Monday, 24 June 2019

Lebaran di Ponorogo

Assalamualaikum...Minal aidi wal faidzin, Mohon maaf lahir batin ya teman-teman semua. Telat banget ya hahaha. Ngerasa bersalah banget karena baru bisa dan sempat buka blog. Hari ini pagi-pagibuka blog danlumayan kaget karenaterakhir nulis di blog bulan mei. Artinya bulan juni belum nulis sekalipun hahaha. Habis mudik itu rasanya kayak nggak rela gitu balik ke rutinitas awal, hahaha. Ada yang senasib?. 

Ngomongin soal mudik,tahun in saya dan keluarga kecil diberi kesempatan mudik dekat. Masih area Jawa Timur, alhamdulillah. Cuma suami aja yang harus mudik jauh hahaha. Baru deh bareng-bareng mudik ke kampung halaman. Jombang Ponorogo bisa ditempuh kurang lebih 4 jam perjalanan darat. Meskipun mudik dekat, tapi bawaan oleh-oleh dan baju-bajunya nggak jauh beda waktu mudik dari Subang Jawa Barat. Bagasi mobil penuh, mobil bagian tengah pun penuh sama tas dan koper. Ada yang sama?. 

                     Mau ke rumah mbah

Tahun ini sepenuhnya mudik di Kota Reog, berangkat ke Ponorogo H-3 lebaran. Karenajadwal cuti bersamanya mepet, jadi setelah emput suami di Bandara. Istirahat semala di Jombang, keesokan harinya setelah dhuhur kami langsung berangkat ke Ponorogo. Alhamdulillah perjalanan lancar banget,karena pengalaman sebelumnya jalur tol padat merayap. Akhirnya kami lewat jalur provins, alhamdulillah lancar banget, lumayan sepi karena semua lewat tol. Biasanya sampai Ponorogo setelah maghrib, kali ini sampai Ponorogo lebih cepat sedikit,pas adzan maghrib. Alhamdulillah..


Lebaran hari pertama seperti biasa,kumpul dengan keluarga besar di rumah mbah dari ibu mertua. Setelah itu jalan kaki turun (bukit hehe, maklum rumahnya di bawah gunung) lanjut unjung-unjung ke rumah mbah dari bapak mertua dan ke tetangga.

Lebaran Hari Raya kedua, pagi-pagi saya berangkat ke Kediri lewat Trenggalek, acara tahunan Halalbi halal keluarga besar dari alm abah saya. Disini saya berlebaran dengan ibu dan kakak kakak saya.Setelah acara selesai kami langsung pu ang balik ke Ponorogo. Biasanya pulang ke Jombang tapi kali ini lanjut di Ponorogo sampai satu mingguan.

Hal-hal yang menarik di Hari Raya a la Ponorogo
1. Sejarah
Tau sejarah? Bukan nama mata pelajaran lo ya hehe. Jadi, di Ponorogo Sejarah itu silaturahmi, lebaran atau unjung-unjung. Jadi kalau mau berlebaran/silaturahmi pasti bilang gini "Ayo sejarah bang A...".

                          Lebaran ke 3

2. Semua rata, nggak tersisa
Jadi,pas pertama kali lebaran bareng suami. Saya dibuat kaget karena harus berlebaran dari rumah ujung kanan ke ujung kiri. Lebarannya pun jalan kaki. Biasanya mulai berangkat jam 9an, selesai area tetangga satu deret itu pukul 12 siang. Iya kalau jalannya datar, sebagian rumahnya ada diatas, jadi harus extra naik turun jalan makadam hahaha. Ohya, Lebaran disini itu rame banget. 7 hari masih ramai lho yang lebaran. Semua rata, mbah mbah di datangin semua.

3. Sejarah bawa hadiah
Jadi ya, di kampung suami ini tradisi kalauSejarah itu bawa hadiah atau tentengan haha. Isinya macam-macam, mulai dari gula, minyak goreng, biskui, sirupsamoai jajanan ringan. Semuanya ditaruh di kantong plastik atau kresek. Satu rumah satu kresek. Bulek saya yang rumahnya di desa sebelah, bawaannya selalu sekarang hahaha. Karung ya ditaruh dirumah ibu mertua, mau silhim ke 3 rumah, diambil 3 kresek, dan seterusnya. Masya Allah, luar biasa ya..

                       1 tas isi 3-4 kresek

4. Dapet amplop
Tradisi yang bikin saya kaget lagi itu, setiap rumah pasti ngasih amplop ke Anak-anak. Bayi yang di gendong masih beberapa bulan itu lho dapet, sampai anak-anak SMA. Tiap rumah pasti ngasih amplop, ada yang ngasih satu amplop kadang dua atau lebih, nggak ada pengecualian. Rata semua rumah ngasih amplop. Makannya kalo hari raya, anak-anak pasti bawa tas slempang buat tempat amplop hehe.

5. Pesta nasi tiwul
Nah, ini nih yang bikin tambah senangnya, pesta nasi tiwul di rumah mbah hahaha. Semua cucu dan cicitnya ngumpul semua. Jadi seneng banget, menunya khas orang gunung ya. Nasi tiwul, kulupan, sambel khas dan enakkk banget bikinan mbah, sama ikan wader hasil njaring di sungai deket rumah. Ini sih rutinitas setiap Lebaran, makan makan nasi tiwul di rumah mbah.


Alhamdulillah seneng banget bisa Lebaran lama di Ponorogo, rasanya puas banget dan nggak begitu capek karena nggak pindah pindah kota seperti mudik sebelumnya.
Teman-teman punya cerita mudik yang mengesankan?

Friday, 31 May 2019

Resep Menu Buka Puasa

Assalamualaikum..Alhamdulillah sudah memasuki 10 hari terakhir puasa ramadan. Semoga lancar sampai hari kemenangan. Kali ini saya mau sharing beberapa resep menu buka puasa saya bersama keluarga. Kebetulan puasa tahun ini saya berpuasa bareng keluarga besar di Jombang. Jadi, sudah kebayang kan raenya, haha. Karena biasanyacuma bertiga bareng Bubuky, di perantauan pula hehehe. Nah, ngomongin soal menu buka puasa.

Tahun ini saya ngejalani #7dayschallengejsr nya dokter @zaidulakbar. Jadi, JSR ini singkatan dari Kurus Sehat Rasulullah. Dimanadi tantangan #7dayschallengejsr ini saya tidak boleh mengkonsumsi nasi, tepung-tepungan, gorengan, gula, garam, penyedap rasa, dll. Artinya selama 7 hari saya hanya mengkonsumsi lebih banyak sayur, buah dan minuman infused water. Alhamdulillah nya, saya berhasil melewati tantangan tersebut. Niatnya murni untuk memperbaiki pola makan. Sedih aja rasanya kalau badan makin kesini makin gendut, susah mengatur makanan yang masuk, dan efeknya kaki sering banget cenut cenut huhuhu.


Alhamdulillah setelah kenal #7dayschallengejsr jadi makin melek tentang segala hal, terutama tentang makanan dan kesehatan. Kalaupun pingin banget bikin makanan yang bertepung, sebisa mungkin #parapejuangjsr menggunakan tepung atau produk gluten free.

Nah, beruntung sekali saya diperkenalkan dengan FIT'S. Jadi FIT'S Mandiri merupakan perusahaan start up yang berlokasi di Bogor, Indonesia. Produk yang diproduksi merupakan produk-produk pangan sehat based on research oleh civitas akademik Institut Pertanian Bogor (IPB). Untuk itu, setiap produk yang dibuat sehat, nikmat, dan bebas bahan 3P (Pengawet, Perasa, dan Pemanis Buatan).


Kebetulan kapan hari saya dapat kiriman beberapa produk unggulan FIT'S. Nah, kali ini saya mau share beberapa resep sehat menu buka puasa menggunakan produk FIT'S ya. Tentunya simple, praktis dan enak banget.

Instant Mug Cake Double Chocolate
Cara bikinnya juga mudah banget, tinggal campur tepung premiks, coklat dan 2 sdm air. Kemudian aduk, dan oven selama 15 menit. Mug Cake bisa di kukus atau oven ya. Praktis banget.


Spaghetti Goreng Udang
Bahan :
2 keping spaghetti Fit's, rebus sampai matang,tiriskan
50 gr udang, bersihkan
1 batang daun bawang, iris tipis
Gula, garam, merica, kaldu bubuk, kecap manis secukupnya
1 sdm Margarin
Air secukupnya

Bumbu uleg :
5 bawang merah
2 bawang putih
1 cabe merah
2 cabe rawit

Cara membuat :
Panaskan margarin, tumis bumbu uleg sampai harum. Masukkan udang, spaghetti, gula, garam, merica, kaldu bubuk dan kecap manis secukupnya. Tambahkan air sedikit, aduk rata, masukkan daun bawang. Jika sudah matang, angkat, sajikan.


Nasi Jagung
Bahan:
2 gelas beras analog jagung
2 gelas air

Cara membuat :
Masukkan air di rice cooker, jika sudah mendidi masukkan beras analog. Tunggu sampai matang. Hidangkan.


Tuh kan, gampang banget kan bikin menu buka puasa sehat dengan produk FIT'S.

Nah, buat teman-teman yang pingin produk FIT'S bisa langsung ceki-ceki di instagram @fitsyourlifebetter. Disana banyak sekali produk gluten free, mulai dari tepung kentucky sampai instant mug cake.

Teman-teman ada yang suka produk gluten free?

Friday, 10 May 2019

Resep Kue Lumpur

Assalamualaikum.. Tadi siang bikin kue lumpur untuk snack takjil mushola samping rumah. Mendadak kepikiran pingin bikin kue lumpur gitu pakai cetakan cake pan. Kan bosan ya, kalau setiap hari snack takjilnya gorengan, yaudah saya bikinin kue lumpur aja deh. Alhamdulillah nya semua bahan ada di dapur, termasuk santan. Yaaa meskipun harus marut kelapa dulu untuk bikin santan. Tapi aman sih, lha wong cuma setengah dari satu buah kelapa hehe.

Untuk resepnya, saya baca-baca di instagram, cuma setelah ditimbang, dikira-kira dan diskusi sama mbak yang biasa bikin kue. Akhirnya resep inilah jadinya. Awalnya di resep tertulis terigu ya 175 gr, tapi setelah mempertimbangkan ini dan itu. Ya kan bikin kue ya nggak cuma 8 biji hehe. Namanya juga takjil, minimal 10lah haha. Itupun ditambah buah dan teh hangat.

Nah, untuk cetakan kue lumpur. Saya pakai cake pan Sanoya dari @nikitalkl.id. Cake pannya anti lengket, bisa pakai/tanpa margarin dan minyak. Sudah saya coba semua di dapur #hotwajan #bukanwajanbiasa hehe. Tapi kali ini cake pan saya olesi dengan margarin, biar apa? Biar tambah gurih dan harum gitu hasilnya, hmmmm...


Soal rasa, alhamdulillah pas bangetttt. Enak katanya, lembut dan manisnya pas. Kata siapa? Udah nyoba? Kata mbak mbak yang sudah incip dan halangan puasa hehe. Alhamdulillah... Senangnya. Artinya saya harus simpan resep ini buat dibikin kalau ada acara gitu.
Silakan dicoba..
Semoga bermanfaat..


KUE LUMPUR
By @hm_zwan

Bahan :
3 buah kentang, kukus, haluskan/parut lembut
300 gr terigu
150 gr margarin, cairkan
150 gr gula pasir
1 sdt garam
3 butir telur
450 lt santan (rebus dengan daun pandan)

Topping :
Kelapa muda serut

Cara membuat :
Kocok telur dan gula pasir. Masukkan kentang, terigu, aduk. Tambahkan garam, santan, aduk rata. Masukkan mentega cair, aduk. Panaskan cake pan, olesi margarin, tuang adonan, beri kelapa muda secukupnya, tutup. Jika sudah matang, angkat, sajikan.


Gimana hasilnya? Bagus nggak? Satu resep ini jadinya 18 buah kue lumpur, tiga kali nuang adonan ke cake pan. Cepet banget karena lubang cake pannya banyak, lebih dari 5 lubang. Buat teman-teman yang pingin punya cake pan Sanoya bisa langsung ceki ceki ke Instagram @nikitalkl.id ya. Nggak hanya ada cake pan saja lho, banyak banget pilihan peralatan dapurnya.

Ada yang suka kue lumpur?

Thursday, 9 May 2019

Resep Soto Ayam Maknyus

Ada yang suka soto?ayo angkat tangan, samaan dong kita. Sejak sering diajak suami sarapan soto kuali di daerah Batam Center, akhirnya mau nggak mau suka soto. Termasuk mulai kepo resep soto ayam yang rasanya maknyus. Apalagi setiap ke rumah bulek, sering banget diajak makan soto medan di deket Alun-alun Batam. Jadi, sejak itu mulai suka dan kepincut sama soto. Bisa ya?bisa banget hahaha.


Saya lupa, kapan tepatnya saya pertama kali masak soto. Kalau di Batam, kayaknya nggak deh karena kami sering makan diluar wkwkwk. Masaknya masih sering nyambel dan numis. Plus goreng ayam, sambelnya pakai sambel hasil beli lauk malam hari hahaha. Ya ampunnn.... Tapi, kayaknya mulai rajin masak itu waktu tinggal di Siak Riau. Termasuk pertama kali bikin soto sendiri, bumbu dan caranya hasil dari minta resep ibu lewat telpon setiap hari minggu.

Makin hari, mungkin karena sering banget incip soto ini itu dari satu warung ke warung lain. Akhirnya kami keseringan bikin soto bersantan alias tidak bening. Mungkin kalau di Jawa pada umumnya warna soto itu bening, beda lagi kalau incip soto medan, kuahnya bersantan dan yang khas itu ada perkedelnya. Hmmmm....

Nah, berbekal resep dari ibu, akhirnya saya sering bikin soto kuahnya pakai santan. Meskipun resep dari ibu ini sotonya kuah bening. Tapi suami lebih suka soto medan, yang berkuah santan gitu. Nah, berikut resep soto maknyus ala #hotwajan bukan wajan biasa.


SOTO AYAM
Bahan :
1 liter air
3 paha ayam
2 batang daun bawang, iris 1 cm
2 batang daun seledri, iris 1 cm
Gula, garam, merica dan kaldu bubuk secukupnya
3 siung bawang merah, iris, goreng setengah matang
Minyak goreng
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 batang sereh,geprek
3 cm jahe,geprek
1 bungkus santan 

Bahan pelengkap :
Ayam goreng suwir (paha ayam goreng) 
Tauge rebus
Kol, iris tipis
Kentang goreng
Irisan tomat
Jeruk nipis
Sambal kecap
Kerupuk

Bumbu halus (blender) :
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 buah kemiri
4 cm kunyit

Cara membuat :
Tumis bumbu, daun salam, jeruk, sereh, dan jahe sampai harum. Masukkan air, paha ayam tunggu sampai mendidih. Angkat paha ayam, masukan gula, garam, merica, kaldu bubuk, koreksi rasa. Masukkan santan, bawang merah goreng, daun bawang dan seledri, aduk rata. Jika sudah matang, angkat, hidangkan dengan bahan pelengkap.


Rasanya, hmmmmm.....tahan pemirsah, masih jam berapa nih hahaha....insya Allah maknyus tenan, resepnya mudah kok dan bumbunya komplit ada di rak dapur. Silahkan dicoba ya. Semoga bermanfaat...

Teman-teman, ada yang suka soto?

Wednesday, 8 May 2019

Cookies Bunga Teratai Skippy

Assalamualaikum. Selamat berpuasa.. Jadi, kemarin setelah sahur saya berhasil nggak tidur lagi dan bikin cookies. Satu resep Cookies Bunga Teratai Skippy berhasil di eksekusi. Resepnya mudah banget dan rasanya kacang banget, karena pakai Skippy Peanut Butter.


Kalau biasanya saya bikin kukis kacang kan pakai kacang sangrai, nah, kali ini nggak perlu nyangrai kacang segala. Cukup pakai Selai Skippy Peanut Butter. Lebih praktis, simpel dan tentunya maknyus pemirsah. Resep cookies saya ambil dari buku Kue Kering milik Budi Utomo, hanya saya modifikasi sedikit menjadi cookies rasa kacang.

Mau tau resepnya??yuk ah, cus..

Cookies Bunga Teratai Skippy
Source : Buku Kue Kering by Budi Sutomo
Modif By : @hm_zwan

Bahan :
700 gr terigu protein rendah
400 gr margarin
300 gr gula halus
3 butir kuning telur
100 gr Skippy Peanut Butter
30 gr susu bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam halus

Hiasan :
Skippy Peanut Butter
Olesan :
5 butir kuning telur
2 sdm susu cair
1 sdt gula halus


Cara membuat :
Kocok margarin, gula halus, kuning telur dan garam menggunakan mixer sampai tercampur rata. Aduk rata tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder. Ayak, sisihkan. Masukkan campuran tepung dan Skippy Peanut Butter kedalam adonan mentega,aduk rata dengan sendok kayu. Giling adonan setebal 1 cm, bentuk, atur diatas loyang, panggang selama 10 menit. Keluarkan loyang berisi adonan, beri olesan, tambahkan hiasan Skippy. Panggang kembali kurang lebih 10 menit. Angkat, dinginkan.



Nah kan udah jadi. Soal rasa, Cookies Bunga Teratai Skippy ini rasanya kacang banget, apalagi ditambah hiasan Skippy, jadi lembut gitu pas masuk mulut... Yahhhh yahh, puasa... Tahan pemirsa hahaha. Buat yang pingin bikin cookies kacang, recomended banget pakai Skippy Peanut Butter. Selain rasanya makin enak, jadi gurih banget gitu. Wajib banget di coba.. Semoga bermanfaat..

Teman-teman, ada yang suka Skippy?