Wednesday, 15 October 2014

Cempedak, Lemaknyo!!!

Cempedak, lemaknyo...kata-kata yang saya dengar ketika beberapa hari yang lalu kami (saya dan 3 anak kos) sedang pesta cempedak di dapur. Pertama kali merasakan cempedak di Siak Riau, kira-kira awal tinggal di Siak tahun lalu. Dikasih ibu kos bukan buah asli atau yang belum diolah melainkan yang sudah di campur dengan terigu, semacam pisang gorenglah. Nah, bulan lalu ketika saya balik dari Batam, mampir ke rumah salah satu teman kos. Kebetulan rumahnya di tengah-tengah lahan sawit, dan sedang panen cempedak. Siang yang panas saya dan suami disuguhi cempedak goreng yang tidak dicampur jadi satu (dihancurin) seperti yang dibuat ibu kos, tapi buah masih utuh dicelupin di terigu lalu digoreng. Nyem....rasanya enak sekali, sedap dan lembut di lidah.

Cempedak beda dengan nangka, tapi masih sepupuan sih hahaha. Semuanya sama, mulai dari pohon, kulit, dan isinya, bahkan beton atau dalamnya buah juga persis sama bentuk dan rasanya. Bedanya, kalau cempedak buahnya bulat, montok, menul-menul, tekstur dagingnya lembut berserat. Kalau nangka buahnya agak lonjong, teksturnya crunchy kalau digigit bersuara, krenyes krenyes. Kalau cempedak ini buahnya dikit, mungkin satu buah yang ukuran sedang isinya 10 buah. Tapi kalau nangka sepertinya lebih dari itu.
Kemarin juga dapat jatah kiriman cempedak dari ibunya teman kos, tapi belum matang. Tips agar matang dengan baik, taruh di tempat yang terjangkau oleh matahari. Dan dua hari setelah itu cempedak matang dengan baik, rasanya lemak kali, kalau orang sini bilang enak itu lemak. Dan saya baru tahu hehe...

Ada yang belum pernah makan cempedak???
***
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan

77 comments:

  1. Saya belum pernah! Saya belum pernah!
    Kirain tadi itu nagka... :D
    Kirimin dari Siak dong Mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap2 nangkep ya mbk...1...2....3....zwings ^^

      Delete
  2. buat saya cempedak itu campuran nangka & durian :D
    minta dong cempedak gorengnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya yaa...mirip2 gitu,bentar lg aku lempar ya mbk,tangkep oke...1...2...3...zwing ^^

      Delete
  3. Belum sah bilang enak kalau saya gak dibagiin! hahahaha

    ReplyDelete
  4. saya suka banget sama cempedak, di goreng pake tepung gitu tuh... enak banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget,enak banget pokoknya

      Delete
  5. awak belum pernah makan, bundooo... kayaknya enaknyooo #halahngomongapainih
    berarti lembutnya serasa makan...engg...mungkin kayak sukun goreng ya? mirip nangka juga, tapi gak berbulat2 gitu sih, cuma sama2 berongga aja. Tahu sukun gak? Kripik sukun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sukun??beda 85 derajat mbk,pokoknya lembut banget deh teksturnya ^^

      Delete
  6. Huaaa kenapa selama di Riau saya gak ngerasain cempedak ya ... ? hiks
    Mudah2an bisa kembali ke Riau kelak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiyyaaa..ayo mak ke Riau.moga bisa ke Riau lagi yaa

      Delete
  7. pernah nyoba dulu pas di kalimantan, tapi sudah lupa rasanya :D

    ReplyDelete
  8. Saya belum pernah mak makan cempedak, paling nangka yang udah. Tapi sekilas emang mirip banget ya sama nangka..

    ReplyDelete
  9. sy tw cempedak pas di sulawesi ,,,, bentuknya emg mirip banget dg nangka ,,,,hehehe

    ReplyDelete
  10. Lemaknyo.. Cempedak.. Bisa dimakan langsung, digoreng. Biji nya direbus pun enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya termakan,kecuali kulitnya hehe

      Delete
  11. Lebih suka makan sepupunya, nangka. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. krenyes2 gimana gitu ya mak,seger ^^

      Delete
  12. aku blm pernah makan.. disini banyak, tp aku blm pernah nyoba, soalnya aku pusing duluan ama baunya.. :D

    ReplyDelete
  13. kalau dirumah namanya sukun...
    ini enaknya kalau tua dibuat sayur, bijinya enak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sukun???di Jawa sukun itu bulat warna hijau mbk.

      Delete
  14. Di Surabaya jarang ada buah ini Mbak.
    Pernah sekali dibawakan sodara dari Kalimantan, wanginya bikin ngiler memang. Tapi pas dibuka daging buahnya dikiitt.. masih gedean betonnya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk,dagingnya dikitttt banget hehe

      Delete
  15. Zwaaaaaan...
    itu digoreng tepung begitu seperti yang lagi nyamar jadi pisang goreng yaaaah :)

    Jadi pengeeeen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahahaha..nyamar katanya wkwkwkw.emangnya teroris ^^
      sini biii...

      Delete
  16. Tahun 90an saya sering nyobain cimpedak goreng, tapi sekarang di daerah saya udah nggak ada pohon cempedak itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohya..disini banyak banget mas hehe

      Delete
  17. kunjungan perdana, salam pertemanan ya :) ^_^

    ReplyDelete
  18. hi hi saya kirain nangka..beda ya ternyata...

    ReplyDelete
  19. ya ampuuuuuun aku sukakkkk banget cempedak goreeeeeeeng. tapi disini susah banget nyari cempedak...hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Siak banyak banget mbk,apalagi kaopanene dijual dimana2 ^^

      Delete
  20. Mauuu banget nih. Cempedak wanginya ampun deh, merangsang lidah buat makan lagi dan lagi....

    ReplyDelete
  21. hmmm .. dikira nangka tapi ternyata ehhh beda sangatt yahh :v

    ReplyDelete
  22. beda ya mak sana nangka, kalau buat orang punya maagh efeknya seperti nangka ngga ya mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo efeknya saya kurang begitu tahu ya mbk,takut salah hehe

      Delete
  23. Kayaknya Udah pernah nyicip deh mbak..
    Hm kalau di kampar nangka dijadikan kripik, kalau cempedak bisa di kripikin juga ga yaa? Ehs :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah??masak belum pernah nyicip???lupa kai ya mbk hehehe...waduh,bisa juga kayaknya hehe

      Delete
  24. saya juga lagi kangen sama cempedak. Biasanya suka ada yang jual. Sekarang belum pernah lihat lagi. Saya juga suka diolah jadi kayak gorengan gitu. Trus bikin saus gula merah buat dicocolin ke gorengan cempedak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sluurppttt...kok jadi ngiler gini ya mak hehe

      Delete
  25. Hehehe...saya kira juga Nangka. Udah kebayang es teller aja...:)

    ReplyDelete
  26. sayah..belum pernah makan..di jawa timur agak susah nyarinya
    pas ibu mertua ke kalimantan juga gaada karena belum musim
    padahal mupeng pengen mandai (kulit cempedak yang diasinkan lalu digoreng)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah,kulit cempedak jadi makanan juga??hehhe baru tau malahan saya mbk

      Delete
  27. Replies
    1. kalo pulang ke indo harus di coba mbk^^

      Delete
  28. kunjungan perdana, salam perkenalan ya

    ReplyDelete
  29. Kalau udah jadi gorengan gitu, jadi susah bedain kan, Kak? :D

    Cempedak aromanya lebih harum ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,betul bangettt...ini pisgor atau tape goreng yak??hehehe

      Delete
  30. Hiiih, aku nggak begitu suka cempedak, menurutku terlalu manis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,mungkin makpuh lebih suka nangka ya,,,,^^

      Delete
  31. comot satu ah :) apa kabar miss? baru bisa bw lagi nih, nanti ya di rapel postingan yang lain aku baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe baikkk...comot banyak aja mbkk

      Delete
  32. wooh, kirain lemak itu maksudnya berlemak, hihi
    aku pernah makan camppedak, tapi aku masih lebih suka nangka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha....beda ya ternyata,iya,sama^^

      Delete
  33. iyu sukun apa nangka ya,,,bentuknya mirip nangka tapi,,,

    ReplyDelete
  34. mbak Hanna kemana aja,,kok jarang posting,,,????

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejenis nangka mbk,namanya cempedak,beda banget sama sukun..
      habis mbolang mbk^^

      Delete
  35. Dulu aku lebih suka makan nangka dibanding cempedak namun ternyata di Madagascar tak ada cempedak kalau nangka malah ada di beberapa pasar... Jadi pingin cempedak goreng... Iya yang kayak di foto ituhhhhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,di madagascar ada nangka juga ya mbk..kirain nggak ada hehe

      Delete
  36. ngiler liat penampakan cempedak goreng :))

    ReplyDelete
  37. aku belom pernah makan, is!!!
    pengen banget ngerasain. kalau temanku yang di kalimantan cerita, cempedak yang dikasih tepung gini, dicocol sama gula merah. ayayaya.. makin penasaran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. henak banget zuh..g di cocol udah manis apalagi dicocol,heummm

      Delete
  38. Mau banget nyobain cempedak gorengnya, Mbak. Kirim ke Bandung hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap2 nangkep ya mbk...1..2...3...zwings ^^

      Delete
  39. Inget Cempedak ingeeet lampung hehee...banyak soalnya ...dan wanginya Bikin kangeeeen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sumatra banyak ya mak ternyata hehehe..iya,wanginya ngangenin

      Delete
  40. Wah wah baru dengar nih ada sebutan "LENDIR" hiehihee. Unik juga namanya ya. Padahal ini nama makanan ya. BATAM ya Saya sering dengar di BATAM itu ada pulau khusus untuk menampung orang VIETNAM. Bener kah itu?

    ReplyDelete