Monday 6 March 2023

Pasar Malam Kodam Brawijaya : Tempat Refreshing Murah Meriah di Surabaya Barat

Pasar Malam Kodam Brawijaya : Tempat Refreshing Murah Meriah di Surabaya Barat. Berhubung adik ipar seringkali jalan-jalan ke Pasar Malam Kodam Brawijaya, mau nggak mau kami dibuat penasaran. Hangout kesini dadakan karena Aqla mau jalan-jalan, pas banget suami libur jadi nggak butuh banyak berpikir langsung berangkat setelah sholat maghrib. Dari Gresik cuaca sedang tidak bagus, sedikit berangin dan gerimis. Kurang lebih 45 menit akhirnya kami sampai di Kodam Brawijaya.

pasar malam kodam brawijaya surabaya
Lokasi, Jam Buka dan Fasilita
Pasar Malam Kodam Brawijaya berlokasi di Jl. Brawijaya, Sawunggaling, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Bertempat di lapangan milik Kodam V Brawijaya. Kurang lebih 2 km dari Terminal Wonokromo, lumayan dekat lagi jika lewat jalan pintas dari arah terminal. Pasar malam kodam buka setiap hari mulai dari pukul 18.00 sampai 22.00. Untuk tempat parkirnya lumayan luas dan ada beberapa jalan masuk tempat parkir, untuk mobil ada dua pilihan. Di luar lapangan dan di sebelah lapangan. 

Untuk fasilitasnya, di Pasar Malam Kodam Brawijaya juga terdapat satu mushola dan toilet. Letaknya bersebelahan dengan area parkir motor dan mobil. Toilet laki-laki dan perempuan dipisahkan dnegan tembok. Karena berhubung toiletnya terbatas, jadi lumayan antrinya kalau mau ke toilet. Untuk toiletnya berbayar, biasanya ada penjaga di dekat area pintu. Selaki ke tolet dikenakan biaya Rp 2000.

pasar malam kodam brawijaya surabaya

pasar malam kodam brawijaya surabaya


Ada Apa Saja di Pasar Malam Kodam Brawijaya?
Seperti pasar malam pada umumnya, disini banyak sekali penjual makanan kekinian hingga camilan jadul seperti kacang godog. Mendekati pintu masuk lapangan atau area pasar malam, di luar terdapat becak/mobil hias yang bisa kita sewa untuk keliling area pasar malam atau lingkungan kodam. Selain itu, disini juga ada penyewaan skuter, kemudian di pintu masuk area pasar malam terdapat banyak mainan anak-anak. Mulai dari tempat melukis, memancing, memberi makan hewan, hingga mainan mobil-mobilan. 

Setelah melewati area bermain anak-anak ada empat gang, gang pertama dan kedua ada deretan penjual baju, sepatu, casing dan sejenisnya. Seangkan gang ketiga dan keempat akan disuguhkan banyak sekali penjual makanan. Mulai caro camilan yang biasa sampai makanan yang sedang hits. Nggak main-main, disini penjual makanan sangat banyak sekali. Terkadang satu deret ada lebih dari 4 penjual makanana atau camilan yang sama yang sedang hits. Seperti martabak kekinian, seafood bakar, camilan Korea, hingga aneka camilan berbahan utama kentang. Selain aneka camilan, disini juga terdapat makanan berat seperti mi ayam, bakso dan aneka menu lalapan seafood ataupun ayam. 

pasar malam kodam brawijaya surabaya

pasar malam kodam brawijaya surabaya

Untuk harga mainan, baju, casing hp, disini lumayan terjangkau. Untuk baju dan daster mulai dari harga Rp 35.000. Kalau mau sekedar lihat-lihat dan sungkan tanya, nggak perlu bingung karena rata-rata disini baju yang dipajang semuanya ada harganya. Mayoritas harganya ditulis besar-besar dan terpampang nyata gitu hehe. Buat tipikal yang sungkanan mau tanya, ini bisa jadi solusi ya. Kalau cocok tinggal pilih deh, ya nggak??.

Pengalaman Pertama Jalan-jalan di Pasar Malam Kodam Brawijaya Surabaya
Waktu pertama kali melewati area permainan anak-anak, beberapa kali Aqla saya tawari untuk bermain tapi sayangnya Aqla menolak. Akhirnya kami memilih untuk jalan-jalan terlebih dahulu. Area selanjutnya kami melewati penjual makanan yang ada di sebelah kanan kiri jalan. Wow sekali ramainya.. Pas banget malam minggu jadi lumayan banget ramai. Dari sekian banyak penjual makanan, beberapa makanan yang sama antrinya cukup panjang, salah duanya martabak kekinian dan seafood bakar.

Saat melewati aneka camilan berbahan kentang, ternyata Aqla mau kentang goreng panjang, saya kira harganya Rp 10.000, eh ternyata salah harganya Rp 8000 saja. Pantesan ramai pembeli, kentangnya krispi, kriuk, enak banget pokoknya. Setelah itu kami lanjut cari makan malam, akhirnya kami pilih makan lalapan. Ayam goreng, lele goreng dan bebek goreng. Untuk minumnya kami pesan teh hangat dua dan satu es teh. 

pasar malam kodam brawijaya surabaya

pasar malam kodam brawijaya surabaya

Setelah puas makan malam di warung lesehan, kami lanjut jalan-jalan ke area baju, perkakas, dan aneka sepatu dan sandal. Suami sempat beli casing Hp harganya Rp 15.000. Kemudian Aqla minta melukis di tas bergambar Spongebob, lalu pulangnya tidak lupa beli camilan jadul yaitu kacang rebus ahahaha. Alhamdulillah malam minggunya bahagia. Semuanya habis nggak sampai Rp 150.000. Next, mau kesini lagi dengan rencana yang lebih matang, jadi nggak perlu makan malam disini. Beli dan nyoba aneka jajanan lalu dimakan sambil duduk santai di pinggir lapangan. 

Teman-teman, ada yang pernah ke Pasar Malam Kodam Brawijaya?


1 comment:

  1. Pasar malam selalu jadi kegiatan yang ditunggu-tunggu, pasti anak semangat kalau udah dengar ada pasar malam apalagi banyak permainannya. Selain seseruan sama anak juga bisa kulineran nih, mantep banget lalapan dengan pete bakarnya jadi laper lagi. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete