Thursday 2 February 2023

Pengalaman Pertama Ajak Suami Jalan-jalan ke Jember

Pengalaman Pertama Ajak Suami Jalan-jalan ke Jember. Jelang akhir tahun 2022, suami ngajak saya main ke rumah kakak (mas saya yang nomor 4) di Jember. Agak lucu sih, 11 tahun menikah tapi suami belum pernah sekalipun silaturahmi ke rumah kakak saya yang di Jember. Selain karena kami tinggal jauh merantau sebelumya di Batam, Sumatera dan Subang Jawa Barat. Jadi ketemunya pas momen pulang kampung Lebaran aja, itupun ketemunya hanya 2-3 hari. Alhamdulillah akhirnya kami pindah ke Gresik, pas banget suami dapet libur 3 hari langsung ajak saya silaturahmi ke rumah kakak di Jember.

Perjalanan Gresik Jember Lewat Jalur Tol
Berangkat dari rumah setelah sholat subuh, masuk tol daerah Driyorejo kurang lebih pukul 05.30. Jalanan masih tergolong sepi, kalau dilihat dari G-maps jarak dari Driyorejo ke daerah Tanggul Jember yaitu 182 km kurang lebih 4 jam. Masuk tol Surabaya lanjut ke arah Pandaan dan lurus terus sampai pintu tol keluar Probolinggo Timur. Sebenarnya naik tol dari Driyorejo sampai Probolinggo tidak jauh, kurang lebih 1,5 jam. Yang jauh itu jalan antar kota nya. Saat turun di pintu keluar rol Probolinggo Timur pemandangan gunung terlihat cantik dari kejauhan.

Jalan utama Probolinggo-Jember cukup bagus dan mulus, rata-rata kendaraan besar yang lewat jalur ini. Kanan kiri masih banyak pepohonan, saat sampai Klakah Lumajang ada satu pasar yang cukup membuat kami terkejut. Masalhnya disini banyak sekali penjual pisang yang ukurannya cukup panjang. Tidak hanya di depan pasar saja, tapi 200 meter sebelum pasar sudah banyak penual pisang di kanan kiri jalan. Selain pisang ada banyak penjual kelapa juga, unik sekali. Pantas saja Lumajang terkenal sekali dengan keripik pisangnya yang enak.


Sarapan Rawon Pecel di Rest Area Warung Pak Berdi
Sampai di daerah Jatiroto kurang lebih pukul 09.00, lalu kami memilih untuk istirahat terlebih dahulu. Disini banyak sekali rest area, setelah lewat beberapa warung akhirnya kami memilih di salah satu rest area Warung Pak Bardi yang parkirannya cukup luas dan pilihan tempat duduknya banyak. Ada yang berupa kursi, beberapa tempat duduknya lesehan, jadi cocok banget buat tempat istirahat untuk perjalanan jauh. 

Setelah melihat daftar menu, saya dan suami pilih sarapan nasi pecel, sedangkan Aqla pilih ayam goreng. Untuk minumnya saya dan Aqla pesan teh hangat sedangkan suami pilih wedang jahe, enak banget wedangnya. Kami kira nasi pecel seperti pada umumnya, sayur dan bumbu pecel, tapi ternyata pas datang cukup terkejut. Nasi pecelnya ada kuah rawonnya wkwkwkwk.... beneran shock banget deh. Gimana lagi, masak nggak dimakan, kan mubadzir. Akhirnya nasi pecel rawonnya kita makan, rasanya bener-bener campur aduk banget. Nggak masalah, buat pengalaman, minimal kami sudah [ernah makan nasi pecel dicampur kuah rawon ahahaha.



Setelah istirahat kurang lebih satu jam, kami melanjutkan perjalanan. Jatiroto ke Tanggul Jember tenyata tidak jauh hanya 30 menit. Sampai di Tanggul kami dijemput kakak di dekat pabrik gula Semboro, karena saya lupa jalan masuk ke desa tempat kakak tinggal. Setelah kurang lebih 10 menit perjalanan akhirnya kami sampai di rumah kakak. Kebetulan di depan rumah kakak banyak sekali tanaman buah, salah satunya markisa. Pas banget ada yang matang, akhirnya langsung dibuatin wedang markisa, enak, seger banget.

Alhamdulillah, sampai Jember dengan selamat..
Teman-teman ada yang pernah jalan-jalan ke Jembar?ayo dong sharing..




2 comments:

  1. Jadi kangen jember.. Di daerah sana, Banyuwangi Jember dan sekitarnya kayaknya emang suka nyampur2 makanan yaa.. Aku suka sih rujak soto, trus pecel gudeg. Pecel rawon juga suka. Enak

    ReplyDelete
  2. Belum pernah ke Jember, tapi penasaran apalagi kalau ada Festival. Btw, cem mana itu nasi pecel kok pakai kuah rawon. Agak lain ya pecelnya ini

    ReplyDelete