Saturday, 19 May 2018

Pilih Mana, Belanja Sayur Harian atau Mingguan?

Pilih Mana, Belanja Sayur Harian atau Mingguan?. Kalau saya sih, tergantung situasi dan kondisi. Ada kalanya dalam satu bulan 2 sampai 3 kali belanja sayur mingguan, sisanya kalau stok sayur habis baru deh belanja harian. Sekali belanja sayur dan lauk pauk, biasanya habis kurang lebih 130.000, paling mentok 150.000, itupun jarang banget sampai batas maksimal. Sudah dapat banyak sayur, bumbu utama dan lauk pauk selama 2 hari. Kebetulan kami tidak punya kulkas, jadi beli ikannya untuk dua hari saja, itupun harus di goreng di hari pertama untuk lauk esok hari.

Nah, kalau untuk belanja harian, biasanya saya ada jatah uang belanja harian, yaitu sebesar 20.000. Nah lo, kok di jatah?sengaja, salah satunya memang untuk mengatur keuangan rumah tangga. Tapi nggak harus 20.000 kok, kadang bisa lebih kalau ada bumbu dapur yang habis. Paling belinya yang seperempat, misalnya bawang merah. Kalau untuk cabe rawit biasanya dijual perplastik, satu bungkus harganya 5000. Emang cukup belanja harian bawa uang 20.000? Alhamdulillah,sejauh ini cukup untuk kami bertiga. Inipun awalnya nggak sengaja, karena sebelumnya kami tinggal di Siak Riau. Pas belanja sayur harian kok sering nggak sampai 20.000 atau kadang pas 20.000 nggak ada sisa. Jadi sejak saat itulah belanja sayur hariannya di jatah 20.000.

Belanja sayur bawa uang 20.000, dapet apa? Ayam dada atau paha isi 3 potong harganya 10.000, atau kalau mau lebih banyak bisa pilih sayap, dapat 4 potong. Asiknya kalo beli sayap bisa dipotong lagi jadi 2, dapet 8 deh hehe. Sayur bayam, kangkung perikat harganya 2000. Sayur sop komplit sebungkus plastik kresek kecil harganya 5000. Tempe harganya 3000, cumi asin 8000, ikan tongkol iris isi 5 harganya 5000. Murah kan?Alhamdulillah. Contoh sekali belanja sayur untuk satu hari. Ayam satu bungkus harga 10.000, tempe satu papan harganya 3000, sayur sop satu bungkus harganya 5000. Total 18.000, ini bisa untuk makan sehari bertiga, saya, suami dan bubuky (usia 2,5 tahun).

Kalau misalnya stok sayur ada tapi lauknya belum ada, tetap ya jatah belanja harian 20.000. Wah, waktunya beli lauk banyak nih???jangan mak, jangan!!. Kalau saya sih tetep ya, ya seperti biasa. Kadang beli ikan Pindang 10.000 dapat 3 ekor ukuran sedang, atau ikan bandeng ukiran sedang 3 ekor. Lumayan lho,belum lagi beli tahu atau tempe. Alhamdulillah dapat banyak, buat kami bertiga lo ya hahaha.

Contoh diatas berlaku untuk keluarga saya ya haha. Masih bertiga dan bubuky juga masih balita. Mungkin kalau anaknya lebih dari satu nggak mungkin juga cukup belanja segitu, kemungkinan sih.. nggak tau juga kalau misalnya ada, wallahu a'lam.

Lagi-lagi kalau disuruh pilih, jawabannya tergantung ya. Tapi lebih enak dan murah belanja mingguan sih menurut saya. Belanja sekaligus banyak untuk stok masak satu minggu, jadi nggak bingung harus belanja harian. Kalau belanja mingguan tinggal bikin menu masakan, bahan sudah tersedia di kulkas. Tinggal masak deh, dan satu lagi, lebih hemat, ya nggak sih?.

Apapun itu, belanjanya habis berapa, yang penting selalu bersyukur. Masih bisa belanja sayur, makan enak dan bareng keluarga, tentunya kalaupun bisa nabung, artinya keuangan keluarga aman. Semoga ya... semoga keuangan keluarga kita baik, rezeki suami, istri dan keluarga berkah,aamiin.

Nah, teman teman biasanya suka belanja harian atau lebih pilih belanja mingguan ya?

No comments:

Post a Comment