Saturday, 25 April 2015

#CurhatanRasa Koepoe Koepoe: Cerita Seru dibalik Dapur

A recipe has no soul. You as the cook, must bring soul to the recipe.

Buat saya, memasak adalah hal yang terkadang menyenangkan, sebaliknya terkadang menyebalkan. Menyenangkan karena mood untuk memasak sedang baik, ingin menikmati satu masakan yang dirindukan, atau sudah bosan jelajah rasa alias makan diluar.  Menyebalkan karena...terlalu banyak mamasukkan garam di masakan, lupa memasukkan garam dan gula, bikin pizza gagal, bikin roti apalagi, super gagal, dan satu lagi yaitu gosong.  Dan, ceritanya bermula dari sini...

Me vs My Husband
Beberapa hari yang lalu kami pergi ke pasar membeli sayur dan ikan nila, kebetulan suami pingin banget ikan bakar. Sesampainya di rumah saya mempersiapkan bahan-bahan untuk menu hari itu, kulupan kangkung, lalapan dan sambal tomat. Ketika saya mempersiapkan bumbu ikan bakar, tiba-tiba suami nyeletuk "Iwak'e tak bakar yo dek.." , dengan senang hati saya mengiyakan. Artinya setelah sayur dan sambal beres, saya leyeh-leyeh, ahaiiiiiii *koprol kemudian kayang*.  Seperti biasa, ketika suami sibuk di depan kompor, saya juga tidak kalah sibuk, yaitu otak atik handphone hehehe. Tapi, 10 menit kemudian saya mencium bau agak aneh, ternyata ikannya sedikit gosong, bukan hanya ikannya saja yang agak gosong tapi wajannya ikut gosong hahaha. Bonusnya, ikan nilanya sudah nggak berbentuk ikan lagi, sudah amburadul nggak karuan xixixi. 


#CurhatanRasa "Kisah dibalik ikan bakar"

Today's menu has two choices, take it or leave it. 

#CurhatanRasa  seorang istri
Meskipun ikan nila bakarnya gosong dan amburadul, tapi percayalah saya hanya senyum-senyum nggak karuan. Sambil mbatin dalam hati "itu ikan gimana rasanya ya...", tapi berhubung bumbu ikan bakar yang saya racik cihuy dan yahud, jadinya alhamdulillah nikmat.  Enak, krenyes-krenyes, manis pedas. Jadi, saya memilih Take it, hajar ikannya sampai tulang-tulangnya hehehe. 


Me vs Koepoe Koepoe
Pertama kali kenal koepoe koepoe pas mulai belajar masak, waktu itu saya beli baking powder buat bikin kue. Baking powder merupakan bahan pengembang yang berfungsi untuk mengembangkan kue atau cake, jadi kalau pakai BP, nggak bantat hehehe. 
 

Tips merebus daun pucuk ubi / daun singkong 
Lain dulu lain kemarin, pas banget kemarin saya beli daun pucuk ubi atau daun singkong. Kebetulan mau saya masak sayur bobor, sebelum merebus daun singkong, suami mengingatkan saya untuk menambahkan baking powder. Kok dikasih baking powder??kata suami saya, fungsinya untuk melunakkan dan melembutkan daun singkong yang direbus. Ohya, satu lagi, daun singkongnya tidak berubah warna lo, tetep hijau. Jadi, nggak perlu nunggu lama lagi deh buat ngerebus daun singkong.


Baiklah, #CurhatanRasa dan perasaan saya minggu ini warna-warni banget, mulai dari kejadian ikan nila bakar yang gosong tapi rasanya enak, sampai dapat tips dari suami cara merebus daun singkong yang cepet tanpa menunggu lama, yaitu pakai baking powder koepoe koepoe.
Penasaran???silahkan coba dirumah ya, semoga bermanfaat^^



Teman-teman punya cerita seru nggak minggu ini???


*******

62 comments:

  1. Makin dicinta suami ya karena masakan :)

    ReplyDelete
  2. Biarpun gosong, aku rela kok ngabisin ikannya, Mbaaaaak. Udah kebayang sedapnya ini ikan. :))))

    ReplyDelete
  3. Glek... Aku ngiler bobor nya ituuuhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak bangettt bobornya mak,ayuk sinnii

      Delete
  4. Aduuuhhh Mbaak nasi anget, kulub, sama sambelnya bikin ngileeerr.. Tipsnya okii dokiii banget :))

    ReplyDelete
  5. ikan bakar yang sedikit gosong itu punya sensasi sendiri mak. bumbunya juga jadi makin maknyuss kan yah :))

    ReplyDelete
  6. Gosong=rapopo. Sing penting wareg xixixxi

    ReplyDelete
  7. Ikannya dimakan pake nasi anget dan sambal terasi pasti enaaakk tuh *marai ngiler :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. endes makkkk hahahaha.plus lalapan

      Delete
  8. Baru tahu kalau ada bumbu Koepoe-Koepoe, namanya lucu pake ejaan lama lagi. Bilang emak ah, siapa tahu entar dimasakin pake tuh bumbu. Keliatannya wuenak seh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang ini bukan bumbu,tapi yang untuk kue mas..yang bumbu juga ada,variannya juga banyak

      Delete
  9. Gak terlalu gosong kok... enak malah kriuk-kriuk kayaknya...

    ReplyDelete
  10. Justruuuu letak nyussnya bebakaran ada di gosongnya mak *_*

    ReplyDelete
  11. Wah, aku malah taunya cuma lada Koepoe-koepoe :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Siak yang bumbu belum ada mbak hehe

      Delete
  12. Itu bukan gosong, Mbak, tapi mateng banget, jadi tambah enak dah, aku percaya itu, apalagi ditambah bumbu ikan bakar yang cihuy, tentu maknyuss :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha..iya juga ya,bahasa lain gosong,mateng bangettt hehe

      Delete
  13. aish... keren nih.... good luck ya... :)

    ReplyDelete
  14. Kalau uda laper, Gosong pun gak masalah. Yg penting bisa dmakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha betullll,nggak masalah bangettt

      Delete
  15. tipsnya mau aku coba....beli koepoe koepoe doloo....

    ReplyDelete
  16. Baru tau kalau masak bobor itu pakai baking powder, aku taunya buat kue ajah sama buat kulkas nyerah yang bau2 ngak sedap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya,baking powdernya bukan ditambahin jadi bumbu,tapi buat daun singkong jadi empuk,g alot dan tetep hijau^^

      Delete
  17. ikan bakar gosong itu pait2 nikmat mbaaak hahahaha, apalagi kalo udah laper *curcol

    ReplyDelete
  18. penampakan ikan gosongnya tetep bikin pengen ..

    ReplyDelete
  19. aku baru tau kak baking powder bisa juga buat rebus daun singkong, bisa dipraktekkin nih. thankyoou :D

    ReplyDelete
  20. Mbak, biasanya di warung ikan bakar di kampung saya, ikannya gak dibelah. Kecuali kalo mau digoreng.
    Kalo saya sih belum pernah bakar ikan. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya biaanya gitu,tapi ini minta dibelah pas beli,pingin nyoba kayak di resto2 gitu xixixixi

      Delete
  21. selalu ada keseruan di dapur ...setuju ...:)

    ReplyDelete
  22. Biarpun ikan nila bakarnya agak gosong tp kl makannya pake sambel dan lalapan, pait-pait akibat gosong jd ga berasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha..iya dong,g nikmat kl g pake sambal an lalapn hehehe

      Delete
  23. saya kalo masak daun singkong juga pake baking soda dikiiit aja. empuk dan ga begitu pahit.

    ReplyDelete
  24. 1 foto yang ditayangkan, tapi entah berapa foto yang diambil, begitu mbak? :D

    ReplyDelete
  25. Hahaha aku ngakak baca postingan ini. Tapi, aku percaya ikannya sedap biarpun gosong. Eh, jadi pengen nyoba deh bobor pake baking powder :). Salam kenal balik ya, Maak...

    ReplyDelete
  26. Cihuyy deh miss Hanna... hihihi... seru petualangan masak2nya... :D

    ReplyDelete
  27. OH my.... mau makan ikan goreng :D
    cihuuuy banget mbak.. cihuuuy

    ReplyDelete
  28. Nek aku pake koepoe2 udah lama sih buat bikin roti & dicarikan mudah di supermarket2 pasti ada.

    ReplyDelete
  29. Wah, pas ma nasi hangat nih :)

    ReplyDelete
  30. Hadeeh...malem2 plus hujan, blogwalking ke sini jd laper deh. Hemm...nyam..nyam..

    ReplyDelete
  31. gosong gitu tapi sepertinya lahap juga ya.hihihihihihhi

    ReplyDelete