Thursday, 2 June 2022

Resep Sayur Pedas Jantung Pisang : Enak, Gurih dan Bikin Nagih!

Resep Sayur Pedas Jantung Pisang : Enak, Gurih dan Bikin Nagih!Ada yang pernah makan sayur jantung pisang?Ceritanya pulang dari mudik di rumah Jombang dibawain ibu jantung pisang. Bingung mau dimasak apa karena mau di masak pakai sambal kacang takut suami nggak cocok. Akhirnya minta ide suami, seperti biasa urusan explose menu pegunungan suami memang jagonya ahahaha. Akhirnya dibuat sayur pedas pakai santan, biasanya menu ini kalau di kampung suami (Ponorogo perbatasan Trenggalek daerah gunung hehe) dinikmati sama nasi tiwul,adudu..udah deh nggak bakal nolak kau urusan nasi tiwul. Akhirnya dimasak santan deh. 

Sayur jantung pisang

Yuk, Kenalan dengan Jantung Pisang

Ada yang tahu jantung pisang?buat yang belum familiar, jantung pisang merupakan calon atau cikal bakal buah pisang. Biasanya menggantung, kulitnya berwarna merah tua bisa dikupas yang nantinya terlihat bunga pisangnya berwarna putih ujungnya berwarna kuning. Salah satu manfaat dari jantung pisang adalah mencegah penuaan dini karena tigginya kandungan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit.
Sebagian besar masyarakat Indonesia biasa mengolah jantung pisang menjadi makanan yang lezat. Jantung pisang bisa dimasak dengan cara ditumis, dikukus lalau dipenyet dengan sambal kacang dan telur rebus. Lalu yang seringkali saya lihat adalah dimasak pedas dengan tambahan santan kelapa sehingga rasanya enak, gurih dan pedas. 


Resep Sayur Pedas Jantung Pisang

Sebelum dimasak, belah jantung pisang menjadi dua lalu rebus terlebih dahulu untuk menghilangnkan getahnya. Jangan panik ketika setelah direbus jantung pisang berubah warna, karena ketika air mendidih dan jantung pisang dimasukkan biasanya tidak lama kemudian akan berubah warna menjadi sedikit gelap. Selamat mencoba ya..
Berikut resep sayur pedas jantung pisang, rasanya enak, gurih, pedas dan beneran lho bikin nagih. Dinikmati sama ikan pindang plus kerupuk, mantap. 

jantung pisang

Resep Sayur Pedas Jantung Pisang

By @hm_zwan

Bahan :

1 buah jantung pisang,rebus 5 menit, sisihkan

6 batang kacang panjang,potong 5cm

50 gr tempe,potong 5cm

20 gr toge kedelai

5 buah cabe hijau,iris serong

2 bungkus santan (uk 65ml)

2 ltr air 

1 sdt garam

1,5 sdt gula pasir

1/4 sdt merica bubuk

1 sdt kaldu bubuk

1 batang sereh

3 lbr daun salam

2 lbr daun jeruk

2 sdm minyak goreng

Sayur jantung pisang

Bumbu halus :

8 bawang merah

3 bawang putih

2 kemiri

2 cm kunyit

15 cabe rawit

Cara membuat :

Potong jantung pisang menjadi 4 bagian,iris 2 cm. Panaskan minyak goreng,tumis bumbu halus,sereh,daun salam dan jeruk sampai harum. Masukkan air,jantung pisang, masak selama 5 menit. Masukkan kacang panjang,toge kedelai, tempe,gula,garam,merica,kaldu bubuk. Setelah 5 menit,masukkan santan Kara dan cabe hijau,koreksi rasa. Jika sudah matang,angkat,sajikan.



5 comments:

  1. Suka sayur pedas jantung pisang tapi ga pernah bisa masaknya, sulit memang cuma bisa mengharapkan ibu di rumah masak pas pulang. Ini bisa dicoba belajar lagi kayaknya mantep, terima kasih resepnya!

    ReplyDelete
  2. Aku sepertinya baru satu kali masak sayur jantung pisang hihihihi :) Sukaaa banget cuma agak malas membuatnya ..harap maklum. Tapi kalau aku ga pakai tempe sih, cukup si jantung pisang saja. Harus pedas dan terasa santannya. Kemiri yang bikin rasanya makin lezat. Banyak banget ya bahan2 utama dan pendukungnya hihihihi. Salut sama teh Iis yang jago masak deh. Bagi dooong!

    ReplyDelete
  3. Wah..enak ini. Aku ga pernah masak tapi hihi...susah dapatnya di Jakarta ya
    Kalau menu ini ibu mertuaku yang pernah bikin. Ibu orang Madiun jadi sepertinya se-area sama Ponorogo ya..
    Kalau di Kediri Ibuku masak jantung pisang juga, Tapi enggak cuma disayur biasa, sering dipakai sayuran untuk pelengkap sambal tumpang

    ReplyDelete
  4. Nyam2 ini aku nyebutnya jangan ontong. Ibuku yang dulu sering masak, aku gak bisa 😂
    Tp jarang nemu juga nih di sini. Paling enak emang dimakan sama tongkol, tambah tempe, kerupuk, dan sambel, dijamin nambah nasi mulu 😂

    ReplyDelete
  5. Wah sayur jantung pisang ini kesukaan suami banget. Dulunya suka dimasakin sama Almarhumah ibu mertua ... Yeay dengan Resep ini Aku jadi bisa memasaknya juga dong... Thanks ya mbak

    ReplyDelete

Review Ecohome Stand Mixer ESM 999