Monday 10 October 2022

Iga Masak Pindang Khas Ponorogo

Iga Masak Pindang Khas Ponorogo. Baru ingat kalau resep ini belm HM tulis di blog heuheu. Ada yang sudah nyoba masakan pindang khas Ponorogo?Berhubung stok daging dan iga sapi saat Idul Adha masih ada, akhirnya saya bikin Pindang Iga Khas Ponorogo. Salah satu menu favorit saat pulang ke rumah ibu mertua di Ponorogo. Daging dan iga sapi atau kambing yang dibumbui dengan kluwak lalu dicampur dengan tumbukan kelapa sangrai membuat rasa makanan ini menjadi unik,khas dan nikmat. 

Ada yang tau bumbu pindang?mungkin teman-teman mayoritas taunya pindang itu ikan laut yang dikukus atau masakan dengan bumbu khas daerah Palembang. Tapi pindang yang saya maksud kali ini adalah bumbu pindang khas Ponorogo Jawa Timur. Jika dilihat secara langsung hampir sama dengan rawon, masakan yang berwarna hitam pekat. Tapi bedanya kalau pindang ada campuran kelapa sangrai yang ditumbuk halus. Ada dua jenis pindang, yaitu basah berkuah seperti rawon dan kering yang tidak berkuah. Biasanya dinikmati dengan nasi saja tanpa sayur, tapi kalau saya yang masak biasanya saya tambahi cambah kacang hijau.

Pindang iga khas ponorogo

Nah, kali ini HM bikin iga masak pindang. Kebetulan ini masaknya sudah lama, pakai sisa daging Idul Adha. Hari pertama saya masak pindang basah, keesokan harinya baru saya olah jadi pindang kering. Jadi agak mirip sama rendang yang bisa tahan lama.

Teman-teman yang tidak suka pedas, cabe rawitnya bisa di skip. Berhubung di rumah ibu mertua daerah dataran tinggi,jadi masakannya selalu pedas. Yang dulunya saya nggak begitu suka pedas sekarang doyan pedas banget hehe. 

Teman-teman, recook yuk..

Resep Iga Masak Pindang Khas Ponorogo

By @hm_zwan

Bahan :

1 kg iga sapi dan daging yg sudah dipresto 10 menit

1/2 buah kelapa parut, sangrai, tumbuk

1 batang sereh

3 lbr daun salam

3 lbr daun jeruk

1,5 liter air kaldu (air rebusan iga) 

1 sdt garam 

2 sdt gula pasir 

1 sdt kaldu bubuk 

1/2 sdt lada

2 sdm minyak goreng 

Iga Masak Pindang Khas Ponorogo

Bumbu halus :

8 bawang merah 

4 bawang putih 

2 cabe merah 

15 cabe rawit 

1/2 sdt ketumbar

1 cm lengkuas

6 buah kluwak


Cara membuat :

Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk dan sereh sampai harum. Masukkan kelapa parut sangrai yang sudah ditumbuk halus, lalu masukkan iga, daging yang sudah dipotong dan air kaldu. Masukkan gula, garam, kaldu bubuk dan lada. Koreksi rasa. Jika air sudah menyusut, matikan api, sajikan.

1 comment:

  1. Rendang, dari kelihatannya yang penuh bumbu mantep banget ini agak beda ya kalau khas Ponorogo. Bumbunya lebih pekat dan banyak, aku sampai ngira ini soto karena ada togenya. Terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete