Skip to main content

Posts

Showing posts from March, 2013

Kangen

Saya, Mael, dan Acan... Teman sejak di pesantren dulu, tidak dekat sih hanya teman biasa saja. Tapi sejak kuliah pertemanan kita menjadi semakin erat, padahal saya kuliah di UIN Malang, Mael di UNMUH sidoarjo, sedangkan Acan di IAIN Sunan Ampel Surabaya. Tapi sejak saya sering main ke Surabaya akhirnya pertemanan kita menjadi lebih erat, apalagi sejak kita sudah mulai bekerja. Dan masing-masing kita bekerja di dunia pendidikan yaitu menjadi guru.  Satu hal jika kita bertemu selalu mencari sesuatu yang berbeda, sesuatu yang menggila, dan sesuatu yang istimewa tentunya dengan kekocakan dan kegilaan antara kita. Dan ini salah satunya, hahahaha...ampun deh, ini di GOR Ken Arok Malang. Mael dan Acan mendadak ke lburan ke Malang, dan menculik saya untuk berkeliling di kota Malang. Really,miss it...miss you're... ~Hawaii Garden

Penulisan "orangtua"

Kebetulan saya mempunyai sahabat sejak zaman kuliah dulu dan sekarang sudah menjadi konselor di sebuah rumah sakait, namanya Bu Lely. Hampir setiap hari selalu membuka kelas konseling dan diskusi via facebook mengenai banyak hal tapi yang paling sering itu tentang parenting.  Saya masih ingat suatu hari dia mengingatkan kita tentang penulisan "orangtua", banyak dari kita yang menulis kata orangtua itu seperti ini "orang tua" yang artinya orang yang sudah tua. Padahal maksud dari tulisan teman-teman itu kebanyakan mengarah pada arti ayah dan ibu bukan orang yang sudah tua, sedangkan penulisan yang benar adalah "orangtua" yang artinya ayah dan ibu. Sekian sedikit ilmu yang saya simpan di memory, semoga bermanfaat. Happy weekend ^_^

Tetangga

Rasulullah SWA bersabda, "Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah  ia berbuat baik kepada tetangganya" [HR. Bukhari-Muslim]  Bagi saya sore hari lebih nyaman berada di dalam rumah, entah itu beres-beres rumah, melihat berita di tv, ataupun mengobrol dengan suami. Sebenarnya diluar sana di depan rumah *nggak didepan rumah saya pas sih hehe* ibu-ibu komplit dengan anak-anaknya sedang asik ngobrol. Tapi saya lebih memilih berada di dalam rumah, tidak keluar dan bergabung dengan mereka... Dulu, pas blok tempat saya dan suami tinggal belum penuh penghuninya seperti sekarang yang sudah penuh *nggak banyak sih hanya 6 rumah jadi kalau hadap-hadapan jadinya 12 rumah,sekarang penuh* saya sering keluar karena hanya kami berempat, dan yang kami bincangkan seputar anak-anak saja. Tapi sejak blok ini ramai dan makin banyak yang nimbrung alhasil ada aja yang diperbincangkan, termasuk membicarakan tetangga blok-blok lain. Enthen, I hate this part!! Se

Catatan Seorang Guru Beka : Ocal Istimewa

“Mana suster miss Hana?” “Di kamar mandi nak…ada apa Ocal?” “Miss Ima marah…miss Ima marah..” tiba-tiba matanya memerah lalu menangis “Sini-sini peluk miss Hana…” sambil menyuruh dan membuka tangan “Miss Ima marah…miss Ima marah..” “Iyha..sini peluk miss Hana nak” Ocal mendekat dan duduk di pangkuan saya “Miss Ima marah…miss Ima marah..” sambil menangis sesenggukan “Iya, miss Ima marah kenapa?Ocal buat apa di kelas nak?” “Ocal nggak bawa buku bahasa Indonesia, miss Ima marah…miss Ima marah miss” Ocal berdiri sambil terus menangis sesenggukan dan sesekali mengusap air mata yang keluar, saya buru-buru pergi ke meja untuk mengambil tisu. “Sini nak…” sambil mengelap wajah dan ingus Ocal “Miss Ima marah…Ocal nggak bawa buku bahasa Indonesia, miss Ima marah…miss Ima marah miss” “Iya…” sambil memeluk Ocal “Miss Ima marah…miss Ima marah miss Hana..” Lagi dan lagi kalimat itu diulang oleh Ocal, sampai akhirnya suster membawanya kembali ke kelas. Sedih se

Catatan Seorang Guru Beka : Mama Intan

Menyelamatkan satu anak-anak kita dari pemahaman yg merusak,   juga boleh jadi senilai menyelamatkan seluruh dunia. Bagaimana mungkin? Hanya satu orang? Bisa setara seluruh dunia? Karena boleh jadi, teman kita ini, anak2 tersebut, besok lusa menjadi pemimpin hebat, orang penting, yang darinya kemaslahatan atau sebaliknya kerusakan bisa bersumber. --Darwis Tere Liye-- Barusan saya sarapan di kantin bareng anak-anak SD yang sedag breaktime, tiba-tiba ms Desi (wali kelas 1a) mendekat ke tempat saya duduk untuk membicarakan dan mencari solusi buat orangtua siswanya yang bermasalah. Appa???orangtua yang bermasalah???orangtua apa siswa??? Ya, Orangtua….bukan siswa. Intan, siswi SD kelas 1a usianya sekarang 9 tahun. Anaknya tidak ada masalah, hanya saja anak ini mengalami kesulitan belajar (berhitung dan pemahaman) karena sering tidak masuk sekolah. Semester lalu Intan pernah tidak masuk sekolah selama 1,5 bulan, usut punya usut ternyata dulu mamanya punya masalah dengan

Balada Guru Beka

10.00 waktu Batam Masih di sekolah sambil menikmati satu butir permen foxs spring tea , cukup menyegarkan pagi ini setelah satu jam sebelumnya saya masuk kelas 8A.   Tidak ada materi yang saya sampaikan karena setelah breaktime mereka akan ujian mid untuk pelajaran bahasa inggris, jadi saya beri mereka waktu untuk belajar di kelas. Belakangan ini sejak saya pindah yang awalnya dari guru playgroup menjadi guru BK, entah saya merasa teman-teman guru playgroup dan TK tidak seramah dulu. Meski saya selalu mengumbar pesona dengan senyum termanis dan sapaan narsis saya pada teman-teman tapi saya melihat ada beberapa yang ganjil, meski pada akhirnya saya tidak terlalu memusingkan hal tersebut.  Bagi saya menjalin hubungan dengan teman di tempat kerja itu sangatlah penting sekali, meski saya berada dan ditempatkan di tempat terasing dengan ruangan sendiri tapi tetap saya sesekali jalan-jalan ke ruangan guru TK, SD, SMP, SMA dan SMK untuk sekedar dudk, berbincang, dan mencari info

Gara-gara Lumpia #3

    disini Saat udara kering Diujung cakrawala Aku melihat wanita dengan gerimis di wajah Matanya usang seperti maghrib berlalu Sementara jari telunjuknya bergerak Duk..duk..duk.. Perlahan rambut pirangnya tertampar angin Jelang angin maghrib berhenti Wanita paruh baya itu mengadahkan wajahnya Tidak ada sesuatu yang istimewa diatas sana Gerutuku pelan, Hanya saja diantara ribuan pohon rindang Aku melihat sepotong bulan Sendiri, tanpa kerlip bintang **** Batam,19/3/13 PS : Gara-gara lumpia,inspirasi tercipta . . by:HM Zwan

Kaget

Suatu sore perbincangan kami sesaat setelah kami pulang dari kerja, tak lupa ditemani secangkir teh manis.. "Gimana..gimana...??" "Gimana apanya mas..??" "Kalau pindah ke Pekanbaru gimana??" "Apa???pindah??ke Pekanbaru??" "Heheheheeee....iyha sayang" "Uwaaaaaaa....yang bener mas??" "Insya Allah...kita masih muda dek, bla bla bla bla bla........." Seketika hening, saya langsung mengambil secangkir teh hangat yang ada di meja dan seketika pula meminumnya. Alhamdulillah ....seger!!  ******* Berangkatlah melihat dunia Perjalanan hebat menunggumu ---Tere Lije--- PS : Yes, I wait for this moment.....