Thursday 16 February 2023

Cara Membuat Karipap : Camilan Gurih yang Banyak Ditemui di Malaysia

Cara Membuat Karipap : Camilan Gurih yang Banyak Ditemui di Malaysia. Hayoo siapa yang suka karipap?coba angkat tangan..Salah satu camilan gurih yang cukup terkenal di Malaysia dan Singapura. Berhubung saya penasaran banget sama kue yang satu ini, berbekal melihat banyak video di instagram hingga youtube, akhirnya saya berhasil bikin karipap. Yeay.. Gimana sih cara bikinnya dan rasanya?baca sampai akhir ya, semoga bermanfaat..

karipap
Mengenal Karipap : Apa Bedanya dengan Pastel?
Karipap merupakan jenis camilan gurih yang banyak ditemui di Malaysia dan Singapura. Isinya ada kentang dan daging yang dibumbui dengan bumbu kare. Sama halnya dengan karipap, sebenarnya hampir mirip dengan pastel yang ada di Indonesia, tapi bedanya ada di kulit dan isi. Jika pastel yang sering kita temui di lapak jajanan tradisional atau pasar kulitnya biasa (tidak berlapis), isinya wortel dan kentang yang dibumbui bumbu praktis dengan tambahan telur rebus. Tapi karipap kulitnya lebih cantik karena berlapis/berlayer, isinya yang khas yaitu kentang dan daging yang dibumbui dengan bumbu kare, rasanya sedikit manis. Konon, di Malaysia karipap biasanya menjadi teman menikmati kopi dan teh hangat lho.

Jika di daerah Jawa dan sekitarnya ada pastel, di Malaysia dan Singapura ada Karipap. Maka di Batam ada  epok-epok. Bentuknya seperti pastel, isinya 11 12 sama karipap. Saat tinggal di Batam Kepulauan Riau, hampir setiap penjual jajanan yang berada di pinggir jalan ataupun pasar, selalu ada epok-epok. Ada dua varian isi yang seringkali saya beli, seperti kentang bumbu kare dan ubi manis bumbu kare. Siapa sangka ubi dipotong dadu kemudian dibumbuin bumbu kare rasanya enak juga ya. Sama seperti di Johor Malaysia, sebutan karipap juga epok-epok. Luar biasa ya, aneka makanan yang hampir sama memiliki nama, sebutan dan kekhasan tersendiri.

Dengan bentuk yang cantik dan menarik, karipap menjadi camilan yang digemari banyak orang, salah satunya saya. Karena penasaran dari dulu, akhirnya saya bikin karipap isi sayur dan telur rebus. Pertama kali bikin karipap, langsung berhasi, yeay...
Yuk, bikin...

Resep Karipap Sayur
Resep kulit : jhamila99
Bahan A:
- 300 g tepung terigu protein sedang
- 75 ml minyak goreng
- 110 gr air dingin
- 1/2 sdt garam

Bahan B:
- 130 gr tepung terigu protein sedang
- 80 gr margarin (saya 100 gr)

Resep isian : hm_zwan
Bahan isian :
- 2 buah telur rebus, potong sedang
- 1/2 siung bawang bombay
- 2 siung bawang putih
- 1 buah kentang, potong dadu
- 2 buah wortel, potong dadu
- 1 batang daus seledri, iris
- 1 batang daun bawang, iris
- 1/4 sdt bubuk kari
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt kaldu bubuk
- 2 sdt gula pasir
- 50 ml air
- 1 sdm tepung terigu
- 2 sdm minyak goreng untuk menumis


Cara membuat :
1. Panaskan minyak goreng, tumis bahan isian kecuali tepung terigu dan telur rebus, jika sudah matang, taburi terigu, aduk, angkat, lalu sisihkan.
2. Campur semua bahan A, uleni hingga kalis. Bagi menjadi 6 bagian sama rata. Diamkan selama 1 jam dalam wadah tertutup.
3. Campur semua bahan B, aduk rata. Bagi menjadi 6 bagian sama rata.
4. Ambil 1 bagian A, gilas, letakan satu bagian B, tutup semua dengan bahan A lalu gilas tipis memanjang, gulung dan gilas kembali secara memanjang dan gulung kembali.
5. Potong masing-masing gulungan menjadi tiga bagian. Gilas tipis potongan adonan membentuk lingkaran. Beri isian sayur dan telir rebu, tutup lalu pilin.
6. Goreng karipap dengan api sedang sampai berwarna kuning kecoklatan lalu Sajikan.

Alhamdulillah, karipapnya enak, renyah banget heuheu.. Terharu deh, akhirnya bisa bikin karipap yang bentuknya cantik. Dan yang paling penting bisa recook kulit karipap yang lumayan bikin deg-degan karena takut nggak berlayer ahahaha. Alhamdulillah akhirnya berhasil deh, yeay...


3 comments:

  1. yeaay, berhasil ya Mbak.. senangnya, jadi pengen buat juga.. bisa nih buat ide menu buka puasa nanti ya Mbak :)
    bentuknya unik banget sih ya kayak kipas :D

    ReplyDelete
  2. Masyaallah cakep banget ya bentuknya dan layak jual sekali,Mba. Aku suka ini apalagi kalau isinya ada telur rebus, kentang, dan wortel. Nyummi

    ReplyDelete
  3. hasilnya menarik sekali jadi tergoda mau makan ini Mbk, rasanya bakal ikutan nambah deh

    ReplyDelete