Monday, 8 May 2017

Makanan Sehat a la Orang Sunda


Makanan Sehat a la Orang Sunda Nggak kerasa, ternyata kami berada di Subang sudah 6 bulan berjalan. Time flies, waktu berjalan begitu cepat. Perasaan baru kemarin kami boyongan dari Kota Siak Riau menuju Kota Subang. Ternyata sudah mau enam bulan ya, artinya saya betah tinggal di Subang hahaha. Bagi saya, tinggal dimana aja betah, yang penting sama suami dan anak.

6 bulan tinggal di tanah Sunda, mau nggak mau saya secara tidak langsung belajar banyak hal baru. Mulai dari budaya, adat istiadat dan lain sebagainya. Salah satunya, makanan sehat a la orang Sunda.

Makanan Sehat a la Orang Sunda
Saya pernah (bahkan sering) mendengar jika orang Sunda suka yang namanya lalapan. Berhubung saya orang Jawa yang taunya lalapan itu ya lalapan yang ada di warung tenda pecel lele. Ada kemangi, kubis dan timun. Sudah, itu saja, hahaha. Dan, ketika saya dicemplungin sama yang punya hidup di tanah Sunda, baru tau dan paham bahwa lalapan versi orang Sunda adalah semua yang mentah, ijo-ijo dan bisa dimakan.
Masya Allah, sehat yes??bangeeettt.

Nah, kira-kira saya sudah ngelalap apa aja selama 6 bulan disini???yuk, cekidot...
1. Daun jambu mete dan pepaya muda
Beruntungnya kami, setiap berpindah kota selalu tinggal di sekeliling orang-orang baik. Disini ada ibu, nenek dan keluarga pemilik kontrakan yang baik. Pas awal-awal di Subang, nenek datang ke kontrakan bawa segenggam daun, saya kira daun yang mau di sayur nenek. Ternyata daun-daun tersebut untuk kami. Kebetulan nenek nggak bisa bahasa indonesia, jadi kalau ngobrol dan ngomong sama saya, bubuky dan suami selalu menggunakan bahasa sunda. Saya, iya-iya aja sambil nyengir hahaha. ”Kiyek...kiyek.....bla.....bla...bla....”Nenek nerangin sambil tangannya melipat daun.

Jadi, cara menikmati daun jambu mete dan pepaya muda adalah ambil masing-masing daun, tumpuk, cocol disambel dan langsung dinikmati. Bisa dilalap gitu aja atau pakai nasi. Atas nama penasaran, pas jam makan siang saya coba praktekkan. Ternyata enak lo, hahaha. Nggak pahit pemirsa!!karena biasanya daun pepaya kan pahitnya minta ampun, tapi pas dicampur sama daun jambu mete muda ternyata hilang pahitnya. Seger banget, saya dan suami lumayan suka lalapan ini. Recommended!!!!

2. Kunyit atau kunir
Sore hari saya main ke rumah ibu kontrakan, pulangnya dibawain kunyit muda. Pas disuruh bawa kunyitnya, saya tolak karena di rumah ada kunyit. Tapi si teteh bilang, ini kunyit muda dibuat lalap. Hah!!!!apa, kunyit dibuat lalapan???duh Gusti, ini orang Sunda kok ya ada-ada aja.. Akhirnya, 4 buah kunyit muda saya bawa pulang. Esok harinya, atas nama penasaran saya coba dong ya. Kletuk!!kres kres kres. Rasanya kayak makan kedondong tapi rasa kunyit, bau langu kunyitnya kerasa banget. Jadi mau ngehabisinnya penuh perjuangan banget hahaha. Tapi, suami saya kok ya hajar aja. Katanya, bagus nih, sehat!!!xixixi. Kunyit asem mana kunyit asem....

3. Laja
Ada yang tau laja??jadi, laja adalah lengkuas muda atau tunas lengkuas. Seumur-umur baru tahu kalau tunas lengkuas bisa dimakan,hahaha. Cara ngelupasnya, kupas kulit laja sampai ketemu bagian laja yang berwarna putih. Ada dua cara menikmati lama, yaitu bisa dengan direbus dicocol ke sambel, dan bisa juga dibuat campuran sayur asem atau bening. Rasa lajanya, empuk berserat, ada sedikit bau langu lengkuas tapi masih bisa ditolerir. Direbus aja buat kulupan juga enak, di sayur bening juga enak, seger banget jadinya.
Laja, yang warna putih, bulat,panjang

Dan, terbukti sudah bahwa orang Sunda emang suka yang berbau sehat. Contohnya lalapan dan camilan yang direbus. Nanti deh saya cerita di sesi sendiri yang berhubungan dengan camilan rebus.

Nah, gimana, kira-kira ada yang sudah pernah nyoba salah satu, dua atau semuanya??ayo dong sharing...

20 comments:

  1. wuii, makanan sunda, menggoda tu mbak :D hehehe.

    ReplyDelete
  2. Sayaaa kalau makan sering ditemenin sama kunyit muda. Enak, getir-getir seger gitu ya mba.

    ReplyDelete
  3. cuma pernah pepaya muda ajah...yang lainnya belum pernah nyobain...

    ReplyDelete
  4. lalapan di atas saya suka semua, kecuali laja, belum pernah nyobain :) kunyit plus kencur biasanya saya jadikan lalapan :)

    ReplyDelete
  5. Belum pernah nyobain, tapi jadi pingin nyoba

    ReplyDelete
  6. Aku jadi tau tentang laja. Teryata laja adalah lengkuas muda ya. Makanan sunda kesukaan aku soalnya aku suka kalau lauk dan sambal tapi sambalnya pedas :)

    ReplyDelete
  7. ditempatku daun jambu mete..susah nemu...

    temenku dari tasik juga pernah bilang makan kunyit mentah...
    apa enaknya..? kecuali niat buat obat... hehehehe

    ReplyDelete
  8. Makan beginian mah sehat, lahap, dan hemat. Aku sukaa

    ReplyDelete
  9. Kayaknya aku cocok hidup di tanah Sunda hahaha. Soalnya pemakan segala :D. Pas ke Jawa Barat kemarin nyempetin makan lalapan di sana, full ijo-ijo

    ReplyDelete
  10. sha juga sukaa banget sm masakan sunda, cuma daun pepaya itu paiiit ahaha daun jambu mete sekarang susah nyarinya :D

    ReplyDelete
  11. kalo daun pepaya muda aku doyan, kalo daun jamu mete malah belum pernah nyoba sama sekali... mau ah kapan2 nyobain...

    ReplyDelete
  12. Qiqiqiqiq.. katanya mah semua daun sama orang sunda di mam yak. Cuma daun telinga sama daun pintu aja engga.. *becanda ^○^
    Btw, aq yo sueneng sama lalapan :D

    ReplyDelete
  13. Nenek saya dulu makan sama koneng ngora, alias kunyit muda dan katanya enak, manis gitu. Tapi pas aku nyoba huek kurang enak. Enaknya dibuat nasi goreng saja kunyitnya, ga enak digadol.

    ReplyDelete
  14. Makanan sunda yang bikin enak sambelnya, nyam2..netes air liur..hihi

    ReplyDelete
  15. Persis dengan disini Mbak, orang-orang Jepang suka banget sama masakan mentah. Bedanya adalah orang Jepang makan ikan, telur dan daging mentah, kalau dedaunan biasanya direbus. Tapi intinya sama-sama sehat sih.. Oh ya, salam kenal. :)

    ReplyDelete
  16. Tunas lengkuas? Unik ya hehe.

    AIh Mbak Hana ternyata sudah di Subang saja ... bahan tulisannya makin banyak nih :)

    ReplyDelete
  17. jadi ingat, pernah ada cerita.. katanya kalo org sunda itu tersesat di hutan, dikasih garam aja bisa hiduplah mereka. Hhihi.

    ReplyDelete
  18. aku udah cobain beberapa..tapi yang terakhir belum :)

    ReplyDelete
  19. Salah aku ke blogmu pas siang ngene. Lapar woyyyy...
    Is, aku penasaran sama lalap daun pepaya iku lho. Susah carinya sudah di sini :(

    ReplyDelete