Tuesday 18 July 2023

Ide Menu Bekal Sekolah : Mentai Rice Smoked Beef

Ide Menu Bekal Sekolah Praktis : Mentai Rice Smoked Beef. Assalamu'alaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu ya. Gimana minggu pertama anak-anak masuk sekolah lagi?Insya Allah mulai rempng tapi bahagia ya bund. Setelah libur nyiapin keperluan anak sekolah selama 2 minggu lebih, sekarang mari balik lagi ke huru hara, drama persekolahan hahaha. Pastinya mulai lagi nyiapin bekal makanan, khususnya buat anak-anak yang sekolahnya full day. Ya nggak bund?. Seperti biasa saya kebetulan Aqla juga mulai masuk SD dan sekolahnya full day, jadi pasti nyiapin bekal snack dan makan siang. Nah, kali ini HM bikin mentai rice smoked beef yang ternyata bikinnya praktis, gampang dan rasanya enak banget. Pantesan banyak banget yang bikin menu mentai rice. 

Bersumber dari idntimes.com mentai sendiri merupakan makanan khas Jepang yang sangat praktis sehingga bisa dinikmati kapan saja. Dimana aslinya berasal dari telur ikan tarako atau ikan pollock yang dibumbui dengan lada. Namun, semakin kesini banyak kreasi dari olahan mentai. Mulai dari daging, ikan, nugget, hingga sosis. Untuk saus mentai sendiri teksturnya lebih creamy, pedas, gurih dan asam.

Kalau boleh jujur, pertama kali bikin mentai rice ini saya nggak ada bayangan sama sekali tentang rasanya. Waktu lihat beberapa video yang seliweran di instagram, langsung mbatin. Wuaa, kok gampang banget bikinnya, bahannya juga mudah didapat. Nah, akhirnya kepikiran deh nyobain bikin mentai rice pakai bahan yang ada di dapur dan kulkas. Kali ini HM bikin mentai rice pakai smoked beef. Bahannya nggak sampai 10 macam, tapi rasanya ternyata enak ya. Apalagi dinikmati pas masih hangat, duh nikmatnya.

Ide Menu Bekal Sekolah Praktis : Mentai Rice Smoked Beef
Karena bahan dan caranya yang sangat mudah dan praktis. Mentai rice ini bisa jadi ide menu bekal anak sekolah. Untuk manggangnya bisa pakai oven, air fryer dan sejenisnya, atau kalau belum punya bisa banget dipanggang pakai teflon api kecil. Untuk isinya bisa dimodifikasi sesuai selera, bisa nugget, fried Chicken dan lain sebagainya. 

Mentari Rice Smoked Beef
By @hm_zwan
Bahan :
2 centong nasi
2 lbr smoked beef
1 sdt bubuk nori
1 sdt bubuk cabe
2 sdm rumput laut
1/4 sdt garam
1 sdt margarin
3 wadah alufoil

Bahan saos :
4 sdm mayones
1 sdm saos sambal
1 sdm saos tomat

Toping :
Rumput laut

Cara membuat :
Siapkan wadah, campur semua bahan kecuali smoked beef. Masukkan adonan nasi, beri potongan smoked beef, lalu olesi saos dan beri toping rumput laut. Panggang kurang lebih 15 menit suhu 180°C.

5 comments:

  1. Ternyata bisa membuat sendiri nih ya rice smoked beefnya. Saya kira beli di Jepang hihi

    ReplyDelete
  2. Bisa dicoba nih, Kak resepnya. Lumayan mudah juga nih untuk proses pembuatannya

    ReplyDelete
  3. Kelihatannya enak banget nih metai rice smoked beef yang sudah Kakak buat

    ReplyDelete
  4. Ide bagus nih buat menu bekal sekolah sehari-hari. Bisa dicoba juga hihi

    ReplyDelete
  5. Saya jadi pingin coba juga nih resep yang Kakak bagikan tersebut, kelihatannya enak

    ReplyDelete