Skip to main content

Cempedak, Lemaknyo!!!

Cempedak, lemaknyo...kata-kata yang saya dengar ketika beberapa hari yang lalu kami (saya dan 3 anak kos) sedang pesta cempedak di dapur. Pertama kali merasakan cempedak di Siak Riau, kira-kira awal tinggal di Siak tahun lalu. Dikasih ibu kos bukan buah asli atau yang belum diolah melainkan yang sudah di campur dengan terigu, semacam pisang gorenglah. Nah, bulan lalu ketika saya balik dari Batam, mampir ke rumah salah satu teman kos. Kebetulan rumahnya di tengah-tengah lahan sawit, dan sedang panen cempedak. Siang yang panas saya dan suami disuguhi cempedak goreng yang tidak dicampur jadi satu (dihancurin) seperti yang dibuat ibu kos, tapi buah masih utuh dicelupin di terigu lalu digoreng. Nyem....rasanya enak sekali, sedap dan lembut di lidah.

Cempedak beda dengan nangka, tapi masih sepupuan sih hahaha. Semuanya sama, mulai dari pohon, kulit, dan isinya, bahkan beton atau dalamnya buah juga persis sama bentuk dan rasanya. Bedanya, kalau cempedak buahnya bulat, montok, menul-menul, tekstur dagingnya lembut berserat. Kalau nangka buahnya agak lonjong, teksturnya crunchy kalau digigit bersuara, krenyes krenyes. Kalau cempedak ini buahnya dikit, mungkin satu buah yang ukuran sedang isinya 10 buah. Tapi kalau nangka sepertinya lebih dari itu.
Kemarin juga dapat jatah kiriman cempedak dari ibunya teman kos, tapi belum matang. Tips agar matang dengan baik, taruh di tempat yang terjangkau oleh matahari. Dan dua hari setelah itu cempedak matang dengan baik, rasanya lemak kali, kalau orang sini bilang enak itu lemak. Dan saya baru tahu hehe...

Ada yang belum pernah makan cempedak???
***
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan

Comments

  1. Saya belum pernah! Saya belum pernah!
    Kirain tadi itu nagka... :D
    Kirimin dari Siak dong Mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap2 nangkep ya mbk...1...2....3....zwings ^^

      Delete
  2. buat saya cempedak itu campuran nangka & durian :D
    minta dong cempedak gorengnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya yaa...mirip2 gitu,bentar lg aku lempar ya mbk,tangkep oke...1...2...3...zwing ^^

      Delete
  3. Belum sah bilang enak kalau saya gak dibagiin! hahahaha

    ReplyDelete
  4. saya suka banget sama cempedak, di goreng pake tepung gitu tuh... enak banget :)

    ReplyDelete
  5. awak belum pernah makan, bundooo... kayaknya enaknyooo #halahngomongapainih
    berarti lembutnya serasa makan...engg...mungkin kayak sukun goreng ya? mirip nangka juga, tapi gak berbulat2 gitu sih, cuma sama2 berongga aja. Tahu sukun gak? Kripik sukun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sukun??beda 85 derajat mbk,pokoknya lembut banget deh teksturnya ^^

      Delete
  6. Huaaa kenapa selama di Riau saya gak ngerasain cempedak ya ... ? hiks
    Mudah2an bisa kembali ke Riau kelak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiyyaaa..ayo mak ke Riau.moga bisa ke Riau lagi yaa

      Delete
  7. pernah nyoba dulu pas di kalimantan, tapi sudah lupa rasanya :D

    ReplyDelete
  8. Saya belum pernah mak makan cempedak, paling nangka yang udah. Tapi sekilas emang mirip banget ya sama nangka..

    ReplyDelete
  9. sy tw cempedak pas di sulawesi ,,,, bentuknya emg mirip banget dg nangka ,,,,hehehe

    ReplyDelete
  10. Lemaknyo.. Cempedak.. Bisa dimakan langsung, digoreng. Biji nya direbus pun enak

    ReplyDelete
  11. Lebih suka makan sepupunya, nangka. :v

    ReplyDelete
  12. aku blm pernah makan.. disini banyak, tp aku blm pernah nyoba, soalnya aku pusing duluan ama baunya.. :D

    ReplyDelete
  13. kalau dirumah namanya sukun...
    ini enaknya kalau tua dibuat sayur, bijinya enak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sukun???di Jawa sukun itu bulat warna hijau mbk.

      Delete
  14. Di Surabaya jarang ada buah ini Mbak.
    Pernah sekali dibawakan sodara dari Kalimantan, wanginya bikin ngiler memang. Tapi pas dibuka daging buahnya dikiitt.. masih gedean betonnya haha

    ReplyDelete
  15. Zwaaaaaan...
    itu digoreng tepung begitu seperti yang lagi nyamar jadi pisang goreng yaaaah :)

    Jadi pengeeeen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahahaha..nyamar katanya wkwkwkw.emangnya teroris ^^
      sini biii...

      Delete
  16. Tahun 90an saya sering nyobain cimpedak goreng, tapi sekarang di daerah saya udah nggak ada pohon cempedak itu

    ReplyDelete
  17. kunjungan perdana, salam pertemanan ya :) ^_^

    ReplyDelete
  18. hi hi saya kirain nangka..beda ya ternyata...

    ReplyDelete
  19. ya ampuuuuuun aku sukakkkk banget cempedak goreeeeeeeng. tapi disini susah banget nyari cempedak...hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Siak banyak banget mbk,apalagi kaopanene dijual dimana2 ^^

      Delete
  20. Mauuu banget nih. Cempedak wanginya ampun deh, merangsang lidah buat makan lagi dan lagi....

    ReplyDelete
  21. hmmm .. dikira nangka tapi ternyata ehhh beda sangatt yahh :v

    ReplyDelete
  22. beda ya mak sana nangka, kalau buat orang punya maagh efeknya seperti nangka ngga ya mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo efeknya saya kurang begitu tahu ya mbk,takut salah hehe

      Delete
  23. Kayaknya Udah pernah nyicip deh mbak..
    Hm kalau di kampar nangka dijadikan kripik, kalau cempedak bisa di kripikin juga ga yaa? Ehs :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah??masak belum pernah nyicip???lupa kai ya mbk hehehe...waduh,bisa juga kayaknya hehe

      Delete
  24. saya juga lagi kangen sama cempedak. Biasanya suka ada yang jual. Sekarang belum pernah lihat lagi. Saya juga suka diolah jadi kayak gorengan gitu. Trus bikin saus gula merah buat dicocolin ke gorengan cempedak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sluurppttt...kok jadi ngiler gini ya mak hehe

      Delete
  25. Hehehe...saya kira juga Nangka. Udah kebayang es teller aja...:)

    ReplyDelete
  26. sayah..belum pernah makan..di jawa timur agak susah nyarinya
    pas ibu mertua ke kalimantan juga gaada karena belum musim
    padahal mupeng pengen mandai (kulit cempedak yang diasinkan lalu digoreng)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah,kulit cempedak jadi makanan juga??hehhe baru tau malahan saya mbk

      Delete
  27. kunjungan perdana, salam perkenalan ya

    ReplyDelete
  28. Kalau udah jadi gorengan gitu, jadi susah bedain kan, Kak? :D

    Cempedak aromanya lebih harum ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,betul bangettt...ini pisgor atau tape goreng yak??hehehe

      Delete
  29. Hiiih, aku nggak begitu suka cempedak, menurutku terlalu manis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,mungkin makpuh lebih suka nangka ya,,,,^^

      Delete
  30. comot satu ah :) apa kabar miss? baru bisa bw lagi nih, nanti ya di rapel postingan yang lain aku baca

    ReplyDelete
  31. wooh, kirain lemak itu maksudnya berlemak, hihi
    aku pernah makan camppedak, tapi aku masih lebih suka nangka :D

    ReplyDelete
  32. iyu sukun apa nangka ya,,,bentuknya mirip nangka tapi,,,

    ReplyDelete
  33. mbak Hanna kemana aja,,kok jarang posting,,,????

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejenis nangka mbk,namanya cempedak,beda banget sama sukun..
      habis mbolang mbk^^

      Delete
  34. Dulu aku lebih suka makan nangka dibanding cempedak namun ternyata di Madagascar tak ada cempedak kalau nangka malah ada di beberapa pasar... Jadi pingin cempedak goreng... Iya yang kayak di foto ituhhhhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,di madagascar ada nangka juga ya mbk..kirain nggak ada hehe

      Delete
  35. ngiler liat penampakan cempedak goreng :))

    ReplyDelete
  36. aku belom pernah makan, is!!!
    pengen banget ngerasain. kalau temanku yang di kalimantan cerita, cempedak yang dikasih tepung gini, dicocol sama gula merah. ayayaya.. makin penasaran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. henak banget zuh..g di cocol udah manis apalagi dicocol,heummm

      Delete
  37. Mau banget nyobain cempedak gorengnya, Mbak. Kirim ke Bandung hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap2 nangkep ya mbk...1..2...3...zwings ^^

      Delete
  38. Inget Cempedak ingeeet lampung hehee...banyak soalnya ...dan wanginya Bikin kangeeeen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sumatra banyak ya mak ternyata hehehe..iya,wanginya ngangenin

      Delete
  39. Wah wah baru dengar nih ada sebutan "LENDIR" hiehihee. Unik juga namanya ya. Padahal ini nama makanan ya. BATAM ya Saya sering dengar di BATAM itu ada pulau khusus untuk menampung orang VIETNAM. Bener kah itu?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Bikin Apa Aja Gampang dengan Digital Rice Cooker Mito R5

Hayoo, ada yang pernah dengar Digital Rice Cooker Mito R5??buat yang sudah punya, pasti tertolong banget dengan produk ini. Nah buat yang pernah dengar tapi belum tahu penampakannya,atau belum pernah sama sekali dengar. Kali ini saya mau sharing pengalaman menggunakan Digital Rice Cooker Mito R5 8 in 1, rice cooker masa kini dan multi fungsi. Kira-kira saya bikin apa aja ya??emmm… Tentang Digital Rice Cooker Mito R5 Digital Rice Cooker Mito R5 merupakan produk terbaru dari Mito Electronic, dimana Digital Rice Cooker Mito R5 ini memiliki kapasitas yang lebih besar (2 liter), juga dilengkapi dengan 8 fungsi mode memasak. Yaitu memasak nasi, nasi merah, bubur, kue, merebus, mengukus, membuat sup dan menggoreng. Selain itu, juga dilengkapi dengan panci 5 lapis, pemanas 3D, serta fungsi timer untuk memasak nasi sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 8 Keunggulan Digital Rice Cooker Mito R5 1. Satu rice cooker dengan banyak fungsi, 8 mode memasak. 2. Panci dengan 5 lapis