Wednesday, 20 August 2014

Serunya Pawai Sepeda di 17-an

Bismillahirrahmaanirrahim...
Pertama kali menginjakkan kaki di Siak rasanya semuanya serba wah, wah dalam arti heran dan takjub dengan berbagai hal yang saya temui di daerah ini. Umumnya olahraga paling asik di pagi hari, apalagi pas lagi weekend. Tapi di Siak kebanyakan warganya olahraga di sore hari, mulai dari jogging, sepak bola, sepatu roda sampai olah raga naik sepeda. Jangan heran kalau disini gudangnya para atlit, yang sering menjadi perhatian saya adalah atlit sepatu roda dan balap sepeda alias yang suka gowes dengan sepeda dan peralatannya yang keren abis.

Bicara masalah gowes sepeda, jadi ingat 17-an tahun lalau di Batam. Setelah tahun-tahun sebelumnya sepi tidak ada lomba di perumahan kami di Batam, tahun lalu 17-an sangat ramai dan meriah. Berbagai lomba dipersiapkan untuk anak-anak, remaja, bapak-bapak, sampai ibu-ibu pun tak kalah semangat menyambut acara spesial ini. Pagi-pagi dibuka dengan sepeda karnaval, diikuti oleh anak-anak perumahan. Sepeda dihias dengan berbagai bentuk yang unik dan lucu.

Nah tahun ini 17-an di Riau, tepat di Hari Kemerdekaan RI di Siak ada pawai atau karnaval, diikuti oleh anak-anak sekolah. Mulai dari TK sampai SMA, sayang sekali yang saya tunggu-tunggu tidak tampil, apa coba??pawai dari masyarakat setempat. Kalau di Jawa pawai 17-an diikuti oleh sekolah-sekolah dan lapisan masyarakat, jadi semakin seru, menarik dan lucu dengan berbagai kostum yang dipakai saat pawai berlangsung. 

Pawai tahun ini berlangsung pada tanggal 16 agustus 2014, rutenya mulai dari gedung Lam lurus ke Turab atau jalan raya dekat sungai Siak dan finish-nya di dekat Museum Siak. Acaranya di mulai pukul 15.00 dibuka oleh group drum band yang lumayan membuat saya terpesona karena keren banget, lalu dilanjutkan dengan pawai TK, SD, SMA. Biasanya sepeda karnaval ada pawai sendiri, tapi disini digabung dengan pawai karnaval. Acara ditutup dengan pawai alat transportasi milik Pemkab Siak. Ada ambulan, mobil dinas, bis, dll. Pawai selesai pukul 17.30, lumayan seru, apalagi dengan berbagai kostum yang unik dan lucu. Ada yang memakai kostum profesi, tari khas Melayu, sampai barongsai pun ada.

Nah, kira-kira di tempat teman-teman ada pawai sepeda nggak??
***
20 agustus 2014
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan





37 comments:

  1. serunya yah, kalo di bandung sih campur ga hanya sepeda yang dihias, andong pun dihias

    ReplyDelete
  2. di komplek saya suka ada pawai sepeda anak2 kecil, sepedanya dihias, anaknya jg pake kostum khusus... sampe di garis finish lanjut lomba fashion show :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya ya mbk,kl di Siak kemarin pakai baju profesi anak2nya :D

      Delete
  3. sepeda karnaval emang identik dgn 17an ya,,,apalgi dikasih warna merah putih,,,dikampungku juga gitu,,anak2 TK muter2 perumahan dgn sepeda yg berhiaskan warna merah dan putih,,anak2 itu lucu,,ada yg nangis krena mlu,,ada yang senang,,,ah,,,lucu sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..iya mbk,ada yang ngayuhnya cepet,ada yang ngayuhnya lemot,nah ada juga yg nyuruh mbk2nya ngedorong hehe

      Delete
  4. Sayangnya tahun ini saya nggak bisa lihat carnaval di tingkat kota :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,kenapa kak??padahal seru ya... :(

      Delete
  5. Seru ya mbak.. Jadi inget masa kecil dulu... hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru banget mbk,lucu2 anak2nya :)

      Delete
  6. pawai sepeda sangat seru tu apalagi kalau kita ikut juga jadi pesertanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,seru banget dan tambah seru kayaknya kl kita berpartisipasi :)

      Delete
  7. keren ya warganya suka olahraga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk el,disini tempat olahraga disiapkan semua :)

      Delete
  8. Di Surabaya sepi mbak gak ada pawai-pawaian seperti di Siak. Wah mbak Hanna sudah krasan tinggal di Siak ya sudah mulai hapal jalan sekitar perumahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak sih mbk??brri surabaya sepi dong..hahaha,gimana g hafal,lha wong cuma secuplik kotanya :)

      Delete
  9. di makassar juga ada pawai sejenis saat perayaan tujubelasan agustus...bahkan malam sehari sebelum 17-an...ada pawai lampion........keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,seru dong pak ada pawai lampion juga :)

      Delete
  10. Di gorontalo tidak ada hehehe :), kalau di rumah malang biasanya gantian, kata ibu tahun ini hanya jalan sehat dan lomba-lomba saja pawainya skip dulu untuk tahun depan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,sepi dong mbk di gorontalo..iya,kl di malang pasti seru :)

      Delete
  11. waktu kecil gw antusias bgt klo ada speda hias, selain bisa pamer sepeda hasil hiasan sendiri juga bisa jalan bareng temen2 sambil liatin cewek2 dari kampung sebelah.

    #Kenapa masa kecil gw mesum bgt ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,sama dong...maksudnya sama2 antusias pamer hasil karya hehe

      Delete
  12. Seru ya mbak pawainya....sayang saya belum menemukan acara seperti itu selama tinggal di bali

    ReplyDelete
  13. Senang sekali ya mbak bisa melihat pawai yang sangat ramai hehehe.....sayang selama di bali saya belum pernah melihat pawai atau karnaval 17-an

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru banget mbk,wah,,berarti di bali g ada pawai ya...padahal kan banyak wisatawan harusnya ada ya mbk :)

      Delete
  14. Tahun lalu ada, tahun ini engga ada pawai..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga tahun depan ada ya mbk :)

      Delete
  15. Disitu rame juga 17annya ya. Saya kira sepi, Kaaa. :D

    Ditempat saya enggak ada karnaval gowes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..rame banget mbk,lama juga selesainya :)

      Delete
  16. meriah, Mak. Coba keramaiannya pindah ke tempat saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe....mak myra pindah kesini aja hhehe

      Delete
  17. kalo ada pawai jadi ingat masa kecil. sering nonton pawai 17-an. seruuuu....

    ReplyDelete
  18. 17-an itu enak dikampung. Rameee banyak lombanya. Di kota mah paling2 ndangdutan :(

    ReplyDelete
  19. Aku jadi kangen pawai sepeda hias jaman aku kecil dulu, miss Hanna.. ^_^

    Di perumahan vania sepi2 aja.. tapi kmrn vania lomba makan kerupuk di sekolah.. hehehe...

    ReplyDelete
  20. jadi ingat masa kecil suka ikut pawai sepeda

    ReplyDelete