Tuesday, 8 September 2020

Suka Gorengan? Berikut 6 Resep Gorengan Enak Bikinnya Tanpa Ribet

Ada yang suka gorengan?berikut 6 resep gorengan enak bikinnya tanpa ribet. Saya bangetlah kalau urusan masak-masak yang praktis dan tanpa ribet. Khas emak-enak banget kan ya. Karena pekerjaan dan urusan rumah tangga sudah banyak, jadi rasanya bikin masakan yang praktis, enak tanpa ribet itu impian semua emak-emak, betul nggak sih. Nah, kali ini saya mau sharing beberapa resep gorengan yang sering saya bikin untuk camilan di rumah. 

6 Resep Gorengan Enak Bikinnya Tanpa Ribet
 
 
1. Pastel Pangsit
Suka pastel tapi belum ada niat bikin kulit sendiri, apalagi gilas adonan kulitnya. Ngebayanginnya aja kutak syanggup. Yadahlah, namanya juga #hotwajan #bukanwajanbiasa jadi bikin yang simpel aja. Kulit pastel diganti kulit pangsit, wet wet wet jreng..... jadi deh pastel pangsit. 
 
Pastel Pangsit
Bahan :
Kulit pangsit secukupnya
Putih telur
Isian :
Wortel, kentang, ayam bagian dada, potong dadu, masak di wajan. Beri gula, garam, merica dan kaldu bubuk secukupnya. Tambahkan daun bawang secukupnya. Jika air sedikit surut, taburi terigu sedikit, aduk, angkat.
Ambil satu lembar kulit pangsit, beri isian, olesi bagian pinggir dengan putih telur, lipat membentuk segitiga, goreng sampai matang.


2. Bakwan Jagung
Ada yang suka bakwan jagung?banyak varian resep bakwan jagung, dari yang hanya pakai tepung serbaguna saja, sampai yang adonannya campur 2 macam tepung. Nah, ini versi bumbunya ditambah tepung terigu dan tepung beras, jadi ada sensasi kriyuk kriyuknya gitu. Enak banget, kres kresnya lumayan tahan lama. 

Bakwan Jagung
Bahan :
3 buah jagung manis,serut
1 siung bawang putih
5 bawang merah, iris
4 lbr daun jeruk, iris
2 btg daun bawang, iris 1cm
2 sdm tepung terigu
1 sdm tepung beras
Stgh sdt garam
Stgh sdt lada
Stgh sdt kaldu jamur

Cara membuat :
Blender jagung manis, bawang merah dan putih. Tambahkan daun jeruk, batang daun bawang, tepung terigu, tepung beras dan bumbu. Goreng sampai matang, angkat, sajikan.

 
3. Pisang Goreng
Ini kali pertama saya bikin camilan gluten free, dibawain tepung singkong banyak sama ibu mertua. Bikin sendiri buat stok, terus saya dibawain deh. Alhamdulillah...
 
Pisang Goreng Gluten Free
Bahan :
10 buah pisang kepok, belah jadi 2 jangan putus
3 sdm tepung singkong (buatan ibu mertua) 
1 sdm tepung beras
1 sdt gula
1/4 sdt garam
Air secukupnya (sampai adonan kental)
Minyak kelapa

Cara membuat :
Campur jadi satu tepung singkong, tepung beras, gula dan garam. Tuang air, sambil mengaduk adonan. Pastikan adonan tepung kental tidak cair. Panaskan minyak kelapa, goreng pisang sampai coklat keemasan. Jika sudah matang, angkat, tiriskan, sajikan.

 
4. Bakwan Sayur / Ote Ote
Ada yang tau ote ote? Jadi, ote ote itu bakwan sayur. Tiap daerah sebutannya berbeda, ada yang bakwan, bakwan sayur, weci, ote ote. Di daerah teman-teman namanya apa ya?. Gorengan yang masih jadi idola dari dulu sampai sekarang. Ya nggak sih? 
 
Ote Ote
Bahan :
1/4 Kol, iris tipis (1 buah kol bagi 4,ambil satu)
Segenggam kecambah panjang
1 buah jagung manis, serut
1 daun bawang, iris tipis
100 gr terigu
Air secukupnya 
Garam, ketumbar, merica dan kaldu bubuk secukupnya
Minyak goreng
Cetakan bakwan
 
Cara membuat :
Siapkan wajan, panaskan minyak goreng, Panaskan cetakan ote Ote. Campur jadi satu semua bahan, ambil cetakan ote ote, masukkan adonan kurang lebih 2 sdm, goreng. Goyang-goyangkan cetakan agar adonan lepas dari cetakan. Jika sudah matang, angkat, sajikan.

 
5. Goreng Oncom
Baru pertama kali ngolah oncom, alhamdulillah enakkkk.. Tau bentuk dan wujud asli oncom itu waktu tinggal di Subang Jawa Barat. Buruk rupa tapi rasa juara ahaha. Awalnya aneh, tapi sekali nyoba beli gorengan, duh nagih wkwkwk. Akhirnya sering beli buat lauk. Dibikin kayak bakwan, enakssss.. 
 
Goreng Oncom 
Bahan :
1 buah oncom ukuran sedang, haluskan
2 sdm tepung bumbu siap pakai
3 sdm terigu
1 sdt ketumbar bubuk
Merica, gula, garam secukupnya
Air secukupnya
1 buah wortel ukuran kecil,potong panjang tipis
2 tangkai daun bawang,iris halus
2 cabe rawit,iris serong
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
Masukkan oncom, sayuran, gula, garam, merica dan ketumbar, aduk rata. Masukkan tepung, ruang air perlahan sampai adonan agak kental. Panaskan minyak, goreng hingga kecoklatan. Angkat, sajikan.

 
6. Tahu Isi
Ada yang suka tahu isi? Sekarang banyak macamnya tahu isi, mulai dari isi sayur, bakso sampai cucur bawang. Bagi saya, yang masih di hati adalah isi sayur. Nah, kali saya bikin tahu isinya pakai kaldu ayam Emaku Indonesia. Emaku punya banyak varian kaldu, ada kaldu ayam, sapi dan ikan. 

Emaku bumbu mempermudah pecinta masakan dan kuliner dengan menyediakan beraneka ragam bumbu masak berbentuk bubuk. Diproses dari bahan terbaik,  menjamin 100% kemurnian, kualitas premium MSG-Free, dan juga tersertifikasi Halal oleh BPOM MUI. Nah, buat teman-teman yang mau nyoba berbagai produk dari Emaku, bisa langsung cek banyak produknya di instagram @emakuindonesia ya. 

 
Tahu Isi Sayur
Bahan :
6 tahu matang kotak, bagi 2
2 genggam kol iris
1 genggam wortel
4 bawang merah, iris tipis
1 bawang putih, geprek, iris tipis
1 batang daun bawang, iris tipis 
Gula, garam, lada secukupnya
Stgh sdt kaldu ayam
Minyak goreng 
Bagan pencelup (campur jadi satu) :
4 sdm tepung bumbu
3 sdm air

Cara membuat :
Panaskan 2 sdm minyak goreng, tymis bawang merah, bawang putih sampai harum. Masukkan wortel, kol, gula, garam, lada dan kaldu bubuk. Aduk rata, masukkan irisan daun bawang. Jika sudah layu dan matang, angkat, sisihkan. Panaskan minyak goreng. Ambil tahu, beri isian sayur, masukkan ke adonan pencelup, goreng sampai matang. Sajikan.

Gimana, mudah kan cara membuatnya? dari keenam resep gorengan enak bikinnya tanpa ribet. Kira-kira ada nggak gorengan favorit teman-teman?


18 comments:

  1. Simple semuanya Mbak. Dari semua itu, my favorit is, tahu isi ama pisang goreng. Kalo di Surabaya ada yang namanya martabak bihun, itu enak, kulitnya tipiis.

    ReplyDelete
  2. jeng jeng mendadak kepengen bikin camilan gorengan atau menu side dish buat di rumah nih menggunakan resep dari kamu mak

    ReplyDelete
  3. Duh, semuanya enak ya. Pas banget buat teman nyamil di musim hujan nanti. Trus juga anak2 PJJ kan pastinya lapar melulu, cocok juga buat camilan mereka.

    Btw penasaran sama kulit pangsit gorengnya biar ga gosong gimana mbak? aku kalau goreng bisa eksotis warnanya haha

    ReplyDelete
  4. Keluargaku paling suka pisang goreng, saya juga suka karena proses membuatnya juga cepat. Tak perlu pakai bumbu hehehe...

    ReplyDelete
  5. Kesemuanya enak.. apalagi dimakan bersama keluarga atau sahabat ya mbak.. dibuat dengan cinta sehingga yang menikmatinya juga merasakan cinta sang pembuat hehe

    ReplyDelete
  6. Paling tertarik sama pisang goreng glutten free. Menarik buat dicoba nih.

    Aku sama anak2 sampe udah males makan gorengan soalnya, kecuali pisang. Hehehe.. Jd mau coba yg beda aja

    ReplyDelete
  7. duuuh mbaaak..saya jadi berusaha keras mengingat2 rasa oncom. Sejak meninggalkan bandung tahun 2009, baru skali lg ke sana tahun 2010..praktis sejak saat itu saya belum pernah makan oncom lg. beneran lupa rasanya spt apa hahaha

    ReplyDelete
  8. Saya belum pernah pakai tepung singkong, Mbak. Bagus ya buat pisang goreng.

    Pakai daun jeruk juga gak pernah untuk gorengan tapi pernah rasakan gorengan yang dimasak dengan daun jeruk. Enak. Bolehlah nanti saya coba. Makasih, Mbak.

    ReplyDelete
  9. wahh semuanya kesukaan molly nih apalagi bakwan jagung tuh makan pke nasi + sambal aja udah enak >.<

    ReplyDelete
  10. Yang resep goreng pisang, kalau ga ada tepung singkong bisa diganti apa ya? Sama ga sih sama tepung aci sampeu? (sampeu di Sunda artinya singkong hehe)

    Btw baru denger nih ada kaldu ikan dalam kemasan.

    ReplyDelete
  11. Duhh I cant live without gorengan :((
    Aku baru tau kalo bakwan jagung pakai daun jeruk. Itu gak pahit ya?

    ReplyDelete
  12. sukaaa banget gorengan oops. Nah itu aku belum pernah masak sendiri goreng oncom, biasanya beli kalau pas ke rumah mama

    ReplyDelete
  13. Saya nih, doyan banget sama yang namanya gorengan. Terus makannya sama cabe, aihh lezat banget tuh! Kalau gak ingatingat, entah bisa habis berapa potong.

    ReplyDelete
  14. wah mantap menunya mba.. di rumah kami paling suka pergedel jagung

    ReplyDelete
  15. Ya Allah...foto-fotonya cakeepp pissaan ((keukeuh minta diajarin fotografi, hehehe))
    Aku kalau liat gorengan, auto inget Ibu sama mama. Paling rajin bikin semuanya sendiri. Bahkan kulit pun bikin sendiri..
    Huuhhu..ku tak sanggup jugaa...kak.
    pengennya tinggal hap!

    ReplyDelete
  16. Aku paling sering bikin nasgor ama pisanggg hahahaha
    Enaaaaaak❤❤❤❤

    ReplyDelete
  17. goreng oncom enak sayangnya di rumah yang doyan aku doang jadi paling bikin gorengan itu yang pada umumnya aja kayak bakwan, tahu isi hahaha

    ReplyDelete
  18. Nah, sekarang bukan masalah nggak ribetnya
    Kompornya aja nih hahaha
    Soalnya pake kompor listri portable bisanya

    ReplyDelete