Friday 4 August 2023

Ide Menu Bekal Anak SD (1)

Ide Menu Bekal Anak SD. Assalamualaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu ya. Gimana nih serba-serbi tahun ajaran baru?pasti seru ya ahahaha, banyak cerita yang bikin ketat ketir apalagi kalau bukan urusan PPDB heuheu. Alhamdulillah sekarang sudah mulai lega ya bund, karena anak-anak sudah mulai normal masuk sekolah lagi. Semoga dimudahkan dan dilancarkan semuanya, aamiin.

Ide Menu Bekal Anak SD

Anak-anak sudah mulai sekolah lagi artinya kegiatan kita kembali normal lagi ya bund wkwkwk. Mulai dari jadi macan ternak yang harus antar jemput anak sampai menyiapkan sarapan dan bekal makan siang. Nah, ngomongin soal bekal sekolah, tahun ini Aqla sudah masuk SD fullday, masuk pagi pulang jam 2 siang. Jadi mau nggak mau saya harus menyiapkan dua bekal untuk istirahat pertama dan kedua.

Kebetulan di sekolah Aqla anak-anak tidak diperbolehkan jajan di luar, hanya boleh jajan di kantin yang isinya hanya snack seperti biskuit dan minuman (susu, teh, dan air mineral) saja. Jadi rata-rata orangtua membawakan bekal dobel buat anak-anaknya. Meskipun ada catering sekolah untuk makan siang tapi sementara ini saya masih bisa masakin Aqla bekal. Alhamdulillah...

Ide Menu Bekal Anak SD
Nyiapin bekal anak memang butuh perjuangan, selain harus bangun lebih pagi juga harus satset gitu biar nggak meleset waktunya. Kalo kesiangan pasti nggak tenang banget ya, belum nyiapin sarapan anak, harus beberes karena mau antar sekolah dll. Jadi, biasanya saya bangun jam 04.00 langsung masak, kebetulan semua bahan sudah saya siapin (food preparation) jadi lumayan terbantu dan lebih satset gitu hahahaha.

Berikut menu bekal Aqla satu minggu ini untuk istirahat pertama dan kedua.
1. Senin
Hari minggu semua stok untuk satu minggu kedepan sudah saya siapin, khususnya untuk menu Aqla selama 5 hari. Termasuk beli susu, lauk dan nyiapin snack frozen seperti risoles sayur. Untuk snack hanya susu coklat dan risoles isi ayam sayur. Sedangkan bekal makan siangnya saya masak tumis brokoli wortel, ayam goreng tepung, scallop dan nasi 2 centong.

Ide Menu Bekal Anak SD

2. Selasa
Untuk hari selasa snacknya ada yogurt, pangsit ayam goreng dan dimsum yang sudah saya bikin hari sabtu. Semua saya kukus, masuk freezer, jadi malam saya turunin, pagi tinggal goreng dan ngukus. Untuk makan siangnya ada nuget, tumis kol wortel telur, tamagoyaki dan nasi.

Ide Menu Bekal Anak SD

3. Rabu
Hari rabu snacknya ada risoles, pepaya dan yakult. Sedangkan makan siang saya masak ayam katsu (hasil nyetok juga), cah brokoli, mi goreng (mi berkat dari tetangga yang datang jelang tidur ahaha), plus nasi kepal nori.


Ide Menu Bekal Anak SD

4. Kamis
Hari kamis bekal snacknya ada takut, jeruk dan bakpao isi coklat lumer yan enak banget hasil ngelarisin beli di warung. Sedangkan makan siang saya masak buncis tempe kecap, udang kriuk, nuget dan nadi tabur nori.


Ide Menu Bekal Anak SD

5. Jum'at
Bekal snack hari Jum'at masih sama seperti hari kamis, karena Aqla mau bakpao lagi ahahaha. Jadi pulang dari antar Aqla saya beli stok bakpao, pagi-pagi tinggal ngukus deh. Untuk makan siangnya saya masak nasi tabur nori, ayam katsu (stok terakhir) dan sayur labu siam tahu masak santan. Kebetulan tempat bekalnya anti tumpah, jadi aman banget kalo bawain sayur berkah.

Ide Menu Bekal Anak SD

Alhamdulillah bekalnya selalu habis, sekali sisa sayur dikit. Katanya buru-buru mau main hahahaha, nggak masalah yang penting anak sudah makan siang. Semoga kita selalu diberi kesehatan ya bund, biar bisa membersamai anak-anak sampai besar nanti. 
Semoga postingan ini bermanfaat...

Teman-teman nyiapin bekal anak juga? Ayo dong sharing..












6 comments:

  1. Wah benar-benar 4 sehat 5 sempurna nih ya kak, bisa sekalian memenuhi kebutuhan gizi anak ya kak

    ReplyDelete
  2. Sangat menyehatkan ya kak bekalnya, kalau saya dibekali seperti itu sudah pasti saya habiskan hihi

    ReplyDelete
  3. Ide menu bekalnya bisa dicoba juga nih kak untuk bekal anak di sekolah

    ReplyDelete
  4. Enak banget nih ya kak setiap hari berbeda-beda menu lauk pauknya, jadi tidak bosan

    ReplyDelete
  5. Enak banget nih ya kak nasinya di kasih nori, jadi rasanya lebih enak

    ReplyDelete
  6. Mbaa, apa kabar? Lama saya nggak main ke sini. Ternyata masih ngeblog. Dulu blognya Mba Hana sering bikin resep masakan dan bikin blog khusus kalau nggak salah namanya hot wajan ya? Masih nggak blognya yang itu?

    Saya seneng baca menu anak sekolah gini cz kadang stuck mau masak apa lagi buat bekal. Btw putranya udah SD, kayaknya cepet banget ya. Happy blogging, Mba.^^

    ReplyDelete