Skip to main content

Smartfren Gelar Uji Coba Teknologi 5G Tahap Kedua Bersama Kominfo

Smartfren Gelar Uji Coba Teknologi 5G Tahap Kedua Bersama Kominfo

Tepat pada tanggal 17 Juni 2021, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Smartfren menggelar pengujian 5G tahap kedua yang diselenggarakan di Galeri Smartfren Sabang Jakarta. 

Kalau ngomongin soal jaringan internet, perjalanannya cukup panjang. Dimulai dari 1G dimana jaringan analog hanya bisa untuk komunikasi suara saja tanpa data. 2G koneksi data sudah ada tapi kecepatannya masih minim, di era 2G kita tidak asing dengan istilah GPRS. Selain itu di era ini  kita juga sudah bisa berkirim SMS lho. Selangkah lebih cepat, 3G hadir dengan kecepatan yang bertambah baik. Di era ini kita sudah bisa mendownload video dan gambar. Beralih ke 4G, era keempat dengan kecepatan yang semakin cepat. Seperti kita bisa mengunduh film/video 1G hanya membutuhkan waktu kurang lebih 45 detik saja menggunakan smartphone 4G. Lalu gimana dengan 5G?tentunya kecepatannya akan melebihi 4G ya. 

Smartfren Gelar Uji Coba Teknologi 5G Tahap Kedua Bersama Kominfo

Uji coba teknologi 5G ini ditujukan untuk memperlihatkan kinerja dan kemampuan teknologi telekomunikasi terbaru. Beberapa hal yang dilakukan pada uji coba kali ini memperlihatkan skenario penerapan teknologi 5G pada berbagai variasi perangkat, seperti penggunaan 5G pada Modem WiFi (MiFi), serta pemutaran video 360, virtual reality (VR), VR Game dan augmented reality (AR).

Uji coba 5G tahap kedua ini turut didukung oleh ZTE dan Qualcomm. Dalam pengujian yang diselenggarakan di Galeri Smartfren Sabang, Jakarta Pusat, berhasil memperlihatkan kecepatan hingga lebih dari 1,8 Gbps di berbagai perangkat Customer Premise Equipment (CPE), seperti modem dan MiFi 5G.

Mulyadi, ST., MT.,  Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Kominfo dalam pembukaan acara 5G Trial Kominfo bersama Smartfren di Galeri Smartfren Jakarta, Kamis (17/6/2021), mengatakan, “Hasil uji coba ini tentu saja kita tunggu bersama, karena kita ingin melihat seberapa efektif penggunaan frekuensi tinggi untuk layanan 5G sehingga kita bisa me-review merencanakan kembali bagaimana pita frekuensi tinggi ini digunakan untuk layanan 5G di masa depan. Di samping untuk melihat efektivitas penggunaan frekuensi tinggi untuk layanan 5G, pemerintah juga berharap uji coba ini dapat dilaksanakan untuk mendorong inisiatif ekosistem baru, use case baru, atau aplikasi layanan baru yang bisa digunakan di layanan 5G.” 

Manfaat Jaringan 5G

Dengan jaringan 5G, ibaratnya ketika kita mengunggah video hanya berkedip saja maka video tersebut sudah bisa kita tonton lho. Jadi kebayang kan gimana cepatnya 5G ini. Berikut manfaat dari jaringan 5G.

1. Koneksi internet lebih cepat

2. Bisa menghubungkan perangkat lebih banyak

3. Bisa mengendalikan drone

4. Bisa menikmati pengalaman VR dan AR secara real-time dan realistis

5. Latensi yang lebih rendah

6. Bisa operasi jarak jauh

7. Cloud gaming, dll

Merza Fachys, President Director Smartfren mengatakan, “Kehadiran 5G bisa dipastikan akan menjadi game-changer untuk industri telekomunikasi di Indonesia. Setelah sebelumnya kami sukses memperlihatkan skenario 5G untuk industri, kali ini kami ingin memperlihatkan skenario 5G di sisi penggunaan yang lebih variatif dan luas. Semoga pengujian ini bisa memberikan gambaran yang jelas, bahwa saat implementasi 5G dilakukan, maka masyarakat serta industri yang akan mendapatkan manfaat besar.”

Dalam pengujian 5G tahap kedua ini, skenario yang diujikan adalah menggunakan MiFi dan menghubungkannya ke headset VR dan AR. Kemudian pada headset VR tersebut ditayangkan video VR Wonderful Indonesia milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, video feed dari kamera 360 yang diletakkan di area galeri, streaming game VR menggunakan laptop gaming serta menggunakan headset AR terkoneksi 5G untuk menjalankan perintah tertentu.

Shurish Subbramaniam, Chief Technology Officer Smartfren mengatakan, “Smartfren selalu mengedepankan pengalaman terbaik pelanggan di dalam setiap inisiatif yang dilakukan. Guna mendukung semua skenario penggunaan 5G yang mewujudkan kecepatan, keamanan, dan koneksi berlatensi rendah sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan perusahaan, Smartfren telah menunjukkan kemampuan infrastruktur end-to-end dalam 5G kami. Smartfren juga telah meletakkan pondasi 5G di seluruh negeri, dengan memanfaatkan inti berbasis teknologi cloud, transportasi yang ditentukan oleh piranti lunak. Radio akan diaktifkan sesuai kebutuhan band dan spektrum. Setiap uji skenario yang ditunjukkan di sini menunjukkan kemampuan smartfren untuk memenuhi semua skenario penggunaan 5G termasuk koneksi data berkecepatan tinggi, pendidikan cerdik melalui VR, perjalanan virtual, pemantauan jarak jauh untuk Industri, dan banyak lagi.”

Sebelumnya di medio 2019, Smartfren telah sukses melakukan pengujian 5G menggunakan frekuensi 28 GHz di pusat produksi minyak Marunda Reffinery di Marunda, Jawa Barat. Pengujian tersebut memperlihatkan kecepatan 5G tembus sampai 8,7 Gbps di perangkat pemakai. Adapun pengujian tersebut diselenggarakan dengan skenario penggunaan 5G sebagai pengendalian jalur logistik pengiriman barang serta aplikasi pemeliharaan peralatan produksi di restricted area dengan teknik virtual reality (VR) serta drone.

Gimana, udah ada bayangan belum gimana hebatnya teknologi 5G? Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari jaringan 5G. Dengan kecepatan jaringan yang semakin cepat maka makin banyak yang bisa kita lakukan. Selain akan banyak manfaat yang kita dapatkan, juga sangat bermanfaat untuk berbagai aspek industri dan bisnis tentunya. Seperti petani bisa memanfaatkan layanan 5G untuk melihat area sawah ataupun kebunnya dari rumah. Menarik sekali ya.. Semoga dengan hadirnya jaringan 5G akan memberikan banyak hal positif untuk saat ini dan yang akan datang.

Teman-teman, udah ada yang nyobain 5G?


Comments

  1. Wooow..Gilaaak 5G, smartfren makin huhuy dan berinovasi aja ni.
    Kebayang bangeet, dan aku malah pengen pulkam, tinggal di kampung dengan koneksi 5G makin ngacir makin anteng dan mageeer di rumah aja sambil berkaryaa.
    smartfren aku pun pake buat bek-ap di rumah.

    ReplyDelete
  2. Tanya ah kalau nantinya smarfren fasilitas 5G maka hp kita yang masih 4G harus ganti tidak

    ReplyDelete
  3. Smartfren kereeenn, DAEBAAKK!
    Makin seneng ya jadi user smartfren
    karena banyak banget kemudahan dan keunggulan yg kita dapatkan
    wohoo, ga sabar nih pengin pakai 5G

    ReplyDelete
  4. KInerja dan kemampuan Smarfreen sudah terbukti nih dengan adanya ujicoba ini. Teknologi 5g ini menunjukkan kemampuannya yang mumpuni. Nggak perlu kuatir

    ReplyDelete
  5. Wah jaringan 5G! Hebat!
    Ini anak-anak yang sekolah online bakal lancar jaya. Nonton youtube, meeting zoom, download, upload files gak macet-macetan. Ikutan menanti jaringan 5G Smartfren.

    ReplyDelete
  6. Aku penasaran jadinya. Smartfren beneran keren. Semoga dengan hadirnya jaringan 5G akan memberikan banyak hal positif untuk saat ini dan yang akan datang dan makin meluas di penjuru negeri

    ReplyDelete
  7. Pernah punya pengalaman dengan Smartfren ini yang bikin saya malu. Ceritanya saya dan keluarga wisata ke bukit di Malino, terus saya siapkan dong kuota dari platform lain untuk persiapan narsis di medsos. Setiba di TKP, tuh jaringan muter-muter doang. Giliran gawai adikku yang pakai Smartfren melenggang kangkung, jaringannya lancar banget. Kan bikin kesal dan cemburu sama si Smartfren itu, hihihi.

    ReplyDelete
  8. Semangat banget aku iih....menyambut teknologi terbaru dan terdepan dari Smartfren. Dari kemarin aku uda ngepoin HP 5G dan providernya.
    Gak nyangka kalau salah satunya adalah provider yang kami pakai juga dirumah.
    Nanti kalau sudah resmi dipasarkan di masyarakat, bisa semakin cepat dan semakin canggih bersama jaringan 5G terbaik.

    ReplyDelete
  9. wah Smartfren Daebak
    Kencengnya Daebak
    dengan jaringan 5G ini, pastinya makin kenceng ya mbak
    mendukung aktivitas online kita, termasuk streaming drama Korea
    hehe

    ReplyDelete
  10. Smartfren gercep juga ya udah mulai menerapkan 5G. Kalau udah bener2 jalan, kayaknya harus ganti handphone yang support 5G nih.

    ReplyDelete
  11. canggih banget ya mbak, bakalan bermanfaat dengan internet yang cepet, bisa dipakai lebih banyak perangkat dan bisa mengendalikan drone. apalagi bisa cloud game, kayaknya bakalan disukai sama gamer hehe

    ReplyDelete
  12. Sudah nggak sabar banget pengin menjajal teknologi 5G yang semuanya serba super ini. Semoga jaringannya bisa sampai ke seluruh pelosok Indonesia, ya. Buibu pejuang PJJ pasti terbantu banget, nih.

    ReplyDelete
  13. Wah, ku dah tak sabar menunggu kecepatan teknologi 5G nih. Smartfren emang pioneer nih. Hm, kudu siap-siap ganti handphone baru hahaha..

    ReplyDelete
  14. Wah keren banget smartfren sudah menuju teknologi 5G. Sekarang pakai 4G aja udah cepet banget, kebayang kalau 5G makin lancaaaaar dong ya. Tapi perlu ganti gadget yang support 5G juga nggak ya?

    ReplyDelete
  15. Siap2 ganti smartphone yang support 5G nih ya. Btw 5G smartfren ini baru tahap uji coba ya? Kapan bisa beneran pakai 5G

    ReplyDelete
  16. Whoaa... Jaringan 5G ini bakalan jadi favorit banyak orang, deh! Kebayang koneksinya yang cepet, bisa menghubungkan banyak perangkat dan bisa operasi jarak jauh pulak! Smartfren manteeep!!

    ReplyDelete
  17. Aku udah bayangin bangett. Apalagi punya HP baru yg support 5G, gasabaar buat ngerasain signal 5G. HAHAHA. *somboong

    ReplyDelete
  18. Wahh Smartfren udah 5G skrg ya? Kereen nih!
    Pasti sebentar lg provider lain juga ikutan nih 😁
    Jd pengen cobain deh kualitas koneksi 5G itu kayak gimana, beda atau gak sama 4G.

    ReplyDelete
  19. Wah smartfren dah mau 5G aja niiihhh.. sebagai pengguna smartfren aku ikut bahagia banget dong pastiii

    ReplyDelete
  20. Keren ya Smartfren sudah 5G dan saya bangga pakai kartu Smartfren juga
    Kuotanya itu lho aman buat ngedrakor

    ReplyDelete
  21. Wohooooowww udah 5G!! Gak sabaaarr. Pasti gak ada kejadian misuh2 karena kelamaan nunggu video keupload sempurna. Kerenlaaahh ini smartfren

    ReplyDelete
  22. Makin canggih nih kalau semua perangkat sudah mendukung kemampuan koneksi 5G ini. Kebayang ya koneksi yang wus wus dan semua serba cepat. Ga ada inet lelet lelet lagi ye kaaann..

    ReplyDelete
  23. Kerennya Smart fren udah launching 5G. Semoga nanti jaringannya bisa diakses setiap masyarakat

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Bikin Apa Aja Gampang dengan Digital Rice Cooker Mito R5

Hayoo, ada yang pernah dengar Digital Rice Cooker Mito R5??buat yang sudah punya, pasti tertolong banget dengan produk ini. Nah buat yang pernah dengar tapi belum tahu penampakannya,atau belum pernah sama sekali dengar. Kali ini saya mau sharing pengalaman menggunakan Digital Rice Cooker Mito R5 8 in 1, rice cooker masa kini dan multi fungsi. Kira-kira saya bikin apa aja ya??emmm… Tentang Digital Rice Cooker Mito R5 Digital Rice Cooker Mito R5 merupakan produk terbaru dari Mito Electronic, dimana Digital Rice Cooker Mito R5 ini memiliki kapasitas yang lebih besar (2 liter), juga dilengkapi dengan 8 fungsi mode memasak. Yaitu memasak nasi, nasi merah, bubur, kue, merebus, mengukus, membuat sup dan menggoreng. Selain itu, juga dilengkapi dengan panci 5 lapis, pemanas 3D, serta fungsi timer untuk memasak nasi sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 8 Keunggulan Digital Rice Cooker Mito R5 1. Satu rice cooker dengan banyak fungsi, 8 mode memasak. 2. Panci dengan 5 lapis