Wednesday, 14 August 2019

Cara Mudah Membuat Cincau Sendiri

Ada yang suka es cincau?kebetulan di rumah ibu saya ada pohon cincau. Sebetulnya pohon ini ada sejak saya masih kecil. Di rumah saya dulu banyak anak yatim piatu. Sepulang sekolah atau pas libur biasanya kami bikin cincau. Tapi diminum pake es sama gula aja, rasanya seger banget.


Nah, kapan hari pas tinggal sementara di rumah ibu. Pagi-pagi iseng main di belakang, terus lihat pohon cincau. Kebetulan pohon cincau sama tukang yang kerja di rumah sempat di babat habis. Tapi ternyata masih tumbuh menjulang ke tembok dan tempat lampu. Nggak tau gimana ceritanya, akhirnya saya ambil beberapa daun cincau. Dan mulailah saya eksekusi.

Cara bikin cincau itu ada banyak cara, tapi cara yang saya tahu dan pelajari dari kecil itu hanya diremet-remet, aduh bahasanya.... Diremet itu di unyet unyet... Hahaha. Itu lho di remes-remes pake jari sampai berlendir gitu. Tapi pas saya coba, sudah 5 menit ngunyet-ngunyet daun cincau sama air hangat tapi kok hasilnya gitu gitu aja. Terus lumayan capek lho ngunyet-ngunyet daun cincau hahaha.

Pas mbak lihat, langsung bilang "udah, blender aja, cepet". Nah lho, nggak berpikir panjang akhirnya saya ambil daun cincau, saya potong kecil, tambah air hangat lalu blender. Setelah itu saya saring menggunakan saringan teh. Warna cincau ya hijau tua, setelah itu saya taruh di kulkas. Nggak sampai 2 jam ternyata cincau sudah set, lumayan padat dan lembut banget lho. Persis banget kayak cincau di pinggir jalan hahaha.


Kalau dulu kami menikmati es cincau dengan sederhana, hanya dengan tambahan air, gula pasir dan es batu. Kali ini saya bikin es cincau versi JSR atau Jurus Sehat Rasulullah. Jadi santannya pakai santan yang tidak di masak, menggunakan kelapa parut lalu diberi air hangat, diperas. Jadi deh santan.


ES CINCAU Homemade
By : @hm_zwan

Bahan :
Segenggam daun cincau
300ml air hangat

Cara membuat :
Blender semua bahan. Saring, diamkan di kulkas sampai cincau set.

Santan :
1/4 kelapa, parut, beri air hangat 300ml. Saring.

Gula :
1 balok gula jawa, rebus dengan air 70ml.

Cara menghidangkan :
Siapkan mangkok, ambil cincau secukupnya dengan sendok. Tambahkan santan kelapa dan gula jawa. Hidangkan.


Gimana rasanya??ini kali pertama saya bikin es cincau dengan santan tanpa dimasak. Rasanya enak lho ternyata. Kayak es cincau di pinggir jalan, seger banget. Serius enak banget lho. Nggak percaya, coba bikin sendiri hahaha. Nggak mau bikin sendiri?? Yaudah, ini saya kirim versi jpg nya yaa... Semoga senang semoga kenyang xixixi.

Gimana?? Mudah kan bikin cincau sendiri. Yang penting sih dapet daun cincaunya dulu ya baru dieksekusi hahaha. Teman-teman, ada yang sudah pernah bikin cincau sendiri?

4 comments:

  1. Ternyata membuat cincau sendiri itu juga mudah nih ya Mas, saya kira sulit hihi

    ReplyDelete
  2. Saya jadi pingin membuat cincau sendiri nih hehe. Terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete
  3. Wah seger banget nih Mas, mau dong aku wkwk. Jadi, haus nih hihi

    ReplyDelete
  4. Pas puasa kemarin aku juga bikin sendiri. Tapi akhirnya kumakan sendiri karena kata ponakan masih kasar, bau daun. Ya iyalah. Next kalau buat lagi baiknya pakai saringan kain biar halus kaya yang dijual2 itu

    ReplyDelete