Showing posts with label Jawa Timur. Show all posts
Showing posts with label Jawa Timur. Show all posts

Monday, 6 February 2023

Pertama Kalinya Menikmati Nasi Pecel Siram Kuah Rawon di Warung Pak Berdi Lumajang

Pertama Kalinya Menikmati Nasi Pecel Siram Kuah Rawon di Warung Pak Berdi Lumajang. Begitulah hidup, terkadang apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan kenyataan. Seperti pengalaman kami saat jalan-jalan ke Jember tahun lalu. Berangkat dari Gresik pagi-pagi sekali, sampai Jatiroto Lumajang puul 08.00. Belum istirahat sama sekali, karena suami belum capek. Sampai akhirnya saat tiba di Jatiroto kami melihat banyak rest area, melihat daerahnya yang cukup asri, kanan kiri masih banyak pepohonan dan sawah. Disebelah kanan jalan ada sungai yang cukup panjang peninggalana Belanda dulu. Akhirnya kami berhenti di salah satu rest area yaitu Warung Pak Berdi.

Warung Pak Berdi Lumjang

Thursday, 2 February 2023

Pengalaman Pertama Ajak Suami Jalan-jalan ke Jember

Pengalaman Pertama Ajak Suami Jalan-jalan ke Jember. Jelang akhir tahun 2022, suami ngajak saya main ke rumah kakak (mas saya yang nomor 4) di Jember. Agak lucu sih, 11 tahun menikah tapi suami belum pernah sekalipun silaturahmi ke rumah kakak saya yang di Jember. Selain karena kami tinggal jauh merantau sebelumya di Batam, Sumatera dan Subang Jawa Barat. Jadi ketemunya pas momen pulang kampung Lebaran aja, itupun ketemunya hanya 2-3 hari. Alhamdulillah akhirnya kami pindah ke Gresik, pas banget suami dapet libur 3 hari langsung ajak saya silaturahmi ke rumah kakak di Jember.

Monday, 30 January 2023

Oleh-oleh Murah Meriah di WBL Lamongan

Oleh-oleh Murah Meriah di WBL Lamongan. Kalau ngomongin soal Lamongan, pasti identik dengan makanannya yang terkenal yaitu soto Lamongan. Ya nggak sih?meskipun saya belum pernah makan sotonya langsung di Lamongan, tapi next kalau jalan-jalan ke Lamongan sepertinya wajib nyobain sotonya. Tahun lalu mendadak saya dan Aqla diajakn suami survey lokasi di Lamongan, berangkat pagi sekali ternyata jam 09.00an urusan sudah beres. Akhirnya daripada balik ke Gresik lagi, kami memilih untuk jalan-jalan di Maharani Zoo & Goa. 

Oleh-oleh Murah Meriah di WBL Lamongan

Thursday, 26 January 2023

Wisata Kuliner Weekend : Soto Ayam Cak Wanto Hulaan Gresik

Wisata Kuliner Weekend : Soto Ayam Cak Wanto Hulaan Gresik. Kalau sudah weekend itu rasanya penyakit malas masak mulai muncul, ya nggak?. Bisa jadi penyebabnya adalah bosan karena 6 hari sebelumnya hampir setiap hari masak, jadi sudah pasti timbul rasa bosan. Pingin refreshing, menikmati masakan orang lain. Jalan satu-satunya adalah wisata kuliner. Hampir setiap suami libur pasti kami makan di luar. Entah hanya membeli lauk saja atau jalan-jalan sekalian makan di luar. Nah, weekend lalu kami sarapan di salah satu warung soto di daerah Hulaan yang hampir setiap waktu ketika saya lewat daerah sini selalu ramai pengunjung dari pagi hingga malam.

soto cak wanto hulaan gresik

Monday, 23 January 2023

Serunya Berkunjung ke Maharani Zoo & Goa Lamongan

Serunya Berkunjung ke Maharani Zoo & Goa Lamongan. Sabtu malam tiba-tiba suami berencana mengajak saya dan Aqla ke Lamongan dalam rangka survey lokasi. Tanpa penolakan kami langsung bilang "Ikutttt...!!". Kebetulan kota yang kami tinggali bersebelahan dengan Lamongan, jadi tidak butuh banyak waktu untuk menuju ke daerah Lamongan. Berangkat dari rumah pukul 06.30, sampai di lokasi ternyata masih pagi yaitu pukul 08.00. Setelah beres urusan lokasi suami bingung dong, antara langsung pulang atau jalan-jalan, secara baru kali ini kami bertiga jalan-jalan ke Lamongan. Mumpung masih pagi, mumpung libur akhirnya kami pilih jalan-jalan. Setelah browsing ada apa aja di Lamongan, ternyata lokasi tempat survey nggak jauh sama WBL (Wisata Bahari Lamongan). Cuma 1 kilo aja ahahaha, akhirnya langsung deh meluncur ke WBL.

Maharani Zoo & Goa Lamongan

Monday, 16 January 2023

Mencicipi Sate Ayam Madura Cak Dai Menganti Gresik

Mencicipi Sate Ayam Madura Cak Dai Menganti Gresik. Hayooo,siapa yang suka sate Madura?kalo iya, kita sehati ya. Kalau orang Padang merantau, mayoritas mereka membuka warung makan Padang. Sama halnya dengan orang Madura, ketika merantau mereka (mayoritas) akan membuka warung makan/kedai Sate Madura. Mau nggak mau ini jadi ciri khas mereka ketika merantau. Hampir di setiap kota di Indonesia kita pasti menemukan Sate Madura. Ya nggak?

Sate Ayam Madura Cak Dai Menganti Gresik

Wednesday, 11 January 2023

Jalan-jalan ke Alun-alun Gresik

Jalan-jalan ke Alun-alun Gresik. Siapa yang tidak tahu Gresik, kota yang terkenal dengan merek semennya dan populer dengan hasil tambaknya yaitu ikan bandeng. Sebagai pendatang yang baru 2,5 tahun menjadi warga Gresik, rasanya nggak afdhol kalau belum menginjakkan kaki di alun-alun. Masak iya, sudah keliling kota tapi belum pernah ke alun-alun, kan lucu ya ahahaha. Nah, minggu lalu secara dadakan kami jalan-jalan sore ke aun-alun Gresik. Dulu, awalnya saya kira alun-alun Gresik itu area yang ada di tengah kota, tepatnya yang ada di dekat Gress Mall. Ternyata salah dong... Sampai akhirnya adik ipar mengajak kami keliling tipis-tipis ke alun-alun.

alun-alun gresik

Monday, 9 January 2023

Njajan Gatot Tiwul Keliling 5000an Dapat Banyak

Njajan Gatot Tiwul Keliling 5000an Dapat Banyak. Pernah lihat penjual jajajan gatot tiwul keliling?pertama kali lihat penjual gatot keliling waktu kami jalan-jalan ke Surabaya, entah nama daerahnya apa saya lupa. Hingga akhirnya ketika kami keliling jalan-jalan di kecamatan tiba-tiba melihat penjual gatot tiwul keliling dong. Antara penasaran pingin beli tapi males banget putar balik ahahaha. Nggak pake lama ternyata pas olahraga jalan kaki ketemu dong di area tempat tinggal kami. 

Nggak pake lama, ya jelas beli...

Gatot Tiwul

Saturday, 7 January 2023

Pesona Telaga Ngebel Ponorogo

Pesona Telaga Ngebel Ponorogo. Salah satu wisata alam yang sangat terkenal di Ponorogo Jawa Timur adalah Telaga Ngebel. Nah, kebetulan sekali pas kami pulang tiba-tiba bapak pingin banget ke Ngebel. Akhirnya pagi hari secara dadakan kami jalan ke Telaga Ngebel. Berangkat dari rumah ibu mertua yang ada di daerah Sawo (daerah dekat perbatasan Ponorogo-Trenggalek) kurang lebih pukul 06.00, perjalan cukup lancar. Setelah menempuh kurang lebih 40 menit, akhirnya kami sampai di jalan yang menanjak, menikung dari yang biasa sampai yang lumayan sedikit tajam. Jalanan yang awalnya luas, makin kesini makin sempit tapi masih aman. Artinya harus tetap waspada, terlebih lagi ini kali pertama kami main kesini. Kurang lebih 1,5 jam akhirnya sampai juga di area Telaga Ngebel.

Pesona Telaga Ngebel Ponorogo

Wednesday, 4 January 2023

Sarapan Nasi Pecel Mbak Noer Ponorogo

Sarapan Nasi Pecel Mbak Noer Ponorogo. Awal bulan November tahun lalu, saya bersama suami dan Aqla pulang ke Ponorogo untuk menghadiri pernikahan anaknya bulek. Berangkat dari Gresik setelah sholat subuh, sampai Kota Ponorogo pukul 08.00 cukup lambat karena sempat istirahat lama di rest area. Berhubung masih pagi, nggak afdhol rasanya kalau tidak sarapan nasi pecel.

nasi pecel mbak noer

Monday, 24 October 2022

Wisata Kuliner Surabaya : Soto Ayam Lamongan Cah Har

Siapa yang suka soto?hayuk, tos dulu kita. Salah satu makanan berkuah khas Indonesia yang banyak sekali ragamnya, mulai dari Soto Lamongan, Soto Banjar, Soto Betawi, Soto Medan  hingga Soto Mie Bogor. Nah, kali ini HM ajak teman-teman wisata kuliner Surabaya, makan malam di Soto Ayam Lamongan Cak Har. Iya, salah satu kuliner Surabaya yang cukup hits, selain ramai tentunya, harga soto disini terkenal dengan harganya yang mahal, satu porsi 25.000. Wiiiiiii.....eits, penasaran nggak?yuk,intip HM makan malam disini.

soto cak har

Tuesday, 18 October 2022

Makan Siang di Dapur Dewi Kahyangan Menganti Gresik

Makan Siang di Dapur Dewi Kahyangan Menganti GresikSepulang dari takziah ke Jember, kamis pagi kami balik ke Gresik. Berangkat pukul 07.00 dari rumah kakak, sampai Gresik pas jam makan siang. Saat perjalanan menuju rumah, kami tidak langsung pulang tapi cari makan siang dulu. Kebetulan ada satu rumah makan yang arahnya satu jalur dengan tempat tinggal kami. Namanya rumah makan Dapur Dewi Kahyangan daerah Menganti Gresik. Rumah makan yang baru beberapa bulan yang lalu diresmikan, selain tempatnya yang strategis juga lumayan ramai pengunjung. Selain itu, kami juga pernah makan disini jadi kali ini balik lagi. Artinya ada beberapa menu yang cukup enak untuk dinikmati.

Monday, 10 October 2022

Iga Masak Pindang Khas Ponorogo

Iga Masak Pindang Khas Ponorogo. Baru ingat kalau resep ini belm HM tulis di blog heuheu. Ada yang sudah nyoba masakan pindang khas Ponorogo?Berhubung stok daging dan iga sapi saat Idul Adha masih ada, akhirnya saya bikin Pindang Iga Khas Ponorogo. Salah satu menu favorit saat pulang ke rumah ibu mertua di Ponorogo. Daging dan iga sapi atau kambing yang dibumbui dengan kluwak lalu dicampur dengan tumbukan kelapa sangrai membuat rasa makanan ini menjadi unik,khas dan nikmat. 

Ada yang tau bumbu pindang?mungkin teman-teman mayoritas taunya pindang itu ikan laut yang dikukus atau masakan dengan bumbu khas daerah Palembang. Tapi pindang yang saya maksud kali ini adalah bumbu pindang khas Ponorogo Jawa Timur. Jika dilihat secara langsung hampir sama dengan rawon, masakan yang berwarna hitam pekat. Tapi bedanya kalau pindang ada campuran kelapa sangrai yang ditumbuk halus. Ada dua jenis pindang, yaitu basah berkuah seperti rawon dan kering yang tidak berkuah. Biasanya dinikmati dengan nasi saja tanpa sayur, tapi kalau saya yang masak biasanya saya tambahi cambah kacang hijau.

Pindang iga khas ponorogo

Saturday, 25 June 2022

Sarapan Santai di Danau UNESA Lidah Wetan Surabaya

Sarapan Santai di Danau UNESA Lidah Wetan Surabaya. Sarapan sepiring gado-gado dan nasi pecel di area Danau UNESA Lidah Wetan cukup membuat kami tidak penasaran lagi menikmati suasana yang sejuk disini. Tepatnya tanggal 5 Juni 2022, hari minggu pagi sepulang dari rumah adek di Rungkut Surabaya kami mampir ke UNESA. Fyi, area kampus UNESA di Surabaya ada lebih dari satu, nah kebetulan kami singgah di UNESA Lidah Wetan dekat dengan Pakuwon.

danau-unesa

Saturday, 28 May 2022

Oleh-oleh Khas Jawa Timur, dari Aneka Keripik hingga Batik

Oleh-oleh Khas Jawa Timur, dari Aneka Keripik hingga BatikSuka beli oleh oleh sepulang dari traveling?Tidak bisa dipungkiri, ketika kita jalan-jalan ke satu daerah satu hal yang tidak pernah kita lupakan. Yaitu membeli oleh-oleh. Tidak hanya untuk berbagi kepada keluarga saja, kadang tetangga dekat pun ikut merasakan oleh oleh yang kita bawa. Setiap daerah pasti memiliki oleh oleh khas, misalnya di tempat saya tinggal saat ini, Gresik Jawa Timur. Siapa sih yang tidak tahu Gresik, selain daerah yang terkenal dengan semennya, disini juga banyak sekali tambak bandeng. Jadi, salah satu oleh-oleh khas dari Gresik adalah olahan ikan bandengnya.


Nah, ngomongin soal oleh-oleh, ketika teman-teman berkunjung atau jalan-jalan ke beberapa daerah di Jawa Timur. Jangan lupa untuk mencoba beberapa oleh-oleh khas daerah, biasanya kitab isa dapatkan di pusat oleh-oleh atau daerah yang dekat denga tempat wisata atau memang daerah yang memang tempatnya atau pusatnya penghasil oleh-oleh.

Monday, 9 May 2022

Warung Apung Rahmawati, Tempat Makan Enak dan Hangout Asik di Menganti Gresik

Warung Apung Rahmawati, Tempat Makan Enak dan Hangout Asik di Menganti Gresik. Pertama kali tahu tempat makan yang satu ini, Warung Apung Rahmawati Menganti Gresik ketika ngabuburit keliling area menganti bagian sini. Awlnya biasa aja, hanya sekedar mbatin "Wah, boleh juga ini tempatnya" . Sampai akhirnya satu minggu kemudian sebelum mudik ke Jombang, suami ngajakin buka puasa disini. Mau masak juga nanggung karena besok pagi kami sudah mudik, akhirnya saya oke aja hahaha. Alhamdulillah ya, sesuatu..

warung apung rahmawati

Warung Apung Rahmawati, Tempat Makan Enak dan Hangout Asik di Menganti Gresik

Lokasi dan Jam Buka

Warung Apung Rahmawati merupakan rumah makan yang menyajikan aneka menu dengan cita rasa Nusantara dengan rasa yang enak dan tempat makan yang nyaman. Beberapa kali saya sempat lihat cabangnya, salah satunya di Krian. Warung Apung Rahmawati terletak di jalan raya sidojangkung no 86 Menganti Gresik. Kalau dari arah Lakarsantri Surabaya,lurus terus arah pasar Menganti. Dari sini kurang lebih 5 km, tepatnya 300 meter dari pom bensin Sidojangkung Menganti. Lumayan dekat dengan Rumah Sakit Eka Husada. Untuk jam buka, Warung Apung Rahmawati buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 21.00. 

warung apung rahmawati

Daftar Makanan dan Harga

Disini kita bisa memesan makanan sesuai selera, banyak macam menu makanan yang disajikan. Mulai dari olahan ayam, aneka macam sayur, minuman hingga olahan seafood, semua ada dan komplit banget. Untuk harga tergolong standar untuk ukuran Warung Apung Rahmawati. Misalnya satu porsi udang telur asin harnya 56.000. Selain menyediakan menu perporsi, disini juga menyediakan menu tumpeng.


Berikut beberapa contoh menu makanannya :
Ayam bakar
Udang asam manis
Udang telur asin
Urap urap
Tumis brokoli hijau
Tahu krispi, dan masih banyak lagi.

Nuansa dan Fasilitas Warung Apung Rahmawati Menganti Gresik

Lokasi Warung Apung Rahmawati Menganti berada di dekat lahan persawahan, depan jalan raya. Masuk gerbang disuguhi dengan tulisan khas berwarna merah. Untuk parkiran sendiri cukup luas, ada are parkir motor dan mobil. Ketika masuk gerbang kedua terlihat beberapa area atau tempat makan, ada area indoor yang berada di ruangan depan dekat kamar mandi dan mushola. Untuk ruangan  indoor terdapat AC, jadi cukup nyaman dan betah berlama-lama disini.
warung apung rahmawati

Sedangkan untuk area outdoor ada beberapa bagian, seperti saung, tenda hitam, tempat duduk tana atap dibagian depan dekat gerbang kedua, dan area tempat duduk dengan atap tepat di depan ruangan ber AC. Saat siang suasananya cukup bagus karena viewnya cukup menari yaitu area persawahan, jika malam nuasanya juga tidak kalah bagus, lebih syahdu dan menentramkan hati. Dan ada beberapa spot untuk selfie juga. 

warung apung rahmawati

Fasilitas di Warung Apung Rahmawati Menganti cukup komplit, ada kamar mandi, tempat wudhu, moshola dengan AC (adem banget sholat disini), tempat cuci tangan, dan parkiran yang cukup luas.  

warung apung rahmawati


warung apung rahmawati

Pengalaman Makan Malam di Warung Apung Rahmawati Menganti 

Kami berangkat dari rumah pukul 16.30, awalnya agak sedikit pesimis karena takut kehabisan tempat karena saat buka puasa seperti ini banyak sekali pastinya yang reservasi duluan. Tapi meskipun kehabisan tempat duduk di area outdoor baik yang kursi tanpa atap maupun saung yang spotnya instagramable, beruntungnya ada area indoor yang lebih menyenangkan karena ada AC nya. Setelah mendapatkan tempat duduk,kami memesan beberapa menu seperti ayam bakar setengah ekor, udang telur asin, tahu krispi, tumis brokoli dan es teh. 

warung apung rahmawati

Karena pas momen puasa ramadan, jadi sudah pasti antri banget nunggu pesanan makanan. Pesanan minuman datang di 20 menit setelah kami duduk, sedangkan untuk makanannya hampir 1,5 jam kami menunggu pesanan datang. Untungnya ruangannya ber AC, jadi cukup nyaman nggak terlalu sebel ahaha. Karena cukup lama dan sudah masuk waktu buka puasa, setelah minum kami gantian sholat. Pukul 18.00 beberapa menu datang, itupun saya harus komplain karena meja yang datangnya setelah kami dan tidak reservasi via telepon malah menunya datang duluan. Akhirnya pukul 18.45 pesanan terakhair datang yaitu nasi, cukup lama karena nasinya belum matang bund ahahaha. Keburu lapar, saya dan suami ngemilin tahu krispi sedangkan Aqla ngemilin udang telur asin.

warung apung rahmawati

warung apung rahmawati

Pertama kali makan disini lumayan mengesankan, untuk rasa dari semua menu pesanan kami rasanya cukup enak. Ayam bakanya maknyus  tidak pedas karena sengaja pilih ayam bakar kecap jadi Aqla bisa menikmati tanpa harus kepedesan. Udang telur asinnya mantap saosnya seperti ada kejunya,asin gurih kayak kastengel ahahaha. Next,mau nyobain makan disini lagi pas hari biasa. Untuk semua menu pesanan kami harganya 203.500. Semua makanannya habis, ludes tidak tersisa. Alhamdulilah..

Teman-teman, ada yang sudah pernah makan di Warung Apung Rahmawati?ayo dong sharing..


Friday, 29 April 2022

Makan Malam di Depot Titin Prasmanan Khas Trenggalek Dekat Terminal Mojokerto

Makan Malam di Depot Titin Prasmanan Khas Trenggalek Dekat Terminal Mojokerto. Assalamu;alaikum sahabat HM Zwan, kali ini HM mau sharing pengalaman makan malam di Depot Titin Prasmanan Khas Trenggalek yang lokasinya di dekat terminal Mojokerto. Sejak tinggal di Gresik Jawa Timur, Alhamdulillah dimudahkan untuk sering berkunjung ke rumah ibu dan ibu mertua. Karena masih satu provinsi, apalagi ibu saya rumahnya di Jombang, yang kalau dari Gresik cuma butuh waktu kurang lebih 2 jam. 

Depot Titin Mojokerto

Kapan hari sebelum puasa saya sempatkan untuk pulang ke rumah ibu, karena berangkat sore sekitar pukul 17.00 jadi kami berencana makan malam di jalan. Nah, saat sampai Kota Mojokerto suami penasaran banget sama salah satu depot yang satu arah, yang setiap kami lewat sini selalu ramai. Dari kejauhan biasanya sudah terlihat bangunan depot dan banyak mobil bahkan sampai bus berjejer di area parkir mobil. Nggak pake lama, akhirnya suami berhenti di parkiran depot.

Friday, 22 October 2021

Gresik Surabaya : Dari Cari Oleh-oleh Hingga Salah Rute

Melihat kalender bulan oktober mengingatkan saya akan satu hal, rindu jalan-jalan seperti dulu. Dua tahun belum berani liburan ke tempat wisata pada umumnya, nggak muluk-muluk sih. Seperti wisata ke kolam renang, pantai, tempat bermain anak atau mall. Ngomongin soal mall, sejak jadi orang Gresik bagian pojok alias perbatasan dengan Surabaya barat. Beberapa kali main ke Pakuwon mall, dan yang paling dirindukan dari mall ini adalah sholat di masjidnya yang bagus, bersih dan ada tempat bermain mini anak. 


Nah, beberapa waktu yang lalu sempat viral di Surabaya yaitu munculnya bunga tabebuya yang mana pohonnya berada di beberapa ruas jalan protokol. Pas berjatuhan, berasa banget kayak di Tokyo Jepang, romantis gitu ya ahaha. Tapi apalah daya, belum kesampaian jalan-jalan keliling Kota Surabaya lihat pohon tabebuya.

Sunday, 17 October 2021

Oleh-oleh Khas Gresik Bu Muzanah

Assalamu'alaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu ya. Kali ini HM mau sharing tempat oleh-oleh khas Kota Gresik Jawa Timur.  Ada yang pernah ke Gresik Jawa Timur? jadi, ceritanya minggu lalu dapet kabar kalau bulek yang tinggal di Batam pulang ke Gresik beberapa hari karena ada urusan keluarga di Kediri. Kebetulan bulek berangkat sendiri ke Jawa. Jadi, kalau perantau mudik itu pasti jadwalnya padat ahaha. Setelah pulang ke Kediri, lanjut ke Ponorogo, dan yang terakhir nginep di rumah adek di Surabaya. Meskipun cuma dua hari di rumah adik, tapi Alhamdulillah akhirnya saya, suami dan Aqla bisa nyempetin mampir ke Surabaya. Dua tahun lebih nggak ketemu rasanya kangen banget, apalagi dulu waktu inggal di Batam hampir tiap minggu selalu main ke rumah bulek.

Cari Oleh-oleh Khas Gresik

Pas banget suami masuk kerja malam, jadi setelah Aqla pulang sekolah langsung nyempetin berangkat ke Surabaya. Sebelum ke Surabaya, kami ke Gresik kota dulu buat cari oleh-oleh khas Gresik yang bisa dibawa ke Batam. Btw, sebelum memutuskan ke Gresik kota, saya sempat tanya teman dan saudara yang tinggal di Gresik. Maklum, saya newbie jadi warga Gresik, jadi tanya tanya aja sama yang punya rumah. Mereka mayoritas menyarankan untuk beli otak-otak bandeng, pudak atau jenang khas Gresik (ini lupa saya namanya ahahaha). Setelah telpon, ngobrol sana sini akhirnya pada nyaranin ke Bu Muzanah. Katanya disini komplit, tinggal pilih..

Saturday, 20 March 2021

Roti Bluder Tetty Deli : Alternatif Oleh-oleh Kekinian dari Sidoarjo

Roti Bluder Tetty Deli : Alternatif Oleh-oleh Kekinian dari Sidoarjo -  Roti Bluder Tetty Deli merupakan produk UMKM dari Sidoarjo. Roti yang enak, lembut dengan aroma dan cita rasa khas roti bluder tempo dulu. Tepatnya minggu lalu saya dapat paket yang isinya tentu bikin saya tersenyum lebar. Iya, apalagi kalau bukan isinya makanan. Tapi kali ini berbeda dari makanan sebelumnya, yaitu roti bluder.

Iyes, roti bluder..

Tentang Roti Bluder

Roti bluder merupakan salah satu jenis roti yang identik dengan tempo dulu, istilahnya roti klasik. Terbuat dari tepung terigu, mentega, telur dan bahan lainnya. Dengan dibuat, dicetak dan diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan roti yang khas. Konon roti ini sudah ada sejak lama yaitu pada masa penjajahan Belanda. Yang khas dari roti bluder adalah bentuknya yang  unik, jika di sobek maka akan terlihat serat rotinya, teksturnya lebih lembut dibandingkan dengan jenis roti lainnya.