Sunday 20 March 2022

Investasi untuk Ibu Rumah Tangga

Investasi untuk Ibu Rumah Tangga. Jika bicara tentang rumah tangga pastinya tidak jauh dengan urusan keuangan. Menjadi hal penting bagi ibu rumah tangga khususnya harus bisa mengelola keuangan keluarga dengan baik. Karena jika kita tidak bisa mengelola keuangan dengan baik maka dampaknya bisa fatal, seperti mulai berhutang hingga gali lubang tutup lubang. Semoga kita dijauhkan dari hal-hal tersebut.

Saya ingat sekali, beberapa kali baca di timeline instagram. Saat gajian, alokasikan menjadi 3 hal yaitu living, saving dan playing. Dimana ini idealnya adalah 50:30:20. Living untuk biaya hidup dan tagihan, hal-hal yang wajib dibayar termasuk kebutuhan rumah tangga. Saving untuk dana darurat, tabungan dan investasi. Sedangkan Playing untuk self reward, hadiah. Misalnya untuk perawatan wajah dan lain sebagainya. 

Setiap orang punya kebutuhan dalam mengelola keuangan, berapapun nominalnya jika kita bisa mendata, membuat perencanaan dengan matang, Insya Allah keuangan kita akan baik-baik saja. Kalimat  yang sering saya dengar ketika mengikuti webinar/talk show yang membahas tentang keuangan adalah ibu rumah tangga harus melek finansial. Tidak perlu bahasan yang mendalam, yang utama adalah pelajari dan praktikkan dulu dasar-dasar mengelola keuangan rumah tangga.  Seperti rajin mencatat uang masuk dan keluar, membuat rencana bulanan dan lain sebagainya. Yang tujuannya cuma satu, yaitu supaya kita bisa mengontrol keuangan agar bisa cukup sampai akhir bulan. 

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga 

Berikut beberapa tips mengatur keuangan rumah tangga :

1. Catat jumlah penghasilan

Semua uang masuk sebisa mungkin dicatat agar kita tahu jumlah penghasilan dalam satu bulan. Sehingga kita bisa dengan mudah membuat rencana keuangan. 

2. Membuat perencanaan bulanan

Tujuannya agar pengeluaran dan pemasukan uang lebih terkontrol dan terkendali. Selain itu, juga untuk bahan acuan kita dalam merencanakan keuangan selama satu bulan.

3. Mencatat pos pengeluaran

Mencatat pos pengeluaran wajib dan kebutuhan setiap bulannya termasuk harian. Seperti membayar tagihan, listrik, air, wifi, belanja sayur dan lain sebagainya.

4. Alokasikan dana darurat dan tabungan

Sekecil apapun nominalnya, penting sekali untuk mengalokasikan uang bulanan untuk pos dana darurat dan tabungan. Nominalnya disesuaikan dengan pendapatan masing-masing.

Pentingnya Melek Investasi

Ngomongin soal saving, selain untuk dana darurat dan tabungan kita juga bisa melakukan investasi dari pos tersebut. Emang ibu rumah tangga bisa investasi? Nggak takut kena tipu gitu? Eits, jangan salah, siapapun bisa investasi termasuk ibu rumah tangga. Maka dari itu, sebagai menteri keuangan di dalam rumah tangga, selain harus melek finansial kita juga harus melek investasi. Banyak cara untuk belajar investasi, melalui seminar, webinar, zoom, buku, dan masih banyak lagi. 

Investasi merupakan salah satu cara mengembangkan uang atau harta yang kita miliki dengan tujuan tertentu yaitu memperoleh keuntungan di masa depan. Investasi itu penting dalan perencanaan keuangan. Tapi ketika akan memulai seringkali kita takut sehingga ragu-ragu untuk memulainya. Banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya tidak faham dan takut uang hilang dan tidak kembali.

Panduan Sederhana untuk Berinvestasi

Saat ingin mulai berinvestasi maka pastikan kita tahu tujuannya, kapan dananya akan kita pakai, berapa jumlah nominalnya, dan tahu risikonya. Misalnya tujuan investasi  untuk dana naik haji atau dana pendidikan anak.

Investasi untuk Ibu Rumah Tangga 

Ibu rumah tangga bisa banget investasi, asetnya pun kita bisa pilih. Lagi-lagi tergantung pribadi masing-masing untuk memilih investasi yang cocok. Karena ada yang suka risiko dan ada yang tidak suka risiko. Contoh untuk yang suka risiko bisa pilih Saham. Sedangkan untuk yang tidak suka risiko bisa pilih Obligasi dll. 

Yang paling penting adalah jangan berinvestasi jika tidak punya dana darurat, masih punya pinjaman dimana-mana. Jangan lupa, sebelum berinvestasi pelajari banyak hal tentang investasi atau konsultasi dengan ahlinya. 

InvestasiKu : Solusi untuk Memiliki Kebebasan Finansial

Bicara soal investasi, saat ini banyak sekali cara untuk berinvestasi. Salah satunya melalui aplikasi InvestasiKu. InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang siap membantu kita untuk mencapai tujuan finansial dengan beberapa produk unggulan seperti Saham, Reksadana, Obligasi dan Rencana. 

InvestasiKu merupakan produk dari PT Mega Capital Sekuritas yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Kenapa InvestasiKu?

1. Transaksi mudah dan cepat. 

2. Registrasi tidak pakai ribet. 

3. Tampilan yang simpel.

Apa Saja Keuntungan di InvestasiKu

1. Membership, dengan menjadi bagian dari ekosistem CT-Corpora bersama InvestasiKu maka kita bisa menikmati banyak manfaatnya.  

2. Point, setiap transaksi do InvestasiKu akan mendapatkan poin yang bisa kita gunakan di seluruh merchant CT-Corpora. 

3. Coupon, tukarkan kupon yang kita miliki dari aplikasi InvestasiKu do seluruh merchant CT-Corpora. 

Cara Instal Aplikasi InvestasiKu 

Untuk menginstal aplikasi InvestasiKu caranya cukup mudah. 

1. Buka aplikasi Playstore atau App Store, cari InvestasiKu di kolom search. Klik instal, maka proses mengunduh akan berlangsung. 

2. Registrasi terlebih dahulu. 

Termasuk nomor handphone, email dan password. 

3. Setelah terdaftar, login menggunakan email dan password. 

Tahap ini kita sudah bisa membuat Rekening Dana Nasabah (RDN) dan sudah bisa membeli produk investasi. 


Gimana, cukup mudah bukan?Satu aplikasi dengan beragam pilihan produk Investasi. Selain itu, kita juga bisa belajar lewat video. Caranya yaitu dengan menjadi member akademi InvestasiKu kita bisa belajar mengenai segala hal yang berhubungan dengan investasi.

Teman-teman, ada yang sudah mulai berinvestasi?ayo dong sharing.. 

20 comments:

  1. aplikasi yang bagus untuk ibu ibu yang melek investasi masa kini ya mbak

    ReplyDelete
  2. Nah, bener banget jadi Moms harus pandai mengatur keuangan rumah tangga mengingat banyak banget kebutuhan yang harus dipenuhi. Pastinya perlu manajemen keuangan kayak catat pengeluaran dan pemasukan selama satu bulan rutin.

    ReplyDelete
  3. Ibu rumah tangga pun perlu berinvestasi, ya. Yang penting, cari yang aman dan terpercaya.

    ReplyDelete
  4. Sepakat mbak, sebelum mulai investasi, keuangan keluarga harus aman dulu. Punya dana darurat dan bebas hutang.

    ReplyDelete
  5. Pengetahuan berinvestasi penting ya buat ibu rumah tangga. Mengatur keuangan, perencanaan keuangan sekaligus berinvestasi juga ya ...

    ReplyDelete
  6. iya mudah banget ya daftar di aplikasi investasiku. sekarang ini banyak aplikasi investasi tapi saya belum berani karena gak tahu caranya. Kalau pakai investasiku ini mudah yaa. thanks rekomendasinya mbak

    ReplyDelete
  7. Ngeri mbak kalau udah tutup lobang gali lobang ini, biasanya larinya ke gaya hidup semua hahah. Kudu pinter memang jadi bendahara rumah tangga, kepercayaan suami dan ketentraman semua anggota keluarga ada ditangan emak emak.. berat ya mbak :D. Yuk belajar manajemen uang dengan benar, bisa yuk #nyemangati diri sendiri di postingan orang lain hahahha.. #

    ReplyDelete
  8. Investasiku sangat mudah yaa yang pasti terdaftar di OJK. Sebagai ibu rumah tangga memang harus pinter pinter mengatur keuangan keluarga istilahnya kita mentri keuangan keluarga yaa makk.

    ReplyDelete
  9. Inginnya kalau sudah jadi Ibu tuh merencanakan finansial dengan cerdas yaa..
    Belajar bersama di aplikasi Investasiku dan memilih salah satu investasi yang sesuai dengan keuangan keluarga.

    ReplyDelete
  10. Hari gini sebagai seorang ibu rumah tangga harus melek investasi juga supaya tidak mudah kena tipu-tipu investasi bodong. Untungnya saat ini ada banyak platform investasi digital yang sudah terdaftar OJK dengan segala kemudahan transaksinya. Seperti InvestasiKu ini. Worth it..

    ReplyDelete
  11. iyasihh..investasi jika ada yang disishin, yang penting kebutuhan pokok..terpenuhi dulu n yang penting gak ada hutang..
    investasi jadi lebih aman dan nyaman..

    ReplyDelete
  12. Nah yang masih suka aku lewatkan ini mencatat pengeluaran, harus didisiplinkan ya. Tapi aku pakai budget harian juga makanya kadang males nyatet hehehe. Untuk menambah penghasilan ibu rumah tangga juga pelru investasi

    ReplyDelete
  13. Enak ya investasi yang bisa dilihat dan dicek terus-terusan kayak gini jafi para ibu bisa hitung-hitungan mana kebutuhan dan pengeluarannya.

    ReplyDelete
  14. APlikasi yang bikin kita "terpaksa" punya investasi hahahha... perlu banget ini edukasi finansial kayak gini, secara gitu orang kan lebih suka jajan daripada nyimpan!

    ReplyDelete
  15. Investasi sangat diperlukan untuk kebutuhan masa depan. Apalagi pendidikan dan kesehatan butuh dana yang banyak.

    ReplyDelete
  16. Saya pun punya catatan pengeluaran spt itu mba, buat evaluasi pengeluaran tiap bulan jd ketahuan kalau ada kebocoran pengeluaran

    ReplyDelete
  17. Jadi Investasiku ini mudah digunakan bahkan untuk ibu-ibu kaya kita ya mba? Kalo dari CT Corp insyaallah terpercaya dong yah.

    ReplyDelete
  18. saat ini ibu rumah tangga pun bisa melakukan investasi ya mbak, apalagi banyak aplikasi untuk investasi agar dana lebih bisa lebih berkembang

    ReplyDelete
  19. Kita memang harus melek ttg jnvestasi. Jujur saya pun ga akan tau soal investasi kalau ga nikah.. Hahaha.. Secara pak suami org akuntansi. Mau ga mau kudu paham feh soal investasi.

    ReplyDelete
  20. Investasiku memang cocok buat investasi ibu rumah tangga ya mbak. Ada video pembelajarannya juga yang bikin kita paham soal investasi.

    ReplyDelete