Wednesday 5 July 2023

Hamil Anak Kedua : Keluhan di Trimester Pertama

Hamil Anak Kedua : Keluhan di Trimester Pertama. Kalau ngomongin hamil muda emang nggak ada habisnya ya bund. Apalagi saat trimester pertama yang rasanya Masya Allah sekali di kehamilan kedua ini. Banyak hal istimewa yang saya rasakan di awal-awal kehamilan, antara kaget, "belum bisa menerima" rasa-rasa istimewa yang datang disaat yang tiba-tiba.

Ya, begitulah namanya juga kejutan ya.. Padahal saya dan suami juga dari dulu pingin banget punya anak lagi, tapi giliran dikasih, ngeluhnya ampun-ampun hahahaha. Kalo inget waktu awal-awal hamil rasanya kok lucu banget, Alhamdulilah bisa melewatinya dengan baik.


Keluhan yang dialami di Trimester Pertama

Banyak sekali keluhan yang saya rasakan di kehamilan kedua, diantaranya :
1. Mual
Ini sih sudah pasti ya, keluhan pertama yang dialami oleh setiap ibu hamil muda. Hampir sama waktu mual anak pertama, seringnya jelang maghrib. Tapi kali ini lebih parah menurut saya, pasti mual kadang sampai muntah kalau bau masakan, tumisan duo bawang, minyak goreng panas (hahaha ya ampun kok bisa ya), uap nasi mejikom yang otw matang, dan masih banyak lagi. Pokoknya yang baunya menyengat biasanya auto "huek".

2. Pusing
Hampir setiap waktu saya merasa pusing, biasanya lebih parah sakitnya setelah maghrib. Jadi di trimester pertama hari-hari saya lebih banyak diatas kasur. Nggak kuat banget rasanya ngerasain mual, pusing plus badan rasanya remuk banget.

3. Asam lambung naik, nafsu makan menurun
Ini kali pertama saya merasakan asam lambung naik. Masya Allah rasanya nggak karu-kauan. Perut rasanya penuh, kayak diaduk-aduk, sakitnya sampai ulu hati. Dimasukin makanan rasanya penuh padahal makan sedikit banget, nasi setengah centong, kalau sudah kerasa penuh perutnya, langsung mual dan otomatis muntah. Ini fase yang bikin saya down banget, capek gitu heuheu. 

4. Emosi yang tidak stabil
Baru kali ini saya merasakan emosi yang benar-benar up and down banget. Awal-awal hamil hampir setiap hari saya menangis lho. Waktu itu saya ngerasa nggak kuat aja ngejalani "fase hamil muda" yang bener-bener rasanya berbeda sekali dari hamil anak pertama. Kalo boleh jujur, nangisnya bukan yang nggak bersuara. Malah sebaliknya, sering banget saya nangis pakai suara keras (hahahaha ya ampun kok bisa ya). Rasanya plong aja habis nangis pake suara keras sambil ditenangin suami. Sembari suami ngelus-ngelus punggung saya yang rasanya sakit banget, seringnya sih habis itu ketiduran ahahaha. 


5. Libur masak
Tiga bulan lamanya saya libur masak karena anti banget sama bau makanan/masakan yang menyengat. Jadi saya pilih catering lauk. Agak sedih nggak bisa masak, apalagi punya anak 7 tahun. Alhamdulillah Aqla cocok-cocok saja sama menu catering.

Serba-serbi hamil muda memang banyak cerita ya bund. Alhamdulillah pelan-pelan saya bisa menerima keadaan. Do'ain ya teman-teman, semoga kehamilan kedua ini lancar sampai lahiran nanti, aamiin ya robbal alamin.

Teman-teman, punya cerita menarik saat hamil muda? Ayo dong cerita.. 

No comments:

Post a Comment