Tuesday, 4 November 2014

Botok Lam Gereh


Setiap hari kamis, di Siak ada namanya pasar kamis. Tidak perlu berjualan di dalam pasar, tapi para pedagang sudah disiapkan lapak di depan pasar dan dijalan utama menuju pasar. Ada yang menggunakan meja untuk menggelar dagangannya, ada yang sekedar menggelar tikar saja, yang penting jualan. Pasar kamis terkenal murah dibanding dengan pasar yang ada setiap pagi, banyak hal yang bisa ditemukan di pasar kamis, salah satunya Lam atau biasanya saya menyebut Lamtoro. Atau mungkin di daerah lain menyebutnya dengan pete cina, menemukan lamtoro di pasar rasanya seneng banget, rindu tanah Jawa terobati hehe. Ibu saya biasanya dimasak botok dengan tahu tempe, sambal tomat dan sayur bening. Beda daerah beda menu, ibu mertua katanya sering membuat botok lam gereh. Dan, kali ini suami mengincar lamtoro di lapak ibu-ibu paruh tua dengan lesung pipi. Kali ini suami rindu masakan ibu, jadi masak botok lam gereh atau ikan asin, memasaknya mudah tinggal cemplungin semua bahan, masak seperti biasa tidak pakai daun dan kukusan. Markimas, mari kita masak.

BOTOK LAM GEREH
Bahan :
1 ikat lam/lamtoro
2 ikan gereh/ikan asin
2 buah tahu, potong dadu
1 buah tomat,potong dadu
2 cabe merah dan hijau iris serong
1/2 batok kelapa muda parut
Air secukupnya
2 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
Gula

Bumbu ulek :
6 bawang merah
4 bawang putih
3 buah kemiri
3 buah cabe rawit

Cara memasak :
Siapkan baskom, masukkan semua bahan (kecuali air) dan bumbu ulek, aduk sampai rata.
Nyalakan api, tunggu sampai mendidih karena air akan keluar dengan sendirinya. Kalaupun ingin ada kuah tambahkan air sesuai selera.
Incip terlebih dahulu, karena tidak menggunakan garam, jika sudah matang,angkat lalu hidangkan.
 
Simpel dan nggak ribet, ohya, karena ikan gereh sudah asin jadi garamnya di skip, takutnya keasinan hehe. Rasanya seperti botok pada umumnya tapi ini ada gerehnya jadi lumayan variatif dan enak. Semoga bermanfaat..
***
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan

39 comments:

  1. diganti pindng aja kayaknya enak, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh juga mas,disini g ada pindang soalnya hehehe

      Delete
  2. Sampe umur segini, belum pernah nyobain masakan ini deh mbak. Kemarin ke pasar kaget, ada sih liat yang jual pete cina. Di sekitar rumah juga banyak pete cina. Bingung mau masak apa hahaha. Kapan-kapan cobain botok ini aaaah :)
    Makasih yaaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak may dicoba,enak kok.makceklus gitu hehehe

      Delete
  3. Tuh kan bener. Bikin ngencessss. :((((((

    ReplyDelete
  4. belum pernah nyoba masakan ky gini, tp kayanya nikmat banget...
    pete cina itu beda sama pete biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda mak,yg kecil2..kao pete biasa kan agak gede ^^

      Delete
  5. kalo mampir kesini tuh emang harus bawa tissue deh :(

    ReplyDelete
  6. Mbahku dulu juga suka bikin botok tapi tanpa ikan kayak gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti pake tahu kl nggak tempe hehe

      Delete
  7. dan saya ngeces liatnya maaaak, mau botoook ituuuu, iya ituuuu

    ReplyDelete
  8. Lamtoronya itu yg nggak ada di sini :(

    ReplyDelete
  9. pengen nyoba tapi ga makan daging2an temasuk ikan xD..
    kalo botok biasa kayak tahu gitu aku suka...tapi jadi ngiler liatnya

    ReplyDelete
  10. Wah wah jam jam segini disuguhina makanan
    Hiks jadi Laperrrrrrrrrrrrrr

    ReplyDelete
  11. Dulu waktu kecil, punya pohon lamtoro di rumah. Udah kayak camilan aja kalo lagi berbuah hahahha. Sekarang malah udah gak pernah nemuin pete cina ini dijual di mana2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak hehehe,dirumah ibuku masih ada pohonya dibelakang rumah hehe...

      Delete
  12. huwaaa,,si botok menggoda banget,,pake biji lamtoro..uhuy,,,,bikin aku ngiler lagi ya...

    ReplyDelete
  13. aku kalo bikin bothok belum canggih. Rasanya rada kering gitu nggak bisa basah. Soal rasa sih enak karena bumbunya sejibun. Mungkin kelapanya kurang muda kali ya.

    ReplyDelete
  14. Botok simpel karena gak usah ribet buat bungkusin satu-satu haha :D

    ReplyDelete
  15. Woohh..ternyata Pete cina ya? Baru tau namanya lamtoro. Boso Jowo ya, mbak?
    Aku ga pernah makan pete cina seingatku, mbak..jadi ga tau gimana rasanya. Tp kayanya enak dimasak ama ikan asin ya :-)

    ReplyDelete
  16. penampilannya kurang menarik ya mak... aku lebih suka penampilang botok di jawa yang dibungkus daun pisang... lebih manis

    ReplyDelete
  17. nikmatnya ditambah sama nasi pulen panass.. aiihhh

    ReplyDelete
  18. botoknya berair ya mbak???
    kalau dirumah ibu suka buat botok jg, tapi dipepes gitu pake daun pisang...

    ReplyDelete
  19. Namanya unik dan tampilannya juga unik, hihi.. Di Bandung saya gak pernah dengar masakan ini mbak..

    ReplyDelete
  20. menunya khas bangeeet ya mak...belum pernah nyobain, tapi sepertinya yuuum yuuum :)...jadi kangen makanan Indonesie :)

    ReplyDelete
  21. Pasar kamis biasanya di sebut kemisan atau pekanan kalau di daerah aku tinggal (Binjai)..

    ReplyDelete
  22. dimakan sama nasi hangat dan sambal !!!
    sama kerupuk
    hehhehehe

    ReplyDelete