Sunday 24 November 2013

[wisata kuliner Batam] Soto Kuali Sukoharjo

Assalamu'alaikum...
Selamat pagiiiii....rasanya baru minggu kemarin saya dan mas kakag prabu pulang ke Batam, tapi sekarang sudah duduk manis di kos-kosa. Betapa waktu itu cepat berlalu ya...nggak terasa^^
Sembilan hari di Batam lumayan cukuplah untuk buat jalan-jalan keliling mall, silaturahmi dan satu lagi wisata kuliner (sluurrppppp,ajibbbb tenan!!). Baiklah, untuk wisata kuliner pertama saya akan singgahkan di warung soto kuali Sukaharjo. Ini salah satu tempat sarapan favorit kami loh waktu di Batam, enak, laziz pokoknya, dan yang penting itu cucok banget sama lidah saya yang notabene asli 100% wong Jowo.

 Soto kuali Sukoharjo ini letaknya di daerah legenda, tepatnya di depan SMP 12 Batam Centre. Sudah terkenal banget di Batam, bolak-balik masuk koran dan kabarnya sih sudah membuka cabang dua kalau nggak salah. Yang satu di ruko samping perumahan saya tinggal, lah ngapain jauh-jauh ke legenda???hehehe...rasanya beda bo' sama yang asli (feeling sih). Dan satu lagi di daerah mana ya....emmmm,lupa (pletakkk!!) maklumlah dua bulan ninggalin Batam rasanya kok lupa ya sama nama daerah hahaha.
 Ada dua ukuran mangkok kalau kita mau pesan soto, mangkok biasa (penampakan foto diatas) sama mangkok kecil yang kayak punya orang cina itu. Jadi buat yang diet nggak usah khawatir, pesan aja yang porsi mangkok kecil. Ada beberapa lauk pendamping, telur puyuh dan paruh. Nah, yang khas dari soto kuali Sukahorjo itu gorengannya, masih panas dan mengepul hehe. Kalau saya kesitu pasti minta gorengan yang masih panas dan baru. Gorengannya ada tempe, bakwan, sama tahu. Ohya, ada juga kerupuk.
 Dulu pas pertama kali ke Batam, sarapan pertama kali sama mas kakang prabu ya disini. Dulu sih tempatnya belum seindah sekarang, masih panas (soalnya belum di cor), terus sempit juga tempatnya. Ohya, kalau siang pasti musiknya keroncongan hehe (i like this part) bener-bener berasa di Jawa hehe. 
So, buat teman-teman yang mau jalan-jalan ke Batam, sok atuh dicatet nama warung dan alamatnya.
Untuk angka kelezatan menurut saya, emmm 7 lah ya ^^ (pelit amattt???emberrr)...

Tetep jalan-jalan, makan-makan, jaga kesehatan, ajibbb!!!

~Siak, 24/11/2013~

6 comments:

  1. nama yg unik.., soto kuali., mgkn masakx pake kuali ya..? *smile

    ReplyDelete
  2. pletakkkkkkkk juga saya yang bola bali ke batam dari bintan kalo ada perlu...walah kok belom pernah mampir kesini...waduh patut di coba neh nanti kalo kesana, tak catet yo alamate..walah mak...lain kali kalo mudik batam kontak kontak sapa tahu aku juga pas ada jadwal ke batam hehehe....aku wong jowo neng bintan...dirimu jowo tapi dari batam dan skg di jawa ...:)

    ReplyDelete
  3. jd inget wkt sy masih kerja. Tiap kali ditugasin keliling jateng dg teman penggemar berat soto. Kl cari makan pasti soto lagi, soto lagi :D

    ReplyDelete
  4. kapan ya... bisa ke Batam *berkhayal* :D

    ReplyDelete
  5. musim hujan dan dingin sekali sangat cocok buat hidangan

    ReplyDelete