Skip to main content

Resep Pizza, Enak dan Gampang Banget

Assalamualaikum.. Apa kabar sahabat HM Zwan? Semoga sehat selalu. Ada yang suka pizza? Kemarin lusa saya bikin pizza, enak dan gampang banget. Gara-gara Aqla semingguan bilang minta pizza terus. Akhirnya bikin deh. Sejak tau rasa pizza dari tontonan kartun, Aqla sering request camilan ini. Biasanya satu resep pizza jadi dua loyang, kadang langsung ludes satu hari apalagi kalau bikinnya sore, cepet banget ludes. Karena matangnya pas suami pulang kerja, yaudah deh di makan anget-anget.

Tapi kadang habis dalam waktu dua hari, yang gini biasanya saya bikin dua macam. Yang bulat besar dan yang bulat kecil. Yang kecil khusus Aqla, jadi biasanya lumayan tahan lama. Dua hari baru habis, alhamdulillah emak bahagia. Ohya, beberapa kali saya bikin pizzanya selalu pakai adonan roti. Dibawah ini ada dua resep pizza yang dua-duanya nggak mengecewakan rasanya. Nah, kadang kalau saya rajin banget, satu resep bisa bikin 2 macam camilan, pizza mini sama roti isi. Lumayan banget buat stok camilan Aqla di rumah. 

1. Resep Easy Milk Bread Eliza Setiawan

Resep ini salah satu resep yang beberapa kali saya pakai untuk bikin roti dan pizza. Yang khas dari adonan Easy Milk Bread ini adalah saat setelah semua adonan dicampur jadi satu, adonannya agak lengket. Jadi nggak perlu lagi ditambah tepung, ya memang seperti itu. Setelah mengembang dua kali lipat, sebelum membentuk adonan. Baluri tangan dengan tepung terlebih dahulu biar adonannya nggak lengket di tangan. 

Dibawah ini resep Easy Milk Bread ya, hafi kalau mau buat jadi pizza. Ikuti bahan dan cara membuatnya sampai tahap kempiskan adonan. Setelah itu tata di loyang, beri toping, diamkan 30 menit, panggang kurang lebih 30 menit atau sampai matang. 

Easy Milk Bread

Resep : @elizasetiawan

Bahan :

250gr tepung terigu protein tinggi

120 ml air (bisa diganti susu cair)

1 sdt ragi instan

3 sdt gula pasir

1/2 sdt garam

4 sdm susu bubuk

1 telur (ukuran kecil)

40 gr unsalted butter/margarine *kalo pake margarine kurangin sedikit garamnya ya, biar gak keasinan

Cara membuat :

Campur air, ragi, gula, susu bubuk, garam, dan telur. Aduk2 sampai rata, masukkan tepung. Uleni hingga setengah kalis. Masukkan butter, uleni lagi. Adonan memang lengket dan lembab, tp kalo ditarik tetap elastis. Tangannya dibalur tepung dulu supaya gak lengket. 

Tutup dengan plastic wrap. Biarkan sampai mengembang 2x lipat. kempiskan adonan. Baluri tangan dengan tepung. Bagi adonan @50gr/sesuai selera. Beri isian sesuai selera, bulatkan. Tutupi plastic wrap, biarkan mengembang, siap dipanggang di suhu 180 dercel, panggang sampai permukaan kuning kecoklatan. Olesi dengan butter saat roti masih panas.

2. Resep Modifikasi

Kalau yang pertama resep pizza saya bikin dari resep roti andalannya mbk Eliza, tapi kali ini saya bikin pake resep dari ig nya mbk Ayudiah tapi sudah saya modifikasi. Resep aslinya pakai air dan susu, terus takarannya pakai gram. Berhubung saya males banget nimbang banyak bahan, jadi ukurannya saya kira-kira. Jadilah seperti ini bentuk pizzanya hehe. Dibawah ini satu resep jadi dua buah pizza. 

Untuk toping, saya pakai yang praktis dan ada di kulkas. Keju chedar, mayones, sosis dan bawang bombai. Yang ini jadinya lebih tebal, jadi lumayan kenyang makan satu iris haha. 

Pizza

By @hm_zwan

Bahan :

300 gr terigu Cakra

200 ml susu cair

2 sdm gula pasir

1 sdt ragi

1 butir telur

1/4 sdt garam

1,5 sdm margarin

Saos sambal secukupnya 

Bawang bombai secukupnya 

3 buah sosis

1 bungkus mayones 

Keju chedar secukupnya 


Cara membuat :

Campur susu cair, ragi, gula pasir dan telur, aduk. Siapkan chopper, masukkan campuran susu, terigu, uleni sebentar. Masukkan garam dan margarin uleni sampai kalis. Diamkan adonan 30 menit, bagi 2 adonan. Tata adonan di loyang, olesi saos, bawang bombai, sosis, mayones dan keju chedar. Diamkan 45 menit. Panggang di oven yang sudah dipanaskan, 180'C sampai mengembang dan matang sekitar 20-25 menit, angkat. Sajikan.


Untuk nguleninya, seperti biasa saya pakai jurus pencet-pencet ahahaha. Pakai Chopper Mitochiba, masukin bahan, tinggal pencet-pencet. Jadi deh adonan pizza.. Soal rasa, alhamdulillah enak. Caranya pun gampang banget. Silahkan dicoba. 

Semoga bermanfaat.. 

Teman-teman, ada yang suka bikin pizza di rumah?

Biasanya suka pakai toping apa nih? Ayo dong sharing.. 

Comments

  1. Aku baru "berani" bikin pizza pake roti tawar, Mak :D

    Roti tawarnya diublek2 ama telor, lalu dipanggang di teflon dgn api keciiilll bgt.
    pan kapan mau "naik kelas" dgn resep ini aahhh

    ReplyDelete
  2. Baru aja ngiler pizza di postingan Instagramnya eh di sini juga dibuat ngiler. Biaklah kayanya aku harus bikin pizza sendiri ini tandanya

    ReplyDelete
  3. Ya ampun, ini sih auto save ahhaha. secara anak dan suamiku tim ngemil, makasih ya mbak sharingnya :)

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah bikin pizza. Kayanya gampang bisa dibikin di rumah. Kasih topping macam-macam dan suka-suka, enak kali ya

    ReplyDelete
  5. Wahh g sia sia mampir sini...
    Punya resep buat bikin camilan di rumah..
    Makasih sharingnya

    ReplyDelete
  6. Wah ini re-cook dari resepnya mbak Eliza? Aku pengen ah nyobain, anakku tuh suka banget sama pizza dan biasanya aku beli rotinya dan toping aku buat sendiri.

    ReplyDelete
  7. Nggak terlalu sulit rupanya ya bikin resep pizza ini. Izin save yaa mbak, mau coba nanti. Anak-anak suka pizza, klo bikin gini nggak tekor daah :D

    ReplyDelete
  8. Aih enak banget tuh kelihatannya pizzanya. Jadi ingat kalau udah lama rasanya gak makan pizza nih~

    ReplyDelete
  9. Aduuuh resep pizza baru yang tampak menggoda dan enak...hihi, udah lama ga masak pizza sendiri, jadi pingin nyoba juga deh

    ReplyDelete
  10. Duh pengen banget nih bikin pizza sendiri...lebih murah ya dan bisa jadi kegiatan seru buat anak2

    ReplyDelete
  11. Akhirnya aku baca juga resep pizza milik mba Iis, jadiii harus bikin pizza juga nih dakuw. Aku udah lama banget loh mbak, nggak bikin pizza sendiri. Lah kalo mau bikin mesti suami bilang, ntar capek tanganmu, wkwkwk

    ReplyDelete
  12. Aku gagal mulu kalau bikin pizza. ga ngembang, walhasil aneh rasanya hahaha. COba kalau aku lagi rajin mau ngntip resep ini aja, ah

    ReplyDelete
  13. ukuran pakai kira-kira aja bisa jadi dan Aqla suka, gimana pula jika semua bahan ditakar dan di timbang dengan ukuran yang pas.

    ReplyDelete
  14. Terima kasih resepnya, Mbak. Pas banget anakku tuh suka makan pizza tapi dari berbagai pizza homemade belum ada yang cocok degan seleranya. Mungkin pakai resep ini dia doyan.

    ReplyDelete
  15. siang tadi aku baru makan pizza ditraktir sama temen, alhamdulillah, tapi resep dari kamu mak bisa lah aku cobain di rumah, makasi buat resepnya

    ReplyDelete
  16. iya mbak, aku juga sering buat pizza bareng anak anak dan memang enggak butuh waktu lama ya kalau sudah mahir, malah lebih sederhana dari buat kue lainnya hehhe

    ReplyDelete
  17. Belum pernah aku bikin dough pizza sendiri. Dapat resep ini dan sudah teruji jadi pengen nyoba juga hehehe. Makasih sharingnya ya Mba.

    ReplyDelete
  18. Selama ini kalau mau makan pizza, harus beli dulu, Mbaak. Belum pernah bikin sendiri. Kalau lihat dari resep di sini, keliatannya cukup mudah ya, bisa dicobain, deh!

    ReplyDelete
  19. Chopper Mitochiba kalau di tangan teh Iis jadi sangat produktif yaa...
    kapan lalu jadi roti, sekarang pizza.
    Besok jadiin di rumah aku, teteh...hiihi...((modus))

    ReplyDelete
  20. Nguleni adonannya pake chopper? bisa ya? Kok pinter chopper sekarang..bisikin harganya dong mbak, aku pengen juga

    ReplyDelete
  21. Nyaaam aku hari ini kepengen banget pizza, setelah td sore liat vlog Hansol makan pizza haha. Eh malah dapat resepnya di sini.
    Bisa nih dipraktikkan buat selingan camilan ((CAMILAN)) di rumah xixixi TFS

    ReplyDelete
  22. wih seru amat pizza goreng, pasti anak anak doyan niiihhh.. kumau coba bikin aaahhh.. sepertinya ngga terlalu susah.. hihi. Makasi sharingnya ya maaaak

    ReplyDelete
  23. Woogghh begitu rupanya ya cara biking dough untuk pizza. Ternyata enggak sulit-sulit amat ya. Tinggal menguatkan semangat untuk baking yaaa... :)

    ReplyDelete
  24. aku ingin buat pizza, abis baca resep mbak Andi dan resepmu ini mbak makin kepengen. Nunggu suami libur kali ya supaya bisa jagain bayi. Soalnya buat adonan sampai kalis itu butuh lengan berotot lempar-lempar adonan.

    ReplyDelete
  25. Jadi kangen deh bikin Pizza Sendiri. Dulu sering banget bikin karena anak sulungku pengen dibuatin

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Bikin Apa Aja Gampang dengan Digital Rice Cooker Mito R5

Hayoo, ada yang pernah dengar Digital Rice Cooker Mito R5??buat yang sudah punya, pasti tertolong banget dengan produk ini. Nah buat yang pernah dengar tapi belum tahu penampakannya,atau belum pernah sama sekali dengar. Kali ini saya mau sharing pengalaman menggunakan Digital Rice Cooker Mito R5 8 in 1, rice cooker masa kini dan multi fungsi. Kira-kira saya bikin apa aja ya??emmm… Tentang Digital Rice Cooker Mito R5 Digital Rice Cooker Mito R5 merupakan produk terbaru dari Mito Electronic, dimana Digital Rice Cooker Mito R5 ini memiliki kapasitas yang lebih besar (2 liter), juga dilengkapi dengan 8 fungsi mode memasak. Yaitu memasak nasi, nasi merah, bubur, kue, merebus, mengukus, membuat sup dan menggoreng. Selain itu, juga dilengkapi dengan panci 5 lapis, pemanas 3D, serta fungsi timer untuk memasak nasi sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 8 Keunggulan Digital Rice Cooker Mito R5 1. Satu rice cooker dengan banyak fungsi, 8 mode memasak. 2. Panci dengan 5 lapis