Saturday 10 March 2018

Bermain Spons dan Busa

Bermain Spons dan Busa. Kali ini saya mau sharing kegiatan main bareng bubuky, bermain spons dan busa. Kalau udah main yang ada air-airnya, anak kecil itu selalu aja excited. Bener-bener sumringah dan wajahnya itu lho bahagia banget, ya nggak sih mak?.

Main air itu menyenangkan banget, lha wong air untuk cuci tangan setelah makan aja, bubuky udah semangat banget. Berasa mau renang gitu, hahaha.. Kegiatan main air atau yang berhubungan dengan yang becek-becek biasanya saya lakukan sore hari sebelum bubuky mandi. Antara jam 15.00 atau 15.30 . Durasi main spons dan busa atau yang becek-becek ini biasanya memakan waktu lama dan bikin anteng anak. Konsentrasinya panjang banget kalau main yang beginian hehe. Seru gitu mungkin ya. Yaaa,paling lama 30 menit main spons dan busanya, tapi habis itu lanjut lagi main spons sambil mandi di bak.


Nah, biasanya bubuky main sponsnya nggak pakai busa kalau pas mandi, pakai air yang ada di bak aja. Dia suka banget mainin sponsnya, ditaruh di air terus diangkat tinggi-tinggi, hasilnya ia akan melihat ada air yang jatuh/mengalir dari spons. Dan diulang berkali-kali sambil teriak hehehe.

Bermain Spons dan Busa
Bahan :
1 buah spons (saya pakai spons pencuci piring yang baru)
Sabun mandi bayi
Air sedikit
Wadah

Cara membuat :
Siapkan wadah, beri air sedikit. Gosokkan sabun pada spons, lalu peras-peras sampai keluar busa. Ulangi sampai busa banyak, sisihkan sabun. Siap dimainkan.


Masih dengan permainan sensori, yang manfaatnya banyak sekali. Mulai dari melatih otot jari tangan, melatih motorik halus, konsentrasi, tekstur lembut, licin, kasar (spons) dan lain sebagainya. Ohya, pas bubuky main spons dan busa, sesekali dia membuka dan menutup jari-jari tangannya yang penuh dengan busa. Entah apa yang ada di pikiran anak usia 2 tahun 2 bulan ini.

Sampai saat ini, ketika saya bermain dengan bubuky, sebisa mungkin saya selalu ada di depannya. Karena masih kecil, takutnya nanti busanya dijilat atau dimakan. Maklum, balita di usia ini sangat tinggi rasa ingin tahu dan penasaranya dengan hal atau benda baru. Jadi, sebisa mungkin dampingi anak (khusus balita) ketika bermain spons dan busa ya mak.

Seneng banget rasanya kalau bubuky anteng sama mainannya, kali ini main spons dan busanya berhasil. Kapan-kapan boleh nih busanya dikasih pewarna, biar tambah seru.

Teman-teman, ada yang pernah main spons dan busa bareng anak atau saudara?

7 comments:

  1. Kalau mandi Kakak main gituan mulu, Mbak. Hihihi. Suka banget sampai malas mentas dari bak mandi.

    ReplyDelete
  2. Permainan yang murah meriah bahkan sepele ,tapi bermanfaat untuk anak ya?

    ReplyDelete
  3. Kalau pas nyuci baju tuh ankku suka ikutan mainin busanya, ehehe.

    ReplyDelete
  4. busa, bubble dan main air never goes wrong ya mba. anak-anak pasti suka banget

    ReplyDelete
  5. busa, bubble dan main air memang gak pernah salah ya mba, anak betah banget main ketiga ini

    ReplyDelete
  6. Saya aja sampai sekarang masih suka main busa dan spons. Biasanya pas cuci piring hehehe

    ReplyDelete
  7. Anak2 mesti suka yang berhubungan dengan air. Dulu Tifa umur 2 tahunan yo minta cuci piring sendiri. Bagus sih tapi jadi lama hahaha..

    ReplyDelete