Monday 13 November 2023

Resep Ayam Bumbu Kuning : Gampang, Praktis dan Enak

Resep Ayam Bumbu Kuning : Gampang, Praktis dan EnakAyam bumbu kuning atau bumbu ungkep gini selain bumbunya praktis,rasanya juga mantul. Sering banget bikin menu ini karena Aqla suka banget dan selalu nambah. Kalau bikin ayam bumbu kuning selalu inget momen waktu Aqla kena TBC kurleb umur 2 thn. BB dr yg gembul banget auto kurus banget karena g mau makan sama sekali.

Waktu mulai pengobatan, terapi wicara dan terapi jalan di Purwakarta, Hampir tiap hari saya ke pasar beli 7 macam camilan. Jajan yang dia ambil langsung saya tulis dibuku, besoknya saya beliin dobel. Sedangkan jajan yang nggak dia ambil saya nggak belikan lagi, diganti dengan varian kue lain. Meskipun nggak mau makan nasi,minimal ada camilan yang masuk ke perut. Gitu aja seterusnya saya tulis semua.Tiap hari coba-coba masak menu ini itu tapi Aqla nggak mau makan itu rasanya sedih, jengkel huhuhu. Akhirnya pas masak menu ini dia mau makan, duh rasanya terharu banget.

Begitulah ceritanya sampai sekarang saya suka masak, karena Aqla selalu minta menu-menu yang dia inginkan. Mau nggak mau saya coba bikinkan sendiri di rumah.

Resep Ayam Bumbu Kuning
Bahan :
500 gr daging ayam
400 ml air
1 batang sereh
3 cm jahe
2 lembar daun jeruk
1 sdt garam
2 sdt gula pasir
1/4 lada
1/2 sdt kaldu bubuk
Cabe rawit secukupnya
3 sdm minyak goreng

Bumbu halus : 
7 bawang merah
2 bawang putih
3 cm kunyit
2 butir kemiri
Air secukupnya

Cara Membuat :
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan semua bahan lainnya. Ungkep sampai air menyusut, koreksi rasa, jika sudah matang, angkat. sajikan.

No comments:

Post a Comment