Saturday 2 July 2022

Macaroni Meatball with Hot Pineapple Sauce

Macaroni Meatball with Hot Pineapple Sauce. Hayo, siapa yang suka makaroni? Berhubung stok makaroni segambreng, bingung mau diapain. Akhirnya bikin makaroni bakso saos nanas. Idenya dari buku resep MCI atau Masterchef Indonesia yang sudah saya modif. Ini pertama kalinya saya bikin saos nanas, rasanya cukup unik dan berbeda. Ketika saya pertama kali mencicipi bakso makaroni lalu dicocol dengan saos nana, hmmmm rasanya cukup berbeda karena ada nanasnya. Ada sensasi pedas dan sedikit rasa manis kecut dari nanas, enak. Silahkan dicoba..

Berikut resepnya..

Macaroni Meatball with Hot Pineapple Sauce

Macaroni Meatball with Hot Pineapple Sauce

By @hm_zwan

Bahan :

300 gr daging ayam bagian dada

30 gr Elbow Macaroni , rebus, sisihkan

40 gr bawang bombai

2 siung bawang putih

1/2 sdt merica

1 sdt garam

1 sdt saos tiram

1/2 sdt kaldu bubuk

1 batang daun bawang, iris tipis

1 butir telur

6 sdm tepung tapioka

Cara membuat :

Rebus air. Siapkan chopper, masukkan daging, bawang bombai, bawang putih, telur, merica, garam, kaldu bubuk, saos tiram, giling sampai halus. Masukkan tepung tapioka, daun bawang, aduk rata. Masukkan macaroni, aduk rata. Bentuk bulat, rebus hingga bakso mengembang, angkat, tiriskan. Goreng hingga berwarna coklat keemasan.

Macaroni Meatball with Hot Pineapple Sauce

Resep Saos Nanas

Bahan saos nanas :

2 potong nanas ukuran sedang, potong kecil

5 sdm saos cabe

1 sdt minyak cabe

20 ml air

1 sdt gula pasir

10 ml air + 1 sdt tepung maizena

Cara membuat :

Panaskan teflon, campur semua bahan kecuali air dan tepung maizena. Jika sudah mendidih, masukkan campuran air dan tepung maizena. Koreksi rasa, jika sudah matang, angkat. Hidangkan saus dengan irisan nanas.

1 comment:

  1. Resep lagi ah kali ini camilan favorit bakso sama saos nanas wah bikin ngiler pagi-pagi gini udah baca resep-resep dari tadi. Makin bingung mau nyoba masak yang mana dulu, kayaknya ini enak. Terima kasih resepnya!

    ReplyDelete