Skip to main content

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Jasa Broker Tanah

Anda mungkin harus setuju, bahwa menjual tanah itu tidak semudah menjual barang lainnya. Maka, wajar saja banyak orang ingin menggunakan banyak cara agar tanah yang dijual dapat cepat terbeli. Salah satu cara yang bisa digunakan saat ingin menjual tanah adalah menggunakan broker properti.

Broker properti yaitu sebutan yang diperuntukkan bagi seorang penghubung antara konsumen serta penjual properti. Atau bahkan juga kita ksering menyebutnya dengan makelar. Broker ini akan mempertemukan serta menemani penjual dan konsumen sampai tercapai kecocokan harga yang sudah disetujui bersama.

Memakai jasa broker jelas dapat memberikan beberapa keuntungan namun pada sisi lain dapat pula menghadirkan kerugian bila Anda tidak jeli serta hati-hati dalam memilih tanah dijual dengan harga terbaik. Oleh karena itu, ketahui dulu keuntungan dan kerugian Anda menjual tanah menggunakan jasa broker tanah.

Berikut ini adalah keuntungan dari menggunakan jasa broker tanah, yaitu:

Peluang Terjual Lebih Cepat
Jaringan pelanggan dari broker property yang sudah berpengalaman menjalin koneksi secara luas tentunya sudah memiliki daftar calon pembeli. Data calon pembeli inilah yang menjadi nilai tambah ketimbang Anda harus menjual secara mandiri dan repot menawarkan tanah hanya pada lingkaran terdekat Anda saja.

Efisien dan Efisien
Selanjutnya adalah efektif dan efisien. Secara efisisen broker akan langsung menawarkan tanah yang dijual kepada data pembeli yang dimiliki. Dari persebaran informasi itulah akan ada filterisasi dari broker untuk menentukan calon pembeli yang bisa diprospek. Dan tentunya peluang terjual lebih besar karena broker juga menyebarkan informasi tanah dijual dengan lebih agresif kepada calon pembeli yang dianggapnya potensial.

Efektif
Hal lain yang tidak kalah penting gunanya broker dalam penjualan adalah kesediaan broker untuk mengurusi masalah administrasi. Bila dikerjakan mandiri, mengurusi permasalahan administrasi penjualan dapat memakan waktu serta biaya. Beda dengan menggunakan jasa broker tanah, Untuk pengurusan administrasi serta appraisal juga semua biaya bakal dijamin agen terlebih dulu.

Kemudian untuk kerugian dari menggunakan jasa broker tanah adalah:

Sistem Terikat
Memakai layanan broker tanah artinya ada perjanjian yang mengikat, terlebih bila broker tersebut bernaung dibawah perusahaan agen property yang berbadan hukum. Jadi biasanya, bila ada konsumen yang datang tanpa melalui broker tanah, proses jual-beli tetap bakal melibatkan broker tersebut.

Komisi
Anda diharuskan menyisihkan komisi pada broker tanah yang sukses menjualkan property Anda. Biasanya, besaran komisi yaitu 2% dari harga jual atau bergantung perjanjian berbarengan.

Resiko Penipuan
Memakai jasa penghubung artinya ada resiko penipuan jika Anda asal-asalan menentukan jasa broker tanah. Oleh karenanya, Anda mesti selektif mempercayakan proses jual-beli pada broker. Jangan sampai broker tersebut tidak serius membantu Anda dalam menjual atau membeli tanah dan justru berniat ingin menipu. Misalnya, broker tanah meminta sertifikat yang asli dan berpotensi untuk disalahgunakan.

Inilah ulasan singkat mengenai keuntungan dan kerugian menggunakan jasa broker tanah untuk mendapatkan tanah dijual yang dapat membantu Anda dalam membeli atau menjual tanah dengan harga terbaik. Tidak ada salahnya menggunakan jasa broker tanah untuk memudahkan Anda dalam bertransaksi di bisnis property. Tapi, perhatikan dengan baik segala hal untung ruginya.

Comments

  1. Aku baru tahu ad broker tanah. :o

    ReplyDelete
  2. Berarti harus jeli, ya? Mungkin cari broker tanah yang emang baik namanya. :)

    ReplyDelete
  3. Sepertinya untung rugi memang sealu ada di segala hal. :D

    ReplyDelete
  4. kalau aku sich kasi pamlet mau dijual aja di tempat tanah yg mau dijual

    ReplyDelete
  5. ga repot juga kalau pakai jasa broker ya

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say