Skip to main content

Jalan-jalan ke Bale Tani Agrowisata Jombang

"Mbak, besok aku ajak jalan jalan ke Bale Tani ya"
"Bale Tani?"
"Iya, tempatnya bagus banget. Besok berangkat bareng-bareng"
"Bale Tani itu apa?"
"Tempat wisata, katanya bagus tempatnya. Buat selfie selfie bagus"

Percakapan saya dengan kakak sepulang dari mengajar di Mts. Awalnya saya nggak begitu faham dengan Bale Tani. Saya kira Bale Tani itu tempat kumpulnya para petani, hahaha. Ternyata salah besar pemirsah, gini ni kalau kudet soal tempat wisata, jadi agak linglung gitu. Artinya harus banyak jalan-jalan ya xixixi.


Esok harinya sekitar pukul 07.30 kakak dan anaknya sudah berada di rumah, tidak perlu menunggu lama kami langsung berangkat. Sampai di Bale Tani kurang lebih pukul 08.00. Deket banget dari rumah, tinggal ngesot dikit nyampe, hahaha.

Bale Tani Agrowisata adalah tempat wisata yang berada di dusun Serning Desa Banjaragung Bareng Jombang Jawa Timur. Sambil belajar tentang pertanian, di dalam juga terdapat kolam renang untuk anak-anak, kolam ikan, tempat karaoke terbuka, tempat bermain anak, spot kece untuk selfie dan masih banyak lagi.
Untuk agrowisatanya sendiri banyak sekali tersedia berbagai sarana pertanian. Ada area persawahan, perkebunan, hidroponik, penjualan bibit berbagai tanaman, pupuk dan lain sebagainya. Tiket masuk ke dalam Bale Tani Agrowisata dikenakan biaya Rp 5000 perorang. Murah ya, saya aja kaget pas tahu harga tiket masuknya. Bener-bener terjangkau. Pantesan area parkiran yang luas selalu penuh dengan mobil berplat luar daerah Jombang.


Ngapain aja di Bale Tani Agrowisata Jombang?
Kalau kesini wajib banget bareng sama keluarga. Yang paling hits sih kebanyakan banyak spot atau area selfie. Tempatnya juga lumayan bagus untuk selfie, karena banyak tanaman bunga yang cantik. Ada 2 kolam renang anak,jada anak-anak bebas bermain air sepuasnya.


Banyak area tempat duduk yang beratap, artinya kalau menunggu anak-anak berenang kita tidak kepanasan. Ada tempat karaoke terbuka, ada juga semacam bale yang cukup luas untuk acara gathering. Kalau mendadak lapar dan haus, tersedia kantin di atas kolam renang dan beberapa kios pedagang di belakang bale untuk acara gathering.
Ohya, ada satu area yang mana kalau kita mau masuk itu bayar lagi. Kslau nggak salah namanya Bale Sawah, tiket masuknya Rp 5000 untuk menyewa gubuk cantik yang bisa sekaligus kita gunakan untuk selfie. Karena sudah siang dan pengunjung semakin banyak dan membludak, saya dan rombongan tidak masuk ke Bale Sawah, hanya melihat dari luar saja.


Secara keseluruhan, jalan-jalan ke Bale Tani Agrowisata Jombang cukup menyenangkan. Bersyukur sekali di dekat rumah atau area Jombang ada tempat wisata yang murah meriah. Anak-anak bisa renang sepuasnya, sedangkan orangtuanya menunggu sambil ngobrol asik dengan pemandangan dan suasana yang segar. Boleh banget nih kesini lagi kalau lagi pingin refreshing.


Teman-teman, ada yang sudah pernah ke Bale Tani Jombang? Atau baru dengar?

Comments

  1. Jangankan Bale Tani. Jombang aja belum pernah. Colek suami ah

    ReplyDelete
  2. Baru dengar Bale Tani, Mbak.

    Banyak spot foto instagrammable ya

    yang rumah pohon itu menarik, lho. Muat berapa orang ya di dalamnya?

    ReplyDelete
  3. Ini baru ya mba, saya 4 tahun lalu tinggal di Jombang tapi belum pernah denger Bale Tani ini.
    Asyik banget ya di Jombang sekarang lebih banyak tempat wisata.
    Dulu kami seringnya ke Batu karena jarang nemu tempat wisata asyik begini :)

    ReplyDelete
  4. Saya ke Jombang aja belum pernah hehehe. Tapi, juga tadinya saya kirain tempat berkumpul para petani. Gak taunya tempat wisata. Bawa anak kecil bakalan seneng banget ke sini

    ReplyDelete
  5. Jombang kyaaaaaa dulu aku pengen bisa mondok ke sini lho mba
    hehhee ... semoga kesampaian ah main ke Bale Tani ini
    nggak sempat mondok semoga sempat main ke sini. Asikk tempatnya buat liburan dengan keluarga

    ReplyDelete
  6. Aku baru tahu kalau ada Bale Tani JOMBANG setelah baca postingan ini. Tempatnya asik banget ya. Banyak spot foto menarik dan Harga tiket masuk juga terjangkau.

    ReplyDelete
  7. Aku baru tahu kalau ada Bale Tani JOMBANG setelah baca postingan ini. Tempatnya asik banget ya. Banyak spot foto menarik dan Harga tiket masuk juga terjangkau.

    ReplyDelete
  8. si adek seneng banget ya berenang. aku blm pernah kesini. jadi tahu wisata disana. ternyata asik juga ya.

    ReplyDelete
  9. Wah itu bagus tempatnya, ntar ah kalo main ke Jombang ta mampir

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah ke Jombang, pengen banget ke kota santri itu

    ReplyDelete
  11. Aku belum pernah ke Jombang, pengen banget ke kota santri itu, belum kesamokesa

    ReplyDelete
  12. Ujame belum pernah ke Jombang mba next semoga bisa kesana dan sumpah itu masuknya murah banget 5000 doang mba :D haduh coba di Jakarta ada yang kaya gitu yaaa

    ReplyDelete
  13. Belum pernah ke Jombang, padahal tiap tahun mudik ke surabaya. Tapi biar belum pernah, sering banget dengar ttg Jombang sbg the city of tolerance, kotanya santri.
    Ternyata selain kota santri, punya tempat wisata yg keren juga yaa, nanti kalo pas mudik surabaya, sempatin mampir Jombang ah :)

    ReplyDelete
  14. wah, ini wajib dikunjungi nih kalo aku ke jawa timur..selain kediri berarti destinasinya nambah sama jombang

    ReplyDelete
  15. Tempatnya asyik ya disini anak-anak ga cuma happy aja tapi bisa belajar dari alam ya,, semoga saya dan keluarga bisa kesana.

    ReplyDelete
  16. INi adalah jenis wisata favorite aku dan anak-anak. Di provinsi kami kepri yang kayak gini langka banget mba huhuhu rasanya pengen melayang-layang ke jombang yg kepeleset nyampe. Ada sih rupa-rupanya di keprit tapi masih jauh banget hijaunya

    ReplyDelete
  17. Bale Tani ya kak. Oke catet. Aku lagi ngumpulin tempat tempat keren untuk jadi tujuan wisata nih kak.

    Mana tau besok bisa ke Jombang hehe

    ReplyDelete
  18. Baru tauuu... Tempatnya cantik dan harga tiket masuknya murah ya. Jadi pingin ke sana deh.

    ReplyDelete
  19. Pas baru baca judul artikel, bale tani kirain tempat kumpulnya para petani, asyik ya ada agrowisata kayak gini, area luas, ada tempat berenang dan harga tiketnya terjangkau sekali, cocok buat wisata keluarga atau rame-rame jadinya seru

    ReplyDelete
  20. Waaaahhh, ada tempat jualan bibit tanaman-nya juga ya.... Duh, pengen nyari beberapa tanaman unik ni. Tapi lumayan juga ya kalau ke Jombang. Semoga suatu hari bisa mampir deh....

    ReplyDelete
  21. Bagus mba. Ada perpaduan kolam renang dengan tanaman tanaman yang indah sekali. Jadinya anaak anak juga senang. Apalaggi tempatnya nggak jauh ya d akses dari rumah :)

    ReplyDelete
  22. Loh Mbak, dirimu kembali ngajar lagi ya?

    Itu masuk hanya 5000 terus bisa berenang sepuasnya juga? Atau renangnya bayar lagi kayak pas masuk bale sawah?

    ReplyDelete
  23. Wah tempat wisata yg menarik ya Mba murah meriah...Bs jd referensi tp wisata di Jombang nih .

    ReplyDelete
  24. Aku belum kesini mbk. Hiks. Kemaren ditawarin ke sini sih sm suami tp belum bisa karena masih rempong sama pekerjaan rumah. Ah lain kali mau ah menyisihkan pekerjaan rumah buat pergi ke sini.

    ReplyDelete
  25. Tempat wisata yg menarik buat dan incaran para blogger. Bunda juga pengen banget ke tempat2 indah dan menarik seperti itu.

    ReplyDelete
  26. Mudah2an bisa kesana y mba,, Bale Tani tadinya kupikir cuma bnyak tanaman yg di tanam Pak Tani gitu Ternyata Ada kolam renangnya juga,, bikin anak2 suka

    ReplyDelete
  27. Waah...Jombang.
    Rumah nenek (suami) di Jombang...

    Sebelahan sama Bakso Mama.
    Dan kami suka wisata ke Pabrik Gula (sebelah rumah nenek juga) buat ngliat Kereta Lori.

    Mau cobain ke Bale Tani juga doonk...pas liburan nanti...
    Haturnuhun infonya, mba.

    ReplyDelete
  28. Tiketnya murah mba, ditambah ada kolam. Gubuknya bagus tapi cuma muat ukuran bocah ya? :D

    ReplyDelete
  29. Baca judulnya aku pikir juga tempatbuat para petani ternyata bukan ya hehehe salah deh. Di Bekasi gak ada wisata Argowisata nih kayanay harus jalan0jalan ke Jombang nih ketemu Aqla:)

    ReplyDelete
  30. Wah, enak banget tuh abis panas-panasan terus nyebur di kolam renang. Terus, banyak spot cakep buat difoto juga tuh di sana. Aku kalo ke sana, kayaknya bakalan banyak jeprat-jepret. Sementara anak-anak bakalan suka nyebur-nyebur. :D

    ReplyDelete
  31. Inget Jombang aku langsung inget sama bloger yang namanya Husnul Khotimal. Ternyata di sini seru banget to, ada tempat wisata menarik. Sepertinya bisa masuk list ini.

    ReplyDelete
  32. Tempatnya colorful banget ya mba dan banyak yang bisa dilakukan di sana ya mba. Aku belum pernah mampir siniii

    ReplyDelete
  33. AKu baru denger mbak. Ini termasuk baru kah?
    Dulu budheku rumahnya Jombang dan lumayan sering ek Jombang tapi blm pernah ke sana hehe.
    Udah lama banget eui gak ke Jombang, skrg kyknya hampir tiap kota punya wisata kekinian dan eduatif jg kyk Bale Tani ini ya :D

    ReplyDelete
  34. Belum pernah mampir di Jombang.
    Beberapa tahun lalu pernah lewat saja waktu dari Surabaya mau ke Malang apa ya, lupa, hahaha.

    Paling suka kalau ada tempat wisata outdoor yang ramah anak begini.

    ReplyDelete
  35. Aku belum pernah ke Jombang sama sekali. Menarik juga nih Bale Tani Agrowisata ini.
    Pengin banget bisa ke Jombang, katanya ada museum baru ya yang menceritakan perjuangan masuknya Islam ke Indonesia. Museum apa sih itu, aku kok jadi penasaran. Kalau bisa ke Jombang, mau sekalian bisa ke sana juga.

    ReplyDelete
  36. Tempat agrowisatanya keren ya mba, sepertinya adem. Tempatnya instagramable banget, dan ada kolam renangnya yang terlihat bersih. Wah, ini sih anak2 pasti suka banget ya

    ReplyDelete
  37. aku baru dengar mba. Seru nih kalau ajak keluarga liburan ke sini ya.

    ReplyDelete
  38. Mbak, mbak, ke Bogor juga sinii di kampusku ada agrowisata jugaa hehe (kejauhan ya haha). Nggak seluas di Bale Tani sih tapi cuma lumayan mengedukasi hehe. Aku pertama ke Jombang beberapa bulan lalu karena menghadiri nikahan teman. Nyesel kenapa nggak mampir ke sini dulu.

    ReplyDelete
  39. belum pernah ke jombang Mba, cuma sering denger aja. seru tuh maen di bale tani nya. asri dan menyejukkan ya

    ReplyDelete
  40. Baru denger mba, soalnya belum pernah ke Jombang :D
    Kalau denger kata Jombang tuh jadi inget si Rian hahhaa... *ah maapkan aku ngelantur* hehhee

    ReplyDelete
  41. Mbak, murah banget sih tiketnya? Aku kadang ke Jombang, k rumah saudara, bisa mampir nih...

    ReplyDelete
  42. Yuhu..asiknya jalan jalan menikmati pemandangan yang tjakeps.....

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.