Monday 27 February 2023

Taman Hutan Raya Jeruk : Tempat Healing Baru di Sudut Kota Surabaya

Taman Hutan Raya Jeruk : Tempat Healing Baru di Sudut Kota Surabaya.
Salah satu manfaat dari TAHURA atau Taman Hutan Raya di kota-kota besar adalah sebagai paru-paru kota yang berfungsi untuk menyejukkan lingkungan sekitar. Nah, salah satu tahura yang ada di Surabaya Barat adalah Taman Hutan Raya Jeruk yang berada di Kecamatan Lakarsantri, perbatasan Surabaya Gresik. Minggu lalu saya bersama keluarga, kami iseng banget dadakan main kesini, karena suami ngajak keluar buat beli stok buah. Nanggung banget keluar cuma beli buah, akhirnya lurus aja ke Surabaya Barat. Berbekal Gmaps, akhirnya sampai juga di Taman Hutan Raya Jeruk Surabaya.

tamana hutan raya jeruk surabaya

tamana hutan raya jeruk surabaya

Jam Buka, Lokasi dan Tiket Masuk
Jam buka Taman Raya Hutan (tahura) Jeruk yaitu ukul 08.00-17.00. Untuk lokasinya berada di Jalan Raya Menganti, Jeruk No 277 (Puskesmas Jeruk), Kec. Lakarsantri, Kota Surabaya, Jawa Timur. Jika dari arah Menganti Gresik, pertigaan Lakarsantri-Driyorejo masih lurus, kurang lebih 200 meter dari pertigaan kemudian belok kanan. Tahura berada di sebelah Puskesmas Jeruk. Sedangkan jika dari arah Surabaya, teman-teman bisa menuju ke arah Wiyung - Menganti. Perempatan UNESA masih lurus ke arah Menganti, kurang lebih 1,5 KM sampai di Kecamatan Jeruk, belo kiri jika terlihat tulisan/plang Puskesmas Jeruk. Di depan ada gerbang bertuliskan TAHURA, masuk, kurang lebih 100 meter sudah sampai di tujuan.

tamana hutan raya jeruk surabaya

tamana hutan raya jeruk surabaya

tamana hutan raya jeruk surabaya

Untuk parkir sepeda motor ada di sebelah Puskesmas, sedangkan untuk mobil atau kendaraan roda empat tempat parkirannya di pinggir jalan depan taman ataupun danau. PR banget kalau kesini pakai kendaraan roda empat, karena minimnya parkir. Tapi tenang saja, disini aja tukang parkir yang siap siaga mencarikan tempat. Untuk tiket masuknya, tanpa biaya masuk alias gratis jadi kesini cuma bayar parkir saja.    

Ada Apa di Taman Hutan Raya Jeruk?
Saat memasuki gerbang menuju Tahura dari kejauhan sudah terasa asri lingkungannya. Dari depan danau kita bisa berjalan menuju taman, danaunya tidak besar tapi cukup menyejukkan. Disini dilarang berenang, merokok dan memancing. Disamping danau terdapat playground atau tempat bermain anak-anak seperti prosotan, jungkat jungkit dan beberapa wahana untuk olahraga orang dewasa. Selain itu, di playground depan juga terdapat batu terapi jalan, jadi cocok untuk pengunjung yang mau jalan-jalan santai diatas batu putih.

Disini juga terdapat banyak penjual makanan, minuman dan camilan. Setelah melewati jembatan sungai, terlihat tulisan Taman Hutan Raya Jeruk. Dipintu masuk terdapat playground kedua, disini jenis wahana permainan untuk anak-anak lumayan banyak jika dibandingkan di playground depan. Dibawahnya terdapat pasir putih, jadi anak-anak juga bisa dengan bebas bermain pasir. Saat memasuki area taman teletubies kanan kiri jalan terdapat tanama pohon jeruk yang ukurannya rata-rata masih 1 meter tapi buahnya sudah cukup besar. 

tamana hutan raya jeruk surabaya

tamana hutan raya jeruk surabaya

tamana hutan raya jeruk surabaya

Memasuki taman selanjutnya kita disuguhkan dengan taman yang cantik, seperti taman teletubbies (banyak gundukan) dan gazebo yang cukup besar ditengah-tengah. Kebetulan saat kami kesini setelah gazebo masih ada perbaikan taman, sepertinya akan lebih luas area tamannya. Disamping kanan taman kita bisa melihat pemandangan sawah yang cukup menyejukkan hati. Di area taman ada beberapa spot foto, seperti sepeda dan kerangka bulat seperti bentuk bumi. Selain taman teletubbies, disini juga terdapat peternakan mini ayam dan burung dara. 

Di Taman Hutan Raya Jeruk fasilitasnya cukup memadai, taman yang sejuk, gazebo yang cukup besar untuk sekedar duduk atau menikmati bekal. Wahana permainan sederhana yang cukup buat anak-anak untuk sekedar bermain pasir, ayunan atau jungkat jungkit. Jika merasa lapar, nggak perlu bingung karena disini penjual makanan dan camilan cukup banyak, selain itu juga terdapat toilet dan mushola. Untuk toilet laki-laki dan perempuan disini terpisah.

Setelah mengelilingi taman dan Aqla sempat beberapa kali mencoba permainan, pukul 16.00 kami memutuskan untuk pulang karena harus belanja stok buah dulu. Alhamdulillah, senang sekali akhirnya bisa melihat taman hutan raya Jeruk. Lingkungan yang asri bikin betah duduk berlama-lama di taman. Semoga nanti bisa main kesini lagi kalau sebagian tamannya sudah jadi.

tamana hutan raya jeruk surabaya

tamana hutan raya jeruk surabaya

tamana hutan raya jeruk surabaya

Teman-teman ada yang sudah pernah ke Taman Hutan Raya Jeruk?









1 comment:

  1. weyyy ada taman hutan raya di Lakarsantri. asik nih bisa main di outdoor, ada playground juga.
    eh sepeda boleh masuk keliling? pohonnya rimbun ga? kalau lihat di foto kayaknya lumayan hot potatoes.

    ReplyDelete