Skip to main content

7 Destinasi Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi Setelah Pandemi

Sejak COVID-19 masuk ke Indonesia, mau tidak mau kita harus mematuhi kebijakan Pemerintah salah satunya yaitu dengan tinggal atau diam di rumah aja. Segala aktifitas yang biasanya kita lakukan di luar rumah, mulai dilakukan di rumah. Misalnya, beberapa kantor memberlakukan karyawannya untuk WFH atau Work from Home bekerja dari rumah. Sedangkan anak sekolah semua sudah dialihkan dengan sekolah di rumah saja. Tugas harian diberikan lewat WA What's app, sebagian lagi ada yang menggunakan zoom class.

Selama di rumah aja tentunya ada rasa bosan, karena biasanya kita bisa dengan bebas kemana saja. Tapi hampir kurang lebih 4 bulan ini kita menjalani aktivitas di rumah aja. Tentunya banyak keinginan dan harapan ketika pandemi ini berakhir, salah satunya adalah bisa dengan bebas jalan-jalan bareng keluarga tercinta. Kemanapun tujuannya saya yakin momen inilah yang banyak dinanti masyarakat Indonesia. Bisa jadi hanya jalan dan bermain ke taman bareng anak-anak, ini sudah menjadi hal yang sangat membahagiakan. Apalagi bisa jalan-jalan ke luar kota, pastinya menyenangkan.

Nah, impian saya dan keluarga itu nggak muluk-muluk kok. Kalau pandemi ini berakhir, kami ingin jalan-jalan ke Surabaya. Iya, cukup jalan-jalan ke Surabaya dulu untuk pembukanya. Tapi kalau ke Surabaya kira-kira mau kemana aja ya...? Nah, berikut 5 destinasi wisata di Surabaya yang wajib dikunjungi setelah pandemi berakhir.

Wisata Hiburan dan Kuliner
Karena berbulan-bulan di rumah saja, rasanya kalau ke Surabaya harus jalan-jalan ke tempat wisata hiburan. Selain itu tentunya juga harus berwisata kuliner. Rasanya nggak afdhol gitu jalan-jalan ke satu kota tanpa incip-incip kulinernya. Kemana saja, yuk...


1. Kenjeran Park
Kenjeran Park ini lumayan luas tempatnya, ada banyak pilihan tempat wisata. Mulai dari arena bermain sampai arena berenang, semua tersedia. Karena saya punya anak kecil yang suka sekali bermain air, jadi lokasi pertama yang saya tuju adalah Kolam Renang Kenjeran Waterpark. Lokadinya kalau dari Rungkut lewat Merr lurus terus ke arah Galaxy sampai ujung Merr, lalu belok kanan ke arah Kenjeran ada perempayan belok kiri, sampai di gerbang Kenpark atau Kenjeran Park. Perjalanan kurang lebih memakan waktu 30 menit. Sampai gerbang Kenpark, mobil melewati kasir parkir. Disini perorang harus membayar 5000, setelah itu ambil jalan lurus kurang lebih 300 meter lalu belok kiri. 200 meter kemudian Kenjeran Waterpark ada di sebelah kanan jalan.

Di Kenjeran Waterpark terdapat banyak pilihan kolam renang, mulai dari kolam untuk anak-anak sampai untuk orang dewasa. Selain kolam renang, juga terdapat beberapa arena bermain seperti jungkat jungkit, ayunan dan lain sebagainya. 


2. Kebun Binatang Surabaya (KBS)
Mau wisata murah meriah di Surabaya? Yuk ke Kebun Binatang Surabaya. Kalau punya anak kecil rasanya wajib main kesini. Selain tiket masuk yang murah, disini anak-anak bisa belajar dan tahu banyak hal. Kita bisa lihat banyak jenis binatang, bisa naik perahu, atau sekedar duduk manis gelar tikar sambil lihat gajah. Tapi jangan lupa, kalau ke Kebun Binatang Surabaya harus selalu mengawasi keberadaan anak. Selain karena ramai terus, juga banyak kolam. Tetap waspada. 


3. Taman Bungkul
Taman Bungkul adalah taman wisata kota yang terletak di pusat kota Surabaya, tepatnya pada Jalan Raya Darmo. Kalau ke Surabaya rasanya wajib ke taman-taman yang berada di pusat kota, salah salah satunya Taman Bungkul. Selain terdapat banyak tanaman, disini juga terdapat area jogging, taman bermain, pujasera dan masih banyak lagi. Area taman yang rindang membuat kita nyaman saat berada di taman, anak-anak bisa bermain dan berlari sepuasnya. Jika lapar, tinggal jalan sebentar karena di area taman juga banyak kantin yang menjual aneka makanan dan minuman.


4. Masjid Akbar Surabaya
Masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal Jakarta. Lokasinya di Pagesangan Jambangan Surabaya. Atau di samping jalan Tol Surabaya Gempol. Saat weekend atau pas hati minggu, suasana Masjid Akbar lumayan ramai. Ada semacam pasar pagi, banyak sekali orang berjualan. Selain melihat area masjid secara langsung dan sholat berjamaah, kita juga bisa melihat Kita Surabaya dari ketinggian. Yaitu dari Menara masjid.


5. Makan Siang di Warung Bebek Palupi
Ke Surabaya rasanya nggak afdhol kslo belum makan bebek goreng. Banyak sekali warung tenda sampai rumah makan yang menjual menu bebek greng, salah satunya warung Bebek Palupi. Kalau ke Warung Bebek Palupi harus sabar, karena disini lumayan rame pengunjungnya. Meskipun ramai tapi tidak sampai lebih dari 10 menit pesanan sudah datang. Soal rasa lumayan enak. Harga menu bebek gorengnya mulai 18.000 sampai 20.000. Warung Bebek Palupi ada di Jalan Raya Rungkut Asti Tengah no 10 Surabaya.


6. Ayam Bakar Rejosari
Selain menu serba goreng, kami penikmat menu serba bakar. Ayam Bakar Rejosari masih menjadi idola sampai saat ini. Lokasinya tepat di Jalan Nginden Semolo sebelah kiri jalan berjejeran warung, salah satunya warung Ayam Bakar Rejosari. Sayang sekali parkiran sempit untuk kendaraan roda empat. Tapi untungnya sebelah kanan warung ini ada mini market yang memiliki tempat parkir luas. Jadi yang bawa kendaraan roda empat nggak perlu bingung cari tempat parkir.

7. Staycation di hotel
Satu hal yang kami rindukan dari sebuah perjalanan adalah saat staycation di hotel. Biasanya saya cari tempat menginap selalu dadakan. Sambil makan siang saya browsing beberapa hotel terdekat. Kebetulan rencana kami mau liburan dan jalan-jalan ke Surabaya, otomatis sebelum hari H jauh-jauh hari biasanya saya browsing hotel di Surabaya. Ya, minimal punya gambaran kira-kira hotel di Surabaya itu seperti apa, harganya berapa, lokasi dekat mana, fasilitas yang tersedia apa saja, dan masih banyak lagi.


Lebih mudah lagi kalau kita sudah menyediakan budget untuk penginapan, jadinya nggak terlalu bingung ketika mencari hotel. Tinggal browsing dan buka aplikasi, ketik hotel murah di Surabaya. Otomatis akan keluar beberapa pilihan hotel murah. Satu hal yang selalu saya cari adalah hotel murah dengan fasilitas yang komplit. Ya, minimal dapet sarapan atau ada fasilitas kolam renangnya. Wah, ini sih rezeki nomplok ya. Idaman para traveler, ya nggak sih..

Selain berharap, setiap waktu saya selalu berdo'a semoga wabah ini segera berakhir. Agar bisa kembali beraktivitas seperti biasa, bisa jalan-jalan sama keluarga, bisa silaturahmi dan tanpa takut keluar rumah. Teman-teman, punya keinginan apa nih setelah pandemi berakhir?

Comments

  1. Wajib ke sini kah kalau ke Surabaya? Aku mah wajib kulineraaaan hahahaha.. Surabaya is the best pokoke kulinernya!

    ReplyDelete
  2. Wah sama mba. Anak aku udah minta terus nih kalau pandemi selesai dia pengen jalan-jalan dan liburan di hotel katanya. Kebetulan ada hotel murah redDoorz ya, jadi pengen coba aku. Soalnya belum pernah. Semoga pandeminya segera selesai ya biar kita bisa jalan-jalan lagi. Amin

    ReplyDelete
  3. Hwah banyak ya, jadi pengen ke surabaya... Dulu banget pernah ke surabaya tapi dines jadi enggak ngapa-ngapain...
    Semoga pandemi ini segera berlalu...

    ReplyDelete
  4. Wah bulan Maret lalu aku nginap di RedDoorz Surabaya antar Nai lomba bahasa Inggris, sayangnya lokasi lomba jauuh dari kota ngga sempat piknik huhu

    ReplyDelete
  5. aihh aku belum pernah main2 ke surabaya. selama ini cuma numpang transit di bandara, transit di hotel terus berangkat lagi.
    kudu banget nih kunjungi tempat2 ini. tengkiyu rekomennya makk

    ReplyDelete
  6. Surabaya udah jadi inceranku sebelum Corona dtg, udah ngelist juga mau kemana, sayangnya keburu covid19... Nanti cek2 lagi ah rekomendasi tempat2 di atas klo pas udah aman biar traveling

    ReplyDelete
  7. Wah andai pandemi udah berakhir, pengen jalan-jalan lagi. Aku nginap di RedDoorz baru di Malang sama Jogja, eh Jakarta pernah juga sih.

    Seru ya main di Kenjeran, jaman anak-anak masih kecil pernah aku ajak kesana. Ya Allah udah lama banget

    ReplyDelete
  8. Aku masih pengen ke Surabaya. Semoga segera dan pandemi sudah lewat ya. Maunya beberapa hari sekalian nginep biar puas jalan-jalannya. Main di Taman Bungkul juga nyenengin

    ReplyDelete
  9. Aku hampir sering ke Surabaya, tapi memang enggak banyak ya, tempat wisata di sana selain Kenjeran mungkin. Tapi makanannya enak-enak, dan aku cocok

    ReplyDelete
  10. InsyaAllah salah satu kota yang mau dikunjungi udah pasti Surabaya buat negok ortu hehe. Tapikalau jalan2 ke tempat wisata gak tahu deh, kalau situasinya aman baru keliling :D Yg penting ketemu ortu , saudara dan temen2 dulu buat mastiin mereka baik2 aja :D
    Moga yaaa pandemi lekas kelar

    ReplyDelete
  11. Senangnya banyak rekom tempat wisata yang bisa dikunjungi pasca panemi. Cuma bisa berharap pandemi ini segera berlalu dan diberi rezeki lebih bisa mengunjungi satu demi satu destinasi wisata terbaik di negeri ini.

    ReplyDelete
  12. Aku biasanya kalau anak-anak libur sekolah sering ke Surabaya. Karena corona, jadi di rumah terus. Semoga segera usai pandemi ini biar bisa menginap dan kulineran lagi di Surabaya.
    2 th lalu kami sudah mau ke Kenjeran Park tapi gak jadi, kesiangan, akhirnya ganti haluan ke Museum Sampoerna waktu itu :)

    ReplyDelete
  13. Aku pengen banget ke kebun binatang dan taman, suka soalya lihat tanaman dan binatang :)

    ReplyDelete
  14. Wah Surabaya, tempat yang belom pernah aku jejak. Udah sejak lama kepengen bisa ke sana. Ngelihat foto-fotonya bikin geregetan pengen ke sana. Semoga pandemi lekas kelar ya. Biar kita bisa jalan-jalan lagi

    ReplyDelete
  15. Duh aku rindu traveling, apalagi surabaya. Kangen kampusku banget. Rindu sego sambel dan main ke KBS hahahaha. Semoga pandemi segera usai

    ReplyDelete
  16. Wah jadi kangen yogya
    Nunggu normal sempurna deh baru mau ajak keluarga ke sana liburan

    ReplyDelete
  17. Ke Surabaya seringnya dinas aja mba akutuh belum pernah nih ke tempat2 wisatanya next pandemu usai bebas yah main lagi sini

    ReplyDelete
  18. Aku yang notabene deket sama Surabaya, malah belom pernah staycation di hotel2 Surabaya. Pengen. Cuma duduk sambil ngopi sambil liay ramenya Surabaya. Tapi belom kelakon hihi

    ReplyDelete
  19. Udah kangen banget ya bisa jalan-jalan, salah satunya pengin ke Surabaya. Untuk akomodasi alhamdulillah aman ya, tinggal klik Reddoorz aja dimana aja ada. Hotel budget yang fasilitasnya bagus.

    ReplyDelete
  20. Aku pikir Bebek Kayu Tangan itu yang paling endeuuss...sekarang ada bebek Palupi.
    Di jalan apa, kak?
    Kangen Surabayakuuu....

    ReplyDelete
  21. Setelah menunggu new normal benar-benar direalisasikan, maka warga yang sudah kangen liburan sepertinya akan segera memenuhi tempat-tempat wisata baik di Jakarta, Surabaya maupun kota lainnya. Semoga saja semua pada tertib dan tetap memegang teguh aturan new normal dalam pencegahan covid 19.

    ReplyDelete
  22. saya jg pengen banget main sekeluarga ke kenpark. tp gegara asumsi pasti bakal panas bgt di sana, kan di pesisir tuh, kami batal mulu ke sana. eh ada pandemi. makin tertunda deh

    ReplyDelete
  23. Ah Mbak kalau ke Surabaya berkabar ya
    Saya juga sudah gatel pengen staycation ajak anak anak
    Lumayan 4 bulan ndekem di rumah semua jadi memutih hahaha

    ReplyDelete
  24. Iya aku juga punya list beberapa tempat di surabaya nih mba. Baca postingan pean aki makin ounya. Banuak referensi lagi

    ReplyDelete
  25. Aku pengen ke KBS soalnya dari dulu belum keturutan ngajak anakku kesana. Jangankan anakku, aku aja belum pernah kok mbak...hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Bikin Apa Aja Gampang dengan Digital Rice Cooker Mito R5

Hayoo, ada yang pernah dengar Digital Rice Cooker Mito R5??buat yang sudah punya, pasti tertolong banget dengan produk ini. Nah buat yang pernah dengar tapi belum tahu penampakannya,atau belum pernah sama sekali dengar. Kali ini saya mau sharing pengalaman menggunakan Digital Rice Cooker Mito R5 8 in 1, rice cooker masa kini dan multi fungsi. Kira-kira saya bikin apa aja ya??emmm… Tentang Digital Rice Cooker Mito R5 Digital Rice Cooker Mito R5 merupakan produk terbaru dari Mito Electronic, dimana Digital Rice Cooker Mito R5 ini memiliki kapasitas yang lebih besar (2 liter), juga dilengkapi dengan 8 fungsi mode memasak. Yaitu memasak nasi, nasi merah, bubur, kue, merebus, mengukus, membuat sup dan menggoreng. Selain itu, juga dilengkapi dengan panci 5 lapis, pemanas 3D, serta fungsi timer untuk memasak nasi sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 8 Keunggulan Digital Rice Cooker Mito R5 1. Satu rice cooker dengan banyak fungsi, 8 mode memasak. 2. Panci dengan 5 lapis