Showing posts with label Resep Minuman. Show all posts
Showing posts with label Resep Minuman. Show all posts

Thursday, 8 September 2022

Resep Bubur Sagu Mutiara, Makin Nikmat Disandingkan dengan Pisang

Resep Bubur Sagu Mutiara, Makin Nikmat Disandingkan dengan PisangAda yang suka bubur sagu mutiara?salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari tepung sagu, berbentuk bulat kecil berwarna merah.  Jika belum dimasak atau diolah sagu mutiara berwarna merah dan putih, yang bisa kita temui di warung, mini market dan sejenisnya. Cara memasaknya pun cukup mudah, pertama didhkan air, kemudian masukkan sagu mutiara, masak hingga sagu berwarna merah. Setelah itu tiriskan lalu siram dengan air dingin, sagu mutiara siap dioalh menjadi berbagai makanan yang enak dan menggugah selera.

bubur sagu mutiara

Saturday, 9 July 2022

Resep Es Cincau Homemade

Resep Es Cincau Homemade. Pagi hari pas olahraga di halaman belakang rumah ibu, eh kok langsung ingat tanaman cincau. Nggak pake lama jalan ke pojokan. Ternyata masih tumbuh menjulang dan merambat cantik. Karena pas pulang beberapa bulan yang lalu sempat dibersihkan. Ternyata disisain pohonnya, jadi masih tumbuh. Alhamdulillah.Terus punya ide bikin cincau deh. Ambil daun cincau secukupnya terus langsung eksekusi. Masukin kulkas, lanjut olahraga lagi sambil mandi sinar matahari. Ini kali pertama saya bikin cincau, dulu bikinnya bareng-bareng sama anak-anak yatim yang tinggal di rumah. Alhamdulillah sukses.. Gampang banget sih emang.

Ohya, kalau biasanya bikin cincau ya diremas-remas gitu sampai daunnya sampai berlendir, tapi kali ini saya blender lho. Praktis banget. Soal rasa.. Cincaunya berasa gitu daunnya, ya iyalahhhhh hahaha. Tapi pas saya coba pake kuah, terus ditambah es.. Masya Allah... Suwegerrrrrr tenann..Berhubung stok gula aren tinggal sedikit, jadi pake gula jawa deh. Ohya, ini kuah es cincaunya versi santan yang nggak direbus, jadi diperas menggunakan air hangat. Soal rasa, tetep enakkk..

Selamat mencobaaa..

Resep Es Cincau Homemade

Thursday, 18 November 2021

5 Kreasi Menu Berbahan Utama Madu

Assalamualaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu ya. Hayooo, siapa yang suka madu? Kalo saya Alhamdulillah selalu nyetok madu di rumah. Bisa dibilang madu masuk ke daftar belanja bulanan. Kadang madu dikonsumsi gitu aja sebelum tidur, seringnya untuk tambahan minuman hangat seperti bikin wedang jahe atau lemon tea. Kalau untuk campuran menu masakan sesekali aja, nggak sering gitu. 

Nah, kemarin saya dapet kiriman Raw Honey dari Madu Onggu. Ada yang pernah dengar Madu Onggu?. 

Friday, 22 October 2021

Resep Topokki dan Beef Bulgogi : Makanan Khas Korea Selatan

Assalamualaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu ya. Gara-gara sering banget nonton drama Korea, mau nggak mau mulai deh nyobain kuliner khas sana. Tapi dari beberapa kuliner atau masakan rumahan yang pingin banget saya cobain itu capjae, kayaknya kalo ibu-ibu di drama Korea bikin capjae, kayaknya enak banget gitu ya wkwkwk. 

Terus hampir semua makanan, camilan yang hadir di setiap drama Korea pasti bikin ngiler. Enak enak banget euy. Ohya, selain itu yang bikin saya penasaran dari dulu adalah kimchi. Iya, penasaran banget sama rasanya, berhubung saya tinggal di Gresik pojok, jadi belum pernah lihat yang jualan kimchi. Next, kalo ke Surabaya pingin nyobain kimchi, pasti ada yang jual ya di supermarket. 

Tuesday, 24 November 2020

5 Resep Smoothie Enak Untuk Sarapan

 5 Resep Smoothie Enak Untuk Sarapan 

Ada yang suka sarapan smoothie?salah satu menu sarapan selain buah yang paling praktis adalah smoothie. Lalu apa bedanya smoothie dengan jus? Yang paling sederhana dari perbedaan jus dan smoothie adalah tekstur jus lebih cair karena yang diambil hanya sari buah atau sayurnya saja. Umumnya dibuat menggunakan juicer. Sedangkan smoothie teksturnya lebih kental, karena buah diblend menjadi satu tanpa membuang sedikitpun ampasnya. 

Sebelum smoothie ngehits, saya lebih familiar dengan sebutan jus. Tapi makin kesini ternyata beda ya keduanya. Kalau boleh jujur, saya belum pernah nyobain jus yang sebenarnya. Yaitu buah yang dimasukkan ke juicer, jadi yang diminum benar-benar sari buahnya saja. Next, harus nyobain kali ya... Etapi, sudah pernah sih minum jus jeruk tapi dikasih es ahahaha. 

Ohya, biasanya untuk membuat smoothie cairan yang sering ditambahkan adalah yogurt, es batu ataupun air. Nah, ngomongin soal smoothie. Berikut 5 resep smoothie enak untuk sarapan. 

1. Smoothie Kesemek

Ada yang tau buah kesemek?banyak yang bilang ini buah centil, karena ada bedaknya hehe. Tekstur buah kesemek sepertii apel, rasanya manis, legit. 

By : @hm_zwan

Bahan :

1 buah kesemek

1 buah apel

Segelas kecil air

Cara membuat :

Blend semua bahan, tuang digelas, hidangkan.

2. Smoothie Mangga Alpukat

Musim mangga harus dimanfaatkan, selain buah musiman yang laris manis. Mangga sangat nikmat disajikan dalam bentuk smoothie. Apalagi dimix atau dicampur dengan alpukat dan toping seperti chia seed dan almond panggang, perfect deh rasanya. 

By : @hm_zwan

Bahan

1 buah alpukat

1/2 buah mangga gadung


Toping :

Mangga gadung

Chia seed

Almond panggang


Cara membuat :

Blend semua bahan. Sajikan dengan toping.

3. Smoothie Mangga Belimbing

Seperti biasa, karena bulan bulan ini musimnya mangga, manfaatin buah mangga untuk menu sarapan.. Selain murah harganya nutrisinya juga bagus. Apalagi yang mateng di pohon, ugh nikmat.. 

By @hm_zwan

Bahan :

1 buah mangga gadung 

Setengah buah belimbing


Toping :

Belimbing, iris tipis

1 buah kurma, potong kecil 


Cara membuat :

Haluskan semua bahan dengan blender. Beri toping, sajikan. 

4. Smoothie Nanas, Tomat, Wortel

Ada yang suka nanas?campuran buah nanas, wortel, tomat dan air setengah cangkir. Rasanya benar-benar nikmat, Ahamdulillah, seger banget.. ️

By @hm_zwan

Bahan :

2 buah nanas uk kecil

3 buah timat merah uk sedang

1 buah wortel uk sedang

Setengah cangkir air


Cara membuat :

Blender semua bahan sampai halus, sajikan.

5. Smoothie Alpukat 

Ada yang suka alpukat?buah satu ini memang juaranya dibikin smoothie sih menurut saya.

Bahan :

1 buah alpujat, uk besar

1 cangkur air

1 sdm gula pasir 


Cara membuat :

Blender semua bahan sampai halus, sajikan. 


Untuk menghaluskan buah saya pakai Blender IL-220 by Idealifeonline. Dimana Blender IL-220 ini dilengkapi pisau bergerigi 6 sisi yang siap memotong dan memblender dengan sempurna. Pisau yang terbuat dari bahan stainless steel ini pun begitu kuat dan lebih tahan lama, sehingga dapat menghancurkan bahan masakan dengan mudah dan secara bersamaan mengaduknya hingga merata dengan sempurna. Pisaunya bisa dilepas, mudah dibersihkan dan cukup dengan melepas pisaunya dari tabung.

Blender IL-220 dirancang dengan wadah dari kaca yang higienis dan berkualitas sehingga blender kuat dan tahan lama. Selain itu, dengan wadah yang terbuat dari kaca jernih berfungsi untuk mencegah material lain ikut tercampur. Satu set blender ini tersedia pula mini chopper untuk melumat bahan-bahan kasar seperti bumbu, cabai, bawang hingga daging. Fitur Pulse-nya pun dapat memberikan hasil mixing dan blending yang sempurna. Dilengkapi indikator lock/pengunci, blender ini pun aman untuk digunakan. Cara pemakaiannya  harus dengan cara ON/OFF jangan di tekan ON terus. (max 30 detik per ON).  Blender IL-220 cocok : bumbu bumbu dapur ,es batu ,Juice ,Smoothie


Specifications :

- Quite motor

- Bowl Capacity : Large 1.5 litre and 200 ml Dry Mill

- 2 Speed with pulse function

- Stainless Steel Blade x 6

- Extra Dry Mill - 2 Blade

- Safety lock Switch

- Overheat protection

- Automatic Overload cut-off

- Easy Cleaning (glass bowl)

- Perfect for : fruit , vegetables , ice , smoothie and nut bean

- Powerful 300 watt motor

- Daya : 100 - 300 watt

- Harga 376.544

Beli Blender IL-220 dan produk Idealifeonline lainnya dimana? Teman-teman bisa cek di Official Shopee / Tokopedia idealifeoutlet

Ohya, selain blender, di idealifeonline juga banyak produk rumah tangga lainnya. Seperti oven, mixer, chopper, dll. Teman-teman bisa ceki ceki langsung ke instagram @idealifeonline ya. 

Wednesday, 3 June 2020

Cara Mudah dan Gampang Membuat Es Puter Kurma

Ada yang suka es puter? Kali ini saya mau sharing cara mudah dan gampang membuat es puter kurma. Tentunya dengan bahan yang mudah di dapat dan murah. Terakhir kali makan es puter itu waktu tinggal di Siak Riau. Setiap hari ada bapak-bapak penjual es puter yang lewat depan rumah. Harganya 2500, baik pakai cone maupun pakai roti. Tapi saya seringnya pakai roti, enak banget.


Ohya, bikin ini gara-gara lihat ig story mbk @meriskapw. Baru inget pernah lihat resepnya mbk @ayudiahrespatih, ceki-ceki disana. Tapi berhubung beberapa bahan nggak ada di dapur, jadi bikin pakai bahan yang ada deh. Bahan utama bikin es puter adalah menggunakan santan. Kali ini saya pakai santan kara. Ini kali pertama saya bikin es puter. Nggak ada rasa deg-degan, biasa aja gitu. Karena lihat dan baca resep dan cara membuatnya lumayan gampang. Jadi, bismillah saja dulu.

Kebetulan banget Bubuky akhir-akhir ini tiap weekend selalu minta es krim, jadi pas lihat resep ini langsung deh bikin. Siapa tau Bubuky suka, kan lumayan bisa menghemat, nggak jajan es krim. Untuk proses bikin es puternya lumayan mudah dan praktis. Jadi kan ini prosesnya harus di mixer biar dapet tekstur yang lembut. Berhubung saya tidak punya mixer, adanya hand mixer manual, jadi saya mixernya pas adonan yang nggak beku banget. Masih setengah cair, 3 kali mixer lumayan banget hasilnya.

Kapan mulai mixer adonannya?
Setelah dimasukkan ke freezer, tidak harus nunggu sampai beku, agak sedikit cair bisa langsung di mixer. Setelah itu masukin freezer lagi, tidak sampai beku saya mixer lagi sampai tiga kali. Setelah itu saya biarkan sampai adonan beku. Jadilah es puter. Bisa dinikmati dengan berbagai toping, suka-suka saja.


Ohya, soal rasa.. Tekstur es puternya lumayan creamy, manis gurih wangi khas santan. Kerasa banget gurihnya, alhamdulillah semua orang rumah pada suka. Yang paling menyebalkan dari es puter adalah cepet leleh ahahaha. Jadi dibutuhkan gerak cepat saat menikmati es puter, biar apa? Biar nggak meleleh hahahaha. Satu lagi, sebisa mungkin kurmanya dikupas dulu ya kulitnya biar lembut hasilnya. Kalau kulitnya nggak dikupas, lumayan seret lho pas makan es puternya.

Resep Es Puter Kurma
By @hm_zwan

Bahan :
200 ml santan Kara
1 gelas belimbing air
1/4 sdt garam
2 saset kental manis
1 sdm tepung maizena + 2 sdm air
6 buah kurma, cacah

Toping :
Bolu 1000 an
Astor

Cara membuat :
Masak santan, air, kental manis dan garam sampai mendidih. Masukkan telung maizena yang sudah di larutkan dengan air, aduk rata, angkat, sisihkan. Jika sudah dingin, taruh di wadah masukkan ke freezer. Asal tampak sedikit membeku tapi masih cair, keluarkan lalu mixer, proses ini saya ulangi 3x. Lakukan proses tersebut sampai benar-benar mendapatkan tekstur lembut atau sesuai keinginan. Sajikan dengan toping.


Next, kalau ada niatan bikin es puter lagi saya mau bikin yang rasa cokelat. Saya penasaran banget sama yang rasa cokelat. Santan dicampur dengan cokelat, hmmm pasti enak sekali ya. Ohya, satu lagi.. Pingin banget bikin es puter dan dicetak di wadah kotak. Rencananya sih saya potong kotak gitu, dinikmati sama roti tawar, kayak yang di Singapore itu lho wkwkwk #halu. Tapi ini versi murah meriah hehe.

Teman-teman, ada yang suka es puter? Ada yang susah pernah bikin? Ayo dong sharing..

Monday, 27 January 2020

5 Contoh Menu Sarapan Sehat dan Praktis

Pernah baca kalimat ini "Don't skip yout breakfast"? Bagi saya sarapan itu wajib, penting sekali untuk kelangsungan hidup satu hari, tsah. Iya lho bener, kebayang nggak sih kalau kita melewatkan sarapan. Pastinya badan loyo, nggak semangat dan bisa sampai mendadak pingsan. Duh, jangan sampai ya. Dengan sarapan kita akan mendapatkan sumber energi dan salah satunya bisa membuat suasana mood lebih baik.

Ada banyak menu sarapan yang bisa kita pilih, seperti sarapan seadanya dengan 2 buah pisang goreng dan teh hangat. Atau sekedar untuk mengisi perut saja, misalnya satu porsi roti bakar dengan segelas susu. Atau dengan menu favorit seperti nasi kuning, nasi uduk, nasi goreng atau nasi pecel. Tapi ada sebagian orang yang mulai mengubah isi piring sarapannya, dari pisang goreng, nasi uduk menjadi menu yang lebih mudah dicerna oleh tubuh, menu yang ringan. Misalnya sarapan dengan segelas jus atau potongan buah saja.

Nah, untuk sarapan buah biasanya saya rajin beli buah musiman atau buah lokal yang banyak ditemui di pasar atau di tukang sayur. Misalnya pepaya, pisang, mangga. Alpukat biasanya saya selalu dibawain ibu kalo pulang ke Jombang. Artinya kalo sering makan alpukat, beraryi batu pulang ke Jombang ahahaha. Karena saya nggak jago banget pilih alpukat yang isinya mulus. Nah, biasanya buah saya potong kecil-kecil lalu ditaruh di piring. Kadang buah saya jus, bisa ditaruh di gelas atau kadang saya hidangkan di mangkok kecil dengan tambahan potongan buah, granola dan lain sebagainya.

Mau tahu buah apa aja yang sering kami konsumsi di rumah?

5 Contoh Menu Sarapan Sehat dan Praktis 
Berikut 5 contoh menu sarapan sehat dan praktis ala HM Zwan :


1. Buah Potong APePi (Alpukat, Pepaya, Pisang)
Bahan :
1 buah alpukat, potong ukuran sedang
1 iris buah pepaya, potong kecil
2 buah pisang Chia seed secukupnya
Madu secukupnya

Cara membuat :
Campur jadi satu semua bahan, hidangkan.


2. Smoothie Alpukat
Bahan :
1 buah alpukat
4 sdm air

Toping :
Mangga gadung
Granola

Cara membuat :
Blender semua bahan. Tuang dalam mangkok. Hias dengan toping.

Resep praktis >> 5 Resep Smoothie Gampang dan Praktis 



3. Jus Kesemek
Bahan :
1 buah kesemek
1 buah apel
Segelas kecil air

Cara membuat :
Blend semua bahan, tuang digelas, hidangkan.


4. Buah Potong APi (Alpukat, Pisang)
Bahan :
1 buah alpukat, potong ukuran sedang
2 buah pisang
Chia seed secukupnya
Madu secukupnya

Cara membuat :
Campur jadi satu semua bahan, hidangkan.

5. Buah Potong PePi (Pepaya, Pisang)
Bahan :
2 iris buah pepaya, potong kecil
2 buah pisang 
Chia seed secukupnya

Cara membuat :
Campur jadi satu semua bahan, hidangkan.  
Kenyang nggak sih sarapan buah? Alhamdulillah sejauh ini sarapan buah itu mengenyankan. Biasanya saya sarapan buah sebelum jam 9 pagi, seringnya jam 7 pagi bareng sama suami. Kalau lapar biasanya saya makan buah lagi, yang penting stok buah selalu tersedia. Kalau lapar, ya ngemil buah lagi. Sejak sering sarapan buah, banyak sekali hal positif yang saya rasakan. Salah satunya urusan BAB, dulu BAB dalam seminggu bisa dihitung jari. Dan parahnya sampai sembelit huhuhu. Alhamdulillah sekarang urusan ke belakang lebih lancar dan badan lebih enakan, nggak gampang sakit. Terutama batuk dan flu, ini kerasa banget. Karena dulu hampir setiap bulan saya pasti sakit batuk flu. Langganan banget...Alhamdulillah sekarang sudah lebih baik.

Teman-teman, ada yang suka sarapan buah?