Skip to main content

Tujuan Penambahan Kentang dalam Pembuatan Donat

Donat adalah makanan sejenis kue yang berbahan dasar terigu dengan bentuk seperti cincin. Donat banyak digemari di berbagai kalangan usia sejak lama dan masih populer hingga saat ini, bahkan kini kepopuleran donat tidak surut sama sekali mengingat masih banyaknya restoran yang menyajikan donat sebagai makanan utamanya dan selalu divariasi rasanya sehingga tidak bosan dan tidak ditinggalkan oleh para penggemarnya. Tak hanya restoran besar saja, banyak juga donat yang dijual yang diproduksi rumahan dan dipasarkan di warung atau toko-toko kue, rasanya tidak akan pernah absen kehadiran donat ini di berbagai gerai toko kue terutama toko kue tradisional.

Donat sudah sejak lama dikenal masyarakat di seluruh dunia, tak hanya di Indonesia saja. Buktinya gerai besar yang menjajakan donat di Indonesia pun beberapa diantaranya berasal dari luar negeri. Tak hanya rasanya yang enak, donat juga digemari karena pembuatannya yang cukup mudah dengan bahan yang simpel. Jenis donat pun cukup beragam mulai dari donat biasa dan polos, donat dengan berbagai tambahan topping hingga donat yang bahannya divariasikan misalnya donat yang ditambahkan kentang dalam proses pembuatannya.

Donat kentang awalnya ditemukan di daerah Amerika serikat pada abad ke 19 oleh suatu gerai donat yang gerainya tersebar di negara tersebut. Resep donat kentang sebenarnya sama saja dengan donat biasa namun ditambahkan kentang pada adonannya, dengan perbandingan kentang dan terigu kurang lebih 1:4 atau juga bisa ditambahkan 1:2, semakin banyak kentang ditambahkan semakin kenyal dan gurih tekstur yang dihasilkan namun penggunaan kentang juga tidak bisa 100%, selebihnya bahan yang digunakan sama seperti telur, mentega, gula, dan ragi atau agen fermentasi yang membuat donat memiliki tekstur seperti roti. Resep Donat kentang yang menggunakan kentang sebenarnya sudah sejak lama dan banyak digunakan terutama di Indonesia, lalu apa tujuan penambahan kentang pada donat? Simak faktanya di bawah ini.

Memperbaiki tekstur dan rasa donat

Donat yang ditambahkan kentang pada bahan pembuatannya memiliki tekstur yang lebih lembut dan kenyal di mulut, selain itu donat juga akan memiliki tekstur agak renyah di bagian luarnya sehingga perpaduan teksturnya akan lebih baik dibandingkan dengan donat biasa tanpa penambahan kentang. Donat kentang ini juga meberikan rasa yang lebih gurih dibandingkan donat biasa.

Kaya akan gizi

Seperti yang kita ketahui, kentang memiliki kandungan potassium dan kalsium yang tinggi yang memiliki efek yang cukup baik terhadap kesehatan jantung, sehingga akan cukup menyeimbangkan donat yang dianggap tidak sehat karena pembuatannya digoreng.

Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Makanan dengan bahan dasar tepung biasanya dianggap tidak baik untuk pencernaan, dengan penambahan kentang donat menjadi cukup baik untuk sistem pencernaan mengingat kentang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga mampu membantu kelancaran sistem pencernaan dan mencegah susah buang air besar, dengan demikian cemilan ini lebih sehat dan tidak perlu khawatir susah buang air besar.

Selain hal-hal di atas, donat kentang juga dianggap masih memiliki tekstur kenyal walau sudah didiamkan cukup lama, namun ada kendala yang biasanya sering dialami pembuat donat awam seperti donat yang mengembang namun akan menjadi kempes setelah disimpan, hal ini disebabkan terjadinya fermentasi berlebih yang bisa disebabkan karena penambahan ragi yang terlalu banyak atau juga waktu fermentasi yang terlalu lama.

Teman-teman, ada yang suka donat kentang? 

Comments

  1. Saya lebih suka donat kentang, Mbak..setuju jika dengan penambahan kentang tekstur jadi lebih lembut dan kenyal di mulut. Bikin donat juga lebih renyah..Apalagi dengan kandungan serat ya memang,,,,jadi baik untuk pencernaan. Wah, jadi pengin bikin donat kentang!

    ReplyDelete
  2. Betul sekali. Donat kentang lebih enak, empuk, dan sehat, ya.

    ReplyDelete
  3. waaaah baru tau kalau penambahan kentang dalam donat itu untuk tujuan tertentu, ku fikir cuma inovasi aja hahahha

    ReplyDelete
  4. Aku tuh sering lihat donat kentang, tapi belum berani nyoba karena ga tau kenapa orang-orang pakai kentang untuk donat...Ternyata ini toh alasannya dan bikin lebih enak ya? Berarti next coba pakai kentang deh

    ReplyDelete
  5. donut kentang kesukaan banget ini kalau di rumah tapi aku gak pernah bikin selalu beli sama temanku.

    ReplyDelete
  6. empuknya itu loh bikin ketagihan kalau makan donat kentang. Oh jadi penambahan kentang ini ternyata bisa bikin tekstrunya lebih lembut

    ReplyDelete
  7. Iyes, aku pancinta donat diapain aja :) Paling doyan donat kentang ala rumahan. Emang deh rasanya enak, kenyal. Ternyata tujuannya bagus juga buat kesehatan kita peran si kentang ada di dalam donat :) TFS mb Hana :)

    ReplyDelete
  8. Aku belum pernah bikin donat kentang, mba. Tapi bikin donat biasa aja bentuknya nggak karuan :( Tapi aku suka donat kentang karena emang lebih lembut sih ya

    ReplyDelete
  9. Oh ternyata memang ada tujuannya, suka banget sama donat kentang, memang lebih empuk ya...

    ReplyDelete
  10. iya loh mak, donut kentang lebih enak rasanya, lebih gurih dan berasa lembut. eh ternyata ada manfaatnya juga buat kesehatan tubuh

    ReplyDelete
  11. Sukaaa banget. Selain kentang, kadang-kadang saya suka tambahkan labu kuning. Teksturnya juga lembut dan warnanya cantik. Hanya saja komposisi air harus dikurangi agar tidak lembek.

    ReplyDelete
  12. Eh tapi gak semua dikasi kentang kan ya kalau gak salah?
    Tp jd tahu kalau kentang itu bahan alami yang bikin kenyal gtu ya? Emang sih paling males makan donat atos haha.
    Dulu di sini ada yg jual donat enak banget tp skrng gk jualan lg hehe.
    Jd kepengen deh order donat gara2 postingan ini :D

    ReplyDelete
  13. Iya aq sekarang malah klo beli kebanyakan donat kentang...
    Eh tapi ada juga temenku bisnisnya donat labu, kasih campuran labu kuning

    ReplyDelete
  14. Aku suka donat kentang karena nggak bikin perut panas, soalnya kalau makan donat atau roti-roti manis yang full dari tepung terigu gitu suka bikin perut begah.

    ReplyDelete
  15. Kentang dan umbi2 lainnya dalem donatlah yg bikin donat beda sama roti goreng ya mba. Aku suka bikin donat dr kentang, labu, sampe singkong. Teskturnya beda kalo dibandingin cm pake tepung ya

    ReplyDelete
  16. aku dan anak-anak suka banget mbak donut kentang, dan menurutku jadi lebih bergizi memang kalo ada kentang ya kan

    ReplyDelete
  17. Suka pake banget...bikinnya gampang sih...toppingnya kadang meses kadang cokelat kacang. Duh jadi pengen bikin donat kentang

    ReplyDelete
  18. oh baru tahu juga kentang baik untuk pencernaan, ga susah BAB
    kalo aku memang lebih suka donat kentang. Rasanya lebih enak!

    ReplyDelete
  19. Aku belom pernah deh bikin donat kentang. Seringnya donat kampung yang biasa. Kudu nyoba deh. Katanya iya, teksturnya jadi bagus. Tapi kapan ya, huhu aku lagi males ini baking-bakingan. Gak kayak bulan kemaren :D

    ReplyDelete
  20. Sukaaa...
    Banget.
    Donat ini bikin aku ketagihan apalagi yang ditaburi gula merah. Kreess kreess~
    Dimakan selagi hangat dan disaat cuaca Bandung yang sedang dingin-dinginnya.

    ReplyDelete
  21. Kebetulan pas nulis komentar ini, ada stok donat kentang di rumah.
    Beli sih, hihihi.

    Paling enak kalau pas beli itu masih hangat, ditemani teh hangat dan kesayangan.
    Perfect combo!

    YES, I am a doughnut lover!

    What about you?

    ReplyDelete
  22. Dibading donat biasa, memang lebih mantab dan enak donat kentang. Lebuh empuk dan tidak alot..

    ReplyDelete
  23. oh, that's the goal. I've never cooked potato donuts. but likes to eat potato donuts especially when they are soft. love it

    ReplyDelete
  24. Mbaa iya banget dulu serinf dapet tips beginian. Kalo masak donat pake kentang. Ternyata banyak ya manfaat kmjika ada kentang nya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Bikin Apa Aja Gampang dengan Digital Rice Cooker Mito R5

Hayoo, ada yang pernah dengar Digital Rice Cooker Mito R5??buat yang sudah punya, pasti tertolong banget dengan produk ini. Nah buat yang pernah dengar tapi belum tahu penampakannya,atau belum pernah sama sekali dengar. Kali ini saya mau sharing pengalaman menggunakan Digital Rice Cooker Mito R5 8 in 1, rice cooker masa kini dan multi fungsi. Kira-kira saya bikin apa aja ya??emmm… Tentang Digital Rice Cooker Mito R5 Digital Rice Cooker Mito R5 merupakan produk terbaru dari Mito Electronic, dimana Digital Rice Cooker Mito R5 ini memiliki kapasitas yang lebih besar (2 liter), juga dilengkapi dengan 8 fungsi mode memasak. Yaitu memasak nasi, nasi merah, bubur, kue, merebus, mengukus, membuat sup dan menggoreng. Selain itu, juga dilengkapi dengan panci 5 lapis, pemanas 3D, serta fungsi timer untuk memasak nasi sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 8 Keunggulan Digital Rice Cooker Mito R5 1. Satu rice cooker dengan banyak fungsi, 8 mode memasak. 2. Panci dengan 5 lapis