Thursday 22 June 2023

Hamil Anak Kedua : Lika-liku Trimester Pertama

Hamil Anak Kedua : Lika-liku Trimester Pertama. Alhamdulillah, akhirnya garis dua, yeay!! Antara kaget dan senang itu bedanya tipis banget. Jadi kagetnya plus-plus banget, dibilang belum siap tapi nggak KB selama 7 tahun ini. Dibilang siap, ya memang harus siap karena pingin punya anak lagi. Ahahaha... Bingung kan? Nggak juga ya hehe.


Tes Urin, Garis Dua deh! 

Bulan april tepatnya empat hari sebelum puasa Ramadan saya ngerasa ada yang aneh. Apalagi kalau bukan si dia yang datang setiap bulan tak kunjung datang. Ngerasa telat hampir dua minggu, akhirnya beli testpack, pagi-pagi langsung ngecek. Hasilnya agak buram tapi dua garis, auto mbatin.. Wah bener nih isi.

Mau ke dokter kandungan dan bidan sudah nggak sempat dan nggak ada waktu karena kami mau pulang ke Ponorogo. Sampai rumah mertua keesokan harinya langsung ke Bidan, sambil menunjukkan hasil testpack. Setelah perut diperiksa dan lihat hasil testpack, akhirnya beneran ada kabar baik. Saya sedang hamil, masuk di minggu ketiga/keempat ya... Agak lupa ahahaha. Setelah seminggu berlalu kami periksa ke dokter kandungan di Rumah Sakit Islam di daerah Surabaya. Setelah diperiksa dan di USG, Alhamdulilah calon baby nya kelihatan dan kondisinya sehat.

Lika-liku Trimester Pertama

Awal-awal sebelum dicek badan rasanya seperti biasa, tapi giliran setelah dicek pakai testpack, ke bidan dan dokter kandungan rasanya sudah berbeda. Muncul rasa-rasa istimewa yang mulai bikin nggak nyaman. Mulai dari mual, pusing sampai muntah-muntah. Hampir setiap hari badan rasanya kayak meriang, kepala pusing, perut mual seperti diaduk-aduk dan baru kali ini ngerasain asam lambung. Masya Allah, rasanya nggak karu-kauan pokoknya.. Makanan masuk muntah, nggak makan perut rasanya sakit sampai ulu hati.


Di momen trimester pertama ini hampir setiap malam, setiap waktu saya menangis. Nggak kuat aja rasanya ngerasain momen istimewa ini. Down banget gitu..semua omongan orang untuk harus sabar rasanya nggak bisa saya terima gitu aja heuheu.. Masya Allah, sebegitu besar ya masalah emosi yang dihadapi setiap momen kehamilan seorang calon ibu. 

Sampai satu hari saya nonton drakor, duh lupa banget ini saya judulnya.. Intinya seperti ini, dia (si calon baby) berusaha bertahan di dalam, masa kita kalah. Jangan menyerah. Sekali saya mencerna inti daripada sedikit scene drama ini, sampai akhirnya setiap malam saya terngiang-ngiang intinya. Akhirnya, dengan berjalannya waktu, perlahan saya mulai menerima kondisi dan keadaan ini. Mulai menikmati meskipun berat sekali rasanya tapi Alhamdulillah pelan-pelan saya bisa menerima.

Masukan, cerita dan banyak pengalaman dari teman dan keluarga dekat mulai saya terima. Seperti makan sedikit, minum air hangat, dll. Hal-hal yang saya abaikan awalnya mulai saya praktekkan. Alhamdulillah, akhirnya ada solusi dari beberapa masalah yang saya alami.

Kalau ingat masa-masa trimester pertama yang kali ini cukup berat sekali, rasanya bangga aja sama diri sendiri karena bisa melewati, tetap bertahan dan kuat sampai hari ini.

Bismillah, mohon do'anya teman-teman semoga kami diberikan kesehatan dan kelancaran sampai lahiran nanti, aamiin ya robbal alamin

2 comments:

  1. Alhamdulillah bener" Anugrah ya Bun, banyak banget cerita bumil kedua kebetulan teman kerjaku juga hamil muda tapi katanya di awal itu bener" Gak tau kalo lagi hamil bahkan tau nya itu justru pas dia abis kecelakaan trus di bawalah ke Rumah sakit untuk meriksa bagian mana yang sakit eh ternyata dokternya malah bilang ibu tidak apa" dan bayi dikandungan juga aman.. Waaaahh langsung kaget dong teman kerjaku ini baru tahu semuanya kalo dia hamil karena memang gak krasa sama sekali kalo lagi hamil, gak ada mual atau gejala yang nunjukin kalo dia hamil.. Temanku sudah hamil skrg ini 4 bulanan😊 .. Buat Bunda HM semangat ya semoga dilancarkan prosesnya dan sehat semua 🙏🏻

    ReplyDelete
  2. Kabar baik, nih, hamil anak kedua tapi tidak bisa dipungkiri apabila ada berbagai tantangan juga dalam kehidupan. Agak berbeda ya dari kehamilan pertama, apalagi kalau sudah menyangkut mual dan rasa tidak nyaman lainnya ini berpengaruh ke suasana hati. Tetap semangat dan terima kasih sharing-nya!

    ReplyDelete