Wednesday, 21 January 2015

Pengalaman Pertama Naik Bis Trans

"I want to make memories all over the world"

Satu tahun lebih sekian bulan lamanya saya tinggal di tanah melayu, tepatnya di Siak. Kota kecil yang jauh dari keramaian kota seperti kota Batam, tempat saya tinggal sebelumnya, jauh dari itu. Tidak ada angkutan umum, bis kota, atau taxi sekalipun tidak ada, dan satu lagi, tidak ada mall *lap keringat*.  Sedih ya, dulu sih sedih, tapi sekarang dinikmati saja, all is well. Kalau warga Siak mau jalan-jalan ke mall atau refreshing, biasanya mereka pergi ke Pekanbaru. Perjalanan darat kurang lebih 2,5  jam,  sedangkan perjalanan sungai kurang lebih 2 jam'an. 

Kapan hari, tepatnya akhir tahun, mendadak saya diajak suami jalan-jalan ke Pekanbaru.  Setelah naik speedboot selama 2 jam, akhirnya sampai di pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru. Awalnya mau ke kota pakai taxi, tapi suami tanya ke temannya yang asli Pekanbaru, katanya disuruh naik bis trans saja.  Ketika keluar dari pelabuhan, di dekat gapura ada bis trans yang menunggu, buru-buru kami masuk ke dalam sambil bawa es tebu hahaha. Kebayang banget Pekanbaru hawanya panas, pas banget jam 12an, dan suami lihat ibu-ibu penjual es tebu, mari nyeruput dulu hehe. 
Pelabuhan sungai duku Pekanbaru 
Asik ternyata ya naik bis trans, yang kayak di tv-tv itu *hahahaha,norak banget*. Bisnya luas, ada banyak tempat duduk, pas kebetulan kosong juga sih, ada tempat sampah, dan ada kursi khusus juga. Kalau naik di kursi bawah nggak bisa lihat pemandangan luar, paling mentok lihat pohon dan genteng. Kalau duduk di kursi belakang kebetulan tinggi, jadi seru aja bisa lihat pemandangan luar.  Ohya, tiketnya sekali naik dari pelabuhan ke jalan sudirman @ Rp 4.000. Kalau oper bis, misalnya dari jalan sudirman ke pelabuhan, harus turun sekali ganti bis, cukup dengan menunjukkan tiket naik bis pertama kita tidak dipungut biaya lagi. Murah kan, seru aja rasanya, bisnya enak, nggak usah takut kesasar pokoknya. Kok bisa??sebagian besar kernetnya tanya tujuan sebelum kita naik bis, jadi setidaknya kalau naik bis trans, free guide, kan ada kernet bis yang baik hati hehehe.
 Es tebu, mari nyeruput^^
Kursi prioritas, ada 4 kalau nggak salah
Jadi, intinya naik bis trans di Pekanbaru asik banget, pengalaman pertama yang seru, murah meriah keliling kota. Recomended banget buat backpacker hehe.  Terus, ada yang belum pernah naik bis trans???hayoooo.....acung tangan!!!*belagu banget hahaha*

***

60 comments:

  1. Saya malah belum pernah naik bus trans--karena memang di tempat tinggal saya tidak ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..semoga kapan2 bisa naik bis trans ya

      Delete
  2. Aku udah beberapa kali naik bis trans, Mak. Tapi norak pas di Jogja. Naik sendirian dan deg-degan amploop. Alhasil malah jeprat jepret si tukang jaga karcis :D

    Salam kenal ya, Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahaha....sangking deg2annya yak

      Delete
  3. Aq belum pernah mbk #ngacung :D
    Habis mau kemana, rumah kantor deket, mau ke mall juga deket, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe...kapan2 sekali2 naik bis trans mbak

      Delete
  4. Murah ya Mak.
    Enak bgt dong ya, udh dtanya mau turun dimana, oper bus gratis pula.
    Kota kecil tapi nyaman, Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.iya,sempat heran juga. norak karena bisa lihat kota pekanbaru yang persis kayak surabaya,jadinya asik banget hehe

      Delete
  5. busnya cakeeep...baru ya maaak..masih bersih :)..aku pecinta transjakarta soalnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau mak,baru apa udah lama..saya baru pertama kali ke pekanbaru hehe

      Delete
  6. Modelnya kaya bus Trans Jogja yaa.. Ato semua bus trans modelnya gitu??? Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak gini ya kak,sama berarti ya...

      Delete
  7. Enak, murah dan bersih di dalamnya ya.. Tapi kalau di Trans Jakarta tidak boleh bawa jajanan beginian,Mak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh gitu hehehe,mungkin karena saya sendiri ya mak yang naik jadi dicueaki aja sama kernetnya xixixi

      Delete
  8. Pekanbaru sudah ada Trans juga yaaaaa, seru yaa

    ReplyDelete
  9. alhamdulillah pernah juga ngerasain naik bis trans yg di jakarta...hehe

    ReplyDelete
  10. yesss... mak hanna naik tmp juga..oh ya..klo naik tmpnya pas hut pku,gratis 3 hari lho...
    macam tulisan yg ini http://mutheas.blogspot.com/2014/06/hut-kota-pekanbaru-2014-tamasya.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohya??kapan mbak hut pekanbaru??hahahaha

      Delete
  11. transjakarta juga gitu .. sama aja berarti :D ... enak dibelakang iya dia lebih tinggi duduknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti model bis trans sama ya mbak^^

      Delete
  12. HAha baca nya bikin ngakak mba, saya karena udah biasa naik jadi ga ngerasa WOW hihi, selamat menikmati keasikan kota Pekanbaru yang lain nya mba :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahahaha..maklum,orang ujung main ke kota caaaaa ^^

      Delete
  13. Replies
    1. hayoo nak mbak kalo ke jogja atau jakardah^^

      Delete
  14. Baca ini jadi ingat liburan setahun yang lalu ke Jakarta. Ngikutin kemauan anak naik bus trans Jakarta akhirnya puter-puter dari Pramuka ke GBK. Berlanjut naik bajaj gara2 krucil juga. sayang lupa bawa kamera huhuhu. :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti jalan2 selanjutnya harus bawa kmera ya mbak^^

      Delete
  15. saya juga taun kemarin saking penasaran nya sama bus trans jakarta akhirnya saya naik bus puter2 sambil turun dulu main di monas , duh bener2 ke kanak2an banget, tapi seru banget sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha...bukan kekanak2an,emang seru kan hehe

      Delete
  16. Aku pernaaah, tapi Trans-Jakarta hehehe :D Asik ya di Pekanbaru udah ada bis Trans ini. Moga bisa ngunjungi Pekanbaru + keliling kota naih Trans!! Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin...lkalo ke pekanbaru kaba2 ya mbak,biar kita bisa kopdar hehhe

      Delete
  17. Kebayang es tebunya :) glek glek seger banget rasanya...

    ReplyDelete
  18. belum pernah naik bis trans nih, di tempat saya gak ada. la itu kenapa kursinya kok dijungkir balik gitu. hehee salam kenal ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar nggak dipakai sama orang lain,kan ini kursi prioritas :)

      Delete
  19. mirip dengan busway di jakarta yaa :) bedanya, di jakarta antri nya panjang banget dan desak2an.. bahkan susah cari tempat duduk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh gitu..kalo di pekanbaru kadang sepi kadang rame hehe

      Delete
  20. Pernaaah, TransJakarta ama TransJogja =)) Di Siak ada Indomaret Alfamart ngga Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada alfamart,baru kemarin loncing,rame benerrr....sekota kesitu semua ahahahahaha

      Delete
  21. kapan ya ikye bisa nyicicipi sensasinya naik bis Trans kayak pengalaman dalam artikel mak Hana yang caem ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha...semoga bisa naik is trans mak^^

      Delete
  22. Aku sudah pernah naik Bis Trans di Jakarta sama Jogya. Surabaya belum soalnya belum punya hahaha *di ketak Bu Risma*
    Paling senang naik Bis Trans ruangannya adem dan kelihatan mewah. Apalagi lihat tempat duduknya yang empuk itu haha.. ndeso tenan aku!

    ReplyDelete
    Replies
    1. moga surabaya bentar lagi ada bis trans,biar aku muter2nya g pake taxi terus kalo pingin jalan2 muter sby xixixixi...

      Delete
  23. Baru tahu ternyata ada bus trans juga ya di Pekanbaru, pantas Lusi Tris nggak heran sama bus trans :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehheheh...iya mak,ada ternyata ^^

      Delete
  24. Es tebunya untung ga dilihat Kanaya, anakku pasti minta dibeliin ituh es yang dimasukin plastik gitu :),

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahahaha..wah,anak2 banget nih ya mbak,asik aja kalo masih plastikan gitu ^^

      Delete
  25. Ehehehe, enak juga ya, kalau oper bis tinggal nunjukin aja tiket sebelumnya, gratis. ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak bangettt hahahaha,4000 lumayan buat beli es tebu hahha

      Delete
  26. Bisnya kayak Bis Trans di Jogja ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti emang desain bis trans kayak gini ya mbak hehe

      Delete
  27. Aku belom pernah naik bus trans, nggak ada di tempatku. Klo bus umum pernah, tapi pas jaman kuliah dulu :)

    ReplyDelete
  28. Bus trans itu favoritku sama temen2 waktu masih di pesantren dulu mbak. Murah dan nyaman banget gara2 ada AC-nya. Pertama datang ke Pekanbaru, bus trans baru 3 hari operasi, jadi langsung coba saat keadaannya masih gresh :D tapi sekarang udah mulai gak senyaman dulu, fasilitas banyak yang udah mati suri.

    ReplyDelete
  29. Wahhh ... gitu yaa ... saya sering ke Pekanbaru ... sempat dalam hati ingin 'naik Trans itu karena di Jakarta saya juga sering naik Busway, tapi itu untuk jarak jauh males ber-macet2 ...
    Kalau di Pekanbaru kebetulan semua saudara saya punya kendaraan roda-4 dan roda-2 ... jadinya ...yaa gitu deh, belum kesampaian naik Trans ... lagi-an jarak dari rumah ke rumah saudara/teman yg lain dekat atau ke mall / hotel / bandara ... tidak sejauh di Jakarta ... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu sudah lihat 'Patung Bahenol di depan Kantor Gubernur Riau di Pekanbaru dong ... gimana, benar kan 'bohay ... hehehe ... :P
      Kalau belum sempat ... ini linknya : http://omman.blogdetik.com/2014/10/06/patung-bahenol-di-pekanba

      Delete
  30. Kalau aq seenak apapun bisnta, teteup harus sangu obat anti mabok :)))

    ReplyDelete
  31. es tebu ada juga ya ternyata hahaha..mantep tuh..aku belum pernah naik bisa trans

    ReplyDelete
  32. Di Batam aku sering mbak naik bus trans.. lebih suka naik bus trans dari pada angkot (metro trans) yang suka ugal2an kalo nyetir... si Lala apalagi, girang banget dia kalo diajak naik bus trans.

    ReplyDelete
  33. Ayo ke Jakarta miss nyobain naik trans jakarta & commuterline

    ReplyDelete