pedas. Ugh, serius makkk... Maknyus tenan!!!


By : @hm_zwan
Bahan :
250 gr kerang, bersihkan
6 ekor udang, bersihkan
8 terong bulat, potong jadi 4
1 lonjor pete
2 daun jeruk
1 daun salam
Himsalt, gula, merica secukupnya
2 sdm saos tiram
1 gelas air
Kecap manis secukupnya
Minyak goreng

Bumbu tumis (iris) :
1 bawang bombai kecil
4 bawang putih
1 batang daun bawang
1 cabe merah
10 cabe rawit
3 cm jahe, geprek
1 tomat

Cara membuat :
Tumis bumbu sampai harum, masukkan pete, kerang, udang, air. Tambahkan daun salam, jeruk, himsalt, gula, merica, saos tiram secukupnya. Masukkan terong, tutup. Tambahkan kecap manis, aduk. Jika air surut, matikan api, angkat, sajikan.

5. Udang Kepal
Ini baru aja bikin kemarin, gara-gara bingung mau masak menu apa buat Aqla haha. Lihat freezer ada kentang frozen oleh-oleh dari mbk Dwi Puspita pas main ke rumah. Kepikiran bikin perkedel tapi takut Aqla nggak mau, pas lihat udang mau bikin udang tepung, tapi takut Aqla bosen. Lha kok kepikiran bikin perkedel tapi versi yang berbeda. Terus eksekusi deh, jadinya udang kepal hahaha. Dicocol pake saos, manstap mak.. Incip sat gpplah.. Bonus buat yang masak wkwkwk.

Pas lagi foto udang kepal, tiba-tiba Aqla mendekat, duh.... Rusuh nih wkwkwk. Ternyata dia duduk depan piring udang kepal, terus ngelihatin si udang, main comot langsung dimakan. Alhamdulillah dia suka mak...... Yeayyy


By : @hm_zwan
Bahan :
200 gr kentang frozen
5 ekor udang ukuran sedang, buang cangkangnya
5 bawang merah
2 bawang putih Gula, himsalt, kaldu jamur secukupnya Sedikit daun bawang dan seledri

Adonan pelapis :
1 butir telur+sedikit himsalt
3 sdm terigu+kaldu jamur 

Cara membuat :
Goreng kentang, bawang merah dan putih setengah matang. Haluskan dengan ulekan, beri gula, himsalt, kaldu jamur dan daun bawang seledri. Aduk,sisihkan. Diwadah terpisah, campur terigu dan kaldu jamur, sisihkan. Kocok telur dan himsalt, sisihkan. Ambil adonan kentang, pipihkan,ambil udang, kepal-kepal sampai berbentuk bulat. Panaskan minyak goreng. Masukkan ke dalam telur, guling-gulingkan ke adonan tepung, goreng sampai coklat keemasan. Angkat, sajikan.

Gimana mak, lumayan kan koleksi resep rumahan berbahan dasar udang. Biasanya habis masak, saya tulis judul resepnya di buku. Buat apa?? Buat kalau suatu waktu mentok mau masak apa, terus lihat buku, lumayan terbantu banget lho hehehe. 5 Resep olahan udang yang rasanya maknyus tenan ini bisa jadi alternatif resep ketika para emak lagi bingung mau ngolah udang jadi menu apa lagi ya. Cobain deh mak, enak enak banget ini..
Semoga bermanfaat..
Teman-teman, punya andalan resep berbahan udang? Ayo dong sharing..

Tuesday, 22 October 2019

Utang Pinjaman KTA BTN dengan Bunga Rendah untuk Modal Bisnis

KTA adalah singkatan dari Kredit Tanpa Agunan. Jenis kredit ini biasanya dimanfaatkan sebagian orang untuk keperluan pribadi. Kebaikan dari kredit ini adalah kamu tidak memerlukan agunan atau jaminan seperti kebanyakan jasa peminjaman uang. Kamu bisa mengajukan pinjaman KTA BTN dengan bunga rendah dengan memenuhi beberapa syarat yang dibutuhkan.

Fakta-fakta Utang Pinjaman KTA BTN Online
Pengajuan KTA sangat aman dilakukan oleh siapapun. Sebagian besar permintaan untuk utang KTA akan dimanfaatkan sebagai salah satu tambahan modal bisnis. Hanya saja, kamu perlu mempertimbangan perhitungan yang mungkin terjadi bila kamu tidak menyediakan dana lain sebagai second opinion.

Jika berniat untuk melakukan utang pinjaman, maka kamu harus memenuhi konsekuensi angsuran yang ditetapkan setiap bulannya. Jangan sampai, niatmu untuk memperbesar bisnis justru malah membuatmu terlilit utang KTA dan dikejar debt collector demi pelunasannya.

Pada awalnya, KTA merupakan salah satu produk perbankan dalam bentuk pinjaman dana yang hanya disediakan oleh bank konvensional saja seperti Bank BTN. Seiring waktu berlalu, perkembangan dunia online semakin maju, dibuatlah KTA online yang bertujuan untuk semakin mempermudah nasabah dan dapat segera mencairkan dana tanpa ribet.

Syarat Pengajuan KTA BTN Online
Pengajuan KTA BTN secara online terhitung sangat mudah. Jika kamu merupakan warna negara Indonesia dalam rentang usia 21-55 tahun, kamu sudah bisa mengakses layanan ini. Terutama jika penghasilan tahunanmu mencapai Rp36 Juta.

Utang pinjaman KTA BTN dengan bunga rendah yang kamu tujukan untuk bisnis akan segera di-acc dan bisa dicairkan. Kamu tidak diharuskan memiliki kartu kredit seperti kebanyakan syarat pinjaman KTA lainnya. Bahkan kamu tidak diharuskan membuka rekening bank BTN bila tak memilikinya.

Proses pengajuan KTA BTN online ini akan memakan waktu hingga 14 hari kerja, tergantung antrian. Semua persyaratan dapat diterima bila kamu sudah melengkapi berkas dan data calon nasabah baru yang ingin mengajukan Kredit Tanpa Anjungan secara mandiri.

Data, Berkas dan Perlengkapan yang Dibutuhkan
Jika kamu hendak mengajukan KTA BTN, ada beberapa data yang kamu butuhkan. Apa saja?
1. Kartu Keluarga terbaru,
2. Surat Nikah/Surat Cerai
3. Foto kopi KTP terbaru
4. Mengisi aplikasi kredit dari bank yang telah disediakan
5. Foto kopi SK pegawai tetap
6. Foto kopi slip gaji bulan terakhir
7. Foto kopi mutasi rekening perbankan hingga 3 bulan terakhir

Untuk peminjaman di atas Rp50 Juta, kamu perlu melengkapi berkas terkait SPT Pph Ps.21. 

Jenis KTA yang Bisa Digunakan
Saat kamu memutuskan untuk mengajukan utang KTA BTN secara online, kamu harus mengerti terlebih dahulu jenis KTA yang bisa kamu gunakan. Pertama jenis KTA reguler, yaitu peminjaman yang diberikan oleh bank kepada masyarakat umum. Siapapun boleh melakukannya, tak punya rekening bank BTN pun bisa menggunakan jenis KTA satu ini.

Jenis KTA kedua adalah KTA payroll. Pada umumnya, jenis KTA ini dipakai oleh perusahaan tertentu yang memiliki jumlah karyawan lebih dari 100 orang dan telah beroperasi minimal 3 tahun. Proses pencairannya cenderung lebih cepat, karena karyawan meminjam ke kantor, dan perusahaan mengajukan dana ke bank. Bank juga dapat mengamati dana masuk secara sistematis karena data para peminjam merupakan data karyawan di perusahaan tersebut.

Biasanya, pihak kantor akan langsung memotong gaji karyawan peminjam untuk segera disalurkan ke bank sebagai pelunasan. Oleh karenanya, pegawai sangat diuntungkan dengan adanya KTA jenis payroll ini. Selain terfasilitasi dari kantor tempat bekerja, pinjaman KTA BTN dengan bunga rendah juga akan meunguntungkan mereka dalam pembayaran bulanan.

Pengelolaan Bisnis dari Dana KTA BTN Online
Menjadi raja bagi diri sendiri dengan membuka jaringan bisnis adalah salah satu alasan paling umum jika seseorang ditanyai mengenai alasan berwirausaha. Hal ini dikarenakan bisnis merupakan salah satu jalan untuk laju perekonomian yang tak akan mati hingga seseorang pensiun dari sebuah perusahaan. Beberapa orang membutuhkan dana yang besar untuk memulai sebuah usaha. Oleh karenanya, adanya KTA BTN online juga menjadi salah satu penolong yang sangat menguntungkan.

Peminjaman maksimal yang bisa kamu dapatkan adalah sejumlah Rp100 Juta. Dengan jumlah angka sebesar itu, kamu sudah bisa memulai bisnis. Entah bisnis laundry, bisnis kuliner, bisnis peralatan rumah tangga, bisnis kosmetik, atau bisnis berkaitan dengan jasa. Jika kamu belum menemukan usaha yang tepat, kamu bisa memulai dengan hal-hal yang dibutuhkan orang-orang di sekitarmu. Hitung jumlah modal awal untuk menjalankannya. Hitung biaya transportasi juga hal-hal teknis yang menjadi kebutuhan usahamu.

Siapkan satu rekening khusus yang mengatur dana masuk dan dana keluar. Dengan demikian kamu bisa memaksimalkan jumlah pemasukan dan menyeimbangkan dengan pengeluaran yang dibutuhkan.

Tips Bisnis yang Sukses untuk Pemula
Merencanakan bisnis sama saja dengan merencanakan masa depan. Oleh karenanya kamu perlu fokus pada satu bisnis dan tidak mudah tergoda dengan berbagai bisnis lain yang terlihat menguntungkan. Jika mengalami kendala teknis, kamu bisa mencermati hal-hal yang menjadi penghambatnya. Segera mencari solusi dan perbaiki.

Pelayanan dan service akan menjadi penentu kedua setelah rencana dibuat. Dengan memberikan berbagai kemudahan akses dan fasilitas untuk calon pelangganmu, maka kamu telah memberikan sebuah “nilai” bagi kualitas dan profesionalitasmu sebagai salah satu penjual atau penyedia jasa yang baik. Jika kendala modal, kamu bisa memanfaatkan peminjaman KTA BTN yang kini juga berkembang ke ranah online. Kemudahan dan berbagai fasilitas di tawarkan untuk memenuhi kebutuhanmu dalam peminjaman dana jumlah besar.

Kamu bisa langsung cek ke link  https://www.cekaja.com/banks/btn/pinjaman/kta-btn untuk informasi lain yang lebih jelas. Jika terdapat pertanyaan atau hal-hal yang belum kamu mengerti, kamu bisa bertanya langsung dengan admin di sana. Peminjaman KTA BTN online ini dapat menjadi solusi ampuh untuk mengatasi kendala pendanaan untuk bisnismu.

Monday, 21 October 2019

Ini Manfaat Pinjam Dana Tunai di CekAja!

Apa yang Anda pikirkan saat mendengar cara pinjam dana tunai proses mudah? Kebanyakan orang akan berpikir tentang fintech pinjam uang yang ada di toko aplikasi. Ya, fintech semacam ini memang sedang hits, dan banyak beriklan di mana-mana.

Mereka yang tak pikir panjang pun akan mudah untuk terjerat utang di rentenir digital ini. Padahal, apa yang mereka tawarkan hanya manis di awal belaka. Pada akhirnya, Anda harus menelan pil pahit karena bunga tinggi dan ditagih bahkan sebelum jatuh tempo.

Ingin meminjam uang di bank, prosesnya lama dan harus menggunakan agunan. Lalu bagaimana solusinya bila Anda butuh dana mendesak? Jangan menyerah apalagi tergoda tawaran rentenir digital. Lebih baik, gunakan Cekaja.com. Nah, apa sih CekAja itu? Kenal lebih dekat di sini ya:

Toko Finansial Terlengkap
CekAja merupakan toko finansial yang menyediakan berbagai fasilitas. Misalnya, fasilitas kartu kredit, KPR rumah, hingga pinjam dana tunai. Nah, Anda bisa pilih sesuai dengan kebutuhan Anda dengan cara yang mudah.

Interface dari CekAja.com dibuat user-friendly alias ramah pengunjung, sehingga Anda tak perlu bingung mengeklik dan memilih layanan apa yang Anda inginkan di situs tersebut.

Informasi yang Jelas
Kejanggalan dari berbagai rentenir digital adalah, informasi yang amat tidak jelas dan membingungkan. Ini membuat para peminjam menjadi salah paham dan menjadi celah bagi rentenir digital untuk melakukan tindakan yang ilegal.

Hal itu tidak akan terjadi di CekAja.com. Di situsnya, CekAja memberikan informasi terkait fasilitas pinjaman dan kredit. Selain itu, CekAja juga menyediakan berbagai macam artikel keuangan yang memberikan Anda pencerahan.

Terdaftar di OJK
Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan transaksi keuangan dengan perusahaan finansial adalah apakah mereka terdaftar di OJK? Bila sebuah perusahaan terdaftar di OJK, maka tak perlu risau lagi karena itu artinya, OJK menjamin bahwa perusahaan itu aman.

Perusahaan itu tak akan melakukan hal-hal ilegal karena akan terkena kasus hukum serius. Sebaliknya, perusahaan yang tak terdaftar di OJK tak bisa dipastikan legalitasnya dan bisa saja mereka akan mencoba menipu Anda.

Memiliki Kontak yang Jelas
Perusahaan yang tidak berniat untuk menipu Anda sangat mudah untuk dihubungi, seperti CekAja. CekAja menyantumkan kontak dan alamat yang jelas serta bisa dicek kebenarannya.

Bagaimana dengan rentenir digital? Jangankan kontak dan alamat. Bahkan, nama mereka pun bisa berubah-ubah. Hal tersebut terjadi lantaran mereka tidak mau tindakan ilegal mereka diketahui oleh pihak berwajib.

Akibatnya, jelas Anda akan dirugikan. Data Anda bisa diperjual belikan atau bahkan dipakai untuk hal-hal tidak bertanggung jawab, seperti misalnya untuk meminjam dana yang lebih besar atau untuk kedok kejahatan. Sunguh sesuatu yang sangat mengerikan bukan?.

Bunga Rendah dan Tanpa Agunan
Hal yang menyusahkan dari meminjam di bank adalah agunan alias jaminan yang harus dipenuhi oleh peminjam. Bagaimana jika Anda tak punya hal untuk dijaminkan, padahal Anda mampu membayar cicilan? Apakah Anda harus menyerah begitu saja dan meredam impian yang sudah dimiliki sejak lama?.

Nah, CekAja menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Anda tidak perlu memiliki jaminan untuk bisa meminjam. Bahkan, meskipun tanpa jaminan, bunganya rendah serta tidak fluktuatif. Lagipula, CekAja juga sudah terdaftar di OJK dan tak pernah melakukan kegiatan yang ilegal. Nah, mau kredit aman anti-panik dan anti-penipuan? Yuk buka saja situs ini ya: https://www.cekaja.com/kredit/

Nasi Tiwul, Emang Enak?

Nasi Tiwul, Emang Enak?.  Ada yang suka nasi tiwul?jangan jangan, baru denger, hahaha. Rugi lho wkwkwk. Saya bukan pecinta nasi tiwul, tapi sejak nikah sama orang Ponorogo. Pelan-pelan dibuat jatuh cinta sama yang namanya nasi tiwul. Ohya, fyi.. Tiwul ini terbuat dari tepung singkong yang dicampur, diuleni dengan air sedikit demi sedikit sambil diaduk pakai nampan kayu. Sampai terbentuk gerindilan. Setelah itu dikukus beberapa menit, jadi deh tiwul. 


Dulu saya taunya tiwul itu jajanan pasar yang rasanya manis karena ada taburan gula merah dan kelapa parutnya. Tapi di Ponorogo jadi beda gini menikmati tiwul nya. Di Ponorogo, tiwul dimakan dengan lauk, sayur bukan dimakan pake gula merah dan kelapa parut, macam getuk wa akhwatuha gitu. Jadi, dulu itu tiwul dikonsumsi setiap hari, kalau kita sehari-hari makan pakai nasi, mereka pakai tiwul. Dan kebiasaan seperti itu masih bertahan sampai sekarang. Tidak setiap hari tapi, sesekali saja.


Pertama kali makan nasi tiwul rada aneh, ya iyalah karena sudah terbiasa makan pakai nasi putih hahaha. Tapi makin kesini kok makan nasi tiwul ini ngangenin ya. Sampe-sampe waktu kami masih tinggal di Subang Jawa Barat, bela-belain banget bawa tiwul kering lho. Kalau kangen, langsung masak deh. Tuntas sudah rindunya sama kampung mertua.

Kalau di daerah rumah mertua, nasi tiwul dinikmati sama sayur lodeh pedas tapi yang versi blendrang ya atau sayur lodeh yang sudah nginap atau masak kemarin. Dimakan sama sambel blelek, kulupan atau rebusan daun plus ikan pindang, itu juga nggak kalah boros nasi hahaha.

Cara Memasak Nasi Tiwul Instan
Gara-gara sering posting makan siang pakai nasi tiwul, akhirnya banyak banget yang DM dan beberapa tanya via kolom komen tentang cara masak nasi tiwul. Terutama nasi tiwul instant, karena sekarang kan banyak banget yang jual tiwul instan. Termasuk saya hahaha. Itupun gara-gara bulek bikin tiwul kering banyak, saya iseng jual, eh laku sampai banyak yang nggak kebagian dan tanya terus huhuhu. Bulan depan deh ya, insya Allah pulang dan bawa banyak haha.

Jadi, ini saya bikin nasi tiwul bahannya dari bulek, beliau bikin sendiri nasi tiwul keringnya. Khusus buat kalian yang penasaran sama cara masak nasi tiwul. Kapan hari saya bikin tutorial masaknya. Nggak sampe 10 menit kok sudah jadi. Cus ya klik video berikut.



Nasi tiwul beserta lauk pauknya
1. Dinikmati dengan sambel
Buat saya, nasi tiwul dikasih gula merah aja enak. Apalagi dimakan sana sambel, ikan pindang dan lalapan. Enak!!! Mungkin buat yang biasa menikmati tiwul pakai gula merah, rada aneh dengernya. Tapi, serius ini enak bangettt. Cobain deh..

2. Dinikmati sama kulupan
Di rumah mertua, biasanya pas kami anak-anaknya pulang kampung pasti dimasakin nadi tiwul. Lauk pauk ya simpel banget, kadang cuma ikan sungai goreng. Sayur wajibnya itu kulupan atau urap-urap, atau sekedar rebusan aneka sayur sama sambel. Sayurnya metik di depan rumah, di sawah hehe. Terus yang nggak ketinggalan itu pete cina atau kalau orang Jawa nyebutnya lam, atau lamyoro. Ugh, enak banget.

3. Dibuat nasi goreng
Di rumah mertua, kalau ada nasi tiwul nginep alias yang masih sisa. Paginya pasti di goreng, yang rajin banget bikin nasi goreng tiwul ini bulek. Seringnya digoreng gitu aja, bumbu duo bawang sama cabe rawit, terus nggak pake lauk, Toping ya lamyoro ngambil di depan rumah, terus sama kerupuk aja. Dimakan ramai-ramai sambil ngobrol. Alhamdulillah nikmat. 

Bulan depan Insya Allah pulang kampung, bawa nasi tiwul kering banyak pesanan teman-teman hahaha. Terus mau bagi-bagi juga bikin Giveaway biar seru gitu wkwkwk.

Buat yang belum pernah nyoba makan tiwul dengan lauk dan sayur, sepertinya harus nyobain deh. Selain manfaat tiwul ini baik untuk tubuh, juga baik untuk penderita diabetes, biasanya sebagai pengganti nasi.

Teman-teman, ada yang sudah pernah makan nasi tiwul?