Thursday 29 September 2016

Cara Mengurus SIM Card yang Hilang

Cara Mengurus SIM Card yang Hilang. Beberapa bulan yang lalu handphone saya hilang karena tertinggal di pesawat, sampai sekarang belum ada kabar dari maskapai penerbangan.Tapi dari awal handphone tidak ada di tangan, saya sudah mengikhlaskan, mungkin rezeki handphone tersebut sampai disitu. Sampai dua bulan lamanya, tepatnya pertengahan bulan September saya pulang ke Batam, dan berkesempatan untuk mengurus sim card yang hilang. Awalnya ingin beli nomor baru tapi setelah dipikir kok rasanya saying banget ya, mumpung lagi di Batam, akhirnya hari senin yang lalu saya pergi ke gerai Telkomsel Batam Center, lokasinya persis di depan Mega Mall. Siapa tahu kehabisan barang di Matahari Mall,jadinya bisa cari langsung di Matahari.


Cara Mengurus SIM Card yang Hilang
1. Ambil nomor antrian Masuk ke gedung gerai Telkomsel, saya disambut dengan seorang satpam, saya, pak satpam langsung menyuruh saya menuju ke ruangan yang ada dipojok sebelah kiri. Setalah mendapat nomor antrian, saya disuruh untuk menulis lima nomor yang sering dihubungi.
2. Mengisi surat pernayataan Tidak lama kemudian nomor antrian saya dipanggil, setelah bercerita kronologi sim card hilang, customer service meminjam KTP dan menanyakan nama-nama pemilik nomor yang sering saya hubungi saat menggunakan nomor sim card yang hilang. Selang beberapa menit, saya disuruh untuk mengisi surat pernyataan beserta tanda tangan diatas materai 6000. Ohya, kebetulan saya tidak membawa materai jadinya diarahkan untuk membeli di kasir, untuk materai 6000 harganya Rp 6.000.
3. Tanda tangan digital Selanjutnya setelah mengisi surat pernyataan, saya disuruh untuk tanda tanganlagi, bukan di kertas melainkan tanda tangan digital yang langsung dicocokkan dengan tanda tangan yang ada di KTP.
4. Sim card baru jadi Kurang lebih 15 menit saya menunggu customer service mengurus data dan sim card di ruangan yang berbeda, sebelum akhirnya sim card baru diberikan. Ohya, sebelum customer service pergi ke ruangan berbeda, saya ditanya apakah maupakai sim card ukuran biasa atau yang kecil?saya pilih yang besar tapi di potong kecil juga. Akhirnya, sim card baru dengan nomor lama jadi.
5. Gratis kuota internet 4G LTE Telkomsel Indonesia Sim card jadi kemudian nomor diaktifkan oleh customer service, masa aktifnya sampai pertengahan tahun depan dan dapat kuota internet 4G. Senang juga dapat kuota internet 4G banyak, tapi handphone belum ada dan handphone punya suami juga masih 3G, sama aja kan nggak bias dipakai. Tapi apapun itu, semoga pas udah ada handphone baru internet gratisannya masih berlaku, biar bisa ngerasain sensasi pakai 4G LTE Telkomsel Indonesia.
6. Gratis Sebenarnya untuk masalah pembuatan sim card baru saya sudah tahu kalau tidak ada biaya alias gratis, tapi sebelum akhirnya saya bilang terima kasih, sempat basa-basi ke customer servicenya.”Berapa mas??”, ”Tidak ada biaya bu..”, ”Terima kasih mas..”.

Note :
1. Untuk nomor yang sering dihubungi, sebisa mungkin cantumkan nomor-nomor yang sering banget kita hubungi. Kebetulan saya cantumkan lima nomor keluarga, suami dan kakak, kebetulan setiap waktu saya sering telpon atau sms mereka.
2. Sim card 4G LTE, kalau dulu mungkin sim cardnya biasa, tapi sekarang sudah ada tulisan 4G LTEnya.
3. Bawa KTP, jangan lupa bawa selalu KTP kemanapun berada. Ohya, KTP saya sudah e-KTP lo, hehe. Akhirnya nomor lama saya yang Telkomsel sudah aktif kembali tapi masih duduk manis di dompet. Gampang bangetkan cara mengurus sim card yang hilang?nggak pakai lama dan modalnya cuma bawa KTP dan beli materai saja.

Teman-teman ada yang pernah mengurus sim card yang hilang?? 

***

3 comments:

  1. Aku pernah...malah ngurusin punya temen. Tinggal bawa ktp dianya aja.

    ReplyDelete
  2. ini berguna banget informasinya.. thanks ya mas.. :D

    ReplyDelete
  3. Saya juga pas pengalaman ngurus sim card yang hilang dibutuhkan KTP dan nomor yang sering dihubungi. Jadi, selalu nyatet nomor2 yang sering saya hubungin meski tidak sebanyak itu sih, tapi yaa tetep dicatet memang, karena saya gak pernah bisa ingat :D

    ReplyDelete