Sunday, 17 March 2013

Nasi Dagang

Nasi dagang dan luti gendang (dok.pribadi)
 
Nasi dagang adalah makanan Malaysia berupa nasi yang ditanak bersama santan kelapa, dan disajikan bersama lauk kari ikan ikan tongkol. Hidangan ini berasal dari negara bagian Terengganu dan Kelantan. Di Terengganu, nasi dagang dibuat dari campuran beras dan ketan yang ditanak bersama santan kelapa. Nasi dagang terengganu dihidangkan dengan kuah nasi dagang yang dimasak dengan menggunakan bumbu khas Malaysia (cabai, kunyit, lengkuas, sereh), dan berbeda dengan bumbu kari dari India. Nasi dagang kelantan biasanya berwarna merah karena dicampur ketan merah.
Bumbu nasi dagang berupa bawang merah, biji kelabet, dan daun sereh. Kari ikan tongkol atau tenggiri sering kali merupakan satu-satunya lauk untuk nasi dagang. Lauk lain untuk nasi dagang misalnya kari kambing atau kari kepala ikan. Nasi dagang berbeda dari nasi lemak yang umumnya dimakan bersama ikan bilis dan telur. Hidangan ini disebut nasi dagang karena pada zaman dulu dibawa sebagai bekal oleh orang kampung yang pergi untuk berdagang. Sewaktu bepergian jauh, pedagang membawa nasi berisi kari ikan dan acar yang dibungkus daun pisang.
(sumber : wikipedia

****
Menu sarapan minggu pagi saya bersama suami di kedai Mi tarempa di ruko Sincom. 1 porsi harganya 3000, murah kan???selain lezat dan nikmat loh,jadi puas kalau sarapan disini ^_^

17 comments:

  1. Replies
    1. lumayan buat sarapan pokoknya hehehe

      Delete
  2. Kayak nasi uduk ya jeng. kan dimasak sama santan.
    Untuk sarapan kayaknya cukup ya
    Saya juga pernah makan di warung sebelah hotel di Kuala Lumpur. Memang murah meriah dibandingkan di restoran
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggeh pakdhe tapi ini lebih gurih enak gimana gitu hehehe....
      matur nuwun sudah mampir :D

      Delete
  3. cara memasaknya mirip nasi uduk ya menggunakan santan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..mungkin mbk,soalnya q blm pernah buat nasi uduk hihihi

      Delete
  4. jeng sudah daftar aja, kan belum dipublis kontes apa hehehe. aku delete ya linknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..iyha kpencet,lha smanya dh keisi kpncet enter deh wahshaha

      Delete
  5. wow.. murah meriah..
    kalau luti gendang yg dfoto, itu apa mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luarnya itu balutan adonan donat tp empuk bgt.isinya sbon rasanya manis pds mantap mbk hehe

      Delete
  6. Kalo dari gambarnya berempah bgt yah mbak :)

    ReplyDelete
  7. enak,...tp kurang banyak...hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa nambah kok mbk cii hehehehe..q aja kadang 3 kl kelaperannn hehehe

      Delete
  8. kayaknya enak, tapi kecil porsinya, ya. Kyknya kalo sy yg makan bs lebih dr 1 porsi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangettt mbk,kyk nasi kucing....boleh bangettt,aplge kl kelaperan hihihih

      Delete
  9. Satu porsi itu semuanya.... semuanya 3000 wah murah bener yah,, itu kan di malaysia kalo pake uang malaysia berapa :)

    ReplyDelete