Tuesday, 14 October 2014

Buras Cocol


Ini masih cerita tentang berkah Idul Adha minggu lalu, kebanjiran lontong wa akhwatuha dan ngak mungkin juga habis sekejap dalam waktu semalam. Hari kedua Idul Adha masih banyak sisa lontong wa akhwatuha salah satunya Buras, sebenarnya nama aslinya saya juga kurang tahu, teman yang orangtuanya Bugis (yang ngasih maksudnya) cuma bilang kalau ini namanya Buras. Sedangkan teman-teman di Fb ada sebagian yang menyebut Buras ada juga yang Burasa, apapun itu yang penting Buras rasanya ajibbb bin ladzizz hehe. Dibuat dari beras yang di masak dengan banyak santan, jadi rasanya benar-benar enak dan gurih banget nget nget. Sebenarnya dimakan gitu aja sudah enak, tapi berhubung sekalian masak dan iseng pingin nyobain Buras dimakan sama yang kuah-kuah gitu. Kuahnya jatuh ke Cumi Masak Tomat...Markimas mari kita masak pemirsah.

Cara membuat Buras, pertama-tama masak beras dengan santan yang banyak sampai jadi nasi lembek. Kemudian bungkus dengan daun pisang, kalau menurut saya bentuknya seperti Lepet (Jawa), jadi nantinya 3 bungkus diikat menjadi satu lalu selanjutnya di rebus hingga matang.

CUMI MASAK TOMAT
Bahan :
Cumi ukuran sedang 5 buah, potong sesuai selera setelah direndam dengan air jeruk nipis
Sereh 1 buah
Daun jeruk 1 buah
Air jeruk nipis 1 sdm
Garam
Gula

Bumbu rajang :
Bawang merah 6 buah
Bawang putih 3 buah
Cabe merah 2 buah
Cabe ijo 2 buah
Cabe rawit 5 buah
Jahe 1 ruas, geprak
Tomat 2 buah,iris serong
 
 Cara :
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu rajang, daun jeruk, dan serah.
Tambahkan gula dan garam, masukkan cumi, aduk.
Jika sudah matang angkat, sajikan.
Cara menikmatinya gampang, cocol aja Buras dengan cumi masak tomat. Enak banget ternyata hehehe, sebenarnya dimakan gitu aja udah enak sih, tapi kan saya pingin sesuatu yang berbeda gitu hehe. Burasnya enak, cuminya juga enak, cocok. Silahkan di coba, semoga bermanfaat...^^

***
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan

60 comments:

  1. ya ampun, menggoda sekali... saya jg taunya burs, ternyata banyak ya namanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. burs??baru tahu namanya,banyak juga ya hehe

      Delete
    2. saya juga baru tahu mbak namanya dan bentuknya rasanya pasti bikin ketagihan di lidah...

      Delete
    3. Mau donk digoda sama Mba Nathalia
      Godaian kita donk


      *abaikan

      Delete
  2. Aduh enak banget mbak burasnya :D Penggemar buras aku soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,tos dulu saya penggemar baru buras nih hehe

      Delete
  3. beras n santannya berapa:berapa mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya sih 1 liter beras : 1 liter santan mbk

      Delete
  4. di tempat saya juga namanya buras :) Akan terasa lebih gurih jika ditambah santan, seperti yg mak Hana bilang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti g hanya di makasar ya,baru tahu saya

      Delete
  5. kirain istilah buras untuk lontong hanya di sunda lho, di bandung juga namanya buras

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sulawesi mak saya tahunya,dan baru tahu kl di jabar juga namanya buras hehe

      Delete
  6. Ya Allah,,,cumi nya sedep banget...jadi pengen nih,,masak aku harus makan2 terus,,,gimana dgn dietku,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe diet tetep mbk,kurangi nasinya kl makan cumi hahaha

      Delete
  7. Baru beberapa hari lalu saya penasaran. Yg namanya Buras tu kayak apa??? eh terjawab dg postingan ini. TFS mbak Hana :D

    ReplyDelete
  8. yummy.....kami juga sering dapat kiriman buras dari tetangga yg oarang bugis...sama tumbuk juga mak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh,tumbuk,,saya baru denger hehe

      Delete
  9. lontong wa akhwatuha hihi..bahasanya..
    di daerahku buras juga kaya gitu mak, beras dimasak santan pake daun pisang. Biasanya ada yang udah isi ada yang nggak. Isinya macam-macam, bisa sayur atau daging..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yg ada isinya itu ibuku nyebut arem2 mbk hehehe

      Delete
  10. Wah, cara mudah memasak tumi. Enaknya, harus dicoba!

    ReplyDelete
  11. Wah, cara mudah memasak tumi. Enaknya, harus dicoba!

    ReplyDelete
  12. padahal klo di tempatku tuh burasen artinya pipinya nemlong putih2 kayak bayi kena bekas susu itu hihihii... Tp klo buras yg ini memang sepertinya gurih sangat. Maoooo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. burasen heheheeh.....gurih bangettt ^^

      Delete
  13. belum pernah makan buras. Koyo opo rasane yo

    ReplyDelete
    Replies
    1. gurih mbak..enak wes pokoe,,ayoo bikinnn ^^

      Delete
  14. Belum pernah nyoba loh mbak. Penasaraaaan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang jauh,coba pas lg di siak pasti lgsung tak kasih hehe

      Delete
  15. Buras tu sama kaya lepet bukan?
    #nanyasambilngelapiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda mak,buras dari beras,lepet dari ketan ^^

      Delete
  16. Buras emang mantep utamanya dengan coto Makassar...yummy

    ReplyDelete
  17. dimana ya cari buras yang enak di Jakarta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih,hihihi coba cari di resto makasar hehe

      Delete
  18. Beragam masakan dan bentuk makanan khas indonesia, kuliner nusantara tidak ada matinya... dan rasanya menggugah selera..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali....banyak ragamnya ^^

      Delete
  19. Duuuh sedihnya aku kalau lihat cumi2. Orang Jogja ini makan apa to, mosok di pasar adanya cuma ayam? Lele aja kadang2. Ikan, seafood gak ada blasss. Ya Allah, kangen ikan & seafood segar2 di Riau

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe betul banget maaaakkkk....disini banjir2lah hehehe...
      ayooo ke ka[an ke Riauuu ^^

      Delete
  20. mantep mbak, fotonya bikin ngiler :)

    ReplyDelete
  21. Dari kecil sering makan buras...terutama kl pergi jauh.. buat bekal..mmg enak et filling in bgt ...cumin ya juga seger yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..saya baru pertama kai makan buras mak,enak bangett ^^

      Delete
  22. Sudah burasnya dibuat dengan santan, ketika sudah jadi dicocol ke cumi itu, huuaaaa... percaya saya, pastilah lazzzzaaat.... Di Jombang ga ada ini ya, Mbak?
    Jadi kepengeeeen saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..di rumah ibu adanya lontong biasa pak,heheh enak banget pak,lezat :)

      Delete
  23. waa resepnya sepertinya bisa dipraktekkan di rumah nih
    Hihihihihihih

    ReplyDelete
  24. Tiap hari aku bikin makanan mirip buras ini mak. DI sini disebut meniran. Kalau meniran aslinya dari pecahan beras dimasak dengan banyak santan kental. karena untuk dijual dan sulit beli meniran, kami masaknya pakai nasi biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. meniran,saya kayaknya pernah denger mbk.ternyata semacam buras ya hehe

      Delete
  25. Huaaaaa.. buras lagi.... #jadimakinkangenrumah...

    ReplyDelete
  26. Aslliii ngiler mak,...mama ku termasuk jago bikin buras. Buras buatannya enaakk bangett :)

    ReplyDelete
  27. haha kalau di Bogor itu namanya buras juga kak, ada kepanjangannya lho.. buras itu bubur heuras. Heuras itu sendiri bahasa sunda, artinya keras. Umumnya sih di sebut lontong kali yah kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe lucu juga ya,heuras hehe...

      Delete
  28. pengen nyoba cumi masak tomat, is.. biasanya kalau aku nggak pakai sereh sama lombok ijo

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya zuh,ini pas ada sereh,jadi pingin tau rasanya aja soalnya ibu kos kl masak apa2 selalu dikasih sere,penasaran gitu hehe

      Delete
  29. Kebetulan lagi suka masak. Mau coba resep ini, ah. Makasih udah berbagi ya, Mbak ^^

    ReplyDelete