Tuesday 27 June 2023

Resep Sambal Goreng Tempe Kering

Resep Sambal Goreng Tempe Kering. Salah satu lauk yang sering banget saya buat kalau lagi ada waktu luang adalah sambal goreng tempe kering. Kadang hanya tempe saja, tapi seringnya saya campur dengan kacang tanah goreng dan ikan teri. Rasa manis pedas dan teksturnya yang kering bisa jadi pilihan stok lauk harian. Jadi kalau lagi malas masak atau kehabisan lauk bisa banget makan hanya pakai lauk kering tempe dan kerupuk, tentunya nasi hangat. Uww nikmat hehe..


Agar tempe dan kacang ya kriuk-kriuk tahan lama,pastikan goreng tempenya sampai kering, menggunakan api sedang jangan api besar ya. Selanjutnya goreng kacang tanahnya juga sama, aduk terus dengan api kecil biar nggak cepet gosong hehe. Ohya, tips yang paling penting, jangan campur tempe, kacang dan ikan teri waktu bumbu masih panas. Pastikan setelah ditumis, bumbunya dinginkan dulu dan pastikan sampai berkaramel ya, lalu masukkan tempe goreng, kacang, dll, aduk sampai tercampur rata.

Sambal Goreng Kering Tempe
By @hm_zwan
Bahan :
1 papan tempe,iris tipis,goreng
50 gr ikan teri, goreng
7 gr kacang tanah,goreng
4 daun jeruk,iris memanjang
1 1/2 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt lada
3-5 sdm gula merah
5 cm lengkuas
1 sdt air asam jawa
2 sdm minyak goreng

Bumbu halus :
8 bawang merah
4 bawang putih
6 cabe merah


Cara Membuat :
Panaskan minyak goreng,tumis bumbu halus, lengkuas dan daun jeruk sampai harum. Masukkan gula merah,garam,lada,kaldu bubuk dan air asam jawa. Aduk sampai kental berkaramel, koreksi rasa,matikan api. Jika sudah hangat atau dingin, masukkan tempe goreng,ikan teri dan kacang tanah goreng, aduk rata,diamkan. Setelah dingin masukkan wadah tertutup.

No comments:

Post a Comment