Thursday 9 March 2023

Mengenal Ayam Lodho : Olahan Ayam Santan Pedas KhasTulungagung yang Bikin Ketagihan

Mengenal Ayam Lodho : Olahan Ayam Santan Pedas Khas Tulungagung yang Bikin Ketagihan. Jika diingat, pertama kalinya saya makan ayam lodho saat setelah menikah. Kebetulan suami berasal dari Ponorogo mepert Trenggalek. Salah satu makanan khas daerah tempat tinggal suami adalah ayam lodho. Lho, kok bisa?bukannya ayam lodho dari Tulungagung?. Betul sekali, ayam lodho merupakan makanan khas Kota Tulungagung. Selain memiliki cita rasa yang khas, perpaduan antara santan yang kental, rempah yang banyak dan rasanya pedas membuat makanan ini disukai oleh banyak orang, terutama mereka yang suka pedas.

ayam lodho
Ayam Lodho dan Cita Rasanya
Menurut wikipedia, ayam lodho merupakan makanan khas daerah Tulungagung dan Trenggalek Jawa Timur. Memang, sepengetahuan saya hampir setiap lewat daerah Tulungagung dan Trenggalek, kita bisa jumpai banyak penjual ayam lodho di pinggir jalan. Baik rumah makan, resto ataupun warung. Bahkan di daerah suami, Ponorogo perbatasan Trenggalek. Ayam lodho menjadi masakan atauun menu khas di hari-hari spesial, seperti megengan ataupun Hari Raya Idul Fitri.

Ayam lodho merupakan makanan tradisional, berupa ayam kampung yang setelah dibersihkan (tanpa dipotong) kemudian dibakar diatas bara api. Biasanya ibu mertua membakarnya masih di pawon (tempat masak menggunakan kayu bakar), jadi ayamnya di dijeit dengan kayu, lalu dibakar. Kemudian dimasak menggunakan santan cair dan bumbu yang sudah dihaluskan. Dimasak di pawon dengan api sedang terkadang cenderung kecil sampai sedikit empuk atau kuah menyusut. Setelah itu bisa ditambahkan santan kani atau santan kental, dimasak lagi sampai kuahnya sedikit menyusut dan kental. Ayam lodho siap dinikmati. Di Ponorogo ayam lodho biasanya dinikmati dengan kulupan berupa urap, tapi seringnya dinikmati dengan irisan sayur kubis, kecambah rawon, daun seledri dan tambahan kecap manis. Uwww...ini nikmat sekali.

Untuk cita rasa ayam lodho cenderung gurih, pedas dengan aroma khas dari rempah berpadu dengan santan yang membuat makanan ini semakin istimewa. Yang berbeda dari ayam berkuah santan lainnya, ayam lodho sebelum diolah harus dibakar terlebih dahulu. Mungkin inilah keistimewaan dari ayam lodho. Daging ayam kampung yang gurih bikin banyak orang ketagihan, terlebih lagi untuk mereka para penyka makanan pedas.

ayam lodho

Resep Ayam Lodho
Hampir sebulan dua kali saya selalu bikin ayam lodho, meskipun saya bakar ayamnya diatas kompor tapi rasanya tetap nikmat. Berikut ini resep ayam lodho yang sering saya bikin, dibawah ini ada tambahan atau variasi. Saya tambahkan cabe hijau, biar makin sedap. Selamat mencoba.

Ayam Lodho Cabe Hijau
By @hm_zwan
Bahan:
1 ekor ayam kampung
70 ml santan kental
800 ml santan encer
3 cm lengkuas, geprek
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
2 batang sereh, geprek
6 cm jahe
1 1/2 sdt garam
2 sdt gula
1 sdt kaldu ayam bubuk
1/2 sdt jinten
6 buah cabe hijau, iris serong
4 sdm minyak goreng
Daun bawang dan seledri secukupnya (untuk taburan)

Bumbu halus :
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri
6 cm kunyit
1/2 sdm merica
1/4 sdm ketumbar
20 cabai rawit

Cara membuat:
Potong ayam ukuran sedang, bakar hingga setengah matang. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, serai, daun salam, jahe, jinten dan daun jeruk hingga wangi. Tambahkan santan kental dan cabe hijau. Koreksi rasa, jika sudah matang, angkat, taburi daun bawang dan seledri sajikan.

No comments:

Post a Comment