Monday, 3 June 2013

Catatan Seorang Guru Beka : Saya dan Playgroup

Baiklah,jujur hari ini saya merasa sedih sekali. Bagaimana tidak, hari ini tepat tanggal 3 juni 2013 kontrak kerja saya mengajar telah usai *huhuhu..mana tisu mana tisu..*. Ternyata saya sudah satu tahun mengajar di sekolah ini, alhamdulillah ilmu saya bermanfaat, bukan hanya itu saya mendapat bonus banyak ilmu dari sini. Alhamdulillah...
 
Disinilah saya banyak belajar ilmu baru terutama mengajar Playgroup, jujur saya belum pernah punya pengalaman mengajar anak-anak balita. Secara otodidak dan melihat patner saya mengajar anak-anak, disitulah saya memutar otak bagaimana agar saya bisa seceria itu meskipun pada dasarnya saya orangnya ceria, seru, dan gila *kata teman-teman saya sih hehe*. Satu minggu pertama harus menghafal do'a mulai belajar, do'a makan, dan do'a mau pulang dalam bahasa inggris. Well, bisalah. Tapi yang membuat saya nggak karuan itu saat saya harus belajar menghafal lagu-lagu bahasa inggris *hahaha...not bad!!buwanyak bangett huhuhu*.
 
Dengan berjalannya waktu, saya bisa mengkondisikan hal yang mungkin awalnya berat sekali tapi sekarang sudah amanlah bagi saya *sombonggg ckckckck*. Berkumpul bersama anak-anak mulai usia 1,9 tahun sampai 3 tahun itu rasanya amazing sekali, kebetulan saya suka anak-anak, gemes sama anak-anak, jadi hidup saya saat itu seperti pelangi. Senangnya benar-benar warna warni, bagaimana tidak setiap hari harus bertemu dengan anak-anak kecil yang lucu-lucu. Yang awal saya berkenalan dengan mereka mulai dari yang benar-benar tidak bisa di pegang karena larinya lebih gesit daripada saya dan patner saya satunya lagi, menangis teriak-teriak mulai dari masuk kelas sampai waktu pulang, ada yang standar-standar aja alias diam, ada yang menangis gulung-gulung dilanjutkan dengan muntah-muntah kemana-mana. Ya Allah, terima kasih atas pengalaman berharga ini.
 
Kemarin, saya sempatkan untuk menengok mereka. Belum sampai kaki saya masuk, hanya sedikit pintu terbuka dan kepala saya nongol. Spontan mereka berteriak.
Miss hanna....miss Hanna...
Satu persatu berhamburan mendekati saya, salim, say good morning, cium pipi kanan kiri, dan terakhir warm hug. Dari dulu hal seperti ini yang selalu kami ajarkan jika anak-anak bertemu dengan guru lain atau orang lain *teman-teman management*. Ah, terlalu manis mereka.
 
Baiklah, kalau boleh saya berharap semoga anak-anak ini bisa berkembang dan tumbuh menjadi anak-anak yang pintar amin. I will always miss you're PG "brown".
 

****
Batam, 3 juni 2013
  
 
 
 

47 comments:

  1. aaaakkk anak-anak nya lucu-lucu banget.. kalau ngajar di Playgroup kayaknya lebih banyak fun nya ya mbak, kl udah bete pasti pengen ketawa liat tingkah anak-anak yg lucu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,,,iyha mbk,fun bangettt hehe

      Delete
  2. Waaahh, kebayang sedihnya berpisah dengan wajah2 lucu itu.

    ReplyDelete
  3. the kids so cute...sukaaaaaaa liat ekspresi polos mereka

    ReplyDelete
  4. ngegemesiinn..... bukan miss hanna nya lho yg ngegemesin qiqiqiqi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...fayda juga nggemesin mbak :D

      Delete
  5. uuuwh, anak kecil emang lucu2 yah Miss..
    tapi hebohnya gmana Miss kalau ada yg berantem? ahaha..
    pengalaman yg luar biasa,, subahanallah..
    pastinya skrg Miss Hanna jauh lebih kaya..
    keep on sharing Miss.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..heboh luar biasa pokoknya mbk hahaha,nggak kebayang gimana biungungnya kita,satu nangis yg lain ikut nangis :D

      Delete
  6. ayooo miss pindah aja ke Bekasi, ntar kanaya aku suruh sekolah sama Miss hanna.... pasti seneng deh gurunya sabar begini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. gmana kalau ke komimo aja miss? hehehe..

      *eh ini kok jd rebutan miss hanna*

      Delete
    2. bunda naya.....uwaaa,maunyaaa.ini pindah ke pekanbaru mbk hehe



      mbk lyliana....hahahaha,ayo2 sini2,dengan senang hati :D

      Delete
  7. Hiks... hiks... ikut cedih...
    Waaah, sebuah pengalaman yang sangat berharga itu, Mbak. Sungguh!

    ReplyDelete
  8. anak" itu lcu" sekali ya?jadi pngen ngjar di playgroup..biar stiap hari fun trus :)

    ReplyDelete
  9. aaaa....lucu-lucu banget merekaa...pasti ngengenin..jadi ingat cita-cita saya dulu jadi guru TK T_T

    ReplyDelete
  10. Saya dulu juga pernah mengajar mengaji anak anak di usia sekitaran 3 Tahun.

    Memang menguras tenaga, namun karena saya juga anak anak dan belum punya anas. Saya pun enjoy aja.

    Ada seneng yang tak terkira

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohyaaa???pak ustadz dong hehehe.....
      yub,enjoy bnagetttt :D

      Delete
    2. Saya sebenarnya lebih suka di anggap orang biasa saja.

      namun anak anak yang dulu pernah saya ajari ngaji tetap manggil saya pak ustadz.

      Haduhhhhhh

      Delete
  11. semoga kelak bisa bertemu mereka lagi bu Guru

    ReplyDelete
  12. waaahhh..hal yang paling menyedihkan adalah saat2 berpisah ya Miss..
    Semoga mendapat ilmu yang lebih lagi di tempat lain, tetep semangaat !!

    Hiks, meninggalkan anak2 yang lucu !

    ReplyDelete
  13. Iiih, tingkah mereka saat makan lucu sekalii, Miss. :
    Pasti ngangeniiiin. . .
    Memang sisetmnya kontrak, ya? #kepo. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe iya bikin kangennn :D
      iyha,di Batam pake kontrk mbk

      Delete
  14. wuiihh, lutju-lutjunya...imut, chubby semua. past seru banget setiap hari di salami anak-anak yg lucu-lucu getu ya mbak

    ReplyDelete
  15. lucu2...imut... ngegemesin ya, akan ada pengalaman lain yang lebih seru dan bermakna pastinya mbak... Senangnya menjadi pendidik generasi ya mbak. Moga berkah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyha mbk haya,sangat mengesankan sekali ^_^
      aminnn

      Delete
  16. Whoaaaa...
    jadi udahan niiiih??
    Duh, pasti sedih banget yaaaah...

    Tapi hebat lho Zwan kuat mental dirimu inih...
    Aku kalo dulu nganter Kayla ke TK aja udah stres duluan ama berisik nya..hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyha niih bi,dah selesai kontraknya g mmperpanjang soalnya suami pindah tugas ke pekanbaru ^_^

      Delete
  17. Aku selalu kagum sama guru-guru TK & Playgroup. Aku pernah trial tapi nggak merasa sukses euy. :)

    Semoga diberi kesempatan indah seperti ini lagi ya.

    Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih unda hana....aminnnn
      salam kenal kembali :D

      Delete
  18. Moga nanti mereka jadi generasi kebanggaan negeri ini. Aamiin

    ReplyDelete
  19. Wah, dikelilingi dengan canda tawa dan tangis anak-anak memang menyenangkan ya mbak! Jadi mau lanjut kemana nih? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyha mbk,belum tau...belum tahu daerah tempat suami kerja soalnya mbk :D

      Delete
  20. waah, pasti murid" playground nya lucu" dan gemesin ya :)



    http://www.nolimitadventure.com/

    ReplyDelete
  21. pindah ke sekolah TK Alvin aja yuk Miss :)

    ReplyDelete
  22. Bisa buat konsul kalo Dafinah udah gede doonng Huunn.....

    ReplyDelete
  23. wah miss hanna kenapa kontraknya tidak diperpanjang?

    ReplyDelete
  24. setahun bukan waktu singkat yah bermain dengan anak-anak ini.

    setelah di PG ini mau lanjut kemana lagi Mbak?

    ReplyDelete
  25. Saya selalu salut atas kehandalan para guru PG dalam menghadapi anak-anak didiknya. Kesabaran dan keuletan mereka sungguh luar biasa. Memberanikan diri untuk menjadi guru di PG saja sudah hebat menurut saya, apalagi kalau benar-benar bisa berkesan di mata mereka.

    Salam kenal, Mbak Hana.. :)

    ReplyDelete
  26. Miss... Dija baru masuk playgroup lhooo

    ReplyDelete